cover
Contact Name
Mochamad Ighfir Sukardi
Contact Email
gramaswara@gmail.com
Phone
+6285331738771
Journal Mail Official
gramaswara@gmail.com
Editorial Address
Jalan Veteran Malang, Indonesia.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : -     EISSN : 2807369X     DOI : https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara
Jurnal GRAMASWARA bergerak dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, budaya, dan seni. Jurnal GRAMASWARA mewadahi berbagai artikel ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, budaya, dan seni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022)" : 6 Documents clear
PELATIHAN ENGLISH FOR JOB HUNTING DI MADRASAH DINIYAH BABA AL HIKMAH DI DESA JINGGLONG, SUTOJAYAN, BLITAR. fu'ad sholikhi
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.01.02

Abstract

Many firms today only search for the finest quality human resource. Those organizations ignore people with poor communication skills because they want employees who can successfully communicate in both English and the local language. During the interview, the job seeker must deal with the English language, and job interview skills are not generally taught in formal schools. The goal of this program is to use the team-teaching method to deliver English for Job Hunting Training to 16 students at Baba Al Hikmah. This method contains English Interview Tips and Tricks, as well as understanding Curriculum Vitae and Resume, are included in this strategy. To do so, the author utilizes 4 techniques (planning, implementation, observation, and evaluation) to solve the students’ problem at Baba Al Hikmah. With the help of this training, the students have better knowledge in English for Job Hunting (Interview, Curriculum Vitae, Resume), have a stronger desire to learn English, and have new English Vocabularies. It is hoped that the training can be a stepping-stone to deal with Job Interviews at a foreign company.Keywords: job hunting; interview; English; curriculum vitaeAbstrakBanyak perusahaan saat ini hanya mencari sumber daya manusia dengan kualitas yang terbaik. Organisasi-organisasi tersebut mengabaikan orang-orang dengan keterampilan komunikasi yang buruk karena perusahaan tersebut menginginkan karyawan yang fasih dalam bahasa Inggris dan bahasa lokal. Para pencari kerja pastilah menghadapi wawancara berbahasa Inggris, dan keterampilan tersebut umumnya tidak diajarkan di sekolah formal. Tujuan dari program ini adalah menggunakan metode team-teaching untuk menyampaikan Pelatihan Mencari Kerja berbahasa Inggris kepada 16 santri di Baba Al Hikmah. Metode ini berisi Tips dan Trik Wawancara Bahasa Inggris, Curriculum Vitae, dan Resume. Untuk itu, penulis menggunakan 4 teknik (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi) untuk memecahkan masalah para santri di Baba Al Hikmah. Dengan pelatihan ini, para santri memiliki pengetahuan yang lebih baik dalam hal Mencari Kerja berbahasa Inggris (Interview, Curriculum Vitae, Resume), memiliki keinginan yang lebih kuat untuk belajar Bahasa Inggris, dan memiliki pembendaharaan Kosakata Bahasa Inggris yang baru. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan untuk menghadapi Wawancara Kerja di perusahaan asing.Kata Kunci: mencari kerja; wawancara; Berbahasa Inggris; curriculum vitae
KANTONG SEMEN DAN PLASTIK SEBAGAI PRODUK KREATIF DI DESA BUGEL, KECAMATAN SEKARAN, KABUPATEN LAMONGAN MELALUI PROGRAM ISUK (INVESTASI SAMPAH UNTUK KESEHATAN) Nur Ikhsan; Fitrahayunitisna Fitrahayunitisna; Marcella Marcella; Nadya Pradita Hosensyah
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.01.03

Abstract

Kemitraan Puskesmas Sekaran dengan Tyaga Art Management dalam program Posbindu PTM (Posbinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) adalah kerjasama pembuatan program kesehatan yang inovatif yaitu ISUK (Investasi Sampah Untuk Kesehatan). Melalui program ISUK diidentifikasikan banyaknya sampah kantong semen dan plastik yang dapat dijadikan sebagai bahan industri kreatif guna meningkatkan nilai ekonomis dan mandiri. Maka dari itu, perlu dilakukan pelatihan pemanfaatan kantong semen dan plastik menjadi produk kreatif yang bernilai ekonomis yang layak bersaing di pasar. Metode kegiatan ini adalah dengan pelatihan yang beNukerja sama dengan UPT Puskesmas Sekaran. Hasil kegiatan produk kreatif yang berupa tas, tote bag, dan dompet. Masyarakat memiliki antusiasme yang tinggi mengikuti kegiatan ini, bahkan ada yang berencana untuk menekuni sebagai usaha mandiri.
DESAIN SPOT HASTA KARYA KREATIF PADA AREA WISATA PENTUNGAN SARI SEBAGAI PENUNJANG DESA WISATA TOYOMARTO-SINGOSARI Eti Setiawati; Sony Sukmawan; Millatuz Zakiyah; Nanang Bustanul Fauzi
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.01.04

Abstract

Pengabdian ini didasari kebutuhan mitra akan pengembangan atraksi wisata untuk Desa Wisata Grama Tirta di Toyomarto Singosari. Pengembangan atraksi wisata diarahkan pada pengaembangan desain spot hasta karya kreatif untuk memperkuat kapasitas Desa Toyomarto sebagai desa wisata. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan desain spot hasta karya kreatif sekaligus membuat spot hasta karya kreatif bekerja sama dengan Pemerintah Desa Toyomarto. Metode yang digunakan untuk merealisasikan tujuan ini adalah dengan survei dan observasi sebagai studi pendahuluan, dilanjutkan FGD dengan pihak terkait (desa, tim ahli, dan tim pengabdian) untuk merumuskan desai spot hasta karya kreatif, menentukan lokasi yang tepat, dan menyepakati berbagai hal teknis lain terkait pembuatan spot hasta karya kreatif. Selanjutnya, diakhiri dengan penyerahan simbolis dan evaluasi spot hasta karya kreatif. Luaran dari pengabdian ini adalah artikel hasil pengabdian dan video dokumentasi/ berita pada media massa.
PENGENALAN BUDAYA JEPANG DAN PENGUATAN KEMAMPUAN BAHASA JEPANG MELALUI JLPT PADA SISWA MAN 1 PASURUAN Laily Amalia Savitri; Agus Budi Cahyono; Efrizal Efrizal
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.01.05

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari di Indonesia, termasuk di MAN 1 Pasuruan. Siswa MAN 1 Pasuruan memiliki keingintahuan yang besar pada budaya Jepang, khususnya mengenai kehidupan siswa SMA Jepang, shodou ‘seni kaligrafi Jepang’, bahasa Jepang, dan ujian kemampuan bahasa Jepang JLPT. Namun, pembelajaran bahasa Jepang di MAN 1 Pasuruan memiliki keterbatasan waktu pembelajaran, sehingga pada jam pembelajaran lebih difokuskan pada pengajaran bahasa Jepang dasar, sedangkan untuk pengajaran mengenai budaya Jepang dan JLPT dirasa masih sangat diperlukan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap budaya dan bahasa Jepang sehingga siswa dapat mengukur keberhasilan pembelajaran dan kemampuan bahasa Jepangnya sendiri dengan standar tes JLPT. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di MAN 1 Pasuruan dengan blended method yang diikuti 50 siswa (40 siswa secara daring dan 10 siswa secara luring) dari kelas X Bahasa, XI Bahasa, dan XII Bahasa dengan memperkenalkan kehidupan SMA Jepang, simulasi ujian kemampuan JLPT, serta demonstrasi dan workshop shodou oleh narasumber native speaker dan pakar yang ahli di bidangnya. Tingginya keaktifan dan antusiasme siswa menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sangat dibutuhkan oleh MAN 1 Pasuruan untuk mengakomodir kebutuhan dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari bahasa dan budaya Jepang yang telah dipelajari ketika kegiatan belajar mengajar di kelas.
PELATIHAN PENYUSUNAN LKS BERBASIS AKM BAGI GURU MGMP BAHASA JEPANG SE-MALANG RAYA Sri Aju - Indrowaty; Rike - Febriyanti; Lailatul - Husna
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.01.01

Abstract

The National Examination (UN), carried out so far, will be replaced in 2021 with the 2021 National Assessment. In this national assessment, three instruments are elements of the evaluation: Minimum Competency Assessment (AKM), Character Survey, and School Environment Survey. AKM itself is an assessment of essential competencies needed by all students at the elementary, junior high, and high school levels to develop their capacity and participate actively and positively in society. After the MOU with the Japanese Language MGMP in the Malang area with the Japanese Language Education Study Program, due to the Covid-19 pandemic, this collaboration can only be realised in 2021. The formulation of the problem from this Penmas is 1. How to make teaching materials (in brief) easier for students to understand the material taught in the form of worksheets? 2. How to write assignments and exercises to improve students' understanding of the themes taught in worksheets? The final result of this Penmas is the creation of AKM-based Japanese worksheets. Then these worksheets will be printed to get the ISSN/ISBN to increase the score for the promotion of available positions for teachers, while language education lecturers implement the Tri Dharma of Higher Education, namely Service. 
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ABAD 21 UNTUK PARA GURU SMA NEGERI & SMK NEGERI DI SURABAYA Nukmatus Syahria; Ferra Dian Andanty; Salim Nabhan; Rahmat Setiawan
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.01.06

Abstract

Kegiatan bimbingan teknis ini dilakukan dengan tujuan mensosialisasikan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) abad 21 karena masih banyak bias yang dihadapi oleh para guru, terutama para guru mata pelajaran Bahasa Inggris, terkait perubahan sistem, media pembelajaran, dan lain sebagainya, mengingat Bahasa Inggris menjadi semakin krusial dan peran guru Bahasa Inggris juga harus semakin disesuaikan sesuai peradaban saat ini. Data dalam penelitian ini adalah hasil angket (questionnaire) dan sumber datanya adalah questionnaire. Subjek yang diambil adalah para peserta bimbingan teknis dalam kegiatan ini yang notabene adalah pendidik dan calon pendidik mata pelajaran Bahasa Inggris. Instrumen yang digunakan adalah 5 pertanyaan mengenai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 5 pertanyaan mengenai literasi, dan 5 pertanyaan mengenai HOTS dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari hasil kegiatan, dapat dihasilkan bahwa para pendidik dan calon pendidik mata pelajaran Bahasa Inggris masih belum terdorong untuk melakukan Penguatan Pendidikan Karakter namun sudah menyadari pentingnya pengembangan literasi dan implementasi HOTS pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) abad 21 yang sangat relevan dengan peradaban teknologi dan digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 6