cover
Contact Name
Estiyan Dwipriyoko
Contact Email
estiyand@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asep.hidayat.1204@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Langlangbuana, Jl. Karapitan No. 116 Bandung 40261
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
EDUCARE
ISSN : 1412579X     EISSN : 26847612     DOI : -
Core Subject : Education,
EDUCARE adalah jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA), pertama kali terbit pada tanggal 02 Mei 2002, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jurnal ini menyandang nama EDUCARE yang arti harfiahnya adalah penuntun dan pembimbing, yang diharapkan menjadi penuntun dan pembimbing ke arah kebaikan dan kebenaran.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2, Desember 2013" : 8 Documents clear
Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Agar Dapat Melihat Peningkatan Kreatifitas Belajar Siswa Neng Anisa Candrawulan; Erliany Syaodih; Popon Mariam
EDUCARE Vol. 11 No. 2, Desember 2013
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.203 KB)

Abstract

Kreatifitas belajar siswa sangatlah diperlukan dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan pembelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran yang tepat dalam mencapai hasil belajar yang baik. Namunpada umumnya kreatifitas belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), agar dapat melihat peningkatan kreatifitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang melakukan uji coba terbtas pada kelas XI Ruminansia A SMK Peternakan Negeri Lembang dan uji coba luas pada kelas XI Pemasaran 3 SMK 1 Bandungp ada mata pelajaran kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa pengembangan model pembelajaran CPS telah tercapai dengan cukup baik berdasarkan hasil pengolahan observasi sebesar 75,42%. Melihat bahwa model pembelajaran CPS memberikan kontribusi dalam meningkatkan kreatifitas belajar siswa dalam mata pelajaran kewirausahaan, maka penulis menyarankan untuk mengembangkan model pembelajaran CPS pada bahasan selanjutnya maupun pada mata pelajaran lain.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Peningkatan Kemampuan Eksplorasi Matematika pada Siswa Nina Nurhasanah; Erman Suherman; Puji Budilestari
EDUCARE Vol. 11 No. 2, Desember 2013
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.124 KB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari pentingnya pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan eksplorasi matematika siswa. Fakta di lapangan kemampuan eksplorasi matematika pada siswa SMA masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan eksplorasi matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Populasi penelitian ini adalah siswa SMA BPI 2 Bandung, sampel siswa kelas XI diambil sebanyak dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Untuk mengetahui kemampuan eksplorasi matematika digunakan instrumen tes berupa pretes dan postes. Kesimpulan hasil secara signifikan ada peningkatan kemampuan eksplorasi matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe time token.
Pengaruh Penerapan Metode Guided Discovey Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Observasi Matematis pada Siswa Pramuditya Rizki Pratama; Marthen Tapilouw; Elly Retnaningrum
EDUCARE Vol. 11 No. 2, Desember 2013
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.762 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan jawaban atas masalah: Apakah terdapat pengaruh penerapan metode Guided Discovery Learning terhadap peningkatan kemampuan observasi matematis pada siswa?. Metode penelitian melalui desain kuasi eksperimen. Populasi adalah SMA Negeri 8 Bandung dengan sampel diambil dua kelas dari kelas parallel pada kelas X. Melalui analisis perbedaan dua rata-rata, kemampuan observasi matematis siswa dengan menggunakan uji-t didapat kesimpunan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Guided Discovery Learning terhadap peningkatan kemampuan observasi matematis pada siswa. Apabila dilihat dari uji gain disimpulkan bahwa kualias peningkatan kemampuan observasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode Guided Discovery Learning termasuk kedalam kriteria tinggi.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa Seny Chlidatun Farida; Rita Zahara; Ilyas
EDUCARE Vol. 11 No. 2, Desember 2013
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.07 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif type Group Investigasion dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan interpersonal siswa kelas XI SMKN 1 Bandung dalam pembelajaran melalui model kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama melakukan observasi awal, pertemuan kedua melakukan observasi akhir terhadap kelas tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XI PS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI PS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan interpersonal siswa dengan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji, Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji dua Rerata (Uji-t). Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1.Terdapat peningkatan kemampuan interpersonal siswa dengan penerapan model kooperatif lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional. 2. Mengetahui perbedaan dalam kemampuan interpersonal siswa yang terdapat di kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penggunaan model pembelajaran dan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran kewirausahaan.
Implementasi Metode Pembelajaran Drill dengan Teknik Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Ariesma Andriyanti; Ria Herdhiana; Cucu Lisnawati
EDUCARE Vol. 11 No. 2, Desember 2013
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.598 KB)

Abstract

This research is motivated by the low activity and learning outcomes of students in accounting subjects. In accounting subjects students are expected to carry out learning activities so that they can influence student learning outcomes. In addition to understanding accounting is a subject that requires special expertise that must be practiced. The material chosen is journal material, because the journal is the basis for making the next financial report. A teacher must be able to create learning that can facilitate the creation of student learning activities. In this study used Drill Learning Method with Inquiry Technique. The method used is the experimental method, while the nature of the research used in this research is quantitative research. The results showed that the use of the method in the learning activities is important, therefore teachers should be able to choose, design and implement learning method in accordance with the characteristics of the subjects, the students 'characteristics, the characteristics of the learning objectives so as to create an atmosphere of learning that can facilitate the students' learning activities and can help improve student learning outcomes.
Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Personal Presentation Untuk Mencapai Aktivitas Belajar Siswa Fadila Nurunnisa; Asep Hidayat; Bella Anantha Sritumini
EDUCARE Vol. 11 No. 2, Desember 2013
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.189 KB)

Abstract

Learning activities involve asking, listening, commenting, answering, refuting, writing, and activities that can achieve students' interest and motivation in learning, while teaching activities are activities carried out by teachers in providing and delivering learning materials, but those who process and do so. students, teachers only as facilitators and mentors in learning activities so students are able to develop their talents and potential. This study aims to achieve learning activities of class XI students of Bina Warga Bandung Vocational School in learning by using power point personal presentation learning media. This is expected to help teachers so that students do more of the learning activities they should. The results of the study were obtained from (1) Development of power point personal presentation learning media, (2) The use of power point personal presentation learning media, (3) Student learning activities, (4) The results of student learning activities using the power point personal presentation learning media.From these data it can be concluded that the use of learning media power point personal presentation can achieve student learning activities.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Rizki Kurniawan; Uus Manzilatusifa; Bella Anantha Sritumini
EDUCARE Vol. 11 No. 2, Desember 2013
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.876 KB)

Abstract

This research is motivated by the low learning outcomes of students in economic subjects. In learning activities students are expected to interact actively with teachers, students with students, and students with the environment, so that learning activities can run well in hopes of improving learning outcomes. Learning Outcomes of students will increase if the learning creates good interactions. Therefore learning methods are used which require interaction in learning by applying the STAD Cooperative Learning Model type. The research method used is the experimental method, while the nature of the research used in this study is quantitative research. The results of the study show that: (1) The results of processing observational data can be seen that the STAD Cooperative Learning Model can be applied in economic learning; (2) There are differences in the improvement of student learning outcomes in the experimental class and the control class; (3) Application of the STAD Cooperative Learning Model can improve learning outcomes. The results showed a comparison of the increase in the pretest and posttest values in the gain test. Thus it can be concluded that the application of the STAD type cooperative learning model can improve learning outcomes.
Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untk Mencapai Kemampuan Menghitung Aspek Finansial dalam Proposal Usaha Siska Mariska; Erliany Syaodih; Bella Annantha Sritumini
EDUCARE Vol. 11 No. 2, Desember 2013
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.717 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk mencapai kemampuan menghitung aspek finansial proposal usaha bagi siswa Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Bina Warga Bandung, dengan sampel siswa kelas XI Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran I dan II. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol (pretest-postest group desain). Untuk mengetahui kemampuan menghitung aspek finansial digunakan instrument tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji t. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan menghitung aspek finansial proposal usaha di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.

Page 1 of 1 | Total Record : 8