cover
Contact Name
Muh. Nasir
Contact Email
perahubima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
perahubima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pemuda No. 65 RT.003 RW.001 Kel. Penataoi Kec. Mpunda, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
ISSN : 28097998     EISSN : 28097998     DOI : https://doi.org/10.55784/jupeis
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial" : 10 Documents clear
Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Peta Konsep Pada Siswa Kelas XII IPS3 SMA Negeri 4 Kota Bima Arinah
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.84 KB) | DOI: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.10

Abstract

Masalah rendahnya motivasi belajar telah lama menjadi bahan pikiran para guru SMA Negeri 4 Kota Bima, terutama pada mata pelajaran biologi. Pada umumnya siswa menampakkan sikap kurang bergairah, kurang bersemangat dan kurang siap dalam mengikuti pembelajaran, sehingga suasana kurang aktif, interaksi antar guru dan siswa sangat kurang apalagi antar siswa dengan siswa, siswa cenderung pasif, hanya menerima saja apa yang diberikan guru. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK), permasalahan ini dicoba untuk diubah melalui penerapan Konsep. PTK dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Konsep dengan diberi tugas membuat peta konsep dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa. Hal ini nampaknya berakibat pula terhadap perolehan nilai pengetahuan/PH-3 yang nampak meningkat, bila dibandingkan sebelum dan sesudah penerapan Konsep atau pemberian peta konsep. Sebagian besar siswa berpendapat bahwa pembuatan peta konsep itu menyenangkan karena lebih mudah belajarnya, lebih praktis dan singkat, lebih mudah dihafal, tidak memakan banyak waktu, menghemat buku tulis, penjelasan lebih kuat dan lebih jelas
Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020 Syaiful
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.095 KB) | DOI: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), yang dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SMAN 3 Kota Bima sebanyak 20 orang. Instrument yang digunakan adalah Lembar Observasi dan Lembar Evaluasi kegiatan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan disajikan dalam persentase. Berdasarkan analisis data, yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terjadi Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan peningkatan dari 74% pada siklus I menjadi 98.3% pada siklus II.
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022 Rosdiani Rosdiani; Muh. Nasir; Nurfathurrahmah Nurfathurrahmah
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.482 KB) | DOI: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.20

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas bertanya siswa VIII SMPN 2 Donggo tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Donggo dengan jumlah 26 siswa tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas bertanya siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Donggo tahun pelajaran 2021/2022. Peningkatan dapat dilihat dari aktivitas bertanya siswa dengan presentase 34,6% dikategorikan kurang aktif pada siklus I, dan 46% dikategorikan cukup aktif pada siklus II
Implementasi Metode Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Langgudu Tahun Pelajaran 2020/2021 Nehru
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.842 KB) | DOI: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Langgudu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, Desain Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan sesuai dengan model PTK Kemmis dan McTaggart. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, evaluasi serta refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA1 sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa implementasi metode active knowledge sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Langgudu Tahun Pelajaran 2020/2021.dengan nilai ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 70%. Dan meningkat menjadi 90% pada siklus II
Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020 Olahairullah Olahairullah
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.075 KB) | DOI: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.22

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Donggo dengan jumlah 24 siswa tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari siklus I dengan presentase 60% menjadi 96% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020.
Studi Jenis dan Kerapatan Ikan Familia Cichlidae Sebagai Handout Biologi SMA Ahmad Fazri Haekal; Bunda Halang; Muhammad Zaini
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.889 KB) | DOI: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.24

Abstract

Tujuan penelitian menentukan jenis dan kerapatan ikan famili Cichlidae yang ditemukan di Sungai Beringin Kencana Kecamatan Tabunganen dengan (1) mendeskripsikan validitas bahan ajar (handout) yang disusun berdasarkan data jenis dan kerapatan ikan famili Cichlidae sebagai penunjang konsep keanekaragaman hayati dan (2) mendeskripsikan uji keterbacaan yaitu pada 5 orang Siswa SMA 1 Tamban kelas XI IPA, yang telah menempuh materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X dengan nilai mencapai KKM. Jenis penelitian yakni penelitian dan pengembangan (R & D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Penelitian menggunakan 5 tahapan saja, yakni penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal atau draft, pengujian lapangan awal, dan revisi utama. Penelitian ini mengembangkan handout untuk materi pengayaan Biologi SMA Kelas X di SMA 1 Tamban. Hasil penelitian deskriptif yang didapatkan dua jenis ikan dari famili Cichlidae yaitu ikan mujair (Oreochromis mossambicus) dan ikan nila (Oreochromis niloticus). Kerapatan famili Cichlidae yang ditemukan di daerah penelitian dalam dua hari pengamatan dengan angka kerapatan ikan mujair tertinggi pada wilayah vegetasi 1,62 ind/titik sedangkan pada wilayah pemukiman yaitu 1,07 ind/titik dan kerapatan ikan nila pada wilayah vegetasi 0,83 ind/titik sedangkan angka kerapatan terendah pada wilayah pemukiman yaitu 0,65 ind/titik. Penilaian validitas handout yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan 3 validator dengan total rata-rata 94,16% sesuai pada isi, aspek penyajian, dan aspek bahasa. Penilaian uji keterbacaan dari 5 siswa didapatan hasil skor 90,5 % dengan kriteria sangat baik
Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira Terhadap E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Simon Paskalis Kun; Aloysius Djalo; Hildegardi Missa
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.454 KB) | DOI: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.25

Abstract

The learning process using electronic learning (e-learning) can be done remotely, without having to meet face to face in the room directly, and the learning time is more flexible. Biology Education Widya Mandira Catholic University is one of the parties who feel learning using e-learning, but in reality there are still many students who do not understand the use of e-learning in the learning process, this of course will affect the learning process carried out by lecturers and students if not overcome. The purpose of this study was to determine student perceptions of the Widya Mandira Catholic University Biology Education Study Program towards Learning using e-learning during the Covid 19 Pandemic. This study uses a qualitative approach, sampling is done by purposive sampling technique, data collection techniques are carried out by filling out questionnaires through google forms and interviews to find out obstacles in learning using e-learning. The results showed that the perception of students of the Widya Mandira Catholic University Biology Education Study Program towards learning using e-learning obtained an average perception score of 59,69% with a good category. The conclusion of this study is the students' perception of learning using e-learning is in a fairly good category with an average perception value of 59,69% this is because some students feel they do not understand the learning materials, the time provided is not in accordance with the existing credits, learning using e-learning requires internet or wifi packages, and lack of interaction between lecturers and students.
Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati M. Sarip; Sri Amintarti; Nurul Hidayati Utami
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.99 KB) | DOI: 10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.30

Abstract

Pemahaman konsep materi pembelajaran biologi dapat terbantu dengan adanya sumber belajar dan media pembelajaran. Penggunaan media e-booklet dapat meningkatkan pengetahuan serta memberikan kemudahan  dan pengalaman belajar baru bagi siswa sesuai dengan gaya belajar mereka masing-masing. Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk mendeskirpsikan hasil validitas dan keterbacaan media ajar e-booklet. Pembelajaran materi keanekaragaman hayati yang dilakukan selama ini masih sedikit mengandung bahan tumbuhan potensial lokal. Pengembangan media pengajaran menggunakan metode Research & Development dengan model Borg and Gall (1989). Hasil dari validitas 3 ahli terhadap media ajar termasuk kedalam kategori valid dengan skor rata-rata 85,34%.  Hasil uji keterbacaan siswa terhadap media ajar sebesar 87,5% tergolong sangat baik. Produk pengembangan media ajar e-booklet dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media ajar untuk siswa dalam mempelajari konsep materi Keanekaragaman Hayati yang diketahui dapat meningkatkan minat belajar dan meningkatkan pengetahuan dari sisi kognitif siswa serta media sangat mudah dibawa kemana-kemana karena menggunakan format link web.
Innovative Work Behavior Guru Sekolah Menengah Kejuruan Ira Pratiwi Ramdayana; Hendro Prasetyono
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.827 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss1.41

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat perilaku inovatif guru Sekolah Menengah Kejuruan secara deskriptif dan kausal ditinjau dari variabel knowledge sharing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penentuan sampel menggunakan insidental sampling dengan jumlah sebesar 165 orang responden. Teknik pengambilan data menggunakan angket dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian: IWB guru-guru SMK berada dalam kategori baik karena rata-rata skor 1338,5 atau 81,12%. Terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan knowledge sharing terhadap innovative work behavior. Besarnya pengaruh langsung knowledge sharing terhadap innovative work behavior adalah 0,515 yang berarti sedang. Kontribusi knowledge sharing terhadap innovatif work behavior sebesar 58,4%. Keterbatasan pada penelitian ini adalah baru dilakukan pada guru SMK. Penelitian dapat dilakukan dengan melibatkan populasi dari sekolah dasar atau sekolah menengah pertama.
Efektivitas Petunjuk Praktikum Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Pendekatan Probing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis St. Rahmadani
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.241 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss1.53

Abstract

Proses pembelajaran pada mata kuliah teknik laboratorium dilengkapi dengan kegiatan praktikum. Peneliti membuat inovasi dengan melakukan pengembangan petunjuk praktikum serta menguji efektifitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Metode: Uji coba dilakukan pada satu kelas dengan rancangan percobaan the one group pre-test post-test design. Data kemampuan berpikir kritis yang diuji terdiri atas 5 (lima) indikator: (1) mengenal masalah; (2) mengenal adanya hubungan logis antar masalah-masalah; (3) mengumpulkan dan menyusun informasi yang diperlukan; (4) menilai fakta dan mengevaluasi pernyataan; (5) menarik kesimpulan dan kesamaan-kesamaan yang diperlukan. Hasil: Analisis data dilakukan menggunakan rumus uji beda satu sampel T-paired test dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan untuk indicator kemampuan berpikir kritis ke 1, 2, 4, dan 5, sedangkan indikator ke-3 tidak berbeda antara nilai pre-test dan post-test mahasiswa. Kesimpulan: Efektivitas penggunaan produk dilihat berdasarkan nilai N-gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai N-gain pada kelas ujicoba sebesar 0,70 dengan kategori “tinggi”. Sehingga penggunaan petunjuk praktikum yang dikembangkan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10