cover
Contact Name
Muh. Nasir
Contact Email
perahubima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
perahubima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pemuda No. 65 RT.003 RW.001 Kel. Penataoi Kec. Mpunda, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
ISSN : 28097998     EISSN : 28097998     DOI : https://doi.org/10.55784/jupeis
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial" : 27 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tasikmalaya Sulidar Fitri; Fahmi Dwisep Saputra; Muhammad Taufiq
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.709 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.65

Abstract

Penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan akan menimbulkan pengaruh terhadap peserta didik, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah minat belajar. Minat belajar di Indonesia dengan adanya smartphone mengandung aspek positif maupun negatif, positifnya dengan adanya smartphone dapat mempermudah siswa untuk mencari sesuatu yang baru dan mempelajarinya. Tetapi faktanya masih banyak para pelajar menggunakan smartphone untuk hal-hal yang kurang baik, seperti, chatingan saat belajar atau menyontek pada saat ujian sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, sampel yang akan digunakan sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) sumber data (2) kuesioner (3) dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Dengan menggunakan uji regresi linier sederhana, hasil analisis Thitung 3.411 lebih besar dari > Ttabel 2.023 dengan nilai Sig sebesar 0,02 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan nilai tingkat capaia responden sebesar 71,2% dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan smartphone terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Tasikmalaya.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Ispring suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar Hanisah; Yudha Irhasyuarna; Ratna Yulinda
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.281 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.68

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terbatasnya media pembelajaran yang digunakan disekolah, khususnya pada materi reproduksi tumbuhan, sehingga dilakukan penggembangan pada sebuah media pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model pengembangan Tessmer, yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya expert review dengan subjek 3 orang ahli, one-to-one evaluation dengan subjek 3 orang peserta didik kelas VIII SMP, Small group evaluation dengan subjek 10 orang peserta didik kelas VIII SMP dan Field Test dengan subjek 23 orang peserta didik kelas VIII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas media pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan skor rata-rata validasi ahli media yaitu 92,82% dan ahli materi yaitu 88%; 2) kepraktisan media pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan persentase rata-rata kepraktisan yaitu 91,3% 3) keefektifan media pembelajaran dinyatakan efektif terkategori sangat baik dengan skor rata-rata ketuntasan yaitu 82,60%. Produk yang dikembangkan diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam hal pengukuran hasil belajar peserta didik
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP Muhammad Nadzif; Yudha Irhasyuarna; Sauqina Sauqina
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.578 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif IPA berbasis articulate storyline. Metode yang digunakan yaitu Penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Plomp-Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon kepraktisan peserta didik, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif IPA berbasis articulate storyline mendapatkan skor validitas materi sebesar 79% dengan kriteria valid adapun validitas ahli media mendapatkan skor sebesar 79% dengan kriteria valid. Media pembelajaran telah diuji cobakan pada uji small group mendapatkan skor rata-rata persentase 82% serta pada field test mendapatkan skor rata-rata sebesar 83% dengan kriteria sangat praktis. Peserta didik melaksanakan uji coba tes hasil belajar yang didapatkan skor rata-rata pada uji small group sebesar 76 dan pada uji field test dengan skor 78 dengan kriteria efektif yang berarti diatas dari KBM (Ketuntasan Belajar Minimum) sekolah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif IPA berbasis articulate storyline pada materi sistem tata surya secara keseluruhan memenuhi kriteria valid, praktis & efektif. Peneliti meyakini bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini dapat jadi solusi dalam pengembangan media pembelajaran interaktif yang memudahkan peserta didik khususnya pada materi sistem tata surya
Efektifitas Penerapan Alat Peraga Edukatif Pegon Flip Chart Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Shofia Ulfiana Firdaus; Sania Fauzi; Husni Mubarok
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.87 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.71

Abstract

Huruf pegon merupakan huruf arab yang dimodifikasi untuk menuliskan bahasa jawa juga bahasa sunda. Kata pegon berasal dari bahasa Jawa yang berarti menyimpang. Huruf pegon di Jawa banyak dipergunakan oleh kalangan umat Muslim, terutama di pesantren. Biasanya huruf Pegon dipergunakan untuk menulis tafsiran atau arti pada pada Al-Qur’an. Namun kenyataan yang ada pada saat ini banyak peserta didik yang belum bisa menerima penyampaian guru dengan baik dalam keterampilan menulis huruf pegon. Salah satunya di TPQ Roudlotul Hikmah.  Tentunya diperlukan sebuah media pembelajaran yang mana dapat memudahkan siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf pegon. Dalam penelitian ini, peneliti memilih menggunakan media Pegon Flip Chart. Media Pegon Flip Chart merupakan media pembelajaran berisi kaidah-kaidah tulisan pegon yang berupa alat peraga yang berbentuk lembaran-lembaran kertas yang disatukan hingga menyerupai kalender dan dapat dilihat bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one grup pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis pegon siswa di TPQ Roudlotul Hikmah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil pretest sebesar 71,33 dan hasil rata-rata posttest 87,58. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest terhadap keterampilan menulis siswa menggunakan alat peraga edukatif pegon flip chart.
Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era Pandemic Covid-19 Mata Kuliah Anatomi dan Fisiologi Ternak Pada Mahasiswa Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Lampung Kusuma Wardany; Erni Mariana; Sulis Anjarwati; Muhammad Hadziq Qulubih
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.161 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.74

Abstract

Penelitian pembelajaran Google Classroom era pandemic Covid-19 pada mata kuliah Anatomi Fisiologi Ternak pada mahasiswa UNU Lampung  bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Peternakan semester 3 Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan di UNU Lampung yang berjumlah 17 mahasiswa. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran google classroom era pandemic Covid-19 mata kuliah Anfister mahasiswa Peternakan semester 3 Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan di UNU Lampung menyimpulkan bahwa (1) pelaksanaan meliputi: tujuan pembelajaran mata kuliah Anfister ini sudah sesuai indikator, dosen memberikan materi dengan rinci, dosen menggunakan media gambar, metode pembelajaran menggunakan discovery, Strategi yang digunakan, dosen mengingatkan mahasiswa sebelum pembelajaran dimulai, penilaian pembelajaran google classroom belum berhasil mencapai nilai secara klasikal, (2) Faktor Pendukung Dan Penghambat antara lain: faktor pendukung adanya kerja sama antara dosen dan mahasiswa, dan faktor penghambat mahasiswa belum siap dalam pembelajaran online.
Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS Yuridiya Fridayanti; Yudha Irhasyuarna; Rizky Febriyani Putri
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.043 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.75

Abstract

Media pembelajaran audio-visual dikembangkan menggunakan materi hidrosfer untuk mengukur hasil belajar peserta didik SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas media audio-visual berdasarkan validator ahli materi serta ahli media, kepraktisan media audio-visual berdasarkan hasil angket respon peserta didik dan ketuntasan hasil belajar peserta didik mengunakan media pembelajaran audio-visual. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar (THB). Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran audio-visual memperoleh skor validitas ahli media 80% dan validitas ahli materi sebesar 81%. Media pembelajaran audio-visual telah diuji cobakan pada kelompok kecil sebanyak delapan orang dengan skor kepraktisan 84% dan diuji coba lapangan sebanyak lima belas orang dengan skor ketuntasan 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio-visual pada materi hidrosfer dinyatakan valid, sangat praktis, dan sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs. Media ini dapat digunakan dalam materi hidrosfer untuk mengukur hasil belajar peserta didik SMPMTs.
Booklet Tentang Kajian Cerbera manghas (Bintaro) Di Kawasan Mangrove Muara Aluh-Aluh Atikah Atikah; Hardiansyah Hardiansyah; Noorhidayati Noorhidayati
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.078 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.86

Abstract

Tumbuhan Cerbera manghas merupakan tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai objek sumber belajar. Salah satu bahan ajar yang dapat dibuat sebagai sumber belajar yaitu booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas serta keterbacaan isi booklet yang dikembangkang tentang kajian tumbuhan bintaro sebagai materi pengayaan konsep Keanekaragaman Hayati di SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model Borg and Gall sampai langkah 5. Hasil pengembangan bahan ajar berupa booklet pada uji validasi dinyatakan valid oleh 3 validator dengan rata-rata skor validitas yaitu 3,51. Pada uji keterbacaan oleh 5 orang peserta didik SMA Negeri 1 Muara Aluh-Aluh didapatkan hasil skor 88,33% dengan kriteria sangat baik.
Kajian Sonneratia caseolaris (Rambai Padi) Di Kawasan Mangrove Desa Aluh-Aluh Besar Kabupaten Banjar Sebagai Bahan Pengayaan Konsep Keanekaragaman Hayati Biologi SMA Dalam Bentuk Booklet Bella Augita Widistya; Hardiansyah Hardiansyah; Noorhidayati Noorhidayati
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.613 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.94

Abstract

Pada Silabus Kurikulum 2013 Revisi menuntut adanya pembelajaran kontekstual, sehingga peserta didik dikenalkan langsung dengan objek. Tumbuhan Sonneratia caseolaris (Rambai Padi) merupakan salah satu tumbuhan khas vegetasi mangrove yang berpotensi sebagai sumber belajar tertulis seperti bahan ajar. Pengembangan bahan ajar berbasis potensi lokal sangat baik untuk memperkaya pengetahuan mengenai lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tumbuhan Sonneratia caseolaris dan kelayakan sumber belajar booklet Kawasan Mangrove Muara Aluh-Aluh sebagai bahan pengayaan konsep keanekaragaman hayati di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif line transek dan penelitian pengembangan 4D yang dibatasi hanya sampai tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan Sonneratia caseolaris memiliki akar napas, batang dengan tipe percabangan simpodial, daun tunggal dengan filotaksis berhadapan, tipe perbungaan majemuk dengan bunga berbentuk seperti cawan, dan tipe buah buni dengan bentuk bulat pipih. Kelayakan booklet konsep keanekaragaman hayati dilihat berdasarkan beberapa uji. Hasil uji yang didapat yaitu booklet sangat sesuai (4,42), sangat layak (4,39), keterbacaan sangat baik (93,37%), dan direspon positif oleh peserta didik (87,20%) berarti booklet diminati dan disenangi peserta didik.
Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik SMP Risma Agustina; Yudha Irhasyuarna; Sauqina Sauqina
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.205 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.119

Abstract

Penelitian pengembangan media articulate storyline topik mekanisme pendengaran manusia dan hewan bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implement and Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik persentase lembar validasi ahli media dan ahli materi. Selain itu menggunakan angket respon peserta didik dan tes soal. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif articulate storyline memperoleh skor validitas ahli media sebesar 83,7% sedangkan validitas ahli materi sebesar 82,1%. Media pembelajaran interaktif juga telah diuji cobakan secara perorangan peserta didik memperoleh skor 85,19% dan untuk kelompok kecil memperoleh skor sebesar 88,76%. Selain itu hasil keefektifan dari ketuntasan hasil belajar peserta didik memperoleh skor 76%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media articulate storyline materi mekanisme pendengaran manusia dan hewan dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan baik digunakan dalam pembelajaran IPA SMP.
Kajian Bruguiera gymnorrhiza (Tumbuhan Tancang) Di Kawasan Mangrove Muara Aluh-Aluh Sebagai Bahan Pengayaan Konsep Keanekaragaman Hayati Di SMA Dalam Bentuk Booklet Patimah Patimah; Hardiansyah Hardiansyah; Noorhidayati Noorhidayati
JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 3 (2022): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.014 KB) | DOI: 10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tumbuhan Tancang (Bruguiera gymnorrhiza) di kawasan mangrove muara Aluh-aluh (2) Mendeskripsikan hasil validitas bahan ajar booklet yang dikembangkan tentang Tumbuhan Tancang (Bruguiera gymnorrhiza) di kawasan mangrove muara Aluh-aluh (3) Mendeskripsikan hasil uji keterbacaan bahan ajar booklet yang dikembangkan tentang Tumbuhan Tancang (Bruguiera gymnorrhiza) di kawasan mangrove muara Aluh-aluh. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan transek kuadran dan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall dalam Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tumbuhan Tancang (Bruguiera gymnorrhiza) memiliki tipe akar lutut, batang memiliki lentisel, dan daun yang berwarna hijau dengan permukaan yang licin serta mengkilap, tebal seperti kulit, berbentuk elips hingga lanset. Bunga berwarna orange hingga merah, terletak di ketiak daun dengan daun kelopak dan mahkota yang masing-masing berjumlah 10-14. Buah Bruguiera gymnorrhiza melingkar spiral, berbentuk bundar melintang dengan panjang 2-2,5 cm. (2) Bahan ajar booklet yang dikembangkan mendapatkan kategori valid dengan skor 3,50 sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengayaan konsep Keanekaragaman Hayati di SMA. (3) Hasil uji keterbacaan oleh siswa mendapatkan skor 90,83% dengan kategori sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai bahan pengayaan konsep Keanekaragaman Hayati di SMA

Page 1 of 3 | Total Record : 27