cover
Contact Name
Sahidi
Contact Email
frdsahidi.007@gmail.com
Phone
+6282341390402
Journal Mail Official
jtheorema@gmail.com
Editorial Address
JL KH. Ahmad Dahlan No. 1 Mariyat Pantai Kecamatan Aimas Kabupaten Sorong - Papua Barat
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
ISSN : -     EISSN : 27459381     DOI : 10.36232
Core Subject : Education,
Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang Pendidikan Matematika
Articles 35 Documents
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BARISAN DAN DERET PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 MALUKU TENGAH Safarin Zurimi; Darwin Darwin; Yati Tuasamu; Norce Rupiasa
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 2 (2022): Theorema Journal
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema.v3i2.3133

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti pada sekolah SMK Negeri 11 Maluku Tengah, pada tanggal 25 mei 2021 dengan guru mata pelajaran matematika, bahwa masih banyak kekurangan dalam metode pembelajaran matematika yaitu, metode penyampaian materi hanya berlangsung satu arah atau dikenal dengan metode ceramah, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika siswa masih banyak di bawah nilai KKM, sehingga peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar materi barisan dan deret. Penelitian yang dilakukan merupakan suatu penelitian dengan jenis penelitian eksperimen (experimen) karena tidak semua variabel yang muncul dalam kondisi eksperimen dapat diatur dan dikontrol secara ketat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI1 SMK Negeri 11 Maluku Tengah tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 15 siswa dengan pengambilan sampel jenuh. Penelitian yang dilakukan terhitung mulai tanggal 30 mei – 30 juni 2021. Dengan menggunakan data analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 56.67 dan nilai rata-rata pada tes akhir adalah 80.73. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh thitung -0.1225 < ttabel 2.048, berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.
The Role of Parents in Guiding Children in Online Learning in the RT 2/ RW4 Environment of Malanu Village marlinda indah eka budiarti; Feronika Yekwan
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 2 (2022): Theorema Journal
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema.v3i2.3428

Abstract

This study aims to see how the role of parents in terms of learning assistance during Covid 19. The method used is field research (FieldReseach), that is, if this research departs directly into the field to make direct observations about the role of parents towards children in online learning that is carried out from the student's home or environment. The research location is in RT 2/RW 4, Malanu Village, Sorong City. The data collection techniques used were questionnaires and interviews with parents of students. The results of this study indicate that 6 parents have tried to be able to take the time to be able to help and accompany their children's learning activities directly. While the other 4 parents have tried, even though they have not been able to maximize it. The several inhibiting factors are 1) external factors and, 2) internal factors.
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH AIMAS Nur Indah Hanakiray Selay; Suhartini Sumadi; Surya Putra Raharja
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 2 (2022): Theorema Journal
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema.v3i2.3487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan motivasi peserta didik kelas VIII dalam implementasi pembelajaran matematika berbasis online/daring di SMP Muhammadiyah Aimas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Subjek penelitian ini adalah 3 peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Aimas yang sudah mengikuti pembelajaran jarah jauh (daring/online) dalam pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kriteria hasil belajar tinggi mempunyai motivasi belajar matematika metode daring yang tinggi, hal ini dilihat berdasarkan empat indikator motivasi tersebut, dimana tiga diantaranya memenuhi variabel motivasi belajar. Kemudian peserta didik dengan kriteria hasil belajar sedang mempunyai motivasi belajar matematika metode daring yang sedang, hal ini dilihat berdasarkan empat indikator yang diteliti, dimana dua diantaranya memenuhi variabel motivasi belajar. Sedangkan pada peserta didik dengan kriteria hasil belajar rendah mempunyai motivasi belajar matematika metode daring yang lebih rendah dari lainnya, hal ini dilihat berdasarkan empat indikator yang diteliti, dimana peserta didik tersebut hanya memenuhi variabel motivasi pada item mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru di indikator ketekunan dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran dan item mencatat penjelasan yang disampaikan oleh guru di indikator kemandirian dalam belajar matematika.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DI MTs NEGERI SORONG Zulijah Zulijah; Sahidi Sahidi; Mukhlas Triono
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 2 (2022): Theorema Journal
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema.v3i2.3488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang berdasarkan teori van hiele di MTs Negeri Sorong. Jenis penenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara Tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang ditinjau dari beberapa indikator. Indikator tingkat berpikir van hiele terdiri dari 5 yaitu : 1) tingkat 0 (visualisasi), (2) tingkat 1 (analisis), (3) tingkat 2 (deduksi informa), (4) tingkat 3 (deduksi), dan (5) tingkat 4 (rigor) . Kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan teori van hiele diperoleh berdasarkan tiga kategori yaitu Tinggi, Sedang, Rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) subjek pada kemampuan rendah tidak mencapai Tingkat 0 (visualisasi), 2) subjek pada kemampuan sedang mencapai Tingkat 1 (Analisis) , dan 3) subjek pada kemampuan tinggi berada pada Tingkat 4 (Rigor).
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP MUHAMADIYAH AIMAS Helena Rahap Yadafat
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 3 No 2 (2022): Theorema Journal
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema.v3i2.3491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui keefektifan model pembelajaran discoveri learning terhadap hasil belajar peserta didik pada meteri himpunan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Himpunan, proses pembelajaran yang dilakukan disekolah masih jarang menggunakan model pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru tanpa menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan keefektifan pada proses belajar mengajar. Dan siswa SMP Muhammadiyah Aimas juga pernah mengikuti suatu lomba olimpiade matematika. Oleh karena itu peneliti meyakini bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning siswa dapat lebih efektif terhadap hasil belajar matematika.Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran Discovery Learning efektif terhadap hasil belajar peserta didik Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu dengan Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah Aimas Kab. Sorong yang berjumlah 20 siswa pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penarikan sampel jenuh ( sampel sensus). Sehingga sampel yang digunakan adalah kelas VII-A, Dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes.Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian t dari hasil hipotesis yang menunjukkan thitung = 3.59 > ttabel = 2,02, maka H1 diterima dan sebaliknya Ho ditolak. Dengan demikian di ambil kesimpulan bahwa “Model Discovery Learning efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan di kelas VII SMP Muhammadiyah Aimas Kab. Sorong”.
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL SISWA SMK MUHAMMADIYAH AIMAS KELAS X Diotrefes Manu; Mukhlas Triono
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.393 KB) | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.523

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model CTL efektif terhadap hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah Aimas. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong sebagai tempat pelaksanaan penerapan model CTL dan kelas yang digunakan adalah kelas X Akutansi yang berjumblah 13 orang.Hasil penelitian dan penerapan. (1) berdasatkan hasil uji normalitas dengan menggunakan software statistik terhadap nilai pretest dan nilai posttest dengan taraf
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AIMAS Fagilius Sauyai; Sahidi Sahidi
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika di SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Berpikir kritis merupakan suatu jenis berpikir yang mempunyai peranan penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Proses berpikir kritis ini memiliki 4 indikator yaitu klarifikasi, assessment, inferensi dan strategi dan taktik. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelas VII SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong yang berjumlah 35 siswa. Dari kelas tersebut kemudian dikelompokkan menjadi kelompok atas, kelompok tengah dan kelompok bawah kemudian diambil 4 rensponden dari kelompok atas untuk menjadi subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) berpikir kritis subjek T1 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi, assessmet dan inferensi. (2) berpikir kritis subjek T2 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi, assessment dan tahap inferensi. (3) berpikir kritis subjek T3 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi dan tahap assessment. (4) berpikir kritis subjek T4 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi, assessment dan tahap inferensi.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 1 KABUPATEN SORONG KELAS IX DALAM MENGERJAKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER Ida Fatmawati; Suhartini Sumadi
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.154 KB) | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.525

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kemampuan mengabungkan dengan ide-ide dan pemahaman yang ada untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Berpikir kreatif memiliki 3 indikator yaitu kefasihan, fleksibilitas dan keluwesan. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong kelas IX dalam mengerjakan soal HOTS ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sebagai tempat pelaksanaan penelitian dan kelas yang digunakan adalah kelas IX B. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pengumpulan data melalui teknik tes dan wawancara. Untuk menganalisis data digunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan (1)subjek siswa laki-laki memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. (2)subjek siswa perempuan memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. (3) Terdapat perbedaan pada ketercapaian indikator berpikir kreatif pada siswa laki-laki dan siswa perempuan. Ketiga siswa laki-laki mampu mencapai kefasihan sebesar 88,8% pada ketiga soal sedangkan siswa perempuan mampu mencapai fleksibilitas sebesar 88,8% juga, siswa laki-laki mampu mencapai fleksibilitas sebesar 22,2% pada ketiga soal sedangkan siswa perempuan mampu mencapai lebih tinggi yaitu 33,3%, dan siswa laki-laki mampu mencapai kebaruan sebesar 33,3% pada ketiga soal sedangkan siswa perempuan mampu mencapai 11,1%.
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP Maliza Riska Fazira; Surya Putra Raharja
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.777 KB) | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.526

Abstract

Penelitian quasi eksperimen ini yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis dan gaya belajar peserta didik. Gaya belajar yang dimaksud adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri Sorong yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL tidak lebih efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis, dimana nilai P-value diperoleh lebih besar dari α = 0,05 atau (0,429 > 0,05). (2) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan pemahaman matematis dalam model pembelajaran PBL jika ditinjau dari gaya beajar visual, auditorial dan kinestik. (3) hasil belajar kemampuan pemahaman matematis kelas eksperimen mendapat rata-rata visual sebesar 79, audiitorial sebesar 70 dan kinestik sebesar 47, sedangkan untuk kelas kontrol mendapat rata-rata visual sebesar 75, auditorial sebesar 73 dan kinestik sebesar 57.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII MTs. NEGERI SORONG Wati wati; Syamsulrizal Syamsulrizal
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.413 KB) | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.527

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs. Negeri Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen bentuk quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent pretes-posttes kontrol grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dengan mengambil dua kelas sebagai sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan dalam penelitian ini melalui teknik tes dan lembar observasi. Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji ANOVA dua jalan dengan membandingkan perbedaan rata-rata aktivitas dan hasil belajar dari kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai P – value untuk faktor aktivitas dan hasil belajar sebesar 0,000 dan lebih kecil dari α = 0,05 maka H0 ditolak, artinya pada taraf kepercayaan 95% terdapat perbedaan antara aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Sedangkan nilai P – value untuk faktor pembelajaran memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 dan lebih kecil dari nilai α maka H0 ditolak, artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika.

Page 1 of 4 | Total Record : 35