cover
Contact Name
Sahidi
Contact Email
frdsahidi.007@gmail.com
Phone
+6282341390402
Journal Mail Official
jtheorema@gmail.com
Editorial Address
JL KH. Ahmad Dahlan No. 1 Mariyat Pantai Kecamatan Aimas Kabupaten Sorong - Papua Barat
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
ISSN : -     EISSN : 27459381     DOI : 10.36232
Core Subject : Education,
Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang Pendidikan Matematika
Articles 41 Documents
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL SISWA SMK MUHAMMADIYAH AIMAS KELAS X Diotrefes Manu; Mukhlas Triono
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.393 KB) | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.523

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model CTL efektif terhadap hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah Aimas. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong sebagai tempat pelaksanaan penerapan model CTL dan kelas yang digunakan adalah kelas X Akutansi yang berjumblah 13 orang.Hasil penelitian dan penerapan. (1) berdasatkan hasil uji normalitas dengan menggunakan software statistik terhadap nilai pretest dan nilai posttest dengan taraf
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AIMAS Fagilius Sauyai; Sahidi Sahidi
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika di SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Berpikir kritis merupakan suatu jenis berpikir yang mempunyai peranan penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Proses berpikir kritis ini memiliki 4 indikator yaitu klarifikasi, assessment, inferensi dan strategi dan taktik. Jenis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelas VII SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong yang berjumlah 35 siswa. Dari kelas tersebut kemudian dikelompokkan menjadi kelompok atas, kelompok tengah dan kelompok bawah kemudian diambil 4 rensponden dari kelompok atas untuk menjadi subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) berpikir kritis subjek T1 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi, assessmet dan inferensi. (2) berpikir kritis subjek T2 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi, assessment dan tahap inferensi. (3) berpikir kritis subjek T3 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi dan tahap assessment. (4) berpikir kritis subjek T4 dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan dari 3 soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek dapat melalui tahap klarifikasi, assessment dan tahap inferensi.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 1 KABUPATEN SORONG KELAS IX DALAM MENGERJAKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER Ida Fatmawati; Suhartini Sumadi
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.154 KB) | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.525

Abstract

Berpikir kreatif merupakan kemampuan mengabungkan dengan ide-ide dan pemahaman yang ada untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Berpikir kreatif memiliki 3 indikator yaitu kefasihan, fleksibilitas dan keluwesan. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong kelas IX dalam mengerjakan soal HOTS ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sebagai tempat pelaksanaan penelitian dan kelas yang digunakan adalah kelas IX B. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pengumpulan data melalui teknik tes dan wawancara. Untuk menganalisis data digunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan (1)subjek siswa laki-laki memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. (2)subjek siswa perempuan memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. (3) Terdapat perbedaan pada ketercapaian indikator berpikir kreatif pada siswa laki-laki dan siswa perempuan. Ketiga siswa laki-laki mampu mencapai kefasihan sebesar 88,8% pada ketiga soal sedangkan siswa perempuan mampu mencapai fleksibilitas sebesar 88,8% juga, siswa laki-laki mampu mencapai fleksibilitas sebesar 22,2% pada ketiga soal sedangkan siswa perempuan mampu mencapai lebih tinggi yaitu 33,3%, dan siswa laki-laki mampu mencapai kebaruan sebesar 33,3% pada ketiga soal sedangkan siswa perempuan mampu mencapai 11,1%.
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP Maliza Riska Fazira; Surya Putra Raharja
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.777 KB) | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.526

Abstract

Penelitian quasi eksperimen ini yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis dan gaya belajar peserta didik. Gaya belajar yang dimaksud adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri Sorong yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL tidak lebih efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis, dimana nilai P-value diperoleh lebih besar dari α = 0,05 atau (0,429 > 0,05). (2) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan pemahaman matematis dalam model pembelajaran PBL jika ditinjau dari gaya beajar visual, auditorial dan kinestik. (3) hasil belajar kemampuan pemahaman matematis kelas eksperimen mendapat rata-rata visual sebesar 79, audiitorial sebesar 70 dan kinestik sebesar 47, sedangkan untuk kelas kontrol mendapat rata-rata visual sebesar 75, auditorial sebesar 73 dan kinestik sebesar 57.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII MTs. NEGERI SORONG Wati wati; Syamsulrizal Syamsulrizal
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.413 KB) | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.527

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs. Negeri Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen bentuk quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent pretes-posttes kontrol grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dengan mengambil dua kelas sebagai sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan dalam penelitian ini melalui teknik tes dan lembar observasi. Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji ANOVA dua jalan dengan membandingkan perbedaan rata-rata aktivitas dan hasil belajar dari kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai P – value untuk faktor aktivitas dan hasil belajar sebesar 0,000 dan lebih kecil dari α = 0,05 maka H0 ditolak, artinya pada taraf kepercayaan 95% terdapat perbedaan antara aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Sedangkan nilai P – value untuk faktor pembelajaran memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 dan lebih kecil dari nilai α maka H0 ditolak, artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika.
Efektifitas Google Classroom Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Dwi Pamungkas; Noor Aini; Nita Novianti; Dwi Sulisworo
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 1 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.069 KB) | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i1.537

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktifitas pembelajaran Google Classroom Matematika.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat eksploratif yaitu menggambarkan keadaan atau status fenomena.Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan IV Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan.Data penelitian ini diperoleh dari lembar evaluasi respon mahasiswa. DaMta penelitian tersebut dianalisis dengan proses analisis deskriptif dan proses analisis angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Matematika memiliki kualitas yang sangat baik dengan skor rata-rata 107,56 dan kriteria validitas . Dengan demikian, penggunanaan Google Classroom efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII Anita Karolina Making; Suhartini Sumadi; Mukhlas Triono
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 2 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i2.607

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat belajar matematika berdasarkan kecerdasan majemuk pada peserta didik kelas VIII? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa gambaran tentang minat peserta didik kelas VIII berdasarkan kecerdasan majemuk. Banyaknya subjek dalam penelitian ini adalah tiga kelompok, dengan perincian setiap subjek untuk masing-masing kategori domain interaktif, analitik, dan introspektif. Selanjutnya hasil tes kecerdasan majemuk tersebut dianalisis untuk mengetahui kecerdasan dominan yang dimiliki masing-masing peserta didik. Setelah peneliti mengetahui kecerdasan yang dominan pada masing-masing peserta didik, kemudian dikelompokan berdasarkan jenis kecerdasan yang dimiliki masing-masing peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes kecerdasan majemuk untuk melihat kecerdasan dominan yang dimiliki peserta didik, angket yang diberikan setelah subjek diperoleh untuk melihat minat dari subjek dan pedoman wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi, penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah minat yang dimiliki subjek dengan kecerdasaan interaktif adalah senang, terlibat, tertarik dan perhatian. Minat yang dimiliki subjek dengan kecerdasaan analitik adalah senang, terlibat, tertarik dan perhatian subjek dalam mengikuti pembelajaran matematika. Minat yang dimiliki subjek dengan kecerdasaan introspektif adalah senang, terlibat, tertarik dan perhatian dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN ENDED BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Deni Lius; Sahidi Sahidi
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 2 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i2.613

Abstract

Open ended adalah salah satu cara penyajian berbagai macam pendekatan yang mungkin untuk menyelesaikan soal atau adanya berbagai macam kemungkinan jawaban yang memiliki lebih dari satu jawaban atau cara penyelesaian yang benar. Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi nilai yang terkandung di dalamnya dianggap sangat universal. Penelitian ini bertujuan : untuk menghasilkan soal-soal open ended yang valid dan praktis pada materi segitiga dan segiempat di SMP dan untuk melihat efek potensial soal-soal open ended terhadap matematika peserta didik pada materi segitiga dan segiempat di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII.A SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, dan tes soal open ended berbasis kearifan lokal. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal open ended berbasis kearifan lokal pada materi segitiga dan segiempat untuk peserta didik kelas VII SMP yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan konten , konstruk, dan bahasa. Selain itu kevalidan soal open ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada peserta didik small group. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group dimana sebagian peserta didik dapat menyelesaikan soal open ended berbasis kearifan lokal yang diberikan, prototype 2 dari hasil tes small group dengan nilai persentase 40,5% dan pada prototype 3 soal open ended yang dikembangkan memilki efek potensial yang kurang efektif bagi peserta didik dengan presentase persen 26,7%, hal ini terlihat dengan kurangnya beragam solusi jawaban dari peserta didik
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 1 KOTA SORONG Maria Polona Werang; Dwi Pamungkas
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 2 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i2.614

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA 2 dalam menyelesaikan masalah kontekstual materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Penelitian ini digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan langkah awal yaitu melakukan observasi terhadap hasil belajar dan aktivitas peserta didk dalam proses pembelajaran di kelas, kemudian melakukan identifikasi masalah dan menentukan tujuan penelitian. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari tes yaitu tes kemampuan awal matematika dan tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi/lembar cacatan lapangan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenai Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Kota Sorong dalam menyelesaikan masalah kontekstual materi sistem persamaan linier tiga variabel diperoleh temuan bahwa tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif siswa perbutir soal berbeda-beda, namun tidak ada siswa yang mampu mencapai pada kategori TKBK 3 (Kreatif) dan TKBK 4 (Sangat Kreatif) dalam menyelesaikan permasalahan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 10 RAJA AMPAT Dosma Septiana Maharaja; Heny Sri Astutik
THEOREMA: The Journal Education of Mathematics Vol 1 No 2 (2020): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/theorema: the journal education of mathematics.v1i2.618

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan berbantu alat peraga terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Raja Ampat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Designs. Desain penelitian ini menggunakan model One-Group Pretest-Posttest Design.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest sebesar 68,18 jauh lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 35,45. Jika dilihat dari hasil skor N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,51 yang terletak antara rentang 0,30 – 0,70 dan termasuk dalam kategori sedang. Uji One Sample t-test untuk angket diperoleh thitung > ttabel yaitu 21,910 > 2,228 dengan sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan untuk posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,105 > 2,228 dengan sig < 0,05 yaitu 0,011 < 0,05. Dari hasil uji One Sample t-test menunjukkan bahwa H1 dterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu alat peraga terhadap peningkatan minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Raja Ampat.