cover
Contact Name
Meilisha Putri Pertiwi
Contact Email
meilishaputripertiwi@gmail.com
Phone
+628561408597
Journal Mail Official
jber@unpak.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Jl. Pakuan No 1, Ciheuleut Kelurahan Tegal Lega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Of Biology Education Research (JBER)
Published by Universitas Pakuan
ISSN : -     EISSN : 27747859     DOI : https://doi.org/10.55215/
Journal of Biology Education Research (JBER) publishes original research or theoretical papers, literature review on new knowledge of research, and research application that emphasize issues germane to Biology and Biology Education. Special emphasis is placed on research relevant to Biology Education (including: curriculum of Biology, learning media, learning model, STEM, local wisdom-based learning, teacher professional development, etc), Environmental Education (including: environmental issue, environmental behavior theory, environmental behavior change, waste management, etc), Applied Biology (including: animal physiology, plant physiology, genetic engineering, microbiology,ecology, etc).
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020" : 12 Documents clear
Pengembangan Games Moneter (Monopoly Vertebrata) Sebagai Media Pembelajaran Siswa Abdul Kharom; Susi Sutjihati; Rifki Risma Munandar
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.464 KB) | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2630

Abstract

AbstrakBiologi merupakan mata pelajaran yang dianggap relatif sulit oleh kebanyakan siswa dan cenderung membosankan, untuk itu perlunya penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dengan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah media permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Games Moneter (Monopoly Vertebrata) sebagai media pembelajaran siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2020. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate) dengan data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan hingga tahap Development atau hanya pada tahap pengembangan media dengan penilaian 10 validator yang meliputi 5 orang dosen dan 5 orang guru Biologi SMA. Hasil penelitian didapat bahwa media Games Moneter (Monopoly Vertebrata) dikategorikan sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan persentase nilai dari 10 validator sebesar 91,5%. Kata kunci: Media Pembelajaran, Biologi, Games Moneter
Pengembangan Media Membelajaran Berbasis Android Pada Materi Sintesis Protein Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Meri Sri Susanti; Nandang Hidayat; Surti Kurniasih
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.879 KB) | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2635

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein untuk meningkatkan kompetensi siswa pada aspek kognitif. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan desain Four D. Penelitian melibatkan 3 orang validator dan 72 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi guru biologi, dan soal tes pilihan ganda pada materi sintesis protein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein rata-rata sebesar 93% dengan kategori Sangat Layak. Kompetensi siswa meningkat dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil, penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein dapat meningkatkan kompetensi siswa. Rekomendasi untuk penelitian lanjutan sebaiknya dilakukan uji coba pada skala luas dengan jumlah siswa yang lebih banyak agar didapatkan data yang lebih akurat.
Pengembangan Media Ajar E-Booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Hanifah Hanifah; Triasianingrum Afrikani; Indri Yani
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.332 KB) | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2631

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan jenis Research and Development model Four-D yang dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar e-booklet yang mampu meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi plantae. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI- MIPA 2 di salah satu SMA di Kota Bogor dengan jumlah 36 orang siswa. Uji coba terbatas pada penelitan ini menggunakan one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli, instrumen pilihan ganda dan lembar angket respon siswa terhadap e-booklet. Berdasarkan hasil validasi yang meliputi aspek format, aspek isi, dan aspek bahasa diperoleh rata-rata nilai sebesar 93% termasuk kategori valid dan layak untuk digunakan pada pembelajaran. Hasil nilai N-gain pretest dan postest menunjukan kriteria sedang yakni 55%. Hasil rat-rata Pretest sebelum menggunakan media ajar e-booklet yaitu 52 dengan kategori hasil belajar kurang dan hasil rata-rata Postest setelah menggunakan media ajar e-booklet sebesar 79 dengan kategori hasil belajar yang baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-booklet materi plantae dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Kata kunci: Media ajar, E-Booklet, Hasil Belajar Siswa, Plantae
Pengembangan Media Alat Peraga Papan Genetika Elektrik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dian Rosdiana Dahlan; Oding Sunardi; Rifki Risma Munandar
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.802 KB) | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2632

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran peningkatan penguasaan konsep siswa SMA dengan pengembangan alat peraga papan genetika elektrik. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cigombong Kabupaten Bogor pada tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE dan kelas uji coba sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa 36 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan pre test dan post tes dengan soal pilihan ganda dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis dengan menggunakan N Gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai N Gain penguasaan konsep sebesar 0,57 atau 57 % (kategori sedang) dan hasil angket tanggapan siswa sebesar 90,5% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat peraga papan genetika elektrik mampu meningkatkan pengusaan konsep siswa SMA. Keywords: Alat peraga, papan genetika elektrik, penguasaan konsep
Green Consumerism in Environmental Learning: 7th-grade Students Pro-Environmental Behavior in Science Subject Ilmi Zajuli Ichsan; Diana Vivanti Sigit; Mieke Miarsyah; Md. Mehadi Rahman; R. Ahmad Zaky El Islami; Husamah Husamah
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.092 KB) | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2633

Abstract

Science education in the 21st century including biology learning at the level of Junior High School requires a more contextual implementation. Environmental learning topics such as green consumerism is a contextual topic in biology learning. Students must have high Pro-Environmental Behavior (PEB) to participate in protecting the environment. The purpose of this study was to measure the PEB of students at the 7th-grade level. The research method used descriptive with survey data collection techniques. The study was conducted in November-December 2018 at State Junior High School 1 South Tambun, West Java, Indonesia. A total sample of 135 students in 7th grade was selected by simple random sampling. The results showed there were six PEB indicators based on Green Consumerism that were Energy Conservation (86.37), Transportation (56.67), Waste Avoidance (53.04), Daily Consumption (64.44), Recycling (58.89), Social Behavior (60.54). Among the six indicators, only energy conservation was categorized as very high, while the others are categorized as moderate. This study concluded that PEB students must be improved by various models, methods, and media in biology learning.Keywords: Environmental learning, green consumerism, pro-environmental behavior
Inventarisasi Keanekaragaman Echinodermata Di Pantai Seupang Sebagai Media Pembelajaran Biologi Yesi Lestari; Munarti Munarti; Surti Kurniasih
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.642 KB) | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2634

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari keanekaragaman Echinodermata di Pantai Seupang dan menyusun media booklet dari hasil inventarisasi keanekaragaman Echinodermata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Juli 2020, menggunakan metode eksplorasi dengan teknik purposive sampling, menggunakan tiga stasiun pada titik yang paling mewakili untuk diteliti. Data yang diambil berupa data primer (jumlah spesies dari filum Echinodermata di dalam setiap stasiun) dan data lingkungan berupa pH, salinitas, suhu, dan kuat arus dan substrat. Berdasarkan penelitian ditemukan enam spesies dari tiga kelas yaitu Ophiuroidea, Echinoidea dan Holothuroidea. Indeks kemerataan tergolong sedang dengan nilai rata-rata 0,52 dan indeks dominansi tergolong sedang dengan nilai rata-rata 0,54. Sementara indeks keanekaragaman di Pantai Seupang tergolong rendah dengan rata-rata nilai 0,88. Hal ini berarti Echinodermata yang ditemukan di Pantai Seupang tergolong merata dan tidak ada spesies yang mendominasi antar spesies satu dengan yang lainnya. Hasil validasi kelayakan media booklet menunjukkan bahwa booklet layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi pada materi kingdom animalia. Kata kunci: Echinodermata, booklet, kingdom animalia
Green Consumerism in Environmental Learning: 7th-grade Students Pro-Environmental Behavior in Science Subject Ilmi Zajuli Ichsan; Diana Vivanti Sigit; Mieke Miarsyah; Md. Mehadi Rahman; R. Ahmad Zaky El Islami; Husamah Husamah
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2633

Abstract

Science education in the 21st century including biology learning at the level of Junior High School requires a more contextual implementation. Environmental learning topics such as green consumerism is a contextual topic in biology learning. Students must have high Pro-Environmental Behavior (PEB) to participate in protecting the environment. The purpose of this study was to measure the PEB of students at the 7th-grade level. The research method used descriptive with survey data collection techniques. The study was conducted in November-December 2018 at State Junior High School 1 South Tambun, West Java, Indonesia. A total sample of 135 students in 7th grade was selected by simple random sampling. The results showed there were six PEB indicators based on Green Consumerism that were Energy Conservation (86.37), Transportation (56.67), Waste Avoidance (53.04), Daily Consumption (64.44), Recycling (58.89), Social Behavior (60.54). Among the six indicators, only energy conservation was categorized as very high, while the others are categorized as moderate. This study concluded that PEB students must be improved by various models, methods, and media in biology learning.Keywords: Environmental learning, green consumerism, pro-environmental behavior
Inventarisasi Keanekaragaman Echinodermata Di Pantai Seupang Sebagai Media Pembelajaran Biologi Yesi Lestari; Munarti Munarti; Surti Kurniasih
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2634

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari keanekaragaman Echinodermata di Pantai Seupang dan menyusun media booklet dari hasil inventarisasi keanekaragaman Echinodermata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Juli 2020, menggunakan metode eksplorasi dengan teknik purposive sampling, menggunakan tiga stasiun pada titik yang paling mewakili untuk diteliti. Data yang diambil berupa data primer (jumlah spesies dari filum Echinodermata di dalam setiap stasiun) dan data lingkungan berupa pH, salinitas, suhu, dan kuat arus dan substrat. Berdasarkan penelitian ditemukan enam spesies dari tiga kelas yaitu Ophiuroidea, Echinoidea dan Holothuroidea. Indeks kemerataan tergolong sedang dengan nilai rata-rata 0,52 dan indeks dominansi tergolong sedang dengan nilai rata-rata 0,54. Sementara indeks keanekaragaman di Pantai Seupang tergolong rendah dengan rata-rata nilai 0,88. Hal ini berarti Echinodermata yang ditemukan di Pantai Seupang tergolong merata dan tidak ada spesies yang mendominasi antar spesies satu dengan yang lainnya. Hasil validasi kelayakan media booklet menunjukkan bahwa booklet layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi pada materi kingdom animalia. Kata kunci: Echinodermata, booklet, kingdom animalia
Pengembangan Games Moneter (Monopoly Vertebrata) Sebagai Media Pembelajaran Siswa Abdul Kharom; Susi Sutjihati; Rifki Risma Munandar
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2630

Abstract

AbstrakBiologi merupakan mata pelajaran yang dianggap relatif sulit oleh kebanyakan siswa dan cenderung membosankan, untuk itu perlunya penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dengan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah media permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Games Moneter (Monopoly Vertebrata) sebagai media pembelajaran siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2020. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate) dengan data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan hingga tahap Development atau hanya pada tahap pengembangan media dengan penilaian 10 validator yang meliputi 5 orang dosen dan 5 orang guru Biologi SMA. Hasil penelitian didapat bahwa media Games Moneter (Monopoly Vertebrata) dikategorikan sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan persentase nilai dari 10 validator sebesar 91,5%. Kata kunci: Media Pembelajaran, Biologi, Games Moneter
Pengembangan Media Membelajaran Berbasis Android Pada Materi Sintesis Protein Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Meri Sri Susanti; Nandang Hidayat; Surti Kurniasih
Journal Of Biology Education Research (JBER) Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55215/jber.v1i1.2635

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein untuk meningkatkan kompetensi siswa pada aspek kognitif. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan desain Four D. Penelitian melibatkan 3 orang validator dan 72 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi guru biologi, dan soal tes pilihan ganda pada materi sintesis protein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein rata-rata sebesar 93% dengan kategori Sangat Layak. Kompetensi siswa meningkat dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil, penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein dapat meningkatkan kompetensi siswa. Rekomendasi untuk penelitian lanjutan sebaiknya dilakukan uji coba pada skala luas dengan jumlah siswa yang lebih banyak agar didapatkan data yang lebih akurat.

Page 1 of 2 | Total Record : 12