cover
Contact Name
Sigit Apriyanto
Contact Email
sigitteduh89@gmail.com
Phone
+6281215263928
Journal Mail Official
info@jcopublishing.com
Editorial Address
Jl. R. Fatah, No. 50, RT3/4, Sidamulya, Kec. Wanareja, Kab. Cilacap
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Devotion: Journal Corner of Community Service
Published by CV. Tripe Konsultan
ISSN : 29618096     EISSN : 29619165     DOI : https://doi.org/10.54012/devotion
Core Subject : Social,
Devotion: Journal Corner of Community Service (E-ISSN 2961-9165, P-ISSN 2961-8096). The journal publishes original research articles as well as review articles in all areas of Training and Marketing are utilized for community empowerment, SMEs and local communities; Community empowerment; Social Access; Community Service Activities by Students; Empowerment of Border Area Communities; Education for Sustainable Development; Community Empowerment Program; Design and Reach Appropriate Technology for Communities.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2023): February" : 11 Documents clear
MEMBUKA PELUANG WIRAUSAHA MANDIRI DENGAN MENGEMBANGKAN PRODUK INOVASI LIMBAH AMPAS TAHU MENJADI NUGGET DI KELURAHAN SUMBER REJO KEMILING Deviana Sari; Zesty Miranda; Ahmad Junaiedi; Maria Elina; Hikmah Justiti Adiastuti
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.110

Abstract

Industri tahu merupakan industri skala kecil menengah yang banyak berkembang di masyarakat. Industri ini mengolah kacang kedelai menjadi tahu yang menjadi salah satu lauk yang banyak dikonsumsi masyarakat. kelurahan Sumber Rejo memiliki industri pengolahan air minum, kelompok pertokoan dan pasar tradisional. Selain itu terdapat beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu industri tahu, industri mebel dan kerupuk. Metode yang digunakan adalah terdiri empat tahapan yaitu survei dan studi, sosialisasi, serta pelatihan kepada kelompok ibu-ibu. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukan dari hasil pretest peserta menunjukan angka rata-rata 58,8 dari 20 pertanyaan, dimana pertanyaan tersebut terkait pemanfaat ampas tahu menjadi nugget, pengemasan dan pemasaran produk. Dari data tersebut dapat diartikan masih sangat kurang pemahaman terkait produk pengembangan ampas tahu menjadi nugget, pengemasan dan pemasaran. Setelah pretest, tim pengabdian memberikan materi dan peserta sangat antusia dengan materi yang diberikan karena terjadi diskusi yang sangat mendalam terkait materi ampas tahu teruma nilai gizi yang terkandung didalamnya.
PROBLEMATIKA PELAKSANAAN TAHFIDZUL QUR’AN DI ASRAMA TAHFIDZ H. ABDULLAH MUSTHAFA NASUTION PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU MANDAILING NATAL Rabiah Al-Husna Nst; Sri Manda; Puli Taslim Nst; Khofifah Indah Al-Husna
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.111

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah santri di Asrama Tahfidz H. Abdullah Musthafa Nasution Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Mandailing  Natal,  menghafal  Al-Qur’an dikhususkan  pada  kelas  1-6 (Wustha dan Ulya)  saja  dalam jangka 3 tahun ditargetkan selesai 30 juz. Namun tidak sedikit para santri yang belum bisa memenuhi target yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Tahfidzul Qur’an di Asrama Tahfidz H. Abdullah Musthafa Nasution Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Apa saja problematika pelaksanaan tahfidzul Qur’an  dan   apa   saja   upaya   yang   dilakukan   untuk   mengatasi   problematika pelaksanaan tahfidzul Qur’an di Asrama Tahfidz H. Abdullah Musthafa Nasution Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Sedangkan tujuannya adalah Mengetahui pelaksaan  tahfidzul  Qur’an di  Asrama  Tahfidz  H.  Abdullah  Musthafa  Nasution Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, mengetahui  apa saja problematika pelaksanaan tahfidzul dan untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pelaksanaan tahfidzul tahfidzul Qur’an di Asrama Tahfidz H. Abdullah Musthafa Nasution Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber data. Teknik  analisis  data  yakni  dengan  memaparkan  penelitian  ini  apa  adanya  serta menarik kesimpulan dengan menggunakan metode deskriptif-analisis.  
COMMUNITY SERVICE OF DR. KOFFIE BANDAR LAMPUNG ON DIGITAL MARKETING TRANSFORMATION Fathur Rahman; Yuyun Khamidah; Dita Wulansari; M. Firas W.P; Ajeng Istyqomah; Suci Fitria; Roslina Roslina
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.112

Abstract

Small and medium-sized enterprises (SMEs) is a businesses whose personnel and revenue numbers fall below certain limits. The abbreviation "SME" is used by international organizations such as the World Bank, the European Union, the United Nations, and the World Trade Organization (WTO). SMES contribute to the economy and development of a region. This activity focuses on the digital transformation implemented by Dr. Koffie as one of the SMEs in Bandar Lampung. The activity uses a participatory approach by discussing and presenting material about the importance of digital marketing for businesses. Dr. Koffie uses digital transformation to increase product sales and customers. However, Dr. Koffie can pay more attention to digital developments and optimize online marketing on sites such as Instagram, Facebook, TikTok, and their own website. Dr. Koffie is a coffee shop located in the city of Lampung, that carries a unique concept, namely the beach, with bean bag chairs so that visitors seem to be on the beach.
Penyuluhan dan Pratik Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair di RW 12 Kel. Pebatuan Kec. Kulim Pekanbaru Fitri Wulandari; Adelina Maryanti; Vella Anggreana
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.113

Abstract

Dalam Penyuluhan kegiatan, persiapan yang dilakukan dalam program ini dimulai dari melakukan observasi atau proses pencarian data warga rw 12 kelurahan pebatuan kecamatan kulim. Selanjutnya memberikan pengumuman kepada warga bahwa akan dilaksanakan penyuluhan. Memberikan penyuluhan tentang tata cara pembuatan, bahan-bahan yang dipakai dan mempraktekkan langsung. Serta mengajak masyarakat untuk sama-sama membudayakan membuat sabun cuci piring sendiri untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat dijadikan sebagai industri rumah tangga. Agar menambah penghasilan dari ibu-ibu rumah tangga karena keadaan ekonomi pasca pandemi di daerah rw 12 kelurahan pebatuan menurun drastis. Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap bahan kimia dan cara pengolahannya telah membuat tertutupnya peluang bisnis. Oleh sebab itu, masyarakat membutuhkan pelatihan untuk mengolah bahan kimia tersebut menjadi suatu produk yang aman terhadap lingkungan. Pemberdayaan masyarakat kulim yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Sehingga dengan adanya penyuluhan pembuatan sabun masyarakat dapat membuat sabun cuci piring cair sendiri untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.
Digital Marketing Media Development at Nutrihub Lampung Yoga Permana; Reza Realita; Rizki Okti Ariani; Niken Purbasari; Andreas Pujian S; Sanjaya Bangun; Yuniarti Fihartini
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.114

Abstract

This community service is related to digitizing transformation in co-working spaces where the output is in the form of a prototype landing page design for UMKM Nutrihub Lampung. Nutrihub Lampung is a co-working space that is a new concept of a place to work for independent workers. In this service activity, the stages of making landing pages, landing page designs, and the implementation process are explained. The service was carried out at Nutrihub Lampung by collecting data through observation and Focus Group Discussion. The data is processed through analysis, design, implementation and drawing conclusions. The results of this service are expected to increase interaction with the community on a wider scope and are expected to increase additional turnover for business owners. Easy access to flexible and dynamic work support facilities/facilities and semi-formal, communal, and collaborative work environments are the main attraction for co-working space users. The shift to technology-based jobs is increasing the demand for affordable, flexible and dynamic workplaces.
Digital Marketing Design and Content Development at Nutrihub Lampung Nicco Chaisar Chaniago; Aditia Jaya Saputra; America Rachmasari Calosa; Ayu Karmila Dewi; Muhammad Farel Akuan; Nurul Kholifah; Satria Bangsawan
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.115

Abstract

A large number of internet users in Indonesia is an opportunity for business people to use digital marketing to get consumers. Nutrifood is a company engaged in the healthy food and beverage industry and has a place for public activities called Nutrihub. This service examines how Nutrihub uses digital content to build brand awareness. The dedication method used comes from devotion and conducting focus group discussions (FGD) with the leaders and employees of Nutrihub Lampung. The data obtained is then processed based on selection and sorting so that it is sorted, which is more appropriate in describing the problem according to the purpose of the service. The data sources used are journals, publications, websites, and Nutrihub's social media pages. The service results show that using digital content as marketing, including websites, e-commerce and social media, using the slogan "Connect, Collaborate, Innovate," is considered successful in building brand awareness at Nutrihub Lampung. Because it can build people's top of mind that Nutrihub is a brand of healthy living through a series of high-tasting health food and drink products. Instagram social media and e-commerce platforms have a big factor in building Nutrihub's brand awareness in the eyes of the public.
Pelatihan Calistung Menggunakan Flash Card Bagi Siswa TK dan SD Kelas 1 di Kelurahan Sumber Rejo Kemiling Septia Uswatun Hasanah; Adelina Anum; Meilinda Safitri; Taklika Wardiansyah
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.122

Abstract

Dari segi pendidikan di kelurahan Sumber Rejo memiliki sekolah TK dan SD yang saat ini mengalami penurunan motivasi belajar pada siswa TK dan SD. Para siswa merasa jenuh dengan adanya pembelajaran secara daring yang dilakukan selama pandemi karena rasa jenuh yang dialami siswa mengakibatkan turunnya motivasi belajar sehingga siswa malas mengerjakan tugas sekolah. Selain itu, siswa juga mengalami beberapa kendala dalam mengerjakan tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Permasalahan yang telah dijabarkan pada penjelasan sebelumnya tentu membutuhkan adanya solusi. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian ini dapat menjadi jalan dalam memecahkan masalah yang ada dengan memberikan Bimbel Calistung menggunakan flash card bagi siswa TK dan SD kelas 1 dilingkungan kelurahan Sumber Rejo. Calistung merupakan metode dasar yang digunakan untuk mengenalkan huruf dan angka. Kegiatan ini sangatlah cocok untuk membantu anak-anak TK dan SD Kelas 1 untuk membaca dan menulis karena kurang masksimalnya pengetahuan yang di dapat semasa sekolah dalam jaringa.
Pengembangan Desa Wisata Pulau Legundi Kabupaten Pesawaran Lampung Melalui Implementasi Komunikasi Website Interaktif Satria Bangsawan; Mahrinasari MS; Gigih Forda Nama; E Angga Febrian; Fajrin Satria Dwi Kesumah
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.125

Abstract

Desa Pulau Legundi Kabupaten Pesawaran merupakan pulau yang memiliki keindahan alam, dan berpotensi untuk pengembangan Desa Wisata. Namun, potensi pariwisata di desa ini belum berkembang secara optimal sebagai Desa Wisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat desa. Oleh karena itu, pengembangan Desa Wisata di desa Pulau Legundi perlu berkelanjutan, melalui Pelatihan dan Pendampingan penyusunan website Interaktif. Kegiatan ini bertujuan untuk mengomunikasikan informasi Desa Wisata Pulau Legundi mengenai keunggulan sumber daya Pulau Legundi seperti pantai berpasir putih, gua di dalam pulau, wisata memancing ikan langsung melalui bagan, dan produk unggulan UMKM yang ada di Pulau Legundi melalui situs web: www.legundiwisata.com, sehingga situs ini dapat menjangkau kesadaran dan kepedulian para calon wisatawan baik Mancanegara maupun Domestik untuk tertarik dan melakukan kunjungan ke Desa Wisata Pulau Legundi, yang pada akhirnya jumlah wisatawan meningkat, dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Hasil Pelatihan dan Pendampingan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para peserta, dan penggunaan situs web berkelanjutan oleh calon wisatawan potensial, sehingga Branding Desa Wisata Pulau Legundi semakin kuat dan pengunjung Desa Wisata Pulau Legundi semakin meningkat.
Sosialisasi Pemeliharaan Jaringan Irigasi Bagi Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Sekar Padi Desa Bandungrejo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban Jawa Timur Sugiyanto Sugiyanto; Dhina Mustikaningrum; Harry Susanto; Nunuk Candra Setiyanta; Maja Pranata Marbun
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.126

Abstract

Dalam rangka memberdayakan jaringan irigasi untuk menghasilkan kinerja optimal sangat diperlukan adanya pemeliharaan yang intensif secara konsisten dan tepat sasaran. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk mengadakan sosialisasi pemeliharaan jaringan irigasi bagi Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Sekar Padi Desa Bandungrejo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan adalah dengan ceramah tatap muka dengan narasumber Dosen Fakultas Teknik dan Pertanian. Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Penyuluhan Hukum Untuk Pemahaman KDRT Bagi Lingkungan Rumah Tangga di Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Sekar Padi Desa Bandungrejo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban Jawa Timur Ruminingsih Ruminingsih; Aguk Nugroho; Daryuti Daryuti
Devotion: Journal Corner of Community Service Vol. 1 No. 3 (2023): February
Publisher : CV. Tripe Konsultan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54012/devotion.v1i3.127

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Universitas Sunan Bonang Tuban ini dihadiri oleh masyarakat Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang di Kabupaten Tuban yang bertempat di Balai Desa Bandungrejo. Kegiatan dilakukan dengan cara sosialisai dan/atau memberikan edukasi melalui metode ceramah untuk meningkatkan kesadaran hukum agar dapat memahami konsep kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), upaya hukum yang dapat ditempuh dan bagaimana bentuk hak-hak yang diterima sebagai korban KDRT serta yang terpenting masyarakat memahami tujuan diaturnya KDRT dalam UU Penghapusan KDRT yang semata-mata mencegah terjadinya kekerasan dan perceraian untuk keharmonisan rumah tangga. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dikatakan baik dan berhasil, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta penyuluhan (100%), ketercapaian tujuan penyuluhan (75%), ketercapaian target materi yang telah direncanakan (80%), dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi (75%).

Page 1 of 2 | Total Record : 11