cover
Contact Name
Amir Hamzah
Contact Email
limas.pgmi@gmail.com
Phone
+6282377854150
Journal Mail Official
limaspgmi_uin@radenfatah.ac.id
Editorial Address
Gedung K Lantai 1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembag. Jalan KH.Zaenal Abidin Fikri, Palembang Sumatera Selatan, Indonesia
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : -     EISSN : 28071824     DOI : https://doi.org/10.19109/limaspgmi.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan Lokal di Pendidikan Dasar (MI/SD) 3. Media dan Teknologi Pembelajaran pada Pendidikan Dasar (MI/SD) 4. Kompetensi Calon Guru, Guru dan Dosen di Pendidikan Dasar (MI/SD) 5. Penilaian di Pendidikan Dasar (MI/SD) 6. Pengembangan Pendidikan Dasar (MI/SD) 7. TIK Untuk Pendidikan Dasar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah" : 6 Documents clear
PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SD IT AL-KHOIRIYAH DALAM PENERAPAN BERBASIS ONLINE Aulia Rika Harahap; Andi Prastowo
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.7499

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran berbasis TIK dalam penerapan berbasis online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dengan perolehan data berdasarkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan cara mengumpulkan dokumentasi beberapa sumber penelitian baik jurnal atau buku yang berkaitan dengan judul penelitian, kemudian dianalisis dari beberapa sumber tersebut kemudian ditarik sebuah kesimpulan untuk menguatkan hasil kesimpulan yang akan penulis uraikan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam pembelajaran berbasis TIK dalam penerapan berbasis online menunjukkan bahwa kelebihannya dapat memunculkan gambar atau suara sehingga siswa lebih antusias untuk belajar dan memperbaiki daya ingat peserta didik. Artinya guru mengirim vidio pembelajaran kepada siswa dengan menggunakan aplikasi whatsapp, Dalam belajar baik pengajar maupun pelajar akan lebih mudah mencari sumber karena adanya internet. Pemberian dan penerimaan materi atau tugas tidak harus bertatap muka lagi, dan Menjalin hubungan yang lebih erat antara guru dan orang tua dalam peroses pembelajaran. Sedangkan kekurangannya sering terjadi penyalahgunaan penggunaan handphone misalnya siswa membuka aplikasi yang lain ketika belajar, guru lebih suka menjelaskan secara langsung darikan mengirim tugas ke siswa, siswa bosan belajar di rumah dan senang belajar di sekolah dan orang tua merasa terbebani dengan adanya penerapan pembelajaran berbasis online. Kata kunci: Kelebihan, Kekurangan, Pembelajaran Online
MASALAH LUPA, KEJENUHAN DAN KESULITAN SISWA SERTA MENGATASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI MI/SD Istiqamah Isti; Ichsan Ichsan
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.7671

Abstract

Belajar adalah jalan untuk sukses yang berkaitan erat dengan proses perubahan. Namun, tidak semua proses perubahan digambarkan sebagai pembelajaran. Belajar adalah suatu tahapan perubahan tingkah laku individu yang dinamis sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan unsur kognitif, afektif dan psikomotorik. Pembelajaran adalah aspek yang rumit dan melibatkan banyak hal yang saling terkait. Belajar juga suatu proses dimana kemampuan sikap, pengetahuan dan konsep dapat dipahami, diterapkan dan digunakan untuk dikembangkan dan diperluas. Dalam mengatasi hal tersebut, seseorang pendidik harus memahami dan mangatasi permasalahan yang ada. Namun ada kendala atau hambatan yang perlu dan sangat diperhatikan sebagai seorang siswa dalam belajarnya yaitu lupa, kejenuhan, sehingga akan terjadinya kesulitan dalam belajar yang dapat memicu penghambatan proses pembelajaran yang seharusnya berjalan dengan baik. Untuk itu seorang pendidik harus paham dan mengerti bagaimana cara mengatasinya dalam pembelajaran.
MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI MEDIA KOTAK ANALISIS PADA SISWA KELAS 5 MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI Muhammad Azir
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.8587

Abstract

Membaca merupakan sebuah aktivitas berupa melafalkan atau mengeja sebuah tulisan. Hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang menyatakan bahwa membaca adalah mengeja atau melafalkan apa yang tertulis. Membaca bertujuan untuk menambah pengetahuan dan membuka pemikiran untuk menerima perkembangan dunia luar. Turunnya minat baca siswa bukan karena siwa pemalas melainkan tidak digunakan metode yang tepat dalam melakukan peningkatan minat baca pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca melalui media kotak analisis pada siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah muhajirin Kota Jambi. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Kota Jambi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa peningkatan minat baca siswa yang diteliti selama 2 minggu dan dapat dikatakan meningkat berdasarkan indicator yang telah ditentukan seperti adanya timbal balik antara guru dan siswa, adanya komunikasi antara guru dan siswa, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, dan siswa dapat menyimpulkan serta analisis dari bahan bacaan yang diberikan. Berdasarkan data kuantitaif yang didapatkan bahwa sebanyak 75,4% minat baca siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota jambi meningkat.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SD NEGERI 06 PAYARAMAN Septi Indasari; Ahmad Syarifuddin; Tastin Tastin; Faisal Faisal; Ines Tasya Jadidah
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.8647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp di SD Negeri 06 Payaraman, Problematika pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp di SD Negeri 06 Payaraman dan upaya guru agar pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp berjalan secara efektif di SD Negeri 06 Payaraman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : Proses pembelajaran daring yang menggunakan aplikasi whatsApp dimulai dengan guru mengucapkan salam lalu dilanjutkan berdoa bersama siswa dan guru mengecek kehadiran siswa selanjutnya penyampaian materi dan pemberian tugas harian lalu diakhiri dengan salam penutup dan guru memberikan tugas rumah. Selanjutnya problematika yang di hadapi guru pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp yang membuat tidak efektif yaitu guru merasa kesulitan dalam mengelola pembelajaran agar siswa tetap aktif dan mampu menerima materi dengan baik, selanjutnya guru juga merasa kesulitan melakukan penilaian selama pembelajaran daring. Guru khawatir nilai yang diberikan tidak sebanding dengan kemampuan siswa tersebut. Serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru yaitu memperjelas tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan dilakukan diskusi melalui grup kelas untuk menilai keaktifan siswa saat mengiktui pembelajaran daring.
ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DALAM MENANGGAPI PERKULIAHAN DARING SELAMA COVID-19 Imam Maarif Syah; Tri Handayani
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.8661

Abstract

Perkuliahan daring atau online merupakan salah satu bentuk penggunaan internet sebagaia alat bantu penyampaian yang dapat meningkatkan peran mahasiswa saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa fakultas tarbiyah Institut Agama Islam Sukabumi dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama COVID-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sampel yang digunakan mahasiswa fakultas tarbiyah Institut Agama Islam Sukabumi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket, angket disusun menggunakan google form. Hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa saat pembelajaran daring dibagi menjadi tiga komponen utama yaitu respon saat belajar daring, pendapat terkait proses belajar daring dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran daring yang paling digemari ialah whatsapp dari 90% mahasiswa memilihnya. Selain itu, pola komunikasi yang paling digemari oleh mahasiswa ialah komunikasi dua arah 50% mahasiswa fakultas tarbiyah memilihnya. Sistem perkuliahan yang paling diminati adalah dengan media tulisan, didapat 50% mahasiwa yang gemar. 100% mahasiwa mengikuti proses perkuliahan di rumah sendiri dan 100% alat elektronik yang digemari adalah handphone. Diperlukan adanya penelitian lanjutan saat pembelajaran daring beralngsung dengan pokok bahasan model pembelajaran berbasis masalah, sistem kolaboratif dan strategi pembelajaran lainnya. Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa, Fakultas Tarbiyah, Daring, Covid-19
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS IV TEMA 6 SUBTEMA 3 DI SD MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG Novita Utami; Nurlaeli Nurlaeli; Miftahul Husni; Aquami Aquami; Siti Fatimah
Limas PGMI Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/limas_pgmi.v2i1.9114

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) merancang bahan ajar berupa emodul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang, (2) menghasilkan bahan ajar emodul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang valid, (3) menghasilkan bahanajar e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citakusubtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang praktis. Metodepenelitian yang digunakan Research and Development dengan model Tessmer.Penelitian pengembangan Tessmer difokuskan pada dua tahap yaitu tahappreliminary dan tahap prototyping yang menggunakan alur formative evaluation.Tahap preliminary terdiri dari tahap persiapan (analisis) dan pendesainansedangkan tahap formative evalution yang meliputi self evaluation, prototyping(expert review, One-to-one, dan small group), serta field test. Pengumpulan datayang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalahpeserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah 4 dengan jumlah reponden 9 orang.Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan desain bahan ajar e-modulberbasis contextual teaching learning (CTL) dapat digunakan untuk di ujivaliditasnya yang dilaksanakan pada tahap expert review dan one to one. Hal initerlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yangdigunakan untuk merevisi bahan ajar untuk dijadikan prototype I sehingga dapatdiuji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) menghasilkan bahan ajar bahan ajarberupa e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citakusubtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang valid dilihat darihasil angket validasi ahli desain diperoleh skor 79, ahli bahasa diperoleh skor 81,dan ahli materi diperoleh skor 99, serta dari hasil hasil validasi angket one to onediperoleh skor rata-rata 85, maka hasil rata-rata dari validasi angket pada tahapexpert review dan one to one diperoleh skor 85 dengan kategori sangat valid, (3) menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis contextual teaching learning(CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembangyang praktis dilihat dari hasil responden pada tahap small group dengan perolehanskor rata-rata sebesar 83 dengan kategori sangat praktis.

Page 1 of 1 | Total Record : 6