cover
Contact Name
-
Contact Email
gamajpp.psikologi@ugm.ac.id
Phone
+6289527548628
Journal Mail Official
gamajpp.psikologi@ugm.ac.id
Editorial Address
Unit Research Development and Community Research Faculty of Psychology - Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta - Indonesia. Building D Sixth Floor Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur Yogyakarta, 55781
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)
ISSN : -     EISSN : 24077801     DOI : 10.22146
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) e-ISSN 2407-7801 is an open-access journal disseminating articles with implications for research and practices professional psychology. GamaJPP welcomes manuscript in the areas of:: Clinical Psychology Education Psychology Developmental Psychology Industrial and Organizational Psychology using empirical, systematic literature review, and experimental research designs that meet the standard publication are accepted in this journal. Submission will need to clearly justify how the manuscript contribute to informing research and practice of Professional Psychology. Researchers, academics, graduate students, practitioners, and other professionals who have interest in the field of Professional Psychology are cordially invited to submit prominent research achievements as authors.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022)" : 9 Documents clear
Therapeutic Storytelling untuk Menurunkan Stres pada Anak Penderita Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL) Siska Oktari; Aulia Iskandarsyah; Marisa F. Moeliono
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.72644

Abstract

Proses pengobatan melalui kemoterapi pada anak dengan Acute Lymphoblastic Leukemia (ALL) membutuhkan waktu yang lama dan merupakan proses yang menyakitkan. Hal ini menyebabkan munculnya stres pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan intervensi therapeutic storytelling untuk menurunkan tingkat stres anak. Partisipan dalam penelitian ini adalah 2 anak ALL berusia 10-12 tahun yang menjalani kemoterapi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian subjek tunggal (small-n). Intervensi diberikan melalui proses mendongeng dengan buku cerita yang disusun oleh peneliti. Ceritanya melibatkan elemen positif (Cope, Hope, Inner Strengths, Love, dan Dream) yang membantu anak untuk mengidentifikasi elemen positif yang mereka miliki yang dapat mereka gunakan untuk melakukan tinjauan terhadap situasi yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi storytelling dapat menurunkan tingkat stres pada anak ALL.
Penerapan Emotion-Focused Therapy dalam Menurunkan Depresi Lansia yang tinggal di Panti Wreda Andreas Patinkin; M. Sih Setija Utami; Erna Agustina Yudiati
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.73003

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Emotion-Focused Therapy (EFT) pada penurunan gejala depresi pada lansia di panti wreda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject experiment atau single case experiment. Pada penelitian ini, terdapat tiga orang lansia yang menjadi partisipan (L1: 78 tahun, L2: 73 tahun, dan L4: 82 tahun). Ketiga partisipan telah mengikuti rangkaian eksperimen berupa delapan sesi EFT. Penelitian ini menggunakan sejumlah teknik pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, dan dua buah skala. Skala yang pertama adalah Beck Depression Inventory-II (BDI-II) sebagai instrumen seleksi partisipan dan instrumen kedua adalah Geriatric Depression Scale-15 (GDS-15) yang akan diberikan kepada partisipan sepanjang proses eksperimen. Hasil perolehan data GDS-15 dianalisis menggunakan analisis visual dengan aplikasi statistik R. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian EFT dapat menurunkan depresi pada partisipan lansia. Turunnya depresi pada partisipan dapat dicermati lebih saksama pada penurunan gejala-gejala depresi setiap partisipan.
The Effectiveness of Virtual Reality Exposure Therapy Module for Reducing Acrophobia Symptoms Fitryanda Akpewila; Muhana Sofiati Utami; Neila Ramdhani
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.76407

Abstract

The amount of places that require a person to be in high-altitude circumstances is a barrier for people who are afraid of heights or also known as acrophobia. The therapist can offer a 3D stimulus using Virtual Reality (VR), making it a more efficient alternative to exposure treatments. Virtual Reality Exposure Therapy is the practice of exposing oneself to a fearful stimulus via a VR camera (VRET). The purpose of this study is to determine the effectiveness of the VRET module in reducing acrophobia symptoms. The pretest-posttest control group design was utilized in the study. Participants with acrophobia were separated into two groups: the control (n=14) and the experimental (n=15) who received VRET treatment. They completed the Acrophobia Questionnaire (AQ) before and after the nine VRET sessions. Compared to control condition, participants in the experimental group reported lower scores in AQ-Anxiety and AQ-Avoidance. Furthermore, each exposure session results in a significant decrease in psychological assessments utilizing the State-Trait Anxiety Inventory and Autonomic Perception Questionnaire scales. A significant decrease has also occurred in the Respiratory Rate and Skin Conductance indicators. According to the findings of this study, the VRET module is effective in reducing the psychological and physiological symptoms of acrophobia.
Overcoming Adverse Childhood Experiences Through Writing Autoethnography Fionna Gracia; Eko Handayani; Winarini Wilman Dahlan Mansoer
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.76422

Abstract

A collaborative autoethnographic study was conducted to describe the authors’ experiences in an aempt to reconcile with Adverse Childhood Experiences (ACEs). The participants of this research are the author, together with her elder brother. Data were gathered from online personal diaries through blogger, digital journals, participants' memories and writings regarding ACEs, of which analyzed in the form of narrative themes. The result shows that changes could happen if a person reflects on themselves and find meanings through their experiences even though ACEs indeed had negative impacts in adulthood. Various meanings obtained through events wrien in autoethnography which then brings the author to the process of awareness, whilst enabling her to understand ACEs from different perspectives and build a new motivation to make efforts of overcoming the side effects of her past traumatic experiences. The research can provide insights for mental health professionals to help adults dealing with past trauma. Aside from that, autoethnography is part of therapeutic tools which are effective not just for the authors, but also the readers who faced the same struggles as the author, in this context, make peace with ACEs. This enhances the importance of doing the research, not only to benefit practitioners, but also for future readers who experienced ACEs itself.
Pengaruh Terapi Mindfulness untuk Menurunkan Tingkat Depresi pada Ibu Hamil Risiko Tinggi Nathalia Nindi Kristyaningrum; Moordiningsih - Moordiningsih
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.76584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi mindfulness terhadap penurunan tingkat depresi pada ibu hamil risiko tinggi. Subjek penelitian adalah empat orang ibu hamil risiko tinggi, berusia 32-39 tahun dan terindikasi mengalami depresi. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen one group pretest-posttest design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS), wawancara sebelum dan sesudah pemberian terapi, dan observasi sebelum, saat, serta sesudah pemberian terapi. Analisis data yang digunakan adalah uji Friedman Test statistik nonparametrik untuk melihat perbedaan skor pre-test, post-test, dan follow up pada kelompok eksperimen. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor chi square sebesar 8,000 (p <0,05). Artinya bahwa terdapat perbedaan tingkat depresi antara skor pre-test, post-test, dan follow up.  Partisipan penelitian pada kelompok eksperimen mengalami penurunan tingkat depresi setelah mendapatkan terapi mindfulness. Hal ini membuktikan bahwa terapi mindfulness berpengaruh terhadap penurunan tingkat depresi pada ibu hamil yang beresiko tinggi.
Penggunaan eLOK UGM sebagai Platform Evaluasi Hasil Pembelajaran Mahasiswa: Studi Komparasi Metode Evaluasi dengan Pendekatan eLOK UGM, Classical Test Theory dan Item Response Theory
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.76644

Abstract

Penggunaan platform dalam pengetesan merupakan sebuah hal yang perlu dilakukan pada saat ini, khususnya dalam konteks akademik. Salah satu platform yang mengakomodasi hal tersebut yaitu eLOK UGM memberikan sebuah sarana pengetesan di mana pengajar dapat melihat hasil evaluasi tes dan butir soal secara langsung dari platform tersebut. Namun demikian, belum ada penelitian yang melakukan perbandingan hasil evaluasi eLOK UGM dengan pendekatan lain. Penelitian ini melakukan studi komparasi hasil evaluasi eLOK UGM dengan pendekatan Classical Test Theory (CTT) dan Item Response Theory 2-Parameter Logistic (IRT 2-PL) menggunakan Graded Response Model (GRM). Penelitian ini mengikutsertakan 22 mahasiswa aktif yang mengikuti tes menggunakan platform eLOK UGM pada mata kuliah Statistika Multivariat di tahun ajaran 2020/2021 semester genap. Hasil analisis menunjukkan bahwa evaluasi dalam platform eLOK memiliki kesetaraan yang erat dengan pendekatan CTT meski terdapat sedikit perbedaan nilai pada setiap parameternya. Selain itu, hasil analisis IRT ditemukan memiliki perbedaan yang jauh dengan kedua metode tersebut namun hasil analisis IRT ini dikatakan kurang menunjukkan parameter yang sesungguhnya karena jumlah subyek yang minim. Implikasinya, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam penggunaan eLOK UGM sebagai platform pengetesan akademik mahasiswa yang mana para pengajar memiliki kesempatan untuk melihat kualitas tes dan butir soal yang mereka berikan kepada peserta tes.  
Stres Akademik dan Perceived Social Support sebagai Prediktor Kesehatan Mental Remaja Akhir Diana Fitria Salsabila; Ila Nurlaila Hidayat; Zulmi Ramdani
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.76711

Abstract

Remaja merupakan kelompok usia yang banyak dibebankan tanggung jawab dan tuntutan baru sehingga banyak ahli mengatakan bahwa remaja sangat rentan mengalami permasalahan psikologis. Remaja yang juga berperan sebagai mahasiswa tak jarang merasakan stres akademik akibat tuntutan dan tekanan dalam perkuliahan. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi peran stres akademik dan perceived social support dalam memprediksi kesehatan mental remaja akhir. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif yang melibatkan 255 subjek dengan teknik accidental sampling. Hasil uji T, uji F dan analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh dari stres akademik dan perceived social support terhadap kesehatan mental. Hasil penelitian menyimpulkan stres akademik dan perceived social support menjadi prediktor bagi tinggi rendahnya kesehatan mental remaja akhir.
Peran Empowering Leadership terhadap Intensi Turnover Karyawan Generasi Z di Indonesia Ignasius Satrio Pinandito; Alice Whita Savira
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.76719

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran empowering leadership terhadap intensi turnover pada karyawan Generasi Z. Hipotesis dalam penelitian ini adalah empowering leadership berperan negatif terhadap intensi turnover dengan mengendalikan variabel pendapatan. Jumlah partisipan penelitian ini adalah 180 partisipan dengan kriteria: tahun kelahiran 1995-2002, full-time employee, dan telah bekerja minimal selama 6 bulan dalam institusi/perusahaan saat ini. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah empowering leadership scale yang diadaptasi dari Amundsen & Martinsen (2014a) dan skala intensi turnover yang diadaptasi dari Landau & Hammer (1986). Koefisien reliabilitas Cronbach Alpha empowering leadership scale sebesar 0,815 pada dimensi dukungan otonomi, 0,852 pada dimensi dukungan pengembangan, dan 0,879 untuk seluruh dimensi (koefisien reliabilitas alpha berstrata). Koefisien Cronbach alpha intensi turnover sebesar 0,810. Penelitian ini juga melibatkan variable kontrol berupa pendapatan. Analisis data menggunakan hierarchial regression analysis. Hasil menunjukkan empowering leadership berperan negatif terhadap intensi turnover R2=0,059. Artinya, 5.9% variasi intensi turnover bisa dijelaskan oleh variabel empowering leadership. Sedangkan sisanya yakni 94,1% dijelaskan oleh variabel lain. Data deskriptif menunjukkan hubungan antara variabel demografis dan intensi turnover. Hasil menunjukkan terdapat hubungan antara pendapatan yang diterima oleh karyawan dan intensi turnover, sedangkan usia, jenis kelamin, lama bekerja, dan status perkawinan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan intensi turnover. Analisis tambahan juga menunjukkan hubungan antara masing-masing dimensi empowering leadership dengan intensi turnover. 
Pelatihan Kontrol Diri untuk Mengurangi Intensitas Akses dengan Situs/Media Pornografi pada Remaja Fuadah Fakhruddiana; Alfi Purnamasari; Erny Hidayati
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 8, No 2 (2022)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.76746

Abstract

Perilaku interaksi pornografi melalui internet dapat ditunjukkan melalui intensitas seseorang dalam mengakses situs/media dengan konten pornografi. Dampak dari seringnya individu mengakses pornografi sudah terasakan baik dalam hal perilaku secara individu maupun sosial. Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas Modul Pelatihan Kontrol Diri yang dirancang oleh peneliti untuk mengurangi intensitas mengakses situs/media internet yang mengandung konten pornografi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VII SMP ‘Y’ di Yogyakarta. Penelitian menggunakan one group pretest post test design. Data dikumpulkan dengan menggunakan Skala Intensitas Akses Pornografi. Analisis data menggunakan paired sample t-test. Hipotesis dari penelitian ini adalah Pelatihan Kontrol Diri dapat mengurangi intensitas akses dengan situs/media yang mengandung unsur pornografi pada remaja. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,01), mean pretest sebesar 56,00 dan mean posttest sebesar 39,11. Kesimpulan penelitian adalah Pelatihan Kontrol Diri efektif untuk mengurangi intensitas akses dengan media/situs internet yang mengandung unsur pornografi pada remaja.

Page 1 of 1 | Total Record : 9