cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 22 Documents clear
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen I Kadek Oka Astrawan; I Wayan Kiki Sanjaya; Kadek Ayu Ekasani
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen (Y). Penelitian ini dilakukan di Livingstone Cafe & Bakery yang beralamat di Jl. Petitenget No. 88X, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret hingga bulan Agustus tahun 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung ke Livingstone Cafe & Bakery. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling kuota dengan metode roscoe yang mendapatkan sampel berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik analisis datayang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS versi 25. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) terdapat pengaruh yang signifikan (p<0,05) secara parsial variabel harga (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y).; (2) terdapat pengaruh yang sangat signifikan (p<0,01) secara parsial variabel kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y).; (3) terdapat pengaruh yang sangat signifikan (p<0,01) secara simultan variabel harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) di Livingstone Cafe & Bakery. This study aims to determine how the effect of price (X1) and service quality (X2) either partially or simultaneously on consumer satisfaction (Y). This research was conducted at Livingstone Cafe & Bakery which is located at Jl. Petitenget No. 88X, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali. This research was conducted from March to August 2021. The population in this study were consumers who visited Livingstone Cafe & Bakery. The method of determining the sample in this study used a quota sampling technique with the Roscoe method which obtained a sample of 30 people. This type of research is correlational research. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis using the SPSS version 25 program. The conclusions from this study are: (1) there is a significant effect (p <0.05) partially the price variable (X1) on consumer satisfaction ( Y).; (2) there is a very significant effect (p<0.01) partially service quality variable (X2) on customer satisfaction (Y); (3) there is a very significant effect (p<0.01) simultaneously variable price (X1) and service quality (X2) on consumer satisfaction (Y) at Livingstone Cafe & Bakery.
Pengaruh Insentif dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan I Kadek Satria Negara; Ni Made Ayu Sulasmini; I Gede Dirga Surya Arya Widhyandanta
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.496

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel Insentif (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y). Penelitian ini dilakukan di Canggu Cafe, yaitu pada bulan Maret sampai dengan Juli 2021. Jenis data penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Insentif (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Kinerja Karyawan (X2) di Canggu Cafe, dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan yaitu sebanyak 31 orang. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan Insentif (X1) berpengaruh signifikan (p<0.05) secara parsial terhadap Kinerja (Y). Kemudian Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh secara signifikan (p<0.05) secara parsial terhadap Kinerja (Y). Insentif (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh signifikan (p<0.05) secara simultan terhadap Kinerja (Y) Karyawan, dengan persamaan regresi Y (Kinerja) = 7.551 + 0.267 X1 (Insentif) + 0.183 X2 (Lingkungan Kerja). Disarankan insentif dan lingkungan kerja diperhatikan oleh manajemen karena akan mempengaruhi kinerja karyawan di Canggu Cafe. This research aims to find out the effect of variables (X1) Incentive and (X2) Working Environment on (Y) Working Performance. This research is conducted at Canggu Cafe from March to July 2021. The type of research data used was quantitative. The method of data analyses used multiple linear regression by distributing questionnaires to all 31 employees (respondents) and used saturation sampling technique and also processed by SPSS. The results of this research indicate that Incentive (X1) has significant (p<0.05) partially on Working Performance (Y). Then Working Environment (X2) has significant (p<0.05) partially on Working Performance (Y). Incentive (X1) and Working Environment (X2) has significant (p<0.05) simultaneously on Working Performance (Y) with the regression equation Y (Working Performance) = 7.551 + 0.267 X1 (Incentive) + 0.183 X2 (Working Environment). It is suggested that incentive and working environment need to be concerned by management due to influence working performance to the employees.
Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan I Ketut Hery Kosala; I Wayan Pantiyasa; Nyoman Surya Wijaya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.497

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan pada The Pond Restaurant Discovery Kartika Plaza Hotel. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 orang karyawan dengan seluruh populasi digunakan menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama – sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah, hal ini diperoleh dari nilai signifikansi F sebesar 0,000. Kepemimpinan terhadap kinerja karyawan adalah pengaruh yang positif, hal ini diperoleh dari nilai signifikansi sebesar 0,008. Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan adalah pengaruh yang positif, hal ini diperoleh dari nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa besarnya pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 84,3%, sementara sisanya sejumlah 15,7% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar penelitian ini. This study aims to determine the influence of leadership and motivation work on employee performance. This research was conducted at The Pond Restaurant Discovery Kartika Plaza Hotel. The population used in this study was 40 employees with the entire population used as a sample. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The research results show that leadership and work motivation jointly influence performance employees is, this is obtained from the significance value of F of 0.000. Leadership on employee performance is a positive influence, this is obtained from the value a significance of 0.008. The effect of work motivation on employee performance is positive influence, this is obtained from a significance value of 0.000. Based on the results of data analysis show that the magnitude of the influence of leadership and work motivation on employee performance by 84.3%, while the remaining 15.7% is affected by other factors outside of this study.
Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan I Ketut Wira Parta; Deden Ismail; Nyoman Surya Wijaya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.498

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pelatihan (X1) dan Disiplin Kerja (X2) mempengaruhi Kinerja Karyawan (Y) baik secara simultan atau secara parsial di Nandini Jungle Resort & Spa, Payangan Gianyar. Tempat dilaksanakan penelitian ini adalah di Nandini Jungle Resort & Spa, Payangan Gianyar. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November 2020 – Juli 2021. Populasi dari penelitian ini adalah 44 yang sekaligus dijadikan sampel sehingga menggunakan metode sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Kemudian dilakukan analisis secara kuantitatif, yang meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS release 25. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan (p<0,05) terhadap kinerja karyawan. Disiplin kerja berpengaruh positif dan sangat signifikan (p<0,01) terhadap kinerja karyawan. Kemudian, Pelatihan dan Disiplin Kerja berpengaruh positif dan sangat signifikan (p<0,01) terhadap Kinerja Karyawan. This study aims to determine whether training (X1) and work discipline (X2) affect Employee Performance (Y) either simultaneously or partially at Nandini Jungle Resort & Spa, Payangan Gianyar. The place where this research was carried out was at Nandini Jungle Resort & Spa, Payangan Gianyar. The time of the study was carried out in November 2020 - July 2021. The total population was 44 people which was also used as a sample so that it used the saturated sample method. Collecting data using observation, interview, documentation, questionnaire. This type of research is correlational research. Then a quantitative analysis was carried out, which included: validity test, reliability test, multiple linear regression analysis and classical assumption test using SPSS release 25. Hypothesis test using F test and t test. The results showed that training had a positive and significant effect (p<0.05) on employee performance. Work discipline has a positive and very significant effect (p<0.01) on employee performance. Then, Training and Work Discipline have a positive and very significant effect (p<0.01) on Employee Performance.
Analisis Selisih Beverage Cost di The Monkey Bar at Bella Kita I Made Agus Dwika Yadnya Ambara Saputra; Nyoman Surya Wijaya; I Gede Dirga Surya Arya Widhyadanta
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.499

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari selisih antara standard dengan actual beverage cost dan penyebab terjadinya selisih beverage cost di The Monkey Bar At Bella Kita Klungkung. Metode yang digunakan adalah analisis Deskriptif Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian memberikan indikasi bahwa: 1) selisih harga pokok minuman untuk actual beverage cost periode Januari sampai Desember 2019 terjadi melampaui standard beverage cost yang telah ditetapkan. 2) selisih net consumption antara harga standar dengan harga sesungguhnya disebabkan karena dalam pembelian bahan minuman pada bagian purchasing tidak menjelaskan kriteria atau spesifikasi bahan minuman yang di pesan pada supplier, sehingga menyebabkan pembelian melebihi standar yang telah ditetapkan. 3) selisih total harga standar dengan total harga sesungguhnya disebabkan oleh tidak sesuainya standard yield dan standard portion size yang telah ditetapkan. 4) kenaikan persentase beverage cost reconciliation disebabkan oleh peningkatan yang terjadi pada total purchase, gross consumption dan net consumption. The purpose of this study was to find the difference between standard and actual beverage cost and the causes of the difference in beverage cost at The Monkey Bar At Bella Kita Klungkung. The method used is quantitative descriptive analysis with observation data collection techniques, documentation studies, and interviews. The results of the study indicate that: 1) the difference in the cost of drinks for the actual beverage cost for the period January to December 2019 occurs beyond the standard beverage cost that has been set. 2) the difference in net consumption between the standard price and the actual price is because the purchasing of beverage ingredients in the purchasing department does not explain the criteria or specifications for the beverage ingredients ordered to the supplier, thus causing the purchase to exceed the predetermined standard. 3) the difference between the total standard price and the actual total price is caused by the discrepancy between the standard yield and the predetermined standard portion size. 4) the increase in the percentage of beverage cost reconciliation was caused by an increase in total purchases, gross consumption and net consumption.
Pengaruh Sosiodemografi terhadap Kinerja Karyawan I Putu Sastra Dinata; Deden Ismail; Kadek Ayu Ekasani
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.502

Abstract

SosioDemografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang karakteristik individu dimana melibatkan empat faktor demografi, yaitu umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja, melalui peranan sosiodemografi maka dapat diketahui adanya perbedaan setiap individu terhadap kinerja karyawan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Chi Square yang digunakan untuk mengetahui pengaruh sosiodemografi terhadap Kinerja karyawan pada Anulekha resort and villa. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik sampling jenuh, setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil yang menunjukkan usia berpengaruh signifikan (p<0,05) terhadap Kinerja Karyawan. Sedangkan jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja tidak memberikan pengaruh secara singnifikan terhadap kinerja karyawan karna memiliki sign (p>0,05). SocioDemography is a science that studies individual characteristics which involves four demographic factors, namely age, gender, education level and work experience, through the role of sociodemography it can be seen that there are individual differences in employee performance. The analytical method used is Chi Square analysis which is used to determine the effect of sociodemography on employee performance at Anulekha resort and villa. The sampling technique used is saturated sampling technique, after the research, the results show that age has a significant effect (p <0.05) on employee performance. Meanwhile, gender, education level and work experience did not have a significant effect on employee performance because they had a sign (p>0.05).
Pengaruh Pelayanan Karyawan dan Fasilitas terhadap Minat Pengunjung untuk Menginap pada Masa Pandemi Covid-19 Kevin Kevin; I Gede Dirga Surya Arya Widhyandanta; I Made Hadi Purnantara
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.503

Abstract

Penurunan sektor pariwisata akibat adanya kebijakan non-pharmaceutical interventions berupa pembatasan kegiatan dan perjalanan wisata pada masa pandemi COVID-19 ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pada sektor pariwisata Kemenparekraf mengeluarkan panduan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) yang harus diterapkan pada destinasi wisata seperti hotel, restoran, dan fasilitas penunjang pariwisata lainnya untuk menumbuhkan kepercayaan, minat berkunjung para wisatawan agar merasa aman dan nyaman , selama berwisata pada kondisi Pandemi COVID-19 ini. Metode sampel yang digunakan metode quota sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa Pelayanan karyawan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat pengunjung pada masa pandemi COVID-19, Fasilitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat pengunjung dan Pelayanan karyawan dan fasilitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat pengunjung pada masa COVID-19. The decline in the tourism sector was due to the policy of non-pharmaceutical interventions in the form of restrictions on activities and tourist trips during the COVID-19 pandemic made the government issuing policies by implementing strict health protocols. In the tourism sector The Ministry of Tourism and Creative Economy issued a CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) certification guide Sustainability) that must be applied to tourist destinations such as hotels, restaurants and facilities other tourism supports to foster trust, interest in visiting tourists to feel safe and comfortable, while traveling during this COVID-19 Pandemic. Method the sample used quota sampling method. The sample in this study amounted to 30 people. The data analysis technique used is multiple linear analysis and coefficient analysis determination. Based on the results of the analysis it was found that employee service has a significant effect partially on visitor interest during the COVID-19 pandemic, influential facilities partially significant to visitor interest and employee service and facilities simultaneously had a significant effect on visitor interest during the COVID-19 period.
Strategi Pemasaran Waroeng Kampoeng Kori Nuansa pada Era New Normal Lisa Monica Hariadi; I Ketut Muliadiasa; I Made Trisna Semara
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.504

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor IFAS dan EFAS dengan menggunakan analisis SWOT di Waroeng Kampoeng Kori Nuansa. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, analisis SWOT, IFAS, EFAS, kuadran, dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT, Hasil dari analisis IFAS dan EFAS di Waroeng Kampoeng yaitu berada pada koordinat X= -0.14 dan koordinat Y= 0.28 atau berada pada kuadran II (Diversifikasi) yang artinya Waroeng Kampoeng menghadapi beberapa ancaman perusahaan, maupun strategi pemasaran namun Waroeng Kampoeng masih memiliki kekuatan dari segi internal. Jadi, fokus dari Waroeng Kampoeng adalah dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang jangka Panjang. Waroeng Kampoeng disarankan untuk merubah strateginya menjadi strategi pemasaran Digital Marketing, Endorsement dan WOM (Word Of Mouth) yang berbasis MLM (Multi Level Marketing) hal ini dapat disimpulkan karena dilihat dari target pasar yang dimiliki sebagian besar adalah para generasi Z yang sangat aktif di dunia maya. The purpose of this study was to analyze the IFAS and EFAS factors using SWOT analysis in Waroeng Kampoeng Kori Nuansa. The data analysis technique used is descriptive qualitative method, SWOT analysis, IFAS, EFAS, quadrant, and SWOT matrix. Based on the results of the SWOT analysis, the results of the IFAS and EFAS analysis in Waroeng Kampoeng are at coordinates X = -0.14 and coordinates Y = -0.28 or are in quadrant II (Diversification) which means Waroeng Kampoeng faces several corporate threats, as well as marketing strategies but Waroeng Kampoeng still has internal strength. So, the focus of Waroeng Kampoeng is to maximize its strengths to take advantage of long- term opportunities. Waroeng Kampoeng is advised to change his strategy into a Digital Marketing, Endorsement and WOM (Word Of Mouth) marketing strategy based on MLM (Multi Level Marketing). virtual.
Persepsi Mahasiswa Training terhadap Lingkungan Kerja Ni Nyoman Suci Ary Susanti; A.A.Ayu Arun Suwi Arianty; Luh Eka Susanti
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.505

Abstract

Lingkungan kerja baik fisik maupun non fisik dapat mempengaruhi kinerja karyawan dan mahasiswa training dalam memberikan pelayanan untuk tamu, persepsi menjadi salah satu cara untuk mengetahui keadaan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa training terhadap lingkungan kerja di The Greenbrier America’s Resort. Populasi dalam penelitian ini adalah 109 mahasiswa training di The Greenbrier America’s Resort tahun 2019 – 2020. Dengan sampel yaitu mahasiswa training dari IPBI sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat dua indikator yang hasil persentasenya masih dikategorikan cukup baik secara garis kontinum, dari lingkungan kerja fisik terdapat indikator keamanan dengan total persentase 68,4% dan dari lingkungan kerja non fisik yaitu indikator hubungan antara atasan dengan mahasiswa training dengan perolehan total persentase 67,5%. The work environment, both physical and non-physical, can affect the performance of employees and training students in providing services to guests, perception is one way to find out the state of the work. This study aims to determine how training students perceive the work environment at The Greenbrier America's Resort. The population in this study were 109 training students. And sample is 30 training students from IPBI. Data collection techniques were distributing questionnaires, documentation and interviews. The analysis technique used is descriptive quantitative analysis technique. The results is there are two indicators whose percentage results are still categorized quite well on a continuum line, from the physical work environment is security indicators with a total percentage of 68.4% and from the non-physical work environment is indicators of the relationship between superiors and training students with total percentage of 67 ,5%.
Efektivitas Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Housekeeping Departement Nizharbenda Vikhan Timur; Kadek Ayu Ekasani; Ni Made Ayu Sulasmini
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i8.506

Abstract

Pelatihan dan motivasi kerja merupakan salah satu penyebab meningkatnya kinerja karyawan. Dilihat dari fenomena unik yang didapat dari penelitian, pelatihan yang diberikan kepada karyawan Housekeeping di Padma Resort Ubud masing kurang dan juga motivasi yang dimiliki rendah, akan tetapi kinerja karyawan yang dihasilkan masih cukup memuaskan. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variable Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Penelitian ini dilakukan di Padma Resort Ubud, yaitu pada bulan April sampai dengan Juni 2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja pada Padma Resort Ubud, dengan penyebaran kuesioner kepada 40 karyawan Housekeeping sebagai sampel dan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik sampling jenuh. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Pelatihan berpengaruh sangat signifikan secara parsial terhadap Kinerja Karyawan. Sedangkan Motivasi Kerja berpengaruh sangat signifikan secara parsial terhadap Kinerja Karyawan. Kemudian, Pelatihan dan Motivasi Kerja berpengaruh sangat signifikan secara simultan terhadap Kinerja Karyawan. Pelatihan kepada karyawan dan motivasi kerja yang diberikan harus lebih diperhatikan, sebab hotel ingin selalu memberikan pelayanan yang melebihi ekpetasi tamu. Training and work motivation is one of the causes of increasing employee performance. Judging from the unique phenomena obtained from the research, the training provided to Housekeeping employees at Padma Resort Ubud is lacking and also the motivation is low, but the resulting employee performance is still quite satisfactory. Thus, the purpose of this study is to determine how much influence the variables of training and work motivation have on employee performance. This research was conducted at Padma Resort Ubud, from April to June 2021. The data analysis method used in this study is multiple linear regression which is used to determine the effect of Training and Work Motivation on Performance at Padma Resort Ubud, by distributing questionnaires to 40 Housekeeping employees as samples and the sampling technique used is saturated sampling technique. Testing the research hypothesis using SPSS 25.0. The results of this study indicate that training has a very significant partial effect on employee performance. While work motivation has a very significant effect partially on employee performance. Then, training and work motivation have a very significant effect simultaneously on employee performance. The training for employees and the work motivation provided should be given more attention, because the hotel wants to always provide services that exceed guest expectations.

Page 1 of 3 | Total Record : 22