cover
Contact Name
Livana PH
Contact Email
livana.ph@gmail.com
Phone
+6289667888978
Journal Mail Official
livana.ph@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.poltradabali.ac.id/jkpmsenyum/about/editorialTeam
Location
Kab. gianyar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
ISSN : 2776902X     EISSN : 28072197     DOI : https://doi.org/10.52920/jkpmsenyum
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) received a manuscript of the results of Community Service activities regarding the implementation of community service services. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) is an interdisciplinary journal reviewed by 2 leading peer-reviewed people to advance theory and practice related to all forms of community service, especially in the field of land transportation, including highlighting innovative efforts ; critically examine emerging problems, trends, challenges and opportunities; and reporting on impact studies in the field of public services, outreach, engagement, outreach, community service-based research, community service-based participatory research, action research, public scholarships, service learning, and community service. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) is published by Politeknik Transportasi Darat Bali with a frequency of 6 months, namely June and December. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) was first published Volume 1 No. 1, June 2021.
Articles 20 Documents
Pelatihan Wirausaha Baru bagi Pengrajin pada Daerah Wisata Kuta Mandalika Propinsi Nusa Tenggara Barat Aris Budi Sulistyo; Bambang Wijonarko; Arif Kurniawan
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.243 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i1.36

Abstract

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas. Program ini dirancang oleh berbagai sekolah tinggi dan institusi yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia. Dalam rangka program “Indonesia Tumbuh” salah satunya terdapat pengembangan 5 destinasi wisata Bali Baru yang menjadikan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika sebagai tujuan wisata baru. Untuk kepentingan tersebut dibutuhkan peningkatan peran masyarakat sebagai pelaku pariwisata. Sehubungan dengan hal tersebut Kementerian Perhubungan merencanakan Diklat Pengabdian Masyarakat. Diklat Pengabdian Masyarakat ini dimaksudkan untuk peningkatan kualitas produk – produk kerajinan lokal yang dapat menjadi souvenir gift secara global dalam menunjang event – event international kegiatan wisata pada kawasan tersebut. Metode yang di gunakan dalam kegitan ini adalah metode Pelatihan yaitu dengan memberikan penyuluhan tentang substansi kegiatan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk realisasinya, pelatihan dalam pengoperasian sistem atau peralatan, pembentukan kelompok wirausaha baru, dan penyediaan jasa layanan bersertifikat kepada masyarakat. Program kegiatan yang telah berhasil merupakan titik awal untuk program berikutnya hingga tercapai tujuan yang diharapkan oleh masyarakat dan instansi satker POLTRADA Bali khususnya. Membantu mengantisipasi penyebaran wabah dengan berbagai langkah dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus.
Kegiatan Bina Lingkungan: Penyuluhan Penanganan Covid-19 kepada Para Stakeholder dan Masyarakat Transportasi Bambang Istiyanto; Putu Ayu Govika Krisna Dewi; Ni Luh Darmayanti; Arif Devi Dwipayana; Ni Wayan Putu Sueni
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.186 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i1.37

Abstract

Upaya untuk mencegah penyebaran wabah yang semakin luas, bukan hanya pemerintah saja yang harus bergerak untuk menghadapi pandemi wabah COVID-19 ini, tetapi juga berbagai lapisan masyarakat sipil harus mengambil peran. Peran yang dibutuhkan adalah dengan menjalankan protokol yang sudah disosialisasikan oleh pemerintah lewat dinas-dinas terkait atau relawan-relawan kesehatan. Untuk menjalankan program pemerintah tersebut, dibutuhkan kesadaran masyarakat. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat adalah dengan penyuluhan melalui berbagai macam program. Sebagai Institusi Pendidikan Politeknik Transportasi Darat Bali (POLTRADA Bali) mempunyai kewajiban menajalalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Melalui kegiatan PKM ini POLTRADA Bali menyelaraskan dengan program-program Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, melalui program PKM yaitu Kegiatan Bina Lingkungan Penyuluhan Penanganan Covid-19 kepada para Stakeholder dan Masyarakat Transportasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari yang berlokasi di Terminal Pesiapan, Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan, Terminal Ubung Kota Denpasar, Terminal Batu Bulan - Gianyar, Kantor Desa Samsam Kabupaten Tabanan dan Kantor Desa Batubulan Kabupaten Gianyar.
Penyuluhan Keselamatan Transportasi Jalan di Masa New Normal di Terminal Ubung Denpasar Bali Sugianto Sugianto; I Made Sukmayasa; Ni Ketut Nova Ariani; Dwi Wahyu Hidayat; Stefanus Sylvan Ryanto
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.399 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i1.38

Abstract

Mobilitas masyarakat yang tinggi dan padat penduduk menyebabkan persebaran kasus positif COVID-19 di provinsi Indonesia tergolong cepat (Mashabi, 2020). Kota Denpasar, merupakan kota dengan penyebaran virus COVID-19 tertinggi di Provinsi Bali (> 200 orang positif). Terminal ubung adalah salah satu simpul transportasi di Kota Denpasar, yang mana terminal ini merupakan terminal penumpang tipe B yang terletak di Jalan Cokroaminoto, Kelurahan Ubung, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Terminal tersebut merupakan pintu masuk ke Kota Denpasar dari arah barat (Tabanan, Jembrana dan Pulau Jawa), sehingga menjadi pusat kerumunan atau cluster penyeberan virus Covid 19. Oleh sebab itu untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 pada pusat-pusat kerumunan khususnya di Terminal Ubung Denpasar Bali, Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali) melasanakan kegiatan Penyuluhan Keselamatan Transportasi Jalan di Masa New Normal perihal Protokol Kesehatan dalam kegiatan transportasi terutama pada transportasi darat. Setelah melaksanakan survey dilokasi yang hasilnya masih banyak sarana dan prasaranditerminal belum maksimal dalam pelaksanan protokol Kesehatan dalam transportasi. Oleh sebab itu kegiatan Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Keselamatan Transportasi Jalan Di Masa New Normal yaitu Penyuluhan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Terminal Ubung Kota Denpasar adalah Himbauan Perihal Protokol Kesehatan dalam transportasi, Kegiatan pemasangan partisi penyekat, Kegiatan bantuan Hand Sanitizer, Penempelan stiker keselamatan transportasi di era new normal, sosialisasi kepada para masyarakat transportasi.
Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas bagi Pesepeda di Masa New Normal Ocky Soelistyo Pribadi; Putu Diva Ariesthana Sadri; Ahmad Soimun; Anggun Prima Gilang Rupaka; I Made Purnama
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.002 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i1.39

Abstract

Peningkatan yang signifikan pengguna sepeda selama masa pandemi Covid-19 atau masa New Normal dapat memberikan dampak buruk jika tidak diikuti dengan peningkatan pemahaman masyarakat mengenai bagaimana berlalu lintas bagi pesepeda. Peran yang diperlukan adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masayrakat terutama bagi pesepedan pruduk dari adanya pandemi Covid-19 tentang bagaimana bersepeda yang tertib, aman dan selamat sesuai dengan aturan yang berlaku serta bersepeda yang sesuai dengan protokol kesehatan melalui program penyuluhan kepada masayrakat. Sebagai Intitusi perguruan tinggi dengan kekususan bidang transportasi darat di bawah naungan Kementerian Perhubungan, Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali) memiliki kewajiban melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Melalui program PKM ini Poltrada Bali berusaha menyelesaikan permasalahan yang muncul dimasyarakat akibat peningkatan pengguna sepeda yang signifikan dan tidak dibarengi oleh pemahaman tentang berlalu lintas. Serta untuk menyelarasakan program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi muncul akibat bersepeda yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di sepanjang jalan pantai Kuta dan legian Kabupaten Badung.
Kegiatan Inovasi Tepat Guna (Pembagian Alat Cuci Tangan Portable 3 Sisi Sistem Pedal) pada Lokasi Simpul Transportasi Tumiran Anang Cundoko; Adrian Pradana; Dinda One Mulyaningtyas; Riz Rifai Oktavianus Sasue; Rahmat Ahmad
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.027 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i1.40

Abstract

Upaya mencegah penyebaran virus corona telah banyak dilakukan oleh pemerintah. Namun, beberapa pelatihan yang berhubungan dengan pecegahan virus corona yang dilakukan masih kurang berfokus pada pengembangan teknologi tepat guna. Pencegahan penyebaran virus Covid-19 dapat dilakukan dengan cara-cara yang tertuang dalam Standar Operasional Prosedur Kemenkes dan WHO, diantaranya memperbanyak mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 menyongsong era new normal, adalah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), yaitu dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan diyakini dapat mencegah masuknya virus dan bakteri lain ke dalam tubuh kita. Untuk membantu keadaan new normal saat ini yang akan ada peraturan baru untuk selalu mencuci tangan kapanpun dan dimanapun, terutama di simpul-simpul transportasi karena mempunyai peranan penting dalam mendorong penyelenggaraan transportasi antarmoda. Salah satu teknologi tepat guna yang perlu dikembangkan adalah Alat Cuci Tangan Portable 3 sisi sistem pedal. Dapat digunakan dimanapun karena menggunakan teknologi touchless washtafel yaitu washtafel tanpa disentuh dengan tangan sehingga dapat mencegah penularan virus melalui tangan dan dapat membantu membunuh kuman yang menempel pada tangan kita. Atas dasar inilah dilaksanakan program pengabdian masyarakat yaitu perancangan sistem cuci tangan menggunakan sistem pedal 3 sisi bagi simpul-simpul transportasi.
Sosialisasi Teknik Pengemasan Berbagai Jenis Barang di Terminal Barang Dishub Kota Denpasar Anggun Prima Rupaka; Putu Diva Ariesthana Sadri; Ocky Soelistyo Pribadi; Bambang Istiyanto; Nengah Widiangga Gautama; Gloriani Novita Christin
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.851 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i2.41

Abstract

Pada tahun 2020 saat datangnya pandemi Covid-19 di Indonesia, paradigma masyarakat mulai bergeser tentang cara membeli barang kebutuhan yang pada awalnya membeli secara langsung di toko atau pusat perbelanjaan menjadi berbelanja melalui e-commerce atau toko online. Peningkatan permintaan masyarakat tersebut harus dapat diimbangi dengan peningkatan pelayanan. Peningkatan tersebut dimulai dari peningkatan armada, waktu tempuh, dan sumber daya manusianya, khususnya pada teknik pengemasan barang umum, khusus, dan barang berbahaya (B2). Mengemas barang atau packing barang sudah menjadi keharusan bagi jasa ekspedisi, karena ini sangatlah penting agar terhindar dari suatu masalah “kerusakan barang”. Pengemasan barang ini berguna agar barang yang akan dikirim aman dan terhindar dari kerusakan yang disebabkan goresan dan benturan. Pengabdian Masyarakat dengan judul “Sosialiasi Teknik Pengemasan Berbagai Barang di Terminal Cargo Denpasar” dilaksanakan dengan membuat brosur yang berisikan tentang pengetahuan umum tentang pengemasan barang, pengetahuan umum dan dasar hukum tata cara pengangkutan barang berbahaya, dan pelabelan barang berbahaya. Kemudian dilakukan sosialisasi secara door-to-door pada setiap gudang di terminal barang Kota Denpasar. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dapat menyampaikan informasi tentang pentingnya pengemasan barang yang tepat untuk meningkatkan pelayanan, rasa nyaman dan keamanan bagi pengguna jasa pergudangan dan pengiriman barang.
Tingkat Penguasaan Materi Aturan Berlalu-Lintas Siswa Sekolah Dasar Setelah Sosialisasi Tertib Berlalu-Lintas Efendhi Prih Raharjo; Budi Mardikawati; I Made Sukmayasa; Dwi Wahyu Hidayat; Putu Eka Suartawan; I Putu Dewa Punia Asa
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.496 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i2.42

Abstract

Jalan Denpasar-Gilimanuk adalah jalan utama yang melewati Kabupaten Tabanan, penghubung Bali Barat dan Timur. Sering terjadi kemacetan, bahkan kecelakaan pada jalan terebut. Sehingga perlu pemberian bekal pengetahuan tentang aturan berlalu-lintas yang baik. Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya bekal disampaikan saat usia dini. Salah satu upaya pencegahan dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Manajemen Transportasi Jalan Poltrada Bali adalah pemberian sosialisasi tertib berlalu-lintas di SD Muhammadiyah Tabanan. Karena sasarannya adalah anak sekolah dasar, maka kegiatan dikemas dalam bentuk permaianan dan diskusi ringan tentang aturan berlalu-lintas. Metode yang digunakan adalah Pendidikan masyarakat (anak sekolah dasar) tentang persiapan berkendara untuk anak, etika menyeberang, etika berkendara, serta materi lampu dan rambu lalu-lintas. Selanjutnya untuk penajaman materi, siswa diajak untuk bermain, yaitu permainan ular tangga rambu lalu-lintas. Siswa terlihat antusias dan aktif melakukan permainan. Berdasarkan hasil post-test yang dilakukan diakhir kegiatan diketahui nilai rata-rata siswa 92, dimana 4 orang memperoleh nilai 100. Rata-rata tingkat penguasaan untuk materi: 1) Persiapan berkendara sebesar 93%; 2) Lampu Lalu-Lintas seesar 60%; 3) Rambu Lalu-Lintas sebesar 94%; 4) Etika Menyeberang sebesar 89%; dan 5) Etika Berkendara sebesar 96%. Dengan demikian, tingkat penguasaan tertinggi pada materi Etika Berkendara dan terendah pada Lampu Lalu-Lintas. Oleh karena itu, perlu ada inovasi lain yang bisa membantu siswa lebih memahami tentang lampu lalu-lintas. Namun secara umum kegiatan sosialisasi ini terbukti dapat memberikan pemahaman tentang materi tertib berlalu-lintas dengan baik. Selanjutnya diharapkan pemahaman ini dapat dijadikan bekal mereka untuk bersikap yang baik saat berkendara ketika menginjak usia remaja, serta adanya inovasi bentuk lain sosialisasi berlalu-lintas yang baik.
Servis Sepeda Motor Murah sebagai Upaya Peningkatan Skills Taruna Politeknik Transportasi Darat Bali di Desa Batubulan Made Beny Dwifa; Riz Rifai Oktavianus Sasue; Arif Devi Dwipayana; Rahmat Ahmad; Gusti Bagus Eka Nitiyasa; Yusime Fitasari; I Made Suraharta
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.408 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i2.43

Abstract

Di era sekarang ini, Pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh berbagai Perguruan Tinggi untuk membina sinergitas dan mempererat tali persaudaraan dengan masyarakat. Pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat jarang memperhatikan kodisi kendaraan pribadinya. Servis berkala merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kondisi dan kualitas dari komponen kendaraan agar tetap terjaga dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di sekitaran lingkungan kampus II Gianyar berupa kegiatan servis motor dengan tarif murah. Adapun objek sasaran pada kegiatan ini adalah masyarakat lokal yang tinggal di sekitar kampus Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali. Dengan  adanya kegiatan PKM ini, diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk melakukakan servis terhadap kendaraanya agar tetap dalam kondisi yang baik serta mampu mengurangi resiko kecelakaan di jalan yang diakibatkan oleh komponen dan fitur dari kendaraan khususnya sepeda motor yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berbagai tahapan, diantaranya kerjasama antara kampus Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali dengan salah satu mitra bengkel resmi Honda, pelatihan service motor kepada para Taruna/i Program Studi Diploma III Teknologi Otomotif dan penyampaian informasi kepada masyarakat. Dari serangkaian persiapan tersebut diharapkan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dapat berjalan dengan lancar dan pelanggan merasa puas akan pelayanan servis yang diberikan. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah dari sisi jumlah peserta sertvis baik dari masyarakat umum di lingkungan batubulan dan juga masyarakat di lingkungan Poltrada Bali adalah sebanyak dua puluh enam (26) kendaraan servis. Hasil lain yang menjadi perolehan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dasi sisi keterampilan taruna dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat dan juga dengan dunia industri, selain juga membiasakan aplikasi kompetensi keahlian bidang Otomotif.
Penyuluhan Pemanfaatan Energi Matahari sebagai Energi Alternatif di Pondok Pesantren Subulul Huda Santi Triwijaya; Arief Darmawan; Agustinus Prasetyo Edi Wibowo; Andri Pradipta; Dara Aulia Feryando; Ainun Fikria
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.793 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i2.44

Abstract

Pondok pesantren Subulul huda adalah salah satu pondok pesanten modern di Kabupaten Madiun yang memiliki sekitar ± 300 santri. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa/santri Pondok Pesantren Subulul Huda, maka dosen Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun berupaya melakukan peningkatan pengetahuan santri melalui program pengabdian kepada masyarakat dengan dengan mitra Pondok Pesantren Subulul Huda Kembangsawit Kabupaten Madiun. Kegiatan tersebut adalah sosialisasi berupa penyuluhan pemanfaatan energi matahari sebagai energi alternatif penghasil energi listrik. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 23 November 2021. Dengan adanya kegiatan PKM ini, menghasilkan peningkatan pemahaman santri pondok pesantrens subulul huda dalam kategori baik sebesar 40.5%. Sehingga pengetahuan santri dengan kategori baik meningkat dari 32.6% menjadi 73.1%.
Pelatihan Simulasi Kondisi Darurat pada Pintu Perlintasan Sebidang Kereta Api di JPL 01 Madiun Willy Artha Wirawan; Natriya Faisal Rachman; Dadang Sanjaya Atmaja; Fadli Rozaq; Teguh Arifianto
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JKPM Senyum) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata untuk Mengabdi (JKPM Senyum)
Publisher : Politeknik Trasportasi darat Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.792 KB) | DOI: 10.52920/jkpmsenyum.v1i2.45

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kopetensi pada penjaga palang pintu perlintasan sebidang kereta api ketika terjadi kondisi darurat (palang pintu tidak normal). Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara langsung dengan memberikan pelatihan dasar secara teoritis, konsep dan prosedur penanganan kondisi darurat sesuai dengan petunjuk dari modul yang telah dipersiapkan. Untuk meningkatkan keterampilan, selanjutnya dilaksanakan simulasi secara langsung di lapangan. Hasil dari pelaksanaan simulasi pada kondisi darurat pada pintu perlintasan sebidang ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan terhadap petugas penjaga pintu perlintasan sebidang di JPL 01 Madiun.

Page 1 of 2 | Total Record : 20