cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
redaksijse@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Social Empowerment
ISSN : 25035371     EISSN : 28096894     DOI : DOI: 10.21137/jse
Journal of Social Empowerment (JSE) sebagai wadah publikasi artikel ilmiah dari berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang berkaitan tentang pengabdian pada masyarakat. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalan satu tahun pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment" : 10 Documents clear
Agen Mengabdi di Masa Pandemi sebagai Upaya Pendampingan Pembelajaran Daring bagi Anak-Anak Nursita Fathichatul Ulfiah; Mufida Nadira Yuni Pureka
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.019 KB)

Abstract

Pandemi adalah suatu cobaan besar terhadap umat manusia diseluruh dunia. Tidak hanya dirugikan dalam sektor ekonomi dan kesehatan, sektor pendidikan pun mendapatkan dampaknya. Kegiatan belajar mengajar online menjadi faktor pembicaraan yang tiada habisnya. Implikasi nyata di tengah masyarakat tidak semudah yang di bayangkan. Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatakan produktifitas mahasiswa di masa pandemi dan membantu oramg tua dalam pendampingan anak selama belajar online. Metode yang diterapkan adalah pendampingan dan pembelajaran untuk program wajib dan keikutsertaan untuk program pendamping. Hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya antusiasme anak anak dalam belajar online bersama dan meningkatnya pengetahuan dan kecintaan anak anak tentang Bahasa Inggris.
Pelatihan Interview dalam Bahasa Inggris untuk Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Doho, Dolopo, Madiun Titik Rahayu; Muhyiddin Aziz; Ita Permatasari; Imam Mudofir; Moh. Farid Maftuh; Subiyantoro Subiyantoro
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.15 KB)

Abstract

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menuntut generasi muda untuk mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kemampuan ini selain ditunjukkan melalui sertifikat TOEFL, IELTS, atau TOEIC juga diuji melalui tahapan tes interview. Tahapan ini yang harus dilalui oleh kandidat untuk menentukan mereka diterima atau tidak. Berdasarkan analisis situasi, ditemukan bahwa perlunya mempersiapkan santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda untuk melakukan interview dengan baik dan lancar. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan interview dalam bahasa Inggris. Peserta adalah para santri yang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas dan Kuliah. Kegiatan PKM meliputi pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta mampu memahami teori tentang interview dan meningkatkan keterampilan dalam menjawab pertanyaan interview dengan baik dan benar.
Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Covid-19 endah purwaningsih; Hasan Khalawi
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.84 KB)

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa SD, SMP, dan SMA di lingkungan sekitar mahasiswa pengabdi, pendampingan pengerjaan tugas sekolah, dan kegiatan pendampingan kegiatan pemuda. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua minggu, dari tanggal 17-31 Agustus 2020 di RT. 02 RW. 04 Dusun Singkil, Desa Gasang, Kecamatan Tulakan. Peserta kegiatan merupakan siswa SD, SMP, dan SMA yang tinggal di sekitar rumah pengabdi. Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2-3 siswa dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan.
Menguatkan Pembelajaran Bahasa Inggris Anak di Masa Pandemi melalui Program #PBIMENGABDI Dita Maharani; Saptanto Hari Wibawa
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.718 KB)

Abstract

Sekarang ini dunia sedang menghadapi pandemi virus COVID-19. Seluruh aspek kehidupan manusia terganggu salah satunya adalah pendidikan. Sekolah terpaksa ditutup sementara dan pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah secara daring. Hal ini tentunya tidak bisa berjalan mulus. Banyak kendala yang muncul di lapangan terutama mereka yang tinggal di wilayah dengan akses internet yang kurang. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa belajar di rumah terutama Bahasa Inggris selama pandemi. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 17 Agustus-31 Agustus 2020. Peserta kegiatan adalah siswa Sekolah Dasar yang tinggal di Desa Bomo Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Kegiatan ini mengajarkan empat materi Bahasa Inggris, yaitu: daily vocabularies, writing simple sentences, telling story, dan English games.
Progam #PBI Mengabdi di Masa Pandemi Yupita Tri Rejeki; Dwi Rahayu
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.098 KB)

Abstract

Program ini berawal dari keresahan masyarakat akan anaknya yang jam belajarnya mulai tidak teratur, kurangnya kegiatan positif yang bisa di ikuti oleh anak selama di rumah. PBI Mengabdi adalah program relawan mengajar bagi anak yang kesulitan mengikuti belajar daring selama pandemi. Program kerja ini di mulai sejak tanggal 17 Agustus 2020 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2020. Mahasiswa melakukan program utama sebanyak 4 kali pengajaran dengan subjek peserta kegiatan adalah anak siswa sekolah di lingkungan rumah mahasiswa relawan. Tidak hanya melakukan kegiatan pendampingan pengajaran, mahasiswa sebagai anggota masyarakat juga harus andil dalam kegiatan sosial yang dilakukan oleh lingkungannya masing-masing dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.
Kegiatan Pendampingan Proses Belajar Mandiri di Masa Pandemi terhadap Siswa Sekolah Dasar di Dusun Manten Kelurahan Karangtengah Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek Wahyu Mitasari; Chusna Apriyanti
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.589 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam proses belajar. Permasalahan yang muncul yaitu minimnya akses internet serta sarana pendukung untuk belajar online, keterpaksaan siswa untuk merubah kebiasaan belajar yang terbiasa didampingi oleh guru menjadi belajar secara mandiri. Untuk itu, melakukan pendampingan terhadap proses belajar mandiri siswa selama pandemi menjadi hal yang dibutuhkan agar kesulitan siswa selama belajar online berkurang dan dapat memahami materi pembelajaran yang diajarkan. Metode belajar yang diterapkan yaitu metode Diskusi Non-Formal. Sedangkan Media Audial dan Visual dipakai untuk menunjang proses belajar. Kegiatan pendampingan belajar dilakukan dengan tiga tahap, yaitu 1) memberikan pre-test sederhana tentang materi yang akan diajarkan, 2) mendiskusikan materi belajar, 3) memberikan soal evaluasi sederhana. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Indikator yang digunakan yaitu selisih poin antara jawaban soal pre-test dengan poin jawaban soal evaluasi. Program pendampingan belajar ini mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengatasi dan memecahkan permasalahan dalam proses belajar.
Menumbuhkan Kemampuan Berbahasa Inggris dan Mengaji Di Masa Pandemi: Pengabdian kepada Anak-Anak di Dusun Pagutan Desa Pringkuku Wisnu Ariyani; Indah Puspitasari
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.425 KB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang semula diadakan secara tatap muka, beberapa bulan terakhir ini dialihkan menjadi pembelajaran sistem daring guna memutuskan rantai penyebaran COVID-19. Beberapa persoalan pun muncul seiring berjalannya metode pembelajaran sistem daring, baik dari segi teknis maupun psikologis. Para pelajar terutama pada anak-anak cenderung merasa sulit menerima pelajaran serta merasakan kebosanan. Oleh karenanya, pemuda sebagai generasi agent of change tentu berperan penting dalam menciptakan inovasi guna menjawab tantangan tersebut. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di masa pandemi oleh pemuda terutama mahasiswa adalah pengabdian pada masyarakat. Melalui kegiatan tersebut penulis melaksanakan kegiatan pengabdian berupa edukasi Bahasa Inggris serta pengajaran membaca Al-Qur’an terhadap anak-anak di Dusun Pagutan, Desa Pringkuku dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Peningkatan Kualitas Packaging dan Penerapan Digital Marketing UMKM Roti Bolu Desa Sidomukti Magetan Diyah Santi H; Dwi Kuncoro
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.044 KB)

Abstract

UMKM yang kami pilih adalah usaha pembuatan roti bolu tradisional “Sedap Rasa” yang berada di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Roti bolu “Sedap Rasa” memiliki potensi yang besar untuk berkembang karena packaging yang digunakan dan metode pemasarannya masih sederhana. Solusi yang dilakukan inovasi dalam packaging produk dengan mengganti kemasan yang sebelumnya hanya plastik sederhana di tambahkan toples plastik yang berstiker, alasan penggunaan toples plastik adalah untuk membuat produk terlihat lebih menarik dan unik serta mempermudah dalam membuka ataupun menutup kembali serta memberi label yang menarik yaitu “Rotebu” yang merupakan singkatan dari Roti Telur Bulat agar produk tersebut lebih mudah di kenal dan diingat oleh konsumen. Toples plastik juga diberi identitas stiker untuk memberikan informasi kepada konsumen tentang produk. Strategi pemasaran sebelumnya hanya melalui pemesanan, dititipkan diambil agen, seiring dengan perkembangan teknologi bisa dilakukan inovasi dengan penjualan digital marketing media sosial seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp agar jangkauan promosi, pemesanan, dan area pemasaran bisa lebih luas.
Menghilangkan Kepenatan Siswa di Masa Pandemic Covid 19 dengan Mengenalkan Matematika Praktis pada Siswa Madin Irsyadussibyan Hari Purnomo Susanto; Mega Isvandiana Purnamasari
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.538 KB)

Abstract

Pandemic covid-19 menjadi sock teraphi bagi dunia pendidikan, terlebih lagi ketika pembelajaran disekolah harus dilakukan secara daring. Banyak sekali kendala yang muncul pada pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengisi kegiatan siswa-siswa disela-sela belajar secara daring dan menghilangkan atau mengurangi tingkat kepenatan siswa selama belajar di rumah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pelatihan sederhana dengan materi tentang penerapan matematika, dimana materi tersebut tidak pernah diberikan disekolah atau bukan materi wajib disekolah. Peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu siswa kelas 5 dan kelas 6 SDN Gunungsari yang belajar di Madin Irsyadussibyan. Hasil dari kegiatan ini yaitu 1) siswa sangat antusias dan merasa dalam mengikuti kegiata. 2) siswa dapat dengan mudah menguasi setiap materi yang berikan dalam kegiatan ini.
Penyuluhan Pembuangan Sampah yang Baik di SDN 1 Purwoharjo Wonogiri Ayatullah Muhammadin AL Fath
Journal of Social Empowerment Vol. 5 No. 2 (2020): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.025 KB)

Abstract

Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bagi tenaga pendidik di dalam salah satu upaya untuk melaksanakan salah satu tugas sebagai pelaksana tridarma perguruan tinggi.Pengabdian ini adalah suatu upaya STKIP PGRI Pacitan agar terlaksananya tridarma perguruan Tinggi untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dan tekhnologi kepada masyarakat. Berdasarkan hal ini, kami mengajukan usulan kegiatan pengabdian di SDN 1 Purwoharjo, yang merupakan salah satu sekolah yang terdapat di Kecamatan Karangtengah, pengabdian ini kami lakukan dengan tujuan untuk memebrikan bekal pengetahuan kepada anak usia sekolah sejak dini agar memiliki pemahaman yang mendalam mengenai manajemen pembuangan sampah yang baik, sehingga dalam keseharianya dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupuan lingkungan masyarakat sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat. Target luaran yang kami harapkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah 1) Untuk membekali pengetahuan kepada siswa tentang manjemen pembuangan sampah, 2) Tertata kelolanya sampah sesuai dengan tempat pembuangan dan klasifikasinya,sehingga mudah untuk di gunakan sebagai suatu sumber energy di wilayah tempat tinggalnya dan dapat meciptakan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10