cover
Contact Name
Andi Yulianto
Contact Email
andiyulianto@umus.ac.id
Phone
+6287711270127
Journal Mail Official
andiyulianto@umus.ac.id
Editorial Address
Jalan P. Diponogoro KM. 2 Wanasari, Brebes 52252 Jawa Tengah
Location
Kab. brebes,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Economic and Management (JECMA)
ISSN : -     EISSN : 27460568     DOI : https://doi.org/10.46772/jecma.v2i1
Core Subject : Economy, Social,
Journal of Economics and Management (JECMA) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian bidang ekonomi dan bisnis. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi. Journal of Economics and Management (JECMA) menerima artikel ilmiah dengan lingkup penelitian pada: Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Strategis, Manajemen Operasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, E-bisnis, Akuntansi Manajemen, Sistem Pengendalian Manajemen, Sistem Informasi Manajemen, Ekonomi Bisnis, Etika Bisnis, dan Kewirausahaan
Articles 50 Documents
Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Pertumbuhan Ekonomi Dalam Era Disrupsi 4.0 Agyztia Premana; Gian Fitralisma; Andi Yulianto; M. Badruz Zaman; M. A. Wiryo
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.195 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i01.219

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sangat pesat dipicu oleh kebutuhan akan informasi secara cepat, akurat, dan arus. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor pada kehidupan yang berkontribusi besar dengan perubahan mendasar dalam manajemen organisasi struktur dan operasi, teknologi informasi telah dieksploitasi oleh beberapa orang yang dapat melihat peluang bisnis teknologi, pengaruh dan peran teknologi informasi secara tidak langsung, telah membuat bisnis online tumbuh. Mereka yang memahami bisnis dapat melihat hal yang baik peluang di dunia bisnis online. Karena banyak manfaat atau keuntungan dalam bisnis online. Jadi, didalam Informasi Teknologi (TI) memainkan peran penting dalam pengembangan teknologi informasi bisnis online atau e-commerce sudah umum disebut banyak peran penting dalam berbagai bidang yang pernah ada di dunia ini. Daerah-daerah ini termasuk komunikasi, kedokteran, ekonomi dan lainnya. Bisnis online memang banyak wabah ini tidak lepas dari pengaruh dan peran TI
Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Keputusan Bekerja di Luar Negeri Andiyatul Lu’lu; Muhammad Syaifulloh; Mukson Mukson; Nur Afridah
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.548 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i01.220

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan masyarakat terhadap keputusan bekerja di luar negeri desa songgom lor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dilakukan terhadap warga songgom sedangkan sampel sebanyak 30 reponden yang dibagi secara acak atau random. Metode penelitian yang digunakan yaitu Uji hipotesis menggunakan product moment, uji koefisien determinasi dan uji reliabilitas alpha. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisoner pernyataan-pernyataan mengenai motivasi dan lingkungan masyarakat terhadap keputusan bekerja di luar negeri yang dibagikan kepada para perempuan didesa songgom. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda melalui (uji F) dan (uji t) dengan maksud untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak yang berarti terdapat pengaruh antara motivasi dan lingkungan masyarakat terhadap keputusan bekerja di luar negeri Songgom lor.
Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Pada Teladan Prima Group Khalid Iskandar; Priandono Surohadikusumo
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.561 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i01.221

Abstract

Kepuasan kerja akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kepuasan hidup seseorang, Hal ini akan berdampak pada banyaknya kesempatan untuk dapat menunjukkan kemampuan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan kerja, komitmen organisasi, serta pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi khususnya pada Teladan Prima Group. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasi pada Teladan Prima Group. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) ditolak
Pengaruh Efektivitas Penerapan Absensi Finger Print Di Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (Bppkd) Kabupaten Brebes Windy Oktafiana; Slamet Bambang Riono; Muhammad Syaifulloh; Ari Kristiana
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.708 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i01.222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan absensi fingerprint di BPPKAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif pada 74 sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Pertimbangan dalam penentuan responden dilakukan dengan mempertimbangkan pegawai yang sudah memiliki NIP. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Penentuan nilai absensi fingerprint dilakukan dengan menggunakan rekapitulasi data sekunder. Pengumpulan data dilakukan selama satu bulan, 27 Januari - 25 Februari 2020. Penyajian secara deskriptif digunakan untuk menjelaskan tanggapan yang diberikan berdasarkan nilai prosentase jumlah responden. Hasil penelitian ini adalah efektifitas penerapan absensi fingerprint di BPPKAD Kabupaten Brebes sebesar 974 point atau 59,83% pada tingkat kehadiran tepat waktu (15.06), telat berangkat (32.55), pulang cepat (0.51), absen berangkat (2.16), absen pulang (6.57), telat berangkat absen pulang (0.31) dan telat berangkat absen pulang (2.67). Sementara itu, terdapat 40.17% yang dikategorikan melanggar aturan antara lain: tidak masuk tanpa alas an (28.72), izin sakit (7.63) dan izin tidak berangkat (3.82). Hasil penelitan menunjukan bahwa penerapan absensi fingerprint sebesar 59.83% dapat dikategorikan kurang efektif (pada skala 41 – 60). Sehingga untuk meningkatkan efektifitas penerapan absensi fingerprint dapat dilakukan dengan menerapkan peraturan kepegawaian yang lebih ketat dan pemberian peringatan sampai pemotongan gaji kepada pegawai yang tidak patuh pada aturan kepegawaian yang berlaku
Analisis Positioning Operator Seluler dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Pasar di Wilayah Yogyakarta Andi Yulianto; Roni Roni; Roby Setiadi; Azizah Indriyani
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.174 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i01.223

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan segmentasi pasar operator seluler dari tiga merek yaitu: Telkomsel, Mentari, dan XL. Ketiga merek tersebut mendominasi pasar operator seluler sehingga menarik untuk diteliti tentang peta persaingan terhadap atribut-atribut yang diberikan kepada konsumen. Sampel yang dipilih adalah pengguna dari ketiga merek operator seluler di Wilayah Sleman, Yogyakart sebanyak 140 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis faktor/klaster dan analisis korespondensi. Berdasarkan hasil output SPSS menghasilkan 3 (tiga) klaster, yaitu klaster 1 tentang layanan, klaster 2 tentang harga kartu perdana, dan klaster 3 tentang biaya telepon/SMS. Analisis korespendensi menghasilkan 4 kwadran yang membagi kelompok atribut-atribut yang diteliti
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Wanita Dalam Berwirausaha Di Desa Wanatawang Kecamatan Songgom Umroh Atun; Gian Fitralisma; Nur Aisyah; Dwi Harini
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.851 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i01.224

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi wanita dalam berwirausaha di desa Wanatawang Kecamatan Songgom yaitu faktor kemandirian (x1), faktormodal (x2), faktor keluarga (x3), faktor pendidikan (x4) dan variabel Y yaitu motivasi wanita berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dilakukan terhadap pedagang sebanyak 40. Uji hipotesis menggunakan product moment, uji koefisien determinasi dan uji reliabilitas alpha. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket pernyataan-pernyataan mengenai faktor– faktor yang mempengaruhi motivasi wanita rumah tangga dalam berwirausaha di desa Wanatawang Kecamatan Songgom. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda melalui (ujiF) dan (ujit) dengan maksud untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Variabel kemandirian, modal, keluarga, dan pendidikan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi wanita berwirausaha di desa Wanatawang, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes
Pengaruh Publisitas, Penjualan Tatap Muka Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Volume Penjualan Rumah Syarif Durahman; Muhammad Syaifulloh; Wahyu Wibowo; Akbar Nuur Purnama Darma Wahana
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.843 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i01.225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Publisitas, Penjualan Tatap muka dan Hubungan Masyarakat berpengaruh terhadap Penjualan Rumah pada Perumahan Wijaya Kusuma Indramayu. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara serta Angket. Populasi Penelitian ini adalah para pembeli rumah dari tahun 2015-2019 di Perumahan Wijaya Kusuma Indramayu sejumlah 72 orang dengan sample sejumlah yang sama. Dan dari perhitungan determinan (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 0,773 atau 77,3% menunjukkan bahwa iklan, penjualan Tatap Muka, dan publisitas mempengaruhi volume penjualan, dan sisanyayaitu 22,7% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel independen, yaitu Publisitas (X1), penjualan tatap muka (X2), dan hubungan masyarakat (X3), berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen yaitu volume penjualan (Y). Hal ini didapatkan dari pengujian perbandingan F hitung yang lebih besar daripada F tabel yaitu F hitung > F tabel 77,095 > 2,74 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa iklan, penjualan tatap muka, dan publisitas serta hubungan masyarakat secara bersama- sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan
Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Daehan Global Dumadi Dumadi; Ayu Ainunnisa; Nur Khojin; Dwi Harini
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.338 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i01.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT.Daehan-Global-Brebes.Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada karyawan PT.Daehan Global di departemen cutting berjumlah 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan PT.Daehan Global. Berdasarkan analisis data persamaan regresi linier di peroleh sebagai berikut Y = 18.859 - 0,047X1 + 0,390X2. Pengujian Hipotesis menggunakan Uji t bahwa variabel gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan variabel motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.Hasil penelitian secara simultan dengan menggunakan uji F,menunjukan bahwa dua variabel bebas ada yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Nilai R Square sebesar 0,203 yang dapat di artikan bahwa variabel gaya kepemimpinan (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) sebesar 20,3% sedangkan sisanya 70,7% di pengaruhi oleh variabel
Pengaruh Current Ratio, Quick Ratio, Total Asset Turnover Dan Inventory Turnover Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Indah Dewi Mulyani; Dewi Ningsih; Azizah Indriyani
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 2 No. 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.144 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i01.228

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016, Sedangkan pemilihan sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel tersebut adalah sebanyak 14 perusahaan pertambangan pada periode 2012-2016. Data yang diperoleh merupakan data data sekunder dengan menggunakan data dokumentasi. Current Ratio (x1), Quick Ratio (x2), Total Asset Turnover dan Inventory Turnover (x4) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif terhadap perubahan laba (Y). varians yang terjadi pada Perubahan Laba ditentukan oleh variabel Current Ratio, Quick Ratio, Total Asset Turnover dan Inventory Turnover, sedangkan 72% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pengujian signifikansi regresi linier berganda dilakukan dengan cara mencari nilai F. Setelah dilakukan uji F diperoleh Fhitung sebesar 4,270 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu dengan df= 4/70 sebesar 2,61 dan tingkat signifikansi 0,006<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Curret Ratio, Quick Ratio, Total Asset Turnover dan Inventory Turnover secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif terhadap perubahan laba perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.
Pengaruh E-Wom Dan Risk Perception Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan: (Survei pada Pengunjung Gunung Api Purba Nglanggeran) Aditya Solichin; Dhea Ayu Resky Amalia; Lily Katniaty; Tri Wisudawati; Ecclisia Sulistyowati; Wahyu Adhi Saputro
Journal of Economics and Management (JECMA) Vol. 3 No. 1 (2021): Februari
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muhadi Setiabudi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.999 KB) | DOI: 10.46772/jecma.v1i02.355

Abstract

Kebutuhan wisata merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat yang layak untuk dipenuhi. Wisata yang terlaris dan menjadi favorit adalah wisata alam yang memiliki ketertarikan tersendiri oleh masyarakat. Salah satu wisata alam yang ada di DI Yogyakarta khususnya di Kabupaten Gunungkidul adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-Wom dan risk perception terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Gunung Api Purba Nglanggeran. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di Gunung Api Purba Nglanggeran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil secara langsung dengan mewawancarai wisastawan dan data sekunder yang berasal dari jurnal, buku dan sumber lain yang masih relevan dengan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara bersama-sama variabel e-WOM dan risk perception berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan Gunung Api Purba Nglanggeran. Akan tetapi secara parsial hanya variabel e-WOM berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan Gunung Api Purba Nglanggeran.