cover
Contact Name
Yudhi Nugroho Adi
Contact Email
library@tekomuniversity.ac.id
Phone
+628128000110
Journal Mail Official
library@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
Jl. Telekomunikasi No. 1 Gedung Manterawu Lt. 5
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
eProceedings of Art & Design
Published by Universitas Telkom
ISSN : 23559349     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing terkait.
Articles 63 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023" : 63 Documents clear
PERANCANGAN KENDARAAN UGV LOGISTIK UNTUK KEPERLUAN BENCANA ALAM PADA BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA Ganendra Akmal; Hardy Adiluhung; Yoga Pujiraharjo
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Meningkatnya kendaraan logistik dunia, memicu tiap negara termasuk Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan teknologi dalam membawa logistik. Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah UGV atau Unmanned Ground Vehicle bertenaga listrik. UGV adalah kendaraan darat tanpa awak yang beroperasi untuk melakukan aktivitas membawa atau mengantar sesuatu. UGV pada umumnya digerakan oleh tenaga listrik dan memiliki body yang ramping dengan roof rack diatasnya untuk membawa logistik. Namun penggunaan roof rack pada kendaraan UGV pada umumnya dinilai kurang aman dikarenakan material dan bentuk roof rack yang melebihi body pada kendaraan, dikarenakan kendaraan ini akan digunakan oleh BNPB dimana kendaraan ini memiliki kelebihan dapat menjangkau daerah yang sempit dan susah dilewati, sehingga dari permasalahan tersebut didapat potensi untuk mengembangkan roof rack yang terdapat pada kendaraan UGV elektrik dengan desain roof rack yang kokoh dan simple tetapi aman untuk digunakan. Perancangan ini bertujuan untuk pengamanan ekstra pada barang logistik yang terdapat pada kendaraan UGV tanpa mengurangi nilai estetika dan sesuai kebutuhan.Kata Kunci : UGV Elektrik, Roof Rack, Logistik, BNPB
DESAIN KONTEN DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA BRAND FASHION DAMA KARA Putri Merak Jingga Sameto; Arini Arumsar; Ranti Rachmawanti
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Promosi memiliki peran penting dalam bisnis, karena dapat mempengaruhi perilaku konsumen agar membeli produk. Namun hal ini tidak berlaku oleh brand fashion Dama Kara. Dama Kara menghadapi tantangan dalam menjual koleksi genap karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya keterlibatan penyandang autis dalam produksi, serta preferensi konsumen terhadap desain koleksi ganjil yang lebih simple. Penelitian ini akan berfokus pada dua aspek utama, yaitu adanya strategi promosi online dengan pembuatan konten digital di media sosial yang menyoroti aktivitas kreatif yang dilakukan oleh penyandang autis di Dama Kara agar terciptanya awareness di masyarakat Indonesia yang mengakses konten digital, dan strategi promosi offline dengan mengadakan event pelatihan (workshop) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelatihan seni bagi penyandang autis serta meningkatkan variasi motif volume genap Dama Kara. Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna dan pengalaman manusia dalam konteks social menggunakan pendekatan teori menggunakan pendekatan Design Thinking. Manfaat dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikam inspirasi bagi Dama Kara untuk meningkatkan penjualan volume genap dan menyangkal isu eksploitasi penyandang autis sebagai buruh Dama Kara. Untuk masyarakat, penelitian ini pun bermanfaat untuk memberikan pengetahuan dan gambaran nyata aktivitas yang dapat dilakukan oleh para penyandang autis dalam berkarya dan terus berkreativitas.Kata Kunci: Konten Digital, Penyandang Autis, Dama Kara
PERANCANGAN ULANG BALAIRUNG RUDINI IPDN DENGAN PENDEKATAN TEKNOLOGI UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN TATA CAHAYA DAN TATA SUARA Fathi Aqil Athallah; Agustinus Nur Arief Hapsoro; Athifa Sri Ismiranti
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Perancangan ulang gedung Balairung Rudini Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini bermaksud untuk merancang ruang serbaguna yang dapat memfasilitasi dan menyelesaikan permasalahan tata cahaya dan tata suara. Oleh karena permasalahan dan tantangan yang ada, diperlukan perancangan ulang gedung Balairung Rudini IPDN. Pendekatan Teknologi diterapkan untuk menciptakan ruang yang dapat memenuhi dan mewadahi multi-kegiatan, sehingga ruangan dapat lebih efektif dan efisien dalam operasionalnya. Multi-kegiatan mencakup kegiatan utama yaitu konvensi dan konser. Kegiatan tersebut menjadi dasar implementasi teknologi yang adaptif berupa tata cahaya, tata suara dan fleksibilitas ruang. Teknologi pada tata cahaya meliputi jenis lampu, kontrol pencahayaan, skenario pencahayaan berdasarkan setiap kegiatan. Teknologi tata suara meliputi plafon akustik, material akustik, variabel akustik, penataan audio, hingga kontrol audio. Setiap kegiatan akan mempengaruhi kebutuhan dan pengondisian ruang yang secara langsung akan berpengaruh pada perancangan ulang gedung Balairung Rudini Institut Pemerintahan Dalam Negeri.Kata kunci: Gedung Serbaguna, Tata Cahaya, Tata Suara, Multi kegiatan, Teknologi
PERANCANGAN PAKAIAN UNISEX ANAK UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK FASHION LOCAL BRAND CRAZY LITTLE PARTY CLUB Fani Khoirunnisak Nabilah; Widia Nur Utami Bastaman
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan fashion di Indonesia mengalami kemajuan yang semakin pesat ditandai dengan hadirnya local brand fashion yang menampilkan berbagai kualitas dan keunikannya. Salah satu keunikan produk fashion yang dikembangkan local brand banyak menerapkan penggunaan motif yang beragam, sehingga produk lokal Indonesia mulai digemari sebagian besar masyarakat. Local brand yang sedang berkembang dan menerapkan penggunaan motif pada produknya adalah brand Crazy Little Party Club, dengan karakteristik motif yang playful, colorful, retro, color blocking, meaningful, dan creative. Berdasarkan hasil wawancara bersama pemilik brand Crazy Little Party Club, brand ini memiliki peluang untuk pengembangan varian produk fashion salah satunya pakaian unisex anak sebagai koleksi terbaru brand Crazy Little Party Club. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur, observasi, wawancara dan eksplorasi. Kemudian, berdasarkan hasil observasi pada local brand terkait teknik reka latar yang berpotensi untuk diaplikasikan pada produk pakaian unisex anak adalah teknik digital printing dan bordir, dengan menggunakan inspirasi motif geometris. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pakaian unisex anak dengan luaran penelitian berupa satu set pakaian, yaitu atasan dan bawahan.Kata kunci: Pakaian anak, Unisex, Local Brand, Motif, dan Crazy Little Party Club.
PERANCANGAN STORYBOARD MOTION COMIC SEBAGAI MEDIA PERSUASI TENTANG PROFESI PETANI TERHADAP GENERASI MUDA DI JAWA BARAT Achmad Nur Jabbar Rizki; Rully Sumarlin; Angelia Lionardi
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Indonesia dikenal juga sebagai negara agraris dengan arti bahwa sektor pertanian masih memiliki peran penting. Produktivitas pertanian dapat dipengaruhi beberapa faktor, yang diantaranya lahan, alat, dan sumber daya petani yang produktif. Berdasarkan data dari SUTAS 2018 usia rata-rata sumber daya petani diatas usia produktif, dengan generasi muda berada pada 3,2 juta jiwa dari jumlah seluruhnya 27,6 juta jiwa. Perancangan motion comic ini dilakukan sebagai media persuasi tentang profesi petani yang sering dipandang sebelah mata oleh generasi muda yang akan membangun karirnya di Jawa Barat. Dalam perancangannya, digunakan metode penelitian kualitatif sebagai landasan perancangan. Metode ini mencakupi analisis melalui pengumpulan data dari observasi, studi pustaka, dan wawancara. Melalui rancangan karya dihasilkan cerita yang mengajak menjadi petani dan juga rancangan storyboard sebagai pra-produksi untuk pembuatan motion comic.Kata kunci: Jawa Barat, Motion Comic, Petani, Profesi, Storyboard, Usia Produktif
PERANCANGAN RUPA HURUF BERBASIS SENI UKIR PATRA BALI KABUPATEN GIANYAR Niken Rengganis Wijayanti; Novian Denny Nugraha; Fariha Eridani Naufilina
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecenderungan penggunaan typeface latin terhadap identitas fungsional tertentu seperti poster, logo, majalah, dan lainnya mencerminkan kurangnya kecenderungan khalayak dalam pelestarian budaya. Krisis khalayak akan kesadaran melokal budaya bangsa dalam eksplorasi aksara sebagai salah satu identitas menunjukkan hilangnya rasa kebanggaan dan kecintaan jiwa berbudaya. Tradisi budaya Bali dari metode tradisional kini berubah menjadi metode digital yang cepat dan mudah, sedangkan seni ukir Bali dianggap membutuhkan proses dengan waktu yang lama. Apabila kecenderungan fenomena ini berlanjut, Indonesia akan kehilangan jati dirinya sebagai negara berbudaya. Karena itu, penerapan typeface menjadi fokus utama pada penelitian ini sebagai solusi penghubung budaya Bali dengan teknologi. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah melalui pendekatan kualitatif, menggunakan unsur imajinatif, observasi, studi pustaka, serta melakukan wawancara dengan narasumber. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perancangan typeface berbasis seni ukir Bali sebagai identitas visual diperlukan sebagai upaya dalam melestarikan kebudayaan. Hasil perancangan ini difokuskan pada unsur kebudayaan dan eksplorasi tipografi yang mampu digunakan sebagai sebuah medium kreatif dalam mengkomunikasikan kebudayaan lokal daerah Bali sehingga mampu menunjukan keistimewaan Indonesia.Kata Kunci: Tipografi; Budaya Bali; Modernisasi; Seni Ukir
PERANCANGAN DESAIN WEBSITE BIRO KONSULTASI PSIKOLOG EPIC CONSULTING Yulia Dewi Anggreini Siregar; Andreas Rio Adriyanto; Aria Ar Razi
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Salah satu faktor penghambat target pasar yang dituju perusahaan dalam mencari bantuan psikolog adalah ketidaktahuan mereka tentang informasi layanan konseling yang terpercaya. Mereka membutuhkan informasi yang jelas terkait perusahaan, profil tenaga kerja psikolog profesional, dan identitas visual yang dapat mencapai daya tarik masyarakat. EPIC Consulting sebagai salah satu biro layanan konsultasi psikolog di Pematangsiantar belum memiliki website yang memiliki keunggulan sebagai sarana informasi dan memiliki kekurangan dalam membangun identitas visual. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi terhadap perusahaan EPIC Consulting, metode wawancara dengan pihak terkait, metode kuesioner terhadap target sasar, serta metode studi pustaka. Data-data yang diperoleh akan dianalisis dengan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, dan Threat) dan kemudian hasil dari analisis akan dibuat sebuah perancangan desain website yang mampu mendapatkan keparcayaan target sasar. Diharapkan dengan adanya tugas akhir ini dapat membantu EPIC Consulting dalam mengembangkan perusahaan serta mencapai visi dan misi perusahaan.Kata Kunci: identitas visual, layanan konsultasi psikolog, website
ANALISIS FILM PENGABDI SETAN (2017) BERDASARKAN TEORI SINEMATOGRAFI BLAIN BROWN Jenifer Ivana; Soni Sadono; Sigit Kusumanugraha
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Film menjadi sebuah sarana hiburan, komunikasi, investasi, dan sampai menjadi sarana penelitian ilmiah. Salah satu genre yang populer di Indonesia adalah Film bergenre horor, film genre horor Indonesia yang mendapatkan respon baik dari penonton dan mendapatkan banyak penghargaan adalah Pengabdi Setan 2017. Menurut Blain Brown sinematografi adalah bahasa yang di dalamnya terdapat kosa kata bahasa tentang lensa, komposisi, desain visual pencahayaan, kontrol gambar, kesinambungan, pergerakan, dan sudut pandang. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi teknik sinematografi the frame, light&color, dan movement pada pengambilan gambar film Pengabdi Setan 2017. Proses analisis terdiri dari beberapa tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisa terhadap data yang diperoleh bahwa film Pengabdi Setan 2017 menggunakan pengambilan gambar wide shot, full shot, medium close-up, extreme close-up, establishing shot yang sering digunakan untuk menciptakan kedekatan emosi karakter kepada penoton. Selanjutnya, pencahayaan yang dipakai pada film Pengabdi Setan 2017 yaitu, back light, soft light, topper, dan low key memberikan kesan suram dan misterius yang merupakan hal utama pada film genre horor, didukung dengan warna film yang dominan warna kecoklatan dan biru gelap untuk memberikan suasana tekanan, suram, dan mencekam. Pergerakan kamera pada film Pengabdi Setan 2017 menggunakan teknik zoom in, panning, tilt, dan still untuk mendukung terciptanya suasana kepada penonton yaitu, dramatis dan tegang.Kata Kunci : Film, Sinematografi, Pengabdi Setan 2017, Blain Brown.
PERANCANGAN ULANG PONDOK PESANTREN BAITUL HIDAYAH BANDUNG DENGAN PENDEKATAN ANALOGI Fadilah Akbar Setiawan; Rangga Firmansyah; Ully Irma Maulina Hanifah
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Pondok Pesantren Baitul Hidayah merupakan salah satu pesantren yang ada di Kota Bandung berlokasi di Bukit Panyandaan, Mandala Mekar, Cikadut, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dengan tujuan perancangan yaitu memberikan fasilitas berdasarkan kebutuhan dan memberikan suasana yang nyaman sesuai dengan aktivitas setiap ruang sehingga perancangan Pondok Pesantren Baitul Hidayah menggunakan pendekatan Analogi Budaya Jepang. Adapun permasalahan terhadap fasilitas dan kebutuhan ruang yang belum sesuai. Dengan adanya permasalahan tersebut pondok pesantren ingin memperbarui fasilitas dan kebutuhan ruang yang sesuai, namun kebutuhan ruang belum dapat mendukung perkembangan pembangunan pada pondok pesantren salah satunya yaitu kebutuhan ruang berdasarkan suasana ruang Pondok Pesantren yang berpengaruh terhadap aktivitas santri. Sehingga perancangan ulang dilakukan berdasarkan suasana ruang berdasarkan aktivitas dan kebutuhan pada pondok pesantren. berdasarkan dengan lokasi pondok pesantren di dataran tinggi sehingga dibutuhkan penyesuaian penggunaan material. Diharapkan hasil perancangan ulang ini mampu menjawab permasalahan dan dapat menjadi refrensi dalam perkembangan pembangunan pada interior pondok pesantren. Dengan tema yang diangkat yaitu Sunnah Nabi Muhammad SAW. Tema ini diangkat karena pondok pesantren yang identik dengan keagamaan, dan aktivitas yang berdasarkan Sunnah Nabi dan Rasul. Sehingga suasana yang di harapkan dalam perancangan ini dapat memberikan kenyamanan santri dalam beraktifitas sehingga memberikan fokus pengembangan diri di pondok pesantren Baitul Hidayah Bandung.Kata Kunci: pondok pesantren, analogi budaya jepang, sunnah nabi.
PERANCANGAN SEPEDA MOTOR ELEKTRIK ADVENTURE SEBAGAI FASILITAS MENUJU TEMPAT WISATA Bintang Nugraha; Yoga Pujiraharjo; Hardy Adiluhung
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 5 (2023): Oktober 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Glamping Lakeside merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di KecamatanRancabali dengan konsep resor modern. Dibalik keindahan alamnya, akses jalan menuju objekwisata merupakan salah satu hal yang dikeluhkan oleh para wisatawan. Sering terjadi kecelakaanpada kendaraan besar akibat dari aksesibilitas yang terbatas saat menuju objek wisata. Sepedamotor merupakan alat trasportasi yang dapat diandalkan untuk melakukan eksplorasi secaraeksibel. Sepeda motor bergaya adventure merupakan salah satu jenis sepeda motor yang dapatdigunakan. Penelian ini menggunakan metode kualitaf dan human centered design sebagaiparameter utama dalam perancangan produk. Tujuan penelian ini adalah untuk memfasilitasiwisatawan dengan sebuah alat transportasi sepeda motor elektrik bergaya adventure yang dapatmemberikan sensasi baru dengan kepraksan nggi. Penelian ini dilakukan dengan alasanbelum tersedia fasilitas transportasi pada tempat wisata dengan eksibilitas nggi yang lebihmemperhakan isu lingkungan. Hasil dari penelian adalah peprancangan sepeda motor elektrikbernama SELVE-19 Digger berjenis skuter mac yang diterapkan pada objek wisata GlampingLakeside Rancabali.Kata Kunci: Objek wisata, Sepeda motor elektrik, Adventure