cover
Contact Name
I Kadek Adhi Dwipayana
Contact Email
adhidwipa88@gmail.com
Phone
+6285738841774
Journal Mail Official
stilistika.fkip.upmi@gmail.com
Editorial Address
Seroja Street, Tonja, North Denpasar
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Stilistika
ISSN : 20898460     EISSN : 26213338     DOI : -
Core Subject : Education, Art,
Perkembangan dan dinamika ilmu pengetahuan, termasuk salah satunya ilmu pendidikan bahasa dan seni sangatlah pesat. Perlu sebuah wadah untuk menampung dan menyebarluaskan kemajuan ilmu pendidikan bahasa dan seni secara berkesinambungan agar dapat mengedukasi masyarakat. Civitas akademika FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia memiliki senstivitas dan kesadaran kolektif yang sangat kuat untuk berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan sehingga direalisasikanlah sebuah jurnal ilmiah bernama Stilistika. Jurnal Stilistika ini diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Mei dan November baik secara cetak maupun online. Jurnal Stilistika ini merupakan representasikan dari idealisme ilmiah yang terkonsentrasi pada bidang ilmu pendidikan bahasa dan seni. Jurnal ini tidak hanya mewadahi tulisan dosen-dosen internal FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia sendiri, tetapi juga mewadahi tulisan kawan-kawan di luar institusi yang memiliki komitmen kuat terhadap pelestarian dan pengembangan keilmuan, terutama ilmu pendidikan bahasa dan seni. Semoga penerbitan Jurnal Stilistika ini dapat bermanfaat dan menjadi wahana untuk membangun atmosfer akademik yang kompetitif. Sumbangan pemikiran, kritik, dan saran yang edukatif dari pembaca diharapkan dapat memperbaiki terbitan edisi selanjutnya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI I Wayan Gunartha; Dewa Ayu Widiasri
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.593 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.4909619

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan seperangkat instrumen pengukuran tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Instrumen yang dikembangkan adalah lembar observasi berbentuk ceklist. Sebelum diujicobakan di lapanagan, instrumen divalidasi oleh pakar, guru TK, dan kepala TK. Subjek coba dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok B. Ujicoba dilakukan tiga tahap dengan jumlah subjek coba semakin meningkat. Analisis hasil validasi pakar dan praktisi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji coba dianalisis dengan Confirmatory Factor Analysis. Berdasarkan validasi pakar dan praktisi, instrumen memiliki kualitas yang baik dan hasil ujicoba lapangan menunujukkan bahwa semua butir memiliki validitas dan reliabilitas yang baik, serta kecocokan model yang baik. Abstract This study aims to develop a set of quality measurement instruments for the level of achievement of language development for children aged 5-6 years. This research is a research and development (research and development). The instrument developed was an observation sheet in the form of a checklist. Before being tested in the field, the instruments were validated by experts, kindergarten teachers, and kindergarten heads. The test subjects in this study were kindergarten children group B. The trial was carried out in three stages with the number of experimental subjects increasing. Analysis of the validation results of experts and practitioners using descriptive analysis. The trial results were analyzed by Confirmatory Factor Analysis. Based on the validation of experts and practitioners, the instrument has good quality and the results of field trials show that all items have good validity and reliability, as well as good model fit.
TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL HARMONY DALAM TANDA TANYA (?) KARYA MELVY YENDRA & ANDRIYATI Wadu Suryani; I Ketut Suar Adnyana
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.468 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Kajian difokuskan pada tindak tutur direktif dalam novel Harmony dalam Tanda Tanya (?) karya Melvy Yendra dan Andriyati. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif dalam novel “Harmony Dalam Tanda Tanya (?)” Karya Melvy Yendra & Andriyati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah novel “Harmony Dalam Tanda Tanya(?)” Karya Melvy Yendra & Andriyati. Data penelitiannya adalah data tulis berupa data percakapan antartokoh yang mengandung tindak tutur direktif. Data digali dengan metode catat dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasar pada hasil kajian dapat ditentukan bahwa bentuk tindak tutur direktif yang terdapat pada novel tersebut adalah bentuk perintah, saran, permintaan, larangan, pemberian izin, bertanya dan undangan. Abstract This research is a qualitative research. This research is focused on the form of directive in the novel Harmon dalam Tanda Tanya (?) by Melvy Yendra and Andriyati. The purpose of the study is , to describe the form of directive in the novel "Harmony In Tanda Tanya (?)"by Melvy Yendra & Andriyati. The approach used in this research is pragmatic approach. The source of the data is the novel "Harmony dalam Tanda Tanya (?)" by of Melvy Yendra & Andriyati. The research data is written data in the form of conversation between characters that contain directive speech. Data were excavated by using note method and analyzed by using qualitative descriptive method.Based on the results of the study it can be determined that directive forms in the novel are a form of command, question, request, prohibition, consent, and advice.
MULTIMEDIA POWER POINT INTERAKTIF PEMBELAJARAN PRAKTIK VOKAL
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.638 KB)

Abstract

Abstrak Pandemi COVID-19 mengakibatkan kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di perguruan tinggi kini harus berubah menjadi belajar di rumah secara daring, dimana pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing sekolah dan perguruan tinggi. Dikarenakan system daring, mengakibatkan para pelajar kesulitan dalam memahami dan melaksanakan materi yang diberikan oleh pengajar, apalagi untuk mata pelajaran yang memerlukan praktek seperti seni vokal. pembelajaran daring memiliki kelebihan, yaitu meningkatkan kadar interaksi antara peserta didik dengan dosen/guru, pembelajaran dapat dilakukan dimana dan kapan saja, menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas, dan mempermudah penyempurnaan dalam penyimpanan materi pembelajaran. Namun selain kelebihan, pembelajaran daring juga memiliki kekurangan yaitu sering terjadinya gangguan jaringan internet. Kesulitan pembelajaran daring dalam seni musik vokal juga dirasakan oleh pelajar dan mahasiswa. Mereka kesulitan dalam memahami materi, seperti teknik-teknik bernyanyi, membaca dan menangkap nada, dll. Oleh sebab itu, pengajar dituntut untuk bisa mencari solusi untuk proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran apa yang tidak perlu memakan jaringan internet. Pembelajaran menggunakan multimedia power point lebih mudah diakses dan praktis karena tidak memerlukan koneksi internet ketika akan membukanya serta ukuran file yang kecil sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Abstract The COVID-19 pandemic has resulted in teaching and learning activities in schools and colleges now having to change to learning at home online, where the implementation is adjusted to the abilities of each school and college. Due to the online system, it causes students to have difficulty understanding and implementing the material provided by the teacher, especially for subjects that require practice such as vocal arts. Online learning has advantages, namely increasing the level of interaction between students and lecturers / teachers, learning can be done anywhere and anytime, reaching students in a wide range, and facilitating improvements in the storage of learning material. But besides the advantages, online learning also has disadvantages, namely frequent internet network disruptions. The difficulties of learning online in the art of vocal music are also felt by students. They have difficulty understanding material, such as singing techniques, reading and capturing notes, etc. Therefore, teachers are required to be able to find solutions for the teaching and learning process using any learning media that does not need to eat up the internet network. Learning using multimedia power points is more accessible and practical because it does not require an internet connection when opening it and the file size is small so it does not require large storage space.
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN LITERASI TULIS DI SMAN 1 RENDANG I Nengah Sueca; Ni Putu Eni Astuti
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.609 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan kemampuan literasi tulis siswa kelas X SMAN 1 Rendang; (2) mendeskripsikan penguatan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan literasi tulis di SMAN 1 Rendang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif kuantitatif dan kualitatif (Mix-Mhetod). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IBBU SMAN 1 Rendang. Objek penelitian ini adalah kemampuan literasi tulis dan penguatan karakter dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia siswa kelas X IBBU SMAN 1 Rendang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik desktiptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi tulis siswa SMAN 1 Rendang tergolong baik. Hal tersebut terlihat dari skor rata-rata yang dicapai siswa, yaitu sebesar 83,32; (2) kegiatan literasi tulis sangat sesuai untuk menguatakan nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, rasa ingin tahu, displin, mandiri, dan tanggungjawab, serta kurang sesuai untuk menguatkan nilai demokrasi. Abstract This study aimed at (1) describing student writing literacy at class X of SMAN 1 Rendang; (2) describing education character values strengthening through writing literacy activity in SMAN 1 Rendang. This study used quantitative and qualitative descriptive method (mix method). Subjects of this study were students of class X IBBU SMAN 1 Rendang. Objects of this study were writing literacy ability and character strengthening in Bahasa Indonesia subject of class X IBBU SMAN 1 Rendang. Method of this study was test and questionnaire. Data analysis technique was qualitative descriptive technique. Finding of this study showed that (1) students writing literacy ability of SMAN 1 Rendang was categorized as good. It can be seen from students mean score, i.e. 83.32; (2) writing literacy activity is appropriate to strengthen character values, such as honesty, curiosity, discipline, independence, and responsible as well as less appropriate to strengthen value of democracy.
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI METODE RESEPTIF PRODUKTIF BERBANTUAN MEDIA TEKS BERMUATAN NILAI HUMANISME PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SUKAWATI Yoga Putra Semadi
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.867 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini disusun dengan menggunakan rancangan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menulis melalui metode reseptif produktif berbantuan media teks bermuatan nilai humanisme, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis melalui metode reseptif produktif berbantuan media teks bermuatan nilai humanisme, dan (3) evaluasi pembelajaran menulis melalui metode reseptif produktif berbantuan media teks bermuatan nilai humanisme pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukawati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Ada beberapa langkah dalam menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru sudah sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran dan kebutuhan siswa dalam memperoleh pengetahuan saat pembelajaran berlangsung. Hanya saja dalam tujuan pembelajaran tidak dibedakan waktu pertemuan. (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis sudah dilaksanakan oleh guru dengan baik, baik dalam pendahuluan, kegiatan inti, maupun penutup, (3) Evaluasi terhadap pembelajaran terdiri atas evaluasi proses, sikap, dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi telah dilakukan oleh guru dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Abstract This research was compiled using a qualitative descriptive design that aims to describe (1) planning for learning to write through productive receptive methods assisted by text media with humanistic values, (2) implementing writing learning through productive receptive methods assisted by text media with humanist values, and (3) evaluation of writing learning through productive receptive methods assisted by text media with humanistic values ​​in class X students of SMK Negeri 1 Sukawati. The subjects of this study were Indonesian language teachers who taught in class X SMK Negeri 1 Sukawati. The data collection method used is the method of observation and documentation. There are several steps in analyzing data, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that (1) the lesson planning made by the teacher was in accordance with the implementation of learning and the students' needs in obtaining knowledge during the learning process. It's just that the learning objectives do not differentiate between meeting times. (2) The teacher has implemented writing learning well, both in the introduction, core activities, and in the closing, (3) Evaluation of learning consists of evaluating the process, attitudes, and learning outcomes. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that planning, implementation, and evaluation have been carried out by the teacher so that the learning objectives can be achieved.
ANALISIS GAYA BAHASA DALAM ANTOLOGI CERPEN DAERAH BARU KARYA GDE ARYANTHA SOETHAMA Gede Sidi Artajaya
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.247 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan jenis majas yang dipakai pengarang dan majas yang dominan muncul dalam cerpen. Metode yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan gaya bahasa dalam antologi cerpen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antologi cerpen Daerah Baru karya Gde Aryantha Soethama terdapat empat klasifikasi besar majas, yaitu perbandingan, sindiran, pertentangan, dan penegasan. Pada masing-masing klasifikasi terdapat jenis majas alegori, asosiasi, analogi, simile, simbolik, metafora, sinestesia, metonimia, litotes, hiperbola, personifikasi, dan pars pro toto (majas perbandingan). Selain itu, terdapat majas sarkasme dan sinisme (majas sindiran). Majas yang lainnya adalah repetisi, pleonasme, klimkas, dan antiklimkas (majas penegasan). Terdapat juga majas antitesis dan paradoks (majas pertentangan). Penggunaan majas didominasi oleh bentuk gaya bahasa perbandingan, seperti hiperbola, metafora, dan personifikasi. Gaya bahasa yang paling banyak digunakan adalah gaya bahasa hiperbola. Abstract The research objective is to describe the use of the language style used by the author in writing his work and the dominant language style that appears in the short story. The method used is descriptive qualitative. The results of this study indicate that the short-story anthology Daerah Baru by Gde Aryantha Soethama contains four major classifications of figure of speech, namely comparison, satire, contradiction, and affirmation. In each classification there are types of allegory, association, analogy, simile, symbolic, metaphor, synesthesia, metonymy, lithotes, hyperbole, personification, and pro toto pars (comparative figure). In addition, there are figures of sarcasm and cynicism (satire figure). Other figures of speech are repetition, pleonasme, climax, and anti-climax (affirmation figure). There are also antithesis and paradox figures (contradiction figures). The use of figure of speech is dominated by forms of comparative language style, such as hyperbole, metaphor, and personification. The language style that is most widely used is the hyperbole style.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYAUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA BELAJAR BAHASA INDONESIA I Made Nurdiana
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.847 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas XII IPA 1 di SMA Negeri 1 Penebel pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Tutor Sebaya / model Mastery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 22 orang subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 67,27 meningkat menjadi 69,32 pada siklus I dan meningkat menjadi 78,63 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 45% pada siklus I meningkat menjadi 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Abstract The purpose of conducting this classroom action research of XII MIPA 1 students at SMA Negeri 1 Penebel in the second semester of the 2015/2016 academic year is to determine whether the application of the of the Peer Tutor method or Mastery Learning model can improve student achievement. This classroom action research involved 22 research subjects conducted in two cycles through the stages of planning,implementing, observing and reflecting. Learning achievement test is a tool used in collecting research data which is analyzed using descriptive analysis. The result obtained from this study indicate an increase in the ability of students to follow the learning process from the initial average of 67.27 increasing to 69.32 in cycle I and increasing to 78.63 in cycle II with 45 % initial learning completeness in cycle I increasing to 64% and in cycle II increased to 86%.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MASATUA MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BAGI SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019 Ni Wayan Sariani
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.711 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kuta selatan tentang pelaksanaan pembelajaran Bahasa Bali dikelas VII.1 Tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap pembelajaran bahasa dapat dilihat bahwa hasil yang dicapai oleh siswa masih rendah belum mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 64. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti berupaya melakukan perbaikan melalui penerapan Discovery Learning. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar masatua, bagi siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kuta Selatan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah selama proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa bali dengan materi satua (mesatua) secara signifikan. Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata menunjukkan 73. Ketuntasan Belajar yang dicapai siswa pada siklus I yaitu 83%. Hasil pada siklus II, nilai rata-rata menunjukkan 81. Ketuntasan belajar yang dicapai siswa pada siklus II yaitu 100%. Abstract This research was conducted at State Junior High School number one South Kuta regarding the implementation of Balinese language learning in the class VII.1 in the even semester of the 2018/2019 academic year. Based on the results of observations on Balinese language learning, it can be seen that the results achieved by students are still low and have not reached to the minimum passing grade determined by the school, namely 64. To overcome this, the researcher tries to make improvements through the application of the Discovery Learning. The purposed of the study is to determine the improvement learning of masatua, for students of grade seven.1 State Junior High School number one South Kuta through the application of the Discovery Learning model. This research was conducted in two cycles, each cycle in the study included four steps, namely (1) planning, (2) acting, (3) observing, (4) reflecting. The indicator of the success of this study is that during the learning process it shows a significant increase in the achievement of student learning outcomes in Balinese language subjects with satua (mesatua) material. The learning outcomes in the first cycle showed an average value of 73. The completeness of learning achieved by students in the first cycle was 83%. The results in the second cycle, the average value shows 81. The completeness of learning achieved by students in the second cycle is 100%.
POLEMIK PERKAWINAN NYEROD (TURUN KASTA) DALAM KARYA SASTRA BERLATAR KULTURAL BALI Ni Putu Diah Krisnia Dewi; Ida Ayu Agung Ekasriadi; I Kadek Adhi Dwipayana
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.295 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan polemik perkawinan nyerod (turun kasta) dalam karya sastra berlatar kultural Bali, (2) mendeskripsikan penderitaan perempuan Bali akibat perkawinan nyerod (turun kasta) dalam karya sastra berlatar kultural Bali, dan (3) mendeskripsikan representasi resistensi perempuan nyerod (turun kasta) dalam karya sastra berlatar kultural Bali. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan dengan teknik baca dan catat serta metode wawancara dengan teknik bertanya. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) polemik perkawinan nyerod dalam karya sastra berlatar kultural Bali direpresentasikan melalui sistem wangsa dan tradisi masyarakat Bali, (2) perempuan nyerod cenderung diposisikan sebagai objek yang lemah (tidak berdaya), serta (3) wujud resistensi yang direpresentasikan oleh pengarang-pengarang Bali melalui perempuan nyerod adalah resistensi langsung, seperti bersikap reaksioner dan frontal, sedangkan resistensi tidak langsung, seperti tidak frontal, tegar, mandiri, tindakan tersembunyi, dan survive. Abstract This study aims to (1) describe the polemic of nyerod marriage in literary works with Balinese cultural background, (2) desribe the suffering of Balinese women due to a nyerod marriage in a literary work of Balinese cultural background, and (3) to describe the representation of resistance women nyerod in the literary work of Balinese cultural background. This research is a qualitative research. The data were collected through the library research method by reading and note-taking techniques as well as the interview method with questioning techniques. The data obtained were analyzed using qualitative descriptive techniques. The results of this study indicate that (1) the polemic of nyerod marriage in Balinese cultural literature is represented through the Balinese system and the traditions of the Balinese people, (2) nyerod women tend to be positioned as weak objects, and (3) the form of resistance represented by Balinese authors through nyerod women is direct resistance, such as being reactionary and frontal, while indirect resistance, such as being not frontal, tough, independent, do hidden actions, and survive.
GAMBARAN REALITAS SOSIAL MASYARAKAT BALI DALAM KUMPULAN CERPEN AUD KÉLOR KARYA CARMA CITRAWATI Ni Luh Putu Nirani Nusantari
Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Vol. 9 No. 2 (2021): Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.297 KB)

Abstract

Abstrak Cerpen Aud Kélor merupakan salah satu cerpen Bali modern yang mengungkap realitas sosial masyarakat Bali yang kompleks dan kurang disadari dampaknya oleh masyarakat. Namun, realitas tersebut sampai saat ini masih menjadi polemik di tengah kehidupan masyarakat Bali. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan struktur, gambaran realitas sosial, dan pandangan pengarangnya mengenai realitas sosial masyarakat Bali dalam cerpen Aud Kélor. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strukturalisme genetik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan metode studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian ini, yaitu (1) struktur masing-masing cerpen memiliki keterkaitan antar unsur, yakni intrinsik dan ekstinsik, (2) kumpulan cerpen Aud Kélor menggambarkaan realitas hukum, eksploitasi keluarga dan binatang, penjualan tanah warisan, serta sikap dogmatisme dan materialisme masyarakat Bali, dan (3) pandangan pengarangnya terhadap realitas sosial masyarakat Bali sebagian besar sebagai bentuk kritik sosial terhadap fenomena dalam masyarakat. Abstract Aud Kélor's short story is one of the modern Balinese short stories that reveals the complex social reality of Balinese society and the impact of the community is less aware. However, this reality is still a polemic in Balinese life. The purpose of this research is to describe the structure, description of social reality, and the author's views on the social reality of Balinese society in the short stories of Aud Kélor. The theory used in this research is genetic structuralism. This research is a qualitative research, using literature study and interview methods. The results of this study, namely (1) the structure of each short story has a relationship between elements, namely intrinsic and extrinsic, (2) the collection of short stories by Aud Kélor depicting legal reality, exploitation of families and animals, sale of inherited land, as well as dogmatism and materialism of Balinese society. , and (3) the author's view of the social reality of Balinese society is largely a form of social criticism of phenomena in society.

Page 1 of 1 | Total Record : 10