cover
Contact Name
Ade Fitri Amalia
Contact Email
afitriamalia11@gmail.com
Phone
+6285730577318
Journal Mail Official
solidarity@iain-jember.ac.id
Editorial Address
https://solidarity.iain-jember.ac.id/index.php/solid/submissions
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Solidarity: Journal of Social Studies
ISSN : -     EISSN : 27751821     DOI : 10.35719/solidarity.v1i1
Core Subject : Education, Social,
SOLIDARITY: Journal of Social Studies diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian IPS, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali setahun, Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk naskah penelitian teorisitis dan empiris tentang IPS.
Articles 20 Documents
Peran Pendidikan IPS Dalam Pembentukan Perilaku Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Era Abad 21 Muslim Guchi
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 2 (2021): SOLIDARITY: Journal Of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.084 KB) | DOI: 10.35719/solidarity.v1i2.2

Abstract

The purpose of this study is to explain the education of IPS in the formation of social behaviour and social responsibility of the 21st century. The authors use qualitative research methods with a descriptive approach and literature study or library research. The results of this study show that: 1) The Life of the 21st century is a life full of change as a result of the development of disruptive thinking, rapid technological advancement, the development of the industrial world as well as an increasingly open national life with the influence of unfiltered information in a new order of global life. 2) IPS education has a very important role in the development of social behaviour and social responsibility of the 21st century by developing the social skills and competencies that exist in the learning of IPS, and by mastering social skills, and the competencies that exist in learning IPS students are expected to have social behaviour and social responsibility that is good in parents, teachers at school, and with the surrounding community environment and also can live more functionally and meaningfully in the 21st century era. Tujuan dari kajian ini ialah menjelaskan pendidikan IPS dalam pemembentukan perilaku sosial dan tanggung jawab sosial era abad 21. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kepustakaan atau library research. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Kehidupan era abad 21 ialah suatu kehidupan yang penuh dengan perubahan sebagai akibat perkembangan cara berpikir yang disruptif, kemajuan teknologi yang sangat cepat, perkembangan dunia industri serta kehidupan kebangsaan yang semakin terbuka dengan pengaruh informasi tak tersaring dalam suatu tatanan baru kehidupan global. 2) Pendidikan IPS mempunyai peranan yang sangat penting dalam pemmbentukan perilaku sosial dan tanggung jawab sosial era abad 21 dengan mengembangkan keterampilan sosial dan kompetensi yang ada dalam pembelajaran IPS, serta dengan menguasai keterampilan sosial, dan kompetensi yang ada dalam pembelajaran IPS siswa diharapkan memiliki perilaku sosial dan tanggung jawab sosial yang baik pada orang tua, guru di sekolah, maupun dengan lingkungan masyarakat sekitarnya dan juga dapat hidup secara lebih fungsional dan bermakna di era abad 21.
Bimbingan Konseling Sosial Bagi Anak Putus Sekolah di Desa Naileu Provinsi Nusa Tenggara Timur Yenry Pellondou; Selvin Sandra Ba'ik; Friandy Windisany Thoomaszen
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.354 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the extent of the counseling guidance function (social) for School Drop Outs, in the Naileu Village. Using qualitative research methods, the research informants were Guidance and Counseling Teachers and 3 school dropouts, with guidelines for observation, interviews, home visits, and documentation. The validity of the data is tested by triangulation. Data were analyzed using data reduction, data presentation, and verification. Thus, it was found that (1) children drop out of school due to lack of harmony in the household, the desire of children to be able to help parents to meet household needs, feelings of shame arising from the age of children over the age of their friends, and feeling lazy because of the distance between homes and schools that are far away and have a minimum public transportation. (2) In addition, in carrying out their duties, counseling guidance teachers are tasked with finding out the factors that cause children to drop out of school through home visit activities. After that the guidance teacher does guidance, guides parents and students to change the wrong mindset by providing motivation that education is important for the child's future. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana Fungsi Bimbingan Konseling (sosial) bagi Anak Putus Sekolah, di Desa Naileu. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, informan penelitian adalah guru bimbingan dan konseling dan 3 anak putus sekolah, dengan pedoman observasi, wawancara, home visit, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Maka, ditemukan bahwa (1) anak putus sekolah karena kurang keharmonisan dalam rumah tangga, keinginan anak agar bisa membantu orangtua demi memenuhi kebutuhan rumah tangga,  perasaan malu yang timbul akibat usia anak melebih usia teman-temannya, dan perasaan malas karena jarak antara rumah dan sekolah yang jauh serta miminya transportasi umum.(2) Selain itu dalam menjalankan tugasnya guru bimbingan konseling bertugas untuk mencari tahu faktor penyebab anak putus sekolah melalui kegiatan home visit. Setelah itu guru bimbingan melakukan bimbingan, menuntun orangtua dan siswa untuk mengubah pola pikir yang keliru dengan memberikan motivasi bahwa pendidikan penting bagi masa depan anak. Kata Kunci:Bimbingan dan Konseling Sosial, Anak Putus Sekolah.
Peran Orang Tua Terhadap Anak-Anak Gifted Erly Oviane Malelak; Joris Taneo
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.007 KB)

Abstract

The research objective is to describe the role of parents towards gifted children. The type of research used is qualitative. The research subjects were 6 parents of gifted students. The data collection instruments used were interviews, observation and documentation study. The results showed that the role of parents includes love, nutrition and nutrition, and stimuli given from prenatal to childhood. Affection in the form of full attention, creates a comfortable atmosphere, accompanies and helps children learn. Nutrients and nutrients in the form of nuts, eggs, green vegetables, meat, fish, fruit, and exclusive breastfeeding for 2 - 3.5 years. The stimulus given is listening to music, reading, communicating verbally and non-verbally through touching or lightly stroking the mother's stomach that is done by the father and mother when the mother is pregnant, singing, inviting the fetus to talk, and inviting the fetus to pray.   Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana peran orang tua terhadap anak-anak gifted. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Subjek penelitian ialah orang tua siswa gifted yang berjumlah 6 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua meliputi kasih sayang, gizi dan nutrisi, dan stimulus yang diberikan sejak masa prenatal hingga masa kanak-kanak. Kasih sayang berupa perhatian penuh, menciptakan suasana nyaman, menemani dan membantu anak belajar. Gizi dan nutrisi berupa kacang-kacangan, telur, sayuran hijau, daging-dagingan, ikan, buah, dan ASI ekslusif hingga 2 - 3,5 tahun. Stimulus yang diberikan yakni memperdengarkan musik, membaca, berkomunikasi verbal dan non verbal melalui sentuhan atau elusan-elusan kecil pada perut ibu yang dilakukan ayah dan ibu ketika ibu mengandung, berdendang, mengajak janin berbicara, dan mengajak janin berdoa.   Kata Kunci: peran, orang tua, anak-anak gifted
Hubungan Peran Orang Tua Sebagai Model Dengan Perilaku Disiplin Mahasiswa Jurusan Pastoral Konseling STAKN Kupang Rini Meitri Tube; Delsylia Tresnawaty Ufi
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.339 KB)

Abstract

ABSTRACT   The role model of parents is inportant in shaping disciplinary behavior through mentoring, communication, giving trust, supervision, motivation and directing self-discipline. This study is to determine whether there is a relationship between the role of parents as a model and disciplinary behavior of students majoring in Pastoral Counseling STAKN Kupang. This research is a population study with a total of 67 students of the Department of Pastoral Counseling Semester IV STAKN Kupang. Product-moment correlation was used to analyze data. The result is the relationship between the roles of parents as a model with the disciplinary behavior of students of the Department of Pastoral Counseling Semester IV STAKN Kupang amounting to 41.9% with the "medium" category with a positive direction.   ABSTRAK Pentingnya model peranan orang tua untuk membentuk perilaku disiplin lewat pendampingan, jalinan komunikasi, memberi kepercayaan, pengawasan, memberi motivasi dan mengarahkan disiplin diri, Penelitian ini untuk mengetahui adakah  hubungan antara peran orang tua sebagai model dengan perilaku disiplin mahasiswa jurusan Pastoral Konseling STAKN Kupang. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah  67 mahasiswa Jurusan Pastoral Konseling Semester IV STAKN Kupang. Korelasi product-moment dipakai untuk meganalisis data. Hasilnya  hubungan peran orang tua sebagai model dengan perilaku disiplin mahasiswa Jurusan Pastoral Konseling Semester IV STAKN Kupang sebesar 41,9% dengan kategori “sedang” yang arah hubungannya positif.   Kata Kunci: Peran Orang Tua, Perilaku Disiplin
Efek Negatif Bermain Game Online Free Fire Battlegrounds Terhadap Akhak Remaja Di Desa Ambulu Kabupaten Jember Akhmad Nur Hakiki; Abd. Muhith
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 2 (2021): SOLIDARITY: Journal Of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1256.968 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efek negatif bermain game online free fire battlegrounds terhadap akhlak remaja di desa ambulu kabupaten jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus (Case Study). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan datanya dicek menggunakan triangulasi sumber dan teknik. 1) Efek Negatif game Free Fire Battlegrounds terhadap Akhlak Remaja di Desa Ambulu yaitu Remaja menggunakan uang hanya untuk bermain game, Melalaikan waktu beribadah, Kurangnya pergaulan dalam lingkungan, Pikiran akan selalu terarah pada game dan berakibat berkurangnya konsentrasi untuk belajar, Emosi tidak stabil. 2) Efek Negatif game Free Fire Battlegrounds terhadap Interaksi Sosial Remaja di Desa Ambulu yaitu interaksi sosial yang buruk terhadap keluarga, lingkungan dan teman sebaya karena karakter yang tidak terkontrol, karakter remaja yang bebas tidak terkontrol ketika bermain game terbawa ke dunia nyata. 3) Efek adiktif bermain game online Free Fire Battlegrounds pada Kegiatan Belajar Remaja di Desa Ambulu yaitu Prestasi yang jelek dikarenakan Remaja memilih bermain game sampai lama daripada belajar dan mengulang pelajaran.
Tingkat Keberhasilan Sistem Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPS : Studi Kasus Siswa MTs Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik Ade Fitri Amalia; Depict Pristine Adi
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.097 KB)

Abstract

Covid-19 is a virus that is very wary of all countries in the world. This epidemic can damage human life systems, one of it is the educational system. The aim of this study is  to learn how to achieve the success of the Online learning system, specifically in social studies (Social Sciences) subjects. This research used descriptive qualitative method with interview technique. The results of this study are presented in the form of words or descriptions. Students are little more like the offline system (at school) than the online system. This is because of the ambiguity of the learning procedure, the lack of understandingand error in implementing the results of learning, and some internal and external factors that cause confusion in the learning process.   Covid-19 merupakan sebuah virus yang sangat diwaspadai oleh seluruh negara di dunia. Wabah ini dapat merusak sistem tatanan kehidupan manusia, salah satunya ialah sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan sistem pembelajaran Daring, khususnya pada matapelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para siswa sedikit banyak lebih menyukai sistem pendidikan offline daripada sistem pendidikan online. Hal tersebut dikarenakan adanya ketidakjelasan prosedur pembelajaran, kurangnya pemahaman dan kesalahan dalam mengimplementasikan hasil pembelajaran, serta beberapa faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kerancuan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran daring, mata pelajaran IPS, Covid-19
Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS SMP Al-Furqon Tahun 2019/2020 Amanda Pratiwi
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.097 KB)

Abstract

  Learning media is a vehicle for channeling messages and learning information. In this globalization era, the development of instructional media is also increasingly advanced.. The purpose of this study was to determine the improvement of student learning outcomes and student responses to the use of information technology-based interactive learning media on Integrated Social Sciences subjects in class VIII students at SMP Al-Furqan Jember. This study uses the Classroom Action Research method by conducting two learning cycles with stages in each cycle including planning, action, observation, evaluation, and reflection. Student respons data was collected through questionnaires  which were then analyzed descriptively. The results of this study indicate there is an increase in student learning outcomes, this is indicated by the number of students who have completed in the first cycle of 65.52%, and the second cycle there are 93.10%  of students who have completed, and student responses obtained an average score of 41.72 with a positive category. The conclusion of this research with the use of information technology-based interactive learning media in class VIII at SMP Al-Furqan Jember gave a positive response with a significant increase in learning outcomes.   Media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dan informasi belajar. Di era globalisasi ini, perkembangan media pembelajaran juga semakin maju. Penggunaan teknologi informasi sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan yang mengharuskan setiap guru dan siswa memilliki keahlian khusus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII di SMP Al-Furqan Jember. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan dua siklus pembelajaran dengan tahapan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data awal dilakukan pre-test dan data akhir diambil dari post-test (tes hasil belajar pada akhir) setiap siklus. Data respon siswa dikumpulkan melalui penyebaran angket/kuesioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang telah tuntas pada siklus I sebesar 65,52%, jumlah siswa yang telah tuntas, dan respon siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 41,72 dengan kategori positif. Kesimpulan dari penelitian ini dengan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Teknologi Informasi pada kelas VIII di SMP Al-Furqan Jember memberikan respons positif dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan.  
Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 Badriyatul Uyun; Moh. Sutomo
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 2 (2021): SOLIDARITY: Journal Of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.679 KB) | DOI: 10.35719/solidarity.v1i2.15

Abstract

Metode dalam pembelajaran tidak hanya untuk memudahkan dalam proses pembelajaran tetapi juga untuk membangun motivasi belajar keceriaan, kesenangan dan juga kenyamanan untuk peserta didik. Ada berbagai metode yang dapat digunakan oleh guru diantaranya ialah metode tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa khususnya dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Tutor sebaya merupakan salah satu dari metode pembelajaran berbasis active learning yang memberikan kesempatan dan mendorong pada peserta didik mempelajari sesuatu dengan baik, dan pada waktu yang sama ia menjadi narasumber bagi yang lain. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah implementasi metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/202 2) faktor pendukung implementasi metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 3) faktor penghambat implementasi metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskripitf kualitatif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) langkah-langkah dari implementasi pembelajaran metode tutor sebaya di SMP Negeri 2 Maron meliputi: a) pendidik menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran b) membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok 4-6 murid, setiap kelompok terdapat siswa yang pintar c) setiap anggota kelompok dituntut memberikan tanggapan dan pendapat mereka yang nantinya akan disatukan dalam satu kesimpulan. d) beberapa menit kemudian, salah satu anggota masing-masing kelompok secara bergiliran mengajarkan hasil temuannya dihadapan kelompok lain. e) guru memberikan kesimpulan permasalahan dan pemecahan masalahnya sehingga pemahaman murid seragam. 2) Faktor pendukung dari implementasi metode tutor sebaya meliputi interaksi antara guru dan siswa, minat siswa dan kenyamanan siswa. 3) Faktor penghambat dari implementasi metode tutor sebaya meliputi kurangnya persiapan tutor, kondisi siswa dalam kelas, dan sarana-prasarana yang belum memadai.
Lengenda Pangeran Aryo Gajah Situbondo di Kabupaten Situbondo dan Kaitannya dengan Sejarah Masyarakat Alif Nuril Hikmah; Moh Sutomo
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 2 (2021): SOLIDARITY: Journal Of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.883 KB)

Abstract

This article discusses the origin of Situbondo Regency. The purpose of this writing is to find out the legend of the prince of the elephant aryo king Situbondo as someone who divided the district. The methods used in this study are historical methods with heuristic stages, source criticism (external criticism and internal criticism), interpretation and historiography and also oral sources using interview techniques with the public.  about. Based on the legend of Prince Situbondo, the name of Situbondo Regency originated and narna Prince Situbondo or can be called the elephant prince   Situbondo, where the knowledge of the situbondo community said that Prince Situbondo never   He appeared, it was because his presence in Situbondo Regency may have died. because of the defeat of his fight with Joko Jumput, so it was only marked by the discovery of an 'odheng' (headband). Prince Situbondo was found in the Area of Benchmark Village and is now the capital of Situbondo Regency.
Organisasi Negara-Negara Persemakmuran Inggris: Kesuksesan Filosofi Inggris dalam Mendominasi Kolonialisme dan Imperialisme Modern Arief Hidayat; Muhammad Fendi Aditya
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 2 (2021): SOLIDARITY: Journal Of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.808 KB) | DOI: 10.35719/solidarity.v1i2.79

Abstract

This article give description about the commonwealth of nation right still active until now, although right now colonialism and imperialism the end, means this organization the unity from exs British imperium  to get strong unity  use the British Queen to symbol unity on difersity, on the fact all’nt country exs British imperium, and the next more detail descript british philosophy the name Anglo Saxon philosophy full domination that colonialism imperialism more specially after industrial revolution, the global British domination, from riset result get accuracy fact with strong coleration to get born The Commonwealth of  exs British emperor, truely the practice the anglo saxon philosophy in all subject, this philosophy to influence British police to the British territory, the character, culture and british language domination right now, public mentality, discusse that British policy about land emperor very different with the european land conintal country, especially psycologychal approach , the culture, language, and including preparing the colonies for independence, thus giving a different color in the history of world imperialism and colonialism.

Page 1 of 2 | Total Record : 20