cover
Contact Name
Elihami
Contact Email
elihamid72@gmail.com
Phone
+6281339859730
Journal Mail Official
elihamid72@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jendral Sudirman No.17 Enrekang
Location
Kab. enrekang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Teknik
ISSN : -     EISSN : 29633958     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Rekayasa Teknik is a journal managed by the Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Muhammadiyah University of Enrekang and published by the Muhammadiyah University of Enrekang. E-ISSN: 2963-3958. Jurnal Rekayasa Teknik is published periodically (2 times a year) in June and December. JURETEK: Jurnal Rekayasa Teknik is free (open access) for all readers. The articles in JURETEK: Jurnal Rekayasa Teknikcover developments and research in the field of Civil Engineering (theoretical studies, experiments, and their application). For more details on Focus and Scope.
Articles 7 Documents
Analisis Kerusakan Dini Perkerasan Lentur Akibat Beban Berlebih (Overload) pada Ruas Jalan Poros Pinrang – Polewali Mandar Imam Fadly; Hendro Widarto
Jurnal Rekayasa Teknik Vol 1 No 2 (2022): JURETEK: Jurnal Rekayasa Teknik
Publisher : Jurnal Rekayasa Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.155 KB)

Abstract

The Pinrang - Polewali Mandar road section where the condition is currently experiencing damage at several points caused by the growth of passing vehicles is quite high with excess excess. Based on this incident, the purpose of this study was to determine the proportion of the effect of VDF caused by excess to the effect on the Pinrang - Polewali Mandar axis road. The data used using secondary data in the form of actual vehicle weight data from the Paku weighbridge and LHR. then the proportion of the VDF value is excess by using the Bina Marga method (1990). The time was carried out in May 2022. The results showed that the damage capacity of vehicles crossing the Pinrang – Polewali Mandar axis due to excess overload or VDF overload was 202,497,876 VDF and the actual VDF value in the field was 10.21%, meaning that the excess overload on heavy vehicles can affect the value of VDF. This is because the increase in charge increases, the total of the additions causes an increase in the value of VDF. So it can be the cause of road damage.
Tinjauan Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Atap Menggunakan Rangka Baja Ringan dengan Rangka Kayu pada Perumahan Graha Lestari Hertasning Makassar Type 156 dengan Metode Hitungan SNI Saleh Saleh; Asriadi Asriadi; Rusmawati Rusmawati; Elihami Elihami
Jurnal Rekayasa Teknik Vol 1 No 2 (2022): JURETEK: Jurnal Rekayasa Teknik
Publisher : Jurnal Rekayasa Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.826 KB)

Abstract

Wujud pembangunan yang sedang berjalan di Kota Makassar yaitu pembangunan Perumahan Graha Lestari yang berlokasi di Jl. Tun Abdul Razak Makassar. Tujuan pembangunan perumahan ini yaitu sebagai salah satu fasilitas tempat tinggal atau hunian yang berskala sedang dan memiliki peranan penting dalam mengantisipasi akan kebutuhan papan/rumah bagi penduduk Kota Makassar yang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbandingan biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan rangka baja ringan dengan rangka kayu pada rumah type 156 yang meggunakan analisa SNI dengan analisa penelitian di lapanganan. Hasil Penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa pekerjaan konstruksi atap pada bentang rumah type 156 dengan menggunakan rangka baja ringan didapat sebesar Rp. 18.310.000,00. (Delapan Belas Juta Tiga Ratus sepuluh Ribu Rupiah). dan Konstruksi Rangka atap yang menggunakan rangka kayu sebesar Rp. 25.950.000,00 (Dua Puluh Lima Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
Analisis Debit Banjir Sungai Siwa Kabupaten Wajo Rusmawati Rusmawati; M. Irfan Amalia; Sudarman Sudarman,; Elihami Elihami
Jurnal Rekayasa Teknik Vol 1 No 2 (2022): JURETEK: Jurnal Rekayasa Teknik
Publisher : Jurnal Rekayasa Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.212 KB)

Abstract

Banjir merupakan permasalahan manusia diseluruh dunia karena banjir dapat menimbulkan kerugian besar bahkan menimbulkan korban jiwa. Di Indonesia dapat dikatakan setiap tahunnya masyarakat dilanda banjir baik di kota-kota besar maupun di daerah yang sebagian besar masyarakat bertempat tinggal di daerah dataran banjir contohnya di Kab Wajo. Salah satu penyebab terjadinya banjir di Kabupaten Wajo adalah meluapnya air Sungai Siwa Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui curah hujan maksimum dan minimum pada Sungai Siwa dan untuk mengetahui debit banjir sungai siwa. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Hasil Penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa Curah hujan maksimum didapat 77,000 mm dan minimum didapat 249,667 mm. Debit banjir rencana ditentukan dengan beberapa metode. Namun metode yang dipilih adalah Metode Hidrograf Satuan Sentetik (HSS) Nakayasu atas pertimbangan efesiensi dan ketidakpastian besarnya debit banjir. Dari hasil perhitungan debit rencana didapat sebesar 709,487 m3/dtk dengan periode ulang 2 tahun, 916,832 m3/dtk dengan periode ulang 5 tahun, 1035,398 m3/dtk dengan periode ulang 10 tahun, 1168,485 m3/dtk dengan periode ulang 25 tahun, 1252.863 m3/dtk dengan periode ulang 50 tahun, dan 1324,323 m3/dtk dengan periode ulang 100 tahun.
Sistematika Pencegahan Tindakan Kriminal Melalui Desain Lingkungan (Cpted) Pada Masjid Nurul Quba Di Dusun Samaya Gusniyati Buhari; Muh. Akhsar; Rusmawati Rusmawati
Jurnal Rekayasa Teknik Vol 1 No 2 (2022): JURETEK: Jurnal Rekayasa Teknik
Publisher : Jurnal Rekayasa Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.495 KB)

Abstract

Pencegahan tindakan kriminal melalui desain lingkungan atau Crime Prevention Through Environmental Design (CPTED) merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam menciptakan suasana aman terhadap ruang terbuka publik, jalan, fasilitas umum lainnya sampai kepada hunian dari segala perilaku tindakan kriminal yang tentunya dapat merugikan masyarakat sekaligus meminimalisir rasa kekhawatiran masyarakat sebagai pengguna fasilitas di lingkungan sekitar sehingga kecermatan dalam desain hingga penataan lingkungan sangat perlu dilakukan agar tercipta rasa keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan sistematika pencegahan tindakan kriminal melalui desain lingkungan (CPTED) pada Masjid Nurul Quba di Dusun Samaya. Hasil Penelitian yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa sistematika pencegahan tindakan kriminal melalui desain lingkungan dapat dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan pelaku aktivitas di area masjid agar tercipta suasana ramai begitupula dengan memanfaatkan sarana dan prasarana masjid yang dapat mendukung sistem pengawasan.
Kajian Efisiensi Kehilangan Air Irigasi Saluran Pembawa pada D.I LANRAE Kabupaten Barru Inarmiwati Inarmiwati; Nurhapisah Nurhapisah
Jurnal Rekayasa Teknik Vol 1 No 2 (2022): JURETEK: Jurnal Rekayasa Teknik
Publisher : Jurnal Rekayasa Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.79 KB)

Abstract

Sumber daya air sebagai salah satu sumber daya alam yang sangat vital, perlu dimanfaatkan dan ditangani secara seksama. Kehilangan air yang terjadi erat hubungannya dengan efisiensi. Besaran efisiensi dan kehilangan air berbanding terbalik. Bila angka kehilangan air naik maka efisiensi akan turun dan begitu pula sebaliknya. Efisiensi irigasi menunjukkan angka daya guna pemakaian air yaitu merupakan perbandingan antara jumlah air yang digunakan dengan jumlah air yang diberikan. Sedangkan kehilangan air adalah selisih antara jumlah air yang diberikan dengan jumlah air yang digunakan. Tujuan penelitian adalah menentukan besarnya kehilangan air irigasi saluran pembawa pada D.I Lanrae Kabupaten Barru dan mengkaji besarnya efisiensi irigasi saluran pembawa pada D.I Lanrae Kabupaten Barru. Metode kajian ini bersifat deskriptif yang merupakan kajian berdasarkan data-data yang sesuai dengan kondisi di lapangan dan bertujuan untuk mengevaluasi kondisi pada tahun kajian. Kehilangan air secara keseluruhan pada jaringan irigasi Air Lanrae adalah 13.82%. Saluran Induk Lanrae kehilangan akibat fisik dimana kehilangan air terjadi karena adanya rembesan air di saluran menunjukan bahwa sebagian dasar saluran induk lanrae telah tergerus sehingga air hilang disebabkan oleh rembesan secara vertikal.Sedangkan pada saluran sekunder dan tersier kehilangan akibat operasional terjadi karena adanya pelimpasan dan kelebihan air pembuangan pada waktu pengoperasian saluran dan pemborosan penggunaan air oleh petani.Hal ini menunjukkan bahwa besarnya kehilangan air melebihi kehilangan air yang disyaratkan untuk masing – masing saluran tersebut. Efisiensi rata–rata untuk saluran induk Lanrae 90.94%, sekunder 87.70%, dan tersier 79.91%, sehingga secara keseluruhan rata – rata efisiensi jaringan irigasi Air Lanrae sebesar 86.18%. Nilai efisiensi rata–rata dari saluran induk Lanrae diatas 90,94%, berarti air yang hilang sedikit karena saluran primer bersifat permanen dengan sedikit gerusan pada dinding dan dasarnya. Sedangkan pada saluran sekunder terutama saluran sekunder BR, sekunder BT, saluran tersier T3, dan saluran tersier T4, efisiensi reratanya berada dibawah nilai efisiensi KP yang ditetapkan Kehilangan air yang terjadi akibat evaporasi sangat kecil, sehingga air yang hilang lebih disebabkan oleh faktor fisik saluran.
Studi Tingkat Kerusakan Ruas Jalan Poros Pinrang Kecamatan Tiroang dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Imam Fadly; Muh Takdir K
Jurnal Rekayasa Teknik Vol 1 No 1 (2022): JURETEK: Jurnal Rekayasa Teknik
Publisher : Jurnal Rekayasa Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.347 KB)

Abstract

Roads are important infrastructure in transportation that can affect the progress of the economic, social, cultural and political fields in a region. However, in some cases the planned age of the road is not in accordance with what is happening in the field. Often the condition of the road is already damaged before the service period expires. Severe road damage is not uncommon, especially in the Pinrang axle road area, Tiroang District. The purpose of this study was to determine the types of damage found on the surface layer of the Pinrang axle road, Tiroang District and to find out more effective handling methods, as well as determine the effectiveness of assessing road damage using the Pavement Condition Index (PCI) method. From the results of data processing we get the Pavement Condition Index (PCI) value for the Pinrang axis road, Tiroang sub-district is 37.63. From the Povement Condition Index (PCI) value obtained, the road segment is classified as poor (Poor) and based on the results of the pavement condition classification, this road section is included in the routine maintenance program as a proposed handling. Of all the types of damage that occurred, we know that the biggest damage is the damage to holes (potholes) with an area of 1283.33 m2 (51%). The possible cause of this damage is caused by repeated traffic loads, this happens because vehicles (trucks) that carry material products that cross the road are often overloaded.
Pendeteksi Tingkat Kecanduan Internet Berbasis Sistem Pakar yang Menggunakan Certainty Factor Achmad Yani; Abdi Manaf; Nur Iksan; Ismail Ismail; Pratiwi Hendro Wahyudiono; Ismail Yusuf Panessai
Jurnal Rekayasa Teknik Vol 2 No 1 (2023): JURETEK: Jurnal Rekayasa Teknik
Publisher : Jurnal Rekayasa Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bermula sejak COVID19 maka hampir setiap orang di seluruh dunia menggunakan internet bahkan hingga tahap yang mencemaskan yaitu kecanduan internet. Beberapa penelitian melaporkan bahwa tingkat kecanduan terhadap penggunaan jaringan internet semakin tinggi walaupun COVID19 telah reda. Remaja belum mampu memilih aktivi-tas sambungan internet yang bermanfaat dan mereka lebih mudah mengalami pengaruh buruk lingkungan per-gaulan. Untuk mengatasi hal tersebut mereka perlu dukungan dari para psikolog sehingga dapat mencegah dan mendiagnosis dini sebelum mereka menjadi penderita kecanduan internet berat. Namun disisi lain, jumlah psikolog yang dapat membantu masih sangat terbatas terutama di kota-kota kecil. Selain itu faktor ekonomi dan keterbata-san waktu orangtua dalam mendapingi anaknya mengunjugi psikolog menjadi penghambat utama. Oleh karena itu perlu ditemukan solusi yang dapat mengatasi keterbatasan-keterbatasan dan penghambat remaja dalam mendapat-kan pelayanan dari seorang psikolog. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah membangun sebuah sis-tem pakar yang dapat bekerja sebagai seorang psikolog. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi sistem pakar untuk melakukan diagnosis kecanduan internet dengan menggunakan metode certainty factor (factor kepercayaan). Tingkat kecanduan internet dikategorikan dalam rendah, sedang dan tinggi. Pengujian sis-tem dilakukan dengan menggunakan pengujian black box yang memungkinkan pakar memperoleh kumpulan kondi-si keluaran yang akan mengerjakan seluruh keperluan fungsional program. Pengujian ini menunjukkan pemasukan data keluaran telah berjalan sebagaimana yang diharapkan. Pengujian terhadap 20 repsonden memberikan ting-kat akurasi sistem pakar “Internet Sehat” 83%

Page 1 of 1 | Total Record : 7