cover
Contact Name
Uswatunnisah
Contact Email
uswatunnisah225@gmail.com
Phone
+6285242886819
Journal Mail Official
jurnalvenus173@gmail.com
Editorial Address
Jln Tentara Pelajar No. 173
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Venus
ISSN : 23384611     EISSN : 27980995     DOI : https://doi.org/10.48192/vns.v8i2
Jurnal ini menampilkan berbagai pokok pembahasan yang berwujud ringkasan hasil penelitian dan artikel ilmiah yang mempunyai keterkaitan di bidang kemaritiman dan kependidikan.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 12 (2018): Desember" : 10 Documents clear
IMPLEMENTASI MARPOL (MARINE POLLUTION) DAN SOLAS (SAFETY OF LIFE AT SEA) TERHADAP PENERAPAN PENATAAN LIMBAH DI KAPAL Mustamin Latief; Mahbub Arfah; Syahrizal Syahrizal; Chrisandi Lande
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.7 KB) | DOI: 10.48192/vns.v12i06.378

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui : (1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan MARPOL (Marine Pollution) annex 1 regulasi 17 di kapal. (2). Untuk mengetahui bagaimana penerapan SOLAS (Safety of Life At Sea) Chapter II-IPart C Regulation 35-1 di kapal. (3). Untuk mengetahui pemahaman yang dimiliki oleh anak buah kapal tentang aturan MARPOL dan SOLAS. Dalam penelitian ini menggunakan Metode penelitian lapangan (Field research). Merupakan metode yang dipakai untuk mengumpulkan data yang aktual melalui pengamatan di lapangan, metode pengumpulan data di lapangan dilakukan melalui Metode survey (observasi), dimana data yang didapatkan merupakan hasil pemantauan pada sistem pengolahan limbah yang terdapat di kapal – kapal yang sandar di 3 (tiga) pelabuhan besar dan telah mendapat izin dari KSOP di pelabuhan setempat. Metode penelitian pustaka (Library research)dan Metode Wawancara ( Interview), dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada Masinis dan crew kapal berkaitan dengan sisteminstalasi pengolahan limbah di kapal. Proses pengumpulan limbah dan pembuangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Untuk Implementasi SOLAS (Safety Of Life At Sea) Chapter II-I Part C Regulasi 35-I (bilge pumping arrangements) di 6 (enam) kapal dapat dilihat presentasenya yaitu Kapal MV. Tanto Bersatu = 71, Kapal MV. Tanto Sehat = 91%, Kapal KMP. Legundi = 77%, Kapal KMP. Dharma Kartika IX = 88%, Kapal KM. Galatia 05 = 57% dan Kapal MV. Meratus Jayapura = 93%. Dari presentase kesesuaian kriterian penilaian dengan kondisi yang sebenarnya di kapal maka dapat disimpulkan bahwa hanya ada I (satu) kapal yang sesuai SOLAS (Safety Of Life At Sea) Chapter II-I Part C Regulasi 35-I, yaitu kapal MV. Meratus Jayapura. Untuk Implementasi MARPOL (Marine Pollution) Annex 1 Regulasi 17 (Oil Record Book Part 1) di 6 (enam) kapal dapat dilihat presentasenya yaitu Kapal MV. Tanto Bersatu = 31%, Kapal MV. Tanto Sehat = 52%, Kapal KMP. Legundi = 51%, Kapal KMP. Dharma Kartika IX = 49%, Kapal KM. Galatia 05 = 38% dan Kapal MV. Meratus Jayapura = 98%.
PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN TARUNA DI PIP MAKASSAR Rosnani Rosnani; Rachmat Tjahjanto; Alberto Alberto; Muhlis Muhayyang; Filipus Neri Iswanto
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.201 KB) | DOI: 10.48192/vns.v12i06.380

Abstract

Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian adalah Bagaimana pelaksanaanpendidikan karakter disiplin taruna / taruni mengenai disiplin tepat waktu, disiplinmentaati aturan , disiplin prilaku dan beribadah di PIP Makassar. Berdasarkan pokok permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter disiplin taruna /taruni mengenai disiplin tepat waktu, disiplin mentaati aturan, disiplin prilaku dan beribadah di PIP Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi , wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Taruna semester I , semester II, semester IV dan semester VIII jurusan Nautika ,Teknika dan KALK. pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Jumlah populasi penelitian ini adalah sebanyak 1291 Taruna / Taruni. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 130 Taruna / taruniTehnik pengambilan sampel menggunakan Stratified random sampling yaitu pengambilan sampel secara kelompok acak sederhana. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin pada PIP Makassar sudah berjalan dengan baik sesuai dengan Pola Pengasuhan Taruna dan dituangkan didalam peraturan tata tertib taruna, tingkat kedisiplinan taruna/taruni masuk di kategori baik sesuai dari hasil olah data kuesioner, hanya saja pengawasan masih perlu ditingkatkan lagi dan menggunakan pola ataumetode pembiasaan - pembiasaan yang positif mengenai kedisiplinan dan taat pada aturan, karena membangun Pendidikan Karakter Disiplin bagi para taruna / taruni tidaklah mudah, butuh proses yang ekstra untuk memberikan bimbingan terhadap para taruna / taruni, itu semua harus di mulai dari lingkungan instansi pendidikan dengan menerapkan sistem yang bermutu dan lingkungan yang positif sesuai dengan istilah mendidik karakter dengan karakter. Untuk mencegah tindakan pelanggaran disiplin harus menerapkan sanksi akademik yang berefek jera kepada taruna / taruni yang sering melakukan kesalahan atau tindakan pelanggaran disiplin secara berulang – ulang sehingga bisa memberikan pelajaran buat taruna yangmelanggar serta buat taruna /taruni yang lain untuk tidak melakukan pelanggaran tindakan disiplin .
ANALISIS IMPLEMENTASI CROWD DAN CRISIS MANAGEMENT PADA KAPAL PENUMPANG DI PELABUHAN MAKASSAR DAN TERNATE Ahmad Fauzi; Arlizar Djamaan; Prolin Tarigan; Aries Allolayuk; Siti Zulaikah
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.122 KB) | DOI: 10.48192/vns.v12i06.381

Abstract

Pengangkutan penumpang dengan kapal penumpang merupakan urat nadi kehidupan ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan keamanan, sarana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. Kesuksesan transportasi laut.Mengatur penumpang pada kapal penumpang menghadapi kedaan darurat agar terhindar dari terjadinya kepanikan pada saat kapal menghadapi situasi darurat seperti kebakaran atau kecelakaan yang mengakibatkan kapal harus ditinggalkan atau abandon ship.Crisis and Human Behavior Management merupakan salah satu kompetensi awak kapal yang dengan seksama dan tindakan yang tepat dapat mengatasi penumpang yang mengalami kepanikan yang luar biasa yang ditunjukkan dengan berebut atau berkelahi, sehingga penumpang dapat dikondisikan kembali dalam keadaan tenang. Seperti dicontohkan dalam Film Tetanic dimana seluruh penumpang mengalami kepanikan yang luar biasa, dalam film tersebut jelas terlihat perilaku berbeda dari setiap penumpang dalam menghadapi keadaan crisis, misalnya ada yang loncat dari atas kapal ke laut, ada yang depresi, berebut, berkelahi, dan sebagainya. Menghadapi kedaan demikian di kapal maka sangat penting bagi seluruh awak kapal penumpang untuk memiliki komptensi dalam CCM.
THE INFLUENCE OF LECTURER’S PEDAGOGIC AND PROFESSIONAL COMPETENCES TOWARD STUDENTS’ WRITING PROFICIENCY AT POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR Sunarlia Limbong
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.088 KB) | DOI: 10.48192/vns.v12i06.382

Abstract

Foreign language teaching and learning, especially English language for communication as sea is a part of curriculum in all maritime colleges. This is because English has been used as the sea language in a whole world. As a foreign language in Indonesia, it requires more skills to be able to teach it because besides teaching the subject matters, the lecturer’s competence is necessary for the successful learning process. The research aimed at finding out: (1) the profile of students’ writing skill at deck department of Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, (2) the influence of pedagogic competence toward students’ writing proficiency at Deck Department of Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, (3) the influence of professional competence toward students’ writing proficiency at Deck Department of Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. The research applied quantitative design with applying the ex post facto method. The subject of this research consists of second semester of Deck (Nautical) department of Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. The data was collected using the result of student’s writing proficiency and questionnaire. The quantitative data was first tabulated and then classified according to the given score ranges, and finally categorized in regard to the given criteria. The result of data analysis showed that (1) The profile of students’ writing skill is categorized into moderate category (2) Pedagogic competence has positive and significant influence towards students' writing proficiency. The correlation between the pedagogic competence and the students' writing proficiency is 0.783 or 78.3%. (3) Professional competence has positive and significant influence towards students' writing proficiency. The correlation between the professional competence and the students' writing proficiency is 0.529 or 52.9%.
PENGARUH KOMITMEN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA DOSEN PADA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR Bachri Bahri; Slamet Riyadi; Muh. Rifani; Rusdin Rusdin
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.984 KB) | DOI: 10.48192/vns.v12i06.383

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (a) Pengaruh komitmen terhadap kinerja dosen, (b) Pengaruh motivasi terhadap kinerja dosen, (c) Pengaruh secara simultan antara komitmen dan motivasi terhadap kinerja dosen.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian dan Jenis penelitian explanatory survey. Populasi dalam penelitian sebanyak 30 orang sekaligus seluruhnya menjadi sampel. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas, realibilitas, uji klasik data dengan uji normalitas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi, uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Perhitungan menggunakan SPSS for windows. Hasil analisis regresi tunggal menunjukkan bahwa komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen PIP Makassar dengan koefisien determinasi sebesar 54.3%. motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen dengan koefisien determainasi sebesar 44.5%. hasil analisis regresi berganda menunjukkan komitmen dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen PIP Makassar dengan koefisien determinasi sebesar 60.3%. Disimpulkan bahwa komitmen dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Disarankan kepada institusi Politeknik agar kinerja dosen dapat optimal, perlu terus diadakan sosialisasi keberadaan diklat kepelautan, pelibatan dosen disetiap kegiatan pendidikan dan pelatihan, kegiatan silaturahmi para tenaga dosen dan tenaga kependidikan, memberikan ransangan kepada dosen agar berkarya didunia pendidikan melalui penghargaan, mengupayakan perbaikan kesejahteraan, menjaga hubungan, kenyamanan, penciptaan persaingan yang sehat, penilaian prestasi kerja yang adil, memberikan kesempatan mengikuti kegiatan ilmiah dengan biaya dari institusi. Mendorong untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, serta memotivasi untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan sesuai bidangnya dengan biaya dari politeknik.
ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN TEMPERATUR AIR PENDINGIN TERHADAP KINERJA FRESH WATER COOLER PADA MESIN INDUK DI KAPAL MV. KALLA LINES XV Paulus Pongkessu; Yopie Pesulima; Henny Pasandang Nari; Adnan Adnan; Mahadir Sirman
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.251 KB) | DOI: 10.48192/vns.v12i06.387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh perubahan temperature terhadap penyerapan panas pada Fresh Water Cooler Mesin Induk di Kapal Tujuan Penelitian. (2) Menghitung laju perpindahan panas pada cooler. (3) Menghitung persentase penyerapan panas yang terjadi pada cooler. Metode yang dilakukan adalah (1) Mengambil data secara langsung terhadap obyek yang diamati. (2) Kajian literature terhadap teori-teori yang mendasari permasalahan yang ada serta penjelasan dari pembimbing. (3) Studi pustaka dilakukan dengan membaca dan mengutip literature yang relevan dan berkaitan dengan masalah yang akan dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Semakin Tinggi temperature air tawar pendingin mesin masuk kedalam cooler maka semakin tinggi pula temperatur yang yang keluar dari cooler dan temperature air laut sebagai pendingin air tawar yang keluar dari cooler juga semakin tinggi karena dipengaruhi oleh temperature air tawar yang diserap oleh air laut. Disarankan Untuk mendapatkan temperature selalu dalam keadaan normal maka disarankan perawatan cooler dapat dilakukan secara berkala dengan cara membersikan pipa-pipa kapiller.
PEMANFAATAN GOOGLE SCHOLAR DALAM MENDUKUNG PERSIAPAN SISTEM PEMBELAJARAN E-LEARNING DI POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR Makmur Makmur; Rukmini Rukmini; Agustina Setyaningsih; Andi Asnita Novyanti; Gradina Nur Fauziah
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.205 KB) | DOI: 10.48192/vns.v12i06.388

Abstract

Penelitian yang bertujuan mengkaji pemanfaatan Google Scholar di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar ini dilaksanakan dalam rangka mendukung proses persiapan penerapan sistem pembelajaran e-learning di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Selain itu riset ini juga mengkaji tingkat penguasaan Google Scholar di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Lokus penelitian adalah Kampus II Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Kampus II berlokasi di jalan Daengta Qalia, Salodong, Kecamatan Untia, Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis deskriptif. Teknik inidigunakan untuk memberikan gambaran umum data penelitian dan mendeskripsikan karakteristik responden. Sementara metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui metode dokumentasi dan metode kuesioner. Sample penelitian berjumlah 59 orang taruna yang duduk di kelas Teknika IIIE, IIIF, Nautika IIIF, IIIG dan lulus seleksi pada tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah penggunaan Google Scholar adalah cukup banyak. Atau dengan kata lain sebagian besar (24 orang sample dari 59 orang populasi) atau 40,68% responden memilih jawaban tersebut. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat penguasaan Google Scholar di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar adalahcukup mahir. Artinya sebagian besar responden yang berjumlah 26 (dua puluh enam) orang atau 44,07% memilih jawaban tersebut.
IMPLEMENTASI TOL LAUT TERHADAP PENGEMBANGAN PELABUHAN STRATEGIS PELABUHAN (NEW PORT) MAKASSAR DAN BAU-BAU Marthen Makahaube; Hasiah Hasiah; Jumriani Jumriani; Irwan Jaya
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.879 KB)

Abstract

Dengan Kebijakan atau Konsep Pemerintahan Baru Bapak Jokowi yaitu Poros Mairtim dan Pengembangan Tol Laut untuk mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, maka Tol Laut merupakan konektivitas laut yang efektif berupa adanya kapal yang melayari secara rutin dan terjadwal dari barat sampai ke timur Indonesia, yang harus memiliki elemen Tol Laut seperti, Pelabuhan yang Handal, Pelayaran Rutin/berjadwal, Shipping Industry, Kecukupan Muatan Barat ke Timur sebaliknya Timur ke Barat, Integrated Transportasi dan Inland Akses yang efektif. Dalam Konsep Tol Laut telah merencanakan Pembangunan 24 Pelabuhan Strategi, 5 Pelabuhan Hub, dan 19 Pelabuhan Feeder sebagai pendukung Tol Laut. Penelitian ini dilaksanakan di Pelabuhan strategis New Port Makassar dan Pelabuhan Bau- Bau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Survey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi terhadap pendukung konsep tol laut dapat diukur melalui Pembangunan pelabuhan laut,Implementasi konsep tol laut terhadap pembangunan pelabuhan laut sudah terimplementasikan hal tersebut telihat dari adanya kerja sama pemerintah (Bappenas serta Kementerian Perhubungan) bersama Pelindo danPengembangan armada kapal untuk mendukukung tol laut. Adapun kebijakan yang dibutuhkan agar Tujuan Konsep Tol Laut bisa terwujud di antaranya:Kemenhub perlu memasyarakatkan keberadaan “rumah kita” kepada perusahaan pelayaran, petani dan pemasok produk pertanian, peternakan dan perikanan. Begitupun halnya dengan pengusaha bahan baku industri agar mereka memanfaatkan keberadaan “rumah kita”. Serta Kemenhub perlu melakukan evaluasi pelaksaan program tol laut untuk mengetahui sejauhmana program ini berhasil.
Governmental Capacity and Statehood in the Autonomous Region in Muslim Mindanao Anfilova Natalia Vladimirovna
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.218 KB) | DOI: 10.48192/vns.v12i06.392

Abstract

During the process of achievement of autonomy through peaceful negotiation, started in the 1970s, such political formation as the Autonomous Region in Muslim Mindanao (ARMM) was established. Nevertheless, this process was accompanied by inner disturbances: clashes, popular unrest and terrorist attacks. The politically active part of the Moro people was divided into groups consisted of supporters of various measures - from moderately liberal to extremely radical. Although nowadays the Moro National Liberation Front (MNLF) 1 and Abu Sayyaf 2 represent diametrically opposed positions, since MNLF is a Philippine government‘s ally, while Abu Sayyaf is a terroristic group, they originated from common source and share the discontent around the existing order towards the Moro people in the Philippines. In spite of the fact that autonomy of ARMM was extended, the significant part of its Moro population is still seeking for an ultimate separation from the Philippines. On the one hand, decentralization and autonomy includes a number of benefits, e.g. , ―increased public sector efficiency, accountability, and effectiveness, increased citizen participation, local ownership, and durable peace‖ 3. On the other hand, an abrupt separation can lead to institutional disarray, economic decline, deterioration of social problems, and even anarchy, unless the separated territory is prepared to the self-government. In that context ―being prepared‖ implies conforming the criteria of the state (or approaching to them) and having corresponding own institutions to manage the political formation self-sufficiently. Depending on the approach of understanding of the state, the last condition can be included in its criteria.
THE USE OF CODE SWITCHING AS THE LANGUAGE CHOICE AMONG POLITICIANS. Muh. Yahya Idris
JURNAL VENUS Vol 6 No 12 (2018): Desember
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.48 KB) | DOI: 10.48192/vns.v12i06.394

Abstract

This research discussed about the use of code switching as the language choice among politicians.This research aimed to find out the types and functions of code switching used by politicians. This research focused on the types and functions of code switching based on the theory of types and functions of code switching by Appel and Muysken in 2006. Then, the data were analyzed using descriptive qualitative method.The researcher used note taking as the instrument to find out the valid data. This research was conducted in order to fiind the types and the functions of code-switching used by politicians in Satu Indonesia and Bicara 4 Mata program. The findings showed that there are two types and two functions of code switching used by politicians as language choice. The researcher concluded that the types of code-switching found in both sources are inter-sentential and intra-sentential code-switching and the functions of code-switching found in both data sources are referential function and expressive function.

Page 1 of 1 | Total Record : 10