cover
Contact Name
Uswatunnisah
Contact Email
uswatunnisah225@gmail.com
Phone
+6285242886819
Journal Mail Official
jurnalvenus173@gmail.com
Editorial Address
Jln Tentara Pelajar No. 173
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Venus
ISSN : 23384611     EISSN : 27980995     DOI : https://doi.org/10.48192/vns.v8i2
Jurnal ini menampilkan berbagai pokok pembahasan yang berwujud ringkasan hasil penelitian dan artikel ilmiah yang mempunyai keterkaitan di bidang kemaritiman dan kependidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2020): Maret" : 7 Documents clear
STANDAR PENJAMIN MUTU PENYELENGGARA PENDIDIKAN TINGGI DI POLITEKNIK ILMU PELAYARAN (PIP) MAKASSAR DENGAN SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN (STIP) JAKARTA Rukmini Rukmini; Agustina Setyaningsih; Muh. Agung R; Yudha Herlambang; Emmy Dahlan
JURNAL VENUS Vol 8 No 1 (2020): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.663 KB) | DOI: 10.48192/vns.v8i1.271

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan penjaminan mutu penyelenggara pendidikan tinggi di Politenik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan populasi di PIP Makassar dan STIP Jakarta. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik snowball sampling dan didapatkan sampling sebanyak 294. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan instrument yang digunakan adalah pedoman wawancara. Pengolahan data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya adalah sistem penjaminan mutu PIP Makasssar dan STIP Jakarta dilaksanakan sesuai dengan prinsip Penjaminan Mutu yaitu menggunakan siklus PDCA. Penerapan sistem penjaminan mutu PIP Makassar dan STIP Jakarta masih dalam tahap pengembangan. dikarenakan implementasi siklus PDCA (Plan, Do, Check, Action) masih menghadapi beberapa kendala diantaranya kesadaran individu dan komitmen seluruh pemangku kepentingan tentang budaya mutu masih harus ditingkatkan,
TINJAUAN SISTEM PENDIDIKAN SEKOLAH KERJA, PENDIDIKAN DI JERMAN, DAN PENDIDIKAN DI CINA Sahabuddin Sunusi
JURNAL VENUS Vol 8 No 1 (2020): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.119 KB) | DOI: 10.48192/vns.v8i1.272

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui setiap aliran memberikan pengaruh terhadap pembelajaran ataupun pengajaran modern saat ini. Tulisan ini dimulai dengan menelaah beberapa aliran yang merupakan pandangan dari beberapa ahli mengenai sekolah kerja dan pengajaran proyek yang ada di Indonesia. Selanjutnya dengan menelaah pola pendidikan yang ada di Jerman, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai pola-pola pendidikan di Cina. Pada bagian akhir diberikan implikasi semua pola-pola tersebut terhadap dunia pengajaran pada saat ini.
ANALISIS KOMPETENSI KERJA PETUGAS OPERASIONAL PELABUHAN DI AREA PELINDO III DAN PELINDO IV Trisnowati Rahayu; Hasiah; Jumriani
JURNAL VENUS Vol 8 No 1 (2020): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.245 KB) | DOI: 10.48192/vns.v8i1.273

Abstract

Pada penelitian ini, tema yang ingin dikemukakan adalah menganalisis secara menyeluruh sertifikasi kemampuan dan ketrampilan para petugas pelabuhan dan TKBM dalam melaksanakan kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan, sepertidiketahui banyaknya kecelakaan kerja yang kerap terjadi pada para petugas pelabuhan dan TKBM dikarenakan kurangnya ketrampilan dalam menggunakan alat-alat bongkar muat barang & alat-alat keselamatan kerja yang sesuai ditinjau dari aspek kompetensi kerja sesuai standar SKKNI. Serta pentingnya kompetensi petugas operasional pelabuhan dan TKBM di Pelabuhan guna meningkatkan keahlian dan peran buruh pelabuhan dalam persaingan bebas masyarakat ekonomi Asean (MEA) pada saat ini. Berdasarkan fokus penelitian yang telah diuraikan dalam rumusan masalah maka jenis penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di lingkungan Pelabuhan Indonesia III Cabang Surabaya (Mewakili wilayah Indonesia bagian Barat) dan Pelabuhan Indonesia IV cabang Makassar (Mewakili wilayah Indonesia bagian Timur. Sedangkan yang termasuk dalam informan penelitian terdiri dari : Informan Utama: para Supervisor, para Foreman, para TKBM di lingkungan Pelabuhan Indonesia III Cabang Surabaya dan Pelabuhan Indonesia IV Cabang Makassar dan informan pendukung adalah Manajer Divisi SDM, Ka. Seksi bimbingan usaha dan jasa kepelabuhanan, Ka. Seksi pengamanan faslitas pelabuhan, Ketua Koperasi TKBM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kegiatan wawancara, studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan petugas operasional pelabuhan dan para tenaga kerja bongkar muat pelabuhan di lingkungan PT. PELINDO III dan PT. PELINDO IV sebagian besar belum tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)-Jakarta. Para petugas operasional pelabuhan dan para tenaga kerja bongkar muat pelabuhan masih dibekali dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh Kementrian Tenaga Kerja RI up.masing-masing disnaker di wilayah kerja lingkungan PT. PELINDO III dan PT. PELINDO IV.
ANALISIS SAFETY PENGANGKUTAN PETIKEMAS DALAM PERSFEKTIF PERATURAN PENGANGKUTAN PETIKEMAS MENGGUNAKAN TRUK PETIKEMAS DI PELABUHAN SOEKARNO HATTA DAN TANJUNG PRIOK Ahmad Fauzi; Jumardin; Nurwahidah; Siti Zulaikah
JURNAL VENUS Vol 8 No 1 (2020): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.531 KB) | DOI: 10.48192/vns.v8i1.274

Abstract

Pemerinah melalui (i) Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang lalulintas angkutan darat di jalan dan angkutan jalan (ii) Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM 14 Tahun 2007 tentang kendaraan pengangkut petikemas di jalan (iii) Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KM 74 Tahun 1990 tentang angkutan petikemas di jalan (iv) Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : AJ.306/1/15/DRPD/1992 tentang penyempurnaan petunjuk pelaksanaan angkutan petikemas di jalan (v) Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SE.02/AJ.208/DRJB/2008 telah mengatur penggunaan twistlock bagi truk peti kemas. Penelitian ini menganalisa bagaimana penerapan Peraturan Menteri (PM) No. 14 Tahun 2007 tentang pengangkutan petikemas menggunakan truk petikemas dan bagaimana gambaran kelengkapan twistlock pada truk petikemas yang beroperasi di Pelabuhan Utama di wilayah timur Indonesia. Untuk mengkaji permasalahan dalam penelitian ini maka dilakukan pengolahan data hasil score capaian responden yang didasarkan pada hasil dari masing-masing indicator yaitu jumlha twistlock yang terpasang pada truk petikemas dengan formulasi rumus persentasi. Selanjutnya persyaratan perangkat pengunci peti kemas (twistlock) berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan hasil yang sangat rendah yakni hanya sebesar 29%. Kondisi ini terjadi karena 98 % pengemudi truk tidak membaca persyaratan dalam inqury form yang diberikan sehingga tidak memahami atau tidak mengetahui dengan baik persyaratan yang ditetapkan.
PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN TARUNA DITINJAU DARI ASPEK KEBUDAYAAN INDONESIA Muhlis Muhayyang
JURNAL VENUS Vol 8 No 1 (2020): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.992 KB) | DOI: 10.48192/vns.v8i1.275

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui peran pendidikan karakter, peran sekolah tinggi dan opsi yang dapat dikembangkan dalam membentuk kedisiplinan taruna. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif, data yang dikumpulkan berasaldari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan atau memo peneliti dan dokumen resmi layang mendukung peneliti mencocokkan antara realita empiris dengan teori yang berlaku dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedisiplinan taruna sangatlah berkaitan dengan pendidikan karakter dan dapat meningatkan kedisiplinan taruna. Peran kampus dalam peningkatan kedisiplinan sangatlah dibutuhkan dalam hal penerapan pendidikan karakter yang digabungkan dengan pendidikan akademik agar menghasilkan lulusan yang memenuhi kualitas dan sesuai harapan. Yang dapat dikembangkan pada pendidikan karakter taruna adalah dengan penerapan pendidikan karakter dalam satu mata kuliah atau setiap mata kuliah, dan dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter dalam perkuliahan mengevaluasi perkuliahan tentang nilai-nilai tersebut di setiap akhir perkuliahan untuk menentukan mahasiswa tersebut layak lulus atau tidak.
ANALISIS PEMANFAATAN WAKTU ISTIRAHAT TERHADAP KELELAHAN (FATIGUE) PADA AWAK KAPAL Dodik Widarbowo
JURNAL VENUS Vol 8 No 1 (2020): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.731 KB) | DOI: 10.48192/vns.v8i1.276

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) menggambarkan pemanfaatan waktu istirahat oleh awak kapal; (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam memanfaatkan waktu istirahat. Penelitian ini dilaksanakan di atas kapal niaga jenis Anchor Handling Tug yang dilaksanakan selama kurang lebih 8 bulan, yaitu mulai bulan November 2013 sampai dengan bulan Juni 2014. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh awak kapal yang terlibat dalam tugas dinas jaga pelayaran dibeberapa lokasi dan kondisi perairan yang berbeda. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 9 awak kapal yang menjadi responden dengan 12 kali pengambilan data yang berbeda berdasarkan lokasi keberadaan kapal dengan sistem Judgement sample. Data yang digunakan adalah data yang berbentuk kuantitatif. Jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data, yaitu metode deskriptif. Definisi operasional terdiri atas: istirahat, kelelahan (fatigue), jam kerja, akomodasi, lingkungan kerja, jenuh, Anchor Handling Tug, dan kapal sedang beroperasi. Kesimpulan penelitian: (1) pemanfaatan waktu istirahat ternyata tidak dilakukan secara optimal oleh awak kapal yang bertugas melaksanakan dinas jaga (perwira dek dan perwira mesin), (2) beban kerja tambahan yang berlebihan dan kejenuhan merupakan faktor penyebab utama tidak optimalnya pemanfaatan waktu istirahat yang dilakukan oleh perwira dek dan perwira mesin, (3) dampak negatif yang ditimbulkan dari tidak dimanfaatkannya waktu istirahat secara optimal sangat besar terhadap kelelahan (fatigue) awak kapal.
STUDI EXPERIMEN PENGARUH KANDUNGAN MINYAK LUMAS TERHADAP KERATAAN MAIN BEARING MAIN ENGINE MV. BNI CASTOR Rudi Saman; Abdul Basir; Rukmini Rukmini
JURNAL VENUS Vol 8 No 1 (2020): Maret
Publisher : PIP Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.491 KB) | DOI: 10.48192/vns.v8i1.277

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kandungan minyak lumas terhadap kerataan main bearing main engine. Fungsi pelumasan main bearing yaitu untuk megurangi gesekan pada main bearing dan crankshaft agar tidak terjadi kontaklangsung antara kedua bagian yang dapat menyebabkan keausan pada kedua permukaan yang dapat mempengaruhi kinerja main engine. Lokasi penelitian ini berada dikamar mesin Kapal MV. BNI Castor, milik PT. Bahtera Niaga Internasional. Sistem pelumasan pada MV. BNI Castor menggunakan jenis pelumasan carter basah dan merk minyak pelumas adalah Meditran SMX SAE 40. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya penanganan atau perawatan pada bantalan utama dan akhirnya menyebabkan daya kerja bantalan tidak maksimal dalam menjaga tingkat keseimbangan putaran poros.

Page 1 of 1 | Total Record : 7