cover
Contact Name
Haudi
Contact Email
jurnaljotika@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaljotika@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pengairan No.35, Tangerang, Provinsi Banten, 15111
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika
ISSN : -     EISSN : 28072855     DOI : https://doi.org/10.56445/jppmj
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-2855, merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pengabdian multi disiplin ilmu yang dilakukan oleh para akademisi dan praktisi. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KELURAHAN TANGKERANG BARAT, KECAMATAN MARPOYAN DAMAI Rahma Yulita
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.04 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i1.1

Abstract

Pada kondisi sekarang ini banyak UMKM yang memiliki peranan terpenting dalam pertumbuhan laju ekonomi nasional dengan tujuan untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan, ada beberapa UMKM yang berada di Kota Pekanbaru pada Kelurahan Tangkerang Barat dan Kecamatan Marpoyan Damai seperti Minuman, banyak terjadi permasalahan yang muncul pada UMKM ini seperti tidaknya labelisasi pada produk tersebut walaupun banyak pembeliTujuan pada pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pendapatan pelaku UMKM dengan sistem pemasaran yang berbasis digitalisasi. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diantaranya adalah meningkatkan kesadaran generasi muda khususnya para pelaku usaha dalam meningkatkan pendapatan melalui strategi pemasaran berbasis digitalisasi. Dapat memberikan pemahaman terkait digitalisasi dalam konsep pemasaran menggunakan strategi pemasaran. Sebagai dasar para pelaku usaha dalam memperluas pasar akan produk yang ada di kawasannya. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan dalam hal penjualan yang dihasilkan dengan cara memperbaiki sistem pemasaran yakni dengan memberikan atau membuat label pada usaha tersebut, dan memberikan peningkatan dalam strategi pemasaran dengan cara melakukan atau membuat instagram pada para pelaku usaha sehingga produk tersebut lebih banyak dikenal oleh orang lain
PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI DENGAN SAK-EMKM PADA EMKM DI KELURAHAN LIPAT KAIN, KECAMATAN KAMPATR KIRI, KABUPATEN KAMPAR, PROVINSI RIAU Chandra Irawan
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.25 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i1.3

Abstract

Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu sektor ekonomi yang berekembang di Indonesia. Sektor ini banyak dijalankan oleh pengusaha karena mudah dikelola dan tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar dalm proses pendiriannya. Salah satu UKM yang kami jumpai di Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. UKM yang menjual makanan dan minuman. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini akan diadakan di UKM Lipat Kain, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Yang berlokasi di Jalan Raya Lipat Kain No.408 Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa pelaku EMKM di kelurahan Lipat Kain Kabupaten Kampar Kiri telah paham terhadap akuntansi dari segi pemahaman dasar-dasar akuntansi, sedangkan untuk pengetahuan tentang standar akuntansi entitas mikro kecil dan menengah (SAK-ETAP) dalam kegiatan ini didapatkan hasil bahwa pelaku usaha kurang memahami perlakuan akuntansi yang berdasarkan pada SAK-EMKM ini.
MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA KAUM MILLENIAL DENGAN MENGENALKAN UKM, BIMBINGAN MEMULAI USAHA DAN MENJALAKANNYA, SERTA MENGANALISA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN UNTUK MENJAGA EKSISTENSI USAHA AGAR BERTAHAN LAMA Dewi Martha
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.954 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i1.6

Abstract

Dalam kegiatan PKM ini, yang menjadi mitra atau audience dan perwakilan para kaum milenial yang memiliki semangat yang tinggi. Pada awal kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini beberapa dari mahasiswa diajak untuk survei ke sebagian kecil UMKM yang berada di Pekanbaru untuk memperlihatkan bagaimana praktek kewirusahaan dalam arti sebenarnya dan sekaligus melihat bagaimana peluang membuka usaha di Pekanbaru pada umumnya khususnya di Kecamatan Tampan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Kota Pekanbaru dan sebagian besar wilayahnya digunakan untuk perumahan penduduk sehingga menjadikan kecamatan Tampan sebagai salah satu lokasi yang tepat dan startegis bagi para pelaku UMKM untuk membangun usaha dan mengembangkan usahanya dikarenakan lokasi ini merupakan padat oleh penduduk yang menjadi nilai lebih bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya ditambah lagi potensi usaha untuk berkembang cukup tinggi dilihat dari keadaan lingkungannya. Maka dari itu, untuk selanjutnya mengetahui apakah usaha yang sedang atau yang akan dijalankan merupakan usaha yang sukses atau tidak tergantung bagaimana memaksimalkan potensi Sumber daya Alam dan Sumber Daya Manusia dari UMKM tersebut untuk mengoperasikan usahanya dengan baik agar dapat bertahan dan bersaing terhadap masing-masing kompetitornya. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini bahwa dalam kondisi pandemi skarang ini banyak kesulitan yang dihadapi oleh pelaku usaha sehingga menyebabkan omset usaha mengalami penurunan.
BIMBINGAN TEKNIK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI LINGKUNGAN STIE PERSADA BUNDA Resti Riandi; Irsyadi Zain; Jusmarni
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.945 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i1.8

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah pola pembelajaran secara masif. Proses pembelajaran yang mestinya dilaksanakan secara tatap muka sekarang berubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau daring. Demikian halnya di Indonesia. Sejumlah daerah telah melakukan penutupan sekolah dan menerapkan pembelajaran daring atau jarak jauh. Pada bulan lalu, tepatnya pertengahan Maret, sejumlah kepala daerah telah mengeluarkan kebijakan penutupan sekolah dan menerapkan pembelajaran daring atau jarak jauh. Hal ini dilakukan dalam rangka meminimalisasi cepatnya penyebaran Covid-19. Kebijakan penutupan tersebut sebagai respons terhadap kebijakan dan imbauan pemerintah untuk melakukan social distance (jaga jarak). Sistem pembelajaran jarak jauh memang tidak seefektif sistem tatap muka. Apalagi di tengah kondisi darurat seperti saat ini. Banyak hal yang perlu disiapkan dengan baik agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan optimal. Misalnya, infrastruktur seperti jaringan internet yang memadai. Selain itu konten materi yang disiapkan juga memadai dan tidak keluar dari standar yang sudah ditetapkan. Sehingga walaupun di tengah kondisi emergency seperti saat ini, apa yang dipelajari para siswa dan mahasiswa tidak ketinggalan atau bahkan keluar dari substansi materi pembelajaran yang seharusnya. Kesimpulan dari hasil dapat dikatakan bahwa kegiatan pengabdian terlaksana sesuai dengan rencana dan setiap peserta sudah memahami materi kegiatan pengabdian ini. Kegiatan pengabdian dari koordinasi dan bimbingan mendapatkan sambutan yang baik dari Mitra (mahasiswa di lingkungan STIE Persada Bunda). Pihak Mitra telah memiliki ilmu melalui bimbingan teknis pemeblajaran system daring. Lebih lanjut peserta juga telah memahami tindakan apa saja yang harus dilakukan setelah mendapat bimbingan sehingga dapat mengoptimalisasikan pemebelajaran system daring
PENINGKATAN KOMPETENSI SDM UMKM DENGAN MENGGUNAKAN WIFI (WHATSAPP, INSTAGRAM, FACEBOOK DAN INTERNET) PADA UMKM DI JL. LOBAK, KECAMATAN TAMPAN, PEKANBARU Gusnafitri Gusnafitri
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 1 (2021): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.703 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i1.9

Abstract

UMKM dan potensi bagi mereka untuk berkembang cukup tinggi diihat dari keadaan. lingkungannya, tergantung bagaimana pelaku UMKM tersebut mengoperasikan usahanya untuk dapat bertahan dan bersaing dengan masing-masing kompetitornya. Namun, dikarenakan lingkungan yang padat penduduk bersamaan dengan banyaknya UMKM yang terus menerus bertambah mengharuskan pelaku UMKM untuk selalu update dan upgrade pengetahuan dan skill mereka yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM yang dimiliki agar usahanya dapat terus berkembang, bertahan dan bersaing terhadap kompetitornya. Sebuah UMKM pada era serba digital dan kompetetif ini haruslah selalu meningkatkan kompetensi SDM dan usahanya dengan pengetahuan mengenai internet dan teknologi. UMKM sudah seharusnya mulai berangsur beralih menggunakan internet sebagai sarana pemasaran produknya. Didapati masih ada UMKM yang masih tidak memanfaatkan dan memaksimalkan penggunaan internet dan sosial media yang memiliki banyak keunggulan dalam kasus ini WhatsApp, Instagram, Facebook untuk memasarkan dan menjangkau lebih luas calon konsumennya. Beberapa UMKM yang dimana menjadi objek pelaksanaan PKM turut merasakan dampak positif hingga negatif dari pandemi Covid-19. Beberapa merasakan penurunan penjualan dan bahkan ada yang merasakan peningkatan permintaan selama pandemi
EDUKASI BAGAIMANA MENJADI WIRAUSAHA DI BABAKAN KELAPA DUA KECAMATAN SETU KOTA TANGERANG SELATAN Aris Ariyanto; Dodi Prasada; Nopi Oktavianti; Kiki Dwi Wijayanti
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.682 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i2.16

Abstract

Untuk membangun sebuah usaha atau bisnis, dan mewujudkannya agar menjadi entrepreneur sukses, diperlukan langkah awal yaitu harus menumbuhkan jiwa entrepreneur. Untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur itu sendiri diperlukan keahlian khusus. Jiwa entrepreneur bisa kita pelajarai. Dengan jiwa entrepreneur, seseorang akan termotivasi agar selalu produktif serta melakukan inovasi-inovasi baru guna menciptakan peluang usaha yang lebih menguntungkan. Membuat strategi dan menentukan langkah-langkah yang tepat sebelum memulai berwirausaha menjadi salah satu kunci utama yang akan menentukan apakah usaha anda berhasil atau tidak nantinya, serta membuat usaha tersebut mampu bertahan didalam menghadapi persaingan ketat tentunya. Tujuan dari pelaksanaan kegiatandari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan edukasi mengenai cara menumbuhkan jiwa wirausaha, memberikan edukasi mengenai cara memulai sebuah usaha, serta memberikan edukasi mengenai cara mengelola usaha dan memasarkan hasil usaha kepada warga Rw 04 Kelurahan Babakan Kelapa Dua Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti ceramah, diskusi, praktek dan tanya jawab, serta pendampingan bagi warga masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai hasil dan tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan warga masyarakat yang produktif melalui wirausaha yang baik.  
PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN LIFE SKILL BAGI ANAK ANAK UNIT PELAKSANA TUGAS (UPT) PANTI SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN BARAT Yoki Firmansyah; Deasy Purwaningtias; Yeni Mustika; Tarina Dashela; lisnawanty
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.221 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i2.19

Abstract

Pembangunan kesejahteraan sosial yang merupakan bagian integral Pembangunan Nasional dan Daerah memiliki penanganan secara khusus terhadap pembangunan lainny. Karateristik setiap masing-masing program memiliki tingkat pelaksanaan yang berbeda-beda, dengan tujuan akhir yang disesuaikan dengan kemampuan dasar kelompok sasaran penyandang masalah. Permasalahan kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, ketunaan sosial dan penyim-pangan perilaku, keterpencilan, korban bencana dan tindak kekerasan Masalah yang bersifat primer maupun akibat/dampak non sosial yang belum sepenuhnya terjangkau oleh proses pembangunan Kesejahteraan Sosial. Oleh sebab itu penanganan permasalahan sosial harus terarah dan fokus melalui dinas teknis yang khusus menangani masalah sosial. Unit Pelaksana Panti Sosial Anak yang selanjutnya disebut UPT Panti Sosial Anak (PSA) adalah Unit Pelaksana Operasional Yang Melaksanakan Kegiatan Teknis di Bidang Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Anak. Melihat permasalahan diatas perlua adanya tindakan nyata dari kami sebagai dosen universitas bina sarana informatika yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam membantu UPT panti sosial anak dalam memberikan peningkatan kemampuan dan life skill bagi anak anak binaan panti sosial anak dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakan Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Pontianak.
PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM RT 04/RW 12 KELURAHAN PARIT MAYOR KECAMATAN PONTIANAK TIMUR Nurmalasari; Deni Risdiansyah; Mohammad Kamal Reza; Septian Rheno Widianto; Sri Dewi Ayu Safitri
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.839 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i2.20

Abstract

Melihat situasi kondisi yang belum normal hingga saat ini cukup memberikan dampak utamanya di bidang ekonomi, seperti halnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satu cara yang cukup efektif dalam menarik minat konsumen adalah dengan melakukan pemasaran berbasis online atau yang lebih dikenal dengan digital marketing. Tujuan dari digital marketing ialah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Digital marketing diartikan sebagai pemasaran produk atau jasa melalui internet atau disebut dengan pemasaran-i, web marketing, online marketing, e-marketing, atau e-commerce. Tujuan dan target yang ingin dicapai dalam pengabdian masyarakat ini adalah memeprkenalkan materi tentang digital marketing, Mengenal dan mengetahui tentang fitur- fitur yang disediakan oleh aplikasi digital marketing pada peserta workshop yaitu pelaku usaha yang ada pada RT 04 RW 012 Kelurahan saigon Pontianak Timur dan dimana usaha dari pelaku UMKM semakin meningkat dengan adanya pelatihan digital marketing. Adapun materi yang diberikan pengenalan digital marketing dan pemanfaatannya, workshop hingga Project dan evaluasi. Diharapkan dengan adanya pengabdian masyarakat ini masyarakat khususnya pelaku usaha pada RT 04 RW 012 Kelurahan saigon Pontianak Timur ini dapat memanfaatkan digital marketing untuk mengembangkan usaha dan mampu memperluas jaringan atau area bisnisnya.
PENERAPAN APLIKASI POLLING PEMILIHAN KETUA RT SECARA ONLINE PADA PEMILIHAN UMUM (PEMILU) KETUA RT.004/RW.008 MASA BAKTI 2021-2026 KELURAHAN PARIT MAYOR KECAMATAN PONTIANAK TIMUR Reza Maulana; Sari Dewi; Muhammad Sony Maulana; Nurmalasari; Agung Sasongko
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.43 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i2.26

Abstract

Demokrasi adalah pemerintahan suatu negara yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. E-voting yaitu suatu metode pemungutan suara dan penghitungan suara dalam pemilihan umum dengan menggunakan perangkat elektronik. RT adalah suatu bentuk pemerintahan terkecil Pemilihan Ketua RT menjadi hal yang penting agar dapat menjembatani warga dan Lurah. Namun kondisi Pandemi yang melanda Indonesia masih menerapkan aturan PPKM sehingga tidak boleh berkumpul dalam massa yang banyak. Komplek Arwana Indah I memasuki wilayah RT.04/RW 008 Kelurahan Parit Mayor Kecamatan Pontianak Timur. Saat ini dalam proses pemilihan Ketua RT untuk periode 2021-2026. Untuk mempermudah proses pemilihan RT maka diterapkanlah aplikasi Polling Ketua RT secara online. Dengan adanya Sistem polling ketua RT secara online ini dapat mengurangi permasalahan berkumpulnya masa dan dapat meningkatkan peuang bagi warga memilih dimanapun berada (misalnya saat masih bertugas keluar kota atau sejenisnya), Aplikasi polling ini dibuat berbasis web dan dapat diakses secara mobile. Filter penggunaanya menggunakan NIK yang ada pada Kartu Keluarga dan hanya membolehkan 1 NIK tersebut untu mem-vote satu suara.
PENERAPAN APLIKASI BUKU TAMU DIGITAL PADA KANTOR DESA PUNGGUR BESAR KUBU RAYA Anna Anna; Windi Irmayani; Muhamad Nasihin
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 1 No. 2 (2022): Februari
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1171.715 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v1i2.29

Abstract

Aplikasi Buku Tamu digital merupakan salah satu perangkat yang untuk mendapatkan data tamu yang telah mengunjungi sebuah instansi. Saat ini masih banyak sekali kita jumpai instansi yang masih menggunakan proses konvensional dalam pencatatan data tamu. Sementara di era digital saat ini, teknologi informasi mempunyai peranan penting bagi instansi pemerintahan untuk memudahkan pekerjaan. Kantor Desa Punggur Besar merupakan salah satu instansi pemerintah desa yang ada di Kabupaten Kubu Raya, lokasi kantor desa ini cukup jauh dari kota Pontianak namun memiliki fasilitas serta jangkauan internet yang baik. Aktivitas pencatatan data pengunjung pada buku tamu disana masih menggunakan buku tamu dan dicatat secara manual. Jika dilihat dari intensitas pengunjung dalam satu minggu berkisar antara 30 sampai 40 orang, maka dapat diakumulasikan ada kisaran 160 orang yang membutuhkan banyak buku tamu. Selain membutuhkan banyak buku tamu, kelemahan sistem manual ini juga sulit untuk mencari informasi pengunjung sehingga memperlambat proses kerja. Dengan adanya aplikasi ini maka tidak butuh lagi tempat yang luas untuk menyimpan arsip-arsip buku tamu dan juga tidak diperlukan lagi  anggaran untuk pengadaan buku tamu. Sebagai bentuk tri dharma perguruan tinggi, maka dari itu melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Bina Sarana Informasi Pontianak memberikan Aplikasi Buku Tamu Digital kepada Kantor Desa Punggur Besar untuk diterapkan disana. sehingga sangat membantu para staf kantor desa dan juga memudahkan warga setempat yang ingin bertemu dengan  Kepala Kantor Desa Punggur Besar pemberitahuan hanya melalui Whatsapp yang sudah tersistem dari aplikasi tanpa harus bolak balik ke Kantor Desa.

Page 1 of 3 | Total Record : 24