cover
Contact Name
Yusri
Contact Email
yusri@unm.ac.id
Phone
+6285255602827
Journal Mail Official
yusri@unm.ac.id
Editorial Address
A.P. Pettarani Street, Makassar, South Sulawesi
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
ISSN : 28082737     EISSN : 28082680     DOI : 10.26858/ijpss
This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of pedagogical and Social Sciences. The journal covered by all topics in: Humanities Social studies Management Education, Teaching Learning And others (within the scope of pedagogical and Social Sciences)
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies" : 17 Documents clear
Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Kognitif Anak Usia Dini di Kota Makassar Muhammad Zulfadhli; Ahmad Hilal Alimuddin; Nurfadilah Nurfadilah
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.271 KB) | DOI: 10.26858/.v2i2.46705

Abstract

Abstrak.Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Kognitif Anak Usia Dini di Kota Makassar. Penelitian ini bermaksud menjelaskan penelitian tentang pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku kognitif anak usia dini di Kota Makassar. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis dilakukan dengan tahapan pencarian data, skrining data, penilaian kualitas (kelayakan) data, dan menentukan hasil. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh uji t diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap melakukan identifikasi pertanyaan penelitian, menyusun protokol penelitian, dan menyusun strategi pencarian, dan ekstraksi data. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh uji t diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y sebesar 0,416 > 0,05 artinya nilai signifikan lebih besar dari 0,05 atau nilai t hitung -0,154 < r tabel 0,361 artinya nilai t hitung lebih kecil dari t tabel maka dapat disimpulkan bahwa H ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh variabel X terhadap Y. Hasilnya bisa kita ketahui bersama bahwa media sosial TikTok sebagai variabel X tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kognitif anak usia dini sebagai variabel Y. Keywords: Media Sosial, TikTok, Anak Usia Dini, Perilaku Kognitif Anak Usia Dini.
Konflik Sosial dalam Novel Rumpa’na Bone Karya Andi Makmur Makka (Pendekatan Sosiologi Sastra) Andi Fatwa Anugerah; Johar Amir; Suarni Syam Saguni
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.509 KB) | DOI: 10.26858/.v2i2.46712

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik sosial yang berupa wujud konflik sosial, penyebab, dan penyelesaian konflik sosial dalam novel Rumpa’na Bone Karya Andi Makmur Makka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik dokumentasi, baca markah, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dengan menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman melalui langkah-langkah yaitu tahap identifikasi, tahap klasifikasi, tahap penganalisaan data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga wujud konflik sosial yaitu bersitegang, pertempuran, penyerangan. Penyebab terjadinya yaitu adanya perbedaan kebudayaan, yaitu utusan Belanda yang membawa surat perjanjian, Kerajaan Bone menjawab surat ancaman Belanda, Arung Pitue menolak penghinaan, penjaga pantai Bajoe menyelamatkan anggota pasukan yang terluka, pendaratan dinyatakan gagal. Adanya perbedaan kepentingan atau tujuan, yaitu sekoci Belanda menuju pantai, Pasukan inlander diturunkan, pengejaran Arumpone ke Bone Utara. Adanya perubahan sosial yang relatif cepat, yaitu Arumpone menolak ultimatum, pasukan eskader Belanda tiba di pelabuhan Bajoe, pasukan Belanda melancarkan strategi baru, perintah Petta Ponggawae, adanya pergerakan pasukan Belanda, Petta Sele’ terjatuh, dihadang dua orang pengamuk, Pasukan Belanda menuju desa Compong. Penyelesaian konflik sosial yaitu arbitrasi, yaitu mengirim kembali surat balasan, Arumpone memberikan titah, Arumpone menenangkan diri, Petta Sele memerintahkan penjaga pantai mundur, C.A. Van Loenen memerintahkan serangan dibatalkan. Détente, yaitu pendaratan Belanda gagal, Petta Ponggawae memberi perintah mundur, Kolonel C.A. Van Loenen tidak menggubris laporan dari Bone Selatan. Paksaan, yaitu penyerangan segera dilakukan, tembakan di hentikan, Petta Ponggawae memberi perintah mundur, Bajoe terpaksa ditinggalkan, pasukan musuh berlari mundur, pasukan musuh telah tersungkur, kedua pengamuk dibunuh, Panggulu Loppona Joe’ tertawan. Kata Kunci: Konflik Sosial, Novel, Sosiologi Sastra.
Pengembangan Modul Kecakapan Hidup Terhadap Anak Tunagrahita Ringan Di Upt Slb Negeri 1 Bantaeng Bahariah Bahariah; Bastiana Bastiana
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/.v2i2.47368

Abstract

Yang menjadi  tujuan pokok dari penelitian tersebut adalah meningkatkan bentuk urgen / bahan Pembelajaran kepandaian untuk reterdasi mental di UPT SLBN 1 Bantaeng dilahirkannya modul bagi pedoman pendidik, untuk diperkenalkan modul ini di SLB. Penelitian dilakukan di UPT SLB Negeri 1 Bantaeng memakai negosiasi research and Development (R&D). Metode penarikan sampling dengan cara purposif. Cara penghimpunan bukti yaitu pemantauan, interviu dan diskusi terstruktur sesama pendidik, orang tua peserta didik, dan pengawas SLB. Telaah bahan dilaksanakan dengan cara menggambarkan untuk mengurutkan, mengatur mengelompokkan bahan sehingga mampu memaparkan bagian yang diamati. Produk yang diperoleh dari penelitian bagi pengembangan model substansi pelatihan kecakapan hidup untuk anak retardasi mental dilaksanakan lewat: (a) mendalami teori yang berhubungan kecakapan hidup untuk anak retardasi mental, (b) mendalami GBPP bina diri bagi anak retardasi mental, (c) mengenali visi, misi dan lingkungan sekolah, (d) mengenali keinginan orang tua, dan (e) mengenali kesanggupan dan kemampuan peserta didik. Observasi ini juga sudah melahirkan buku pedoman pendidik dan sudah divalidasi oleh ahli media, dan materi materi dari staff akademisi di bidang pembelajaran anak retardasi mental, kepala sekolah dan dewan guru SLB, serta sudah dikenalnya modul ini ke beberapa SLB di Bantaeng.Berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli terhadap modul kecakapan hidup pada anak tunagrahita seluruh ahli yaitu ahli materi dan ahli desain memperoleh hasil akhir dari kevalidan mendapat71,5% keadaan ini masuk dalam ukuran nilai B( 60%-79%) dan masuk dalam kriteria valid dan layak digunanakan untuk pembelajaran dikelas Kata Kunci :  modul keterampilan hidup; anak retardasi mental
Analisis perilaku menghisap lem (ngelem) pada siswa di SMP Negeri 27 Makassar Pascayani Ainulhusnah; Muhammad Anas
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/.v2i2.47245

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku ngelem pada siswa. 2) Gejala dan dampak dari perilaku ngelem pada siswa. 3) Bentuk penanganan perilaku ngelem pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kasus dan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku ngelem, disebabkan oleh ajakan dari teman sebayanya seperti teman sepergaulan, teman sekolah, yang memperkenalkan subjek untuk melakukan perilaku ngelem. 2) Gejala dan dampak yang ditimbulkan dari perilaku ngelem, yaitu merasakan sensasi memabukkan ketika menghisap lem (ngelem), seperti pikiran menjadi tenang, segar, bahagia, badan terasa lebih ringan, halusinasi berlebihan, dan rajin. Adapun dampak dari perilaku ngelem yang dirasakan, yaitu gelisah, malas, mengantuk, dada seperti tertusuk-tusuk, kepala terasa sakit, badan menjadi lemas, dan bahkan membuat subjek menjadi pencuri. 3) Upaya penanganan terhadap perilaku ngelem yang dilakukan adalah guru bimbingan dan konseling memberikan bimbingan secara individual terkait perilaku menghisap lem yang dilakukan oleh subjek. Adapun tindakan terapi konseling yang diberikan secara individual berkaitan dengan rasional atau cara berpikir, merasa, dan bertingkah laku. Kata Kunci: Perilaku, Ngelem, Faktor, Dampak, Siswa
Pengembangan Media Video Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMA Negeri 2 Luwuk Banggai Hasan Lambause; Farida Aryani
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/.v2i2.47267

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana kebutuhan keterampilan perencanaan karir siswa SMA Negeri 2 Luwuk Banggai untuk ditingkatkan melalui media video edukasi? 2) bagiamana prototipe video pembelajaran seperti apa yang dapat digunakan untuk membantu siswa SMA Negeri 2 Luwuk Banggai lebih mahir merencanakan karir? 3) bagaimana validitas dan kepraktisan media video untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir SMA Negeri 2 Luwuk Banggai?. Model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti untuk penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Data analisis kebutuhan, validitas data, dan data kepraktisan merupakan tiga kategori instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data. Analisis angket kebutuhan, analisis angket validitas, dan analisis angket kepraktisan merupakan metode analisis data yang digunakan. Berdasarkan uji akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, dan kegunaan, temuan penelitian menunjukkan bahwa media video dan buku panduan pendidikan yang dikembangkan valid dan dapat digunakan untuk memberikan layanan informasi perencanaan karir di SMA Negeri 2 Luwuk Banggai. Kata Kunci : Video Edukasi; meningkatkan perencanaan karir
Pengembangan Media Video Bimbingan Kelompok Berbasis Tudang Sipulung Untuk Meningkatkan Budaya Sipakainge Di Smp Negeri 11 Maros Baru A Muh Ramadhan AS; Suciani Latif
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/.v2i2.47278

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) Bagaimana gambaran kebutuhan media video bimbingan berbasis tudang sipulung sebagai media BK dalam meningkatkan budaya sipakainge di SMP Negeri 11 Maros Baru. (2) Bagaimana prototipe media video bimbingan berbasis tudang sipulung dalam meningkatkan budaya sipakainge siswa di SMP Negeri 11 Maros Baru. (3) Bagaimana validitas dan kepraktisan video bimbingan berbasis tudang sipulung dalam meningkatkan budaya sipakainge siswa di SMP Negeri 11 Maros Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang tahapan pelaksanaan merujuk pada tahapan penelitian Borg dan Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Terdapat siswa yang memiliki masalah dalam budaya sipakainge sehingga media video bimbingan kelompok ini menjadi satu prodak yang dibutuhkan. (2)Prototipe media video bimbingan kelompok dibuat dalam bentuk Mp4 dilengkapi dengan panduan penggunaan. (3) Validitas dan kepraktisan melalui uji validasi terhadap dua orang ahli, uji coba produk awal menunjukkan respon yang baik dengan nilai yang tinggi, dan hasil tanggapan siswa dan guru dalam uji coba kelompok kecil menggambarkan respon positif dengan hasil yang tinggi. Ini menunjukkan bahwa media ini diterima dan dapat digunakan sebagai media bimbingan kelompok siswa SMP Negeri 11 Maros Baru. Kata Kunci : Video; bimbingan kelompok; budaya sipakainge
Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android ABA-VB Cards Untuk Melatih Bahasa Reseptif Dan Ekspresif Siswa Autis di SD Madania Makassar Asriani Asriani; Mustafa Mustafa
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/.v2i2.47369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendapatkan gambaran tentang kebutuhan media bimbingan belajar berbasis aplikasi android ABA-VB cards untuk mengembangkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak autis di SD Madania Makassar, (2) Mengetahui hasil desain aplikasi ABA-VB berbasis android untuk mengembangkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak autis di SD Madania Makassar, (3) Mengetahui validitas dan kepraktisan aplikasi ABA-VB Cards berbasis android terhadap guru pada siswa autis di SD Madania Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development, Penelitian ini dilakukan melalui tujuh tahapan utama, yaitu, (1) Penelitian awal dan pengumpulan informasi (research and information collecting), (2) Perencanaan (planning), (3) Penyusunan format model awal (develop preliminary form of product), (4) melakukan uji coba tahap awal (preliminary field testing), (5) melakukan revisi model utama (main product revision), (6) melakukan uji coba lapangan model utama (main field testing), (7) melakukan revisi model operasional (Operational product revision). Pengujian produk aplikasi yang divalidasi oleh 1 ahli materi dan 1 ahli media dan penyebaran media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan distribusi skor dan kategori skala yang telah ditentukan. Hasil validasi media pembelajaran adalah: (1) Ahli materi menilai sangat layak dengan presentase sebesar (85,7%). (2) Ahli media menilai sangat layak dengan presentase sebesar (84,0%). Berdasarkan hasil tersebut maka Aplikasi ABA-VB Cards yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media bimbingan belajar untuk melatih bahasa reseptif dan ekspresif bagi siswa autis di SD Madania Makassar. Kata kunci: Aplikasi Media Pembelajaran, Android, Bahasa Reseptif dan Ekspresif
Pengaruh Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMP Negeri 5 Makassar A Nur Ayu Noviana; Abdullah Pandang
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/.v2i2.47246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 5 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian Quasi-experimental design. Dengan menggunakan desain eksperimen non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 107 siswa dan sampel penelitian sebanyak 22 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 11 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala motivasi berprestasi dan pedoman observasi. Dengan  menggunakan data analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat motivasi berprestasi siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berada pada kategori rendah. Namun pada Saat posttest, tingkat motivasi berprestasi siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan menjadi kategori tinggi dan pada kelompok kontrol tetap berada pada kategori rendah 2) Penggunaan teknik restrukturisasi kognitif dilakukan sesuai petunjuk d yang sudah dirancang melalui lima tahapan yaitu rational treatment, analisis pikiran konseli, pengenalan dan latihan CT, pindah dari pikiran-pikiran negatif ke coping thought (CT), penguatan positif dan evaluasi. Saat pelaksanaan perlakuan berupa teknik restrukturisasi kognitif, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Terdapat perbedaan tingkat motivasi berprestasi pada suatu kelompok yang telah diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik restrukturisasi kognitif. Dalam hal ini dapat disimpulkan, menerapkan teknik restrukturisasi kognitif pada siswa SMP Negeri 5 Makassar dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa secara signifikan. Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Restrukturisasi kognitif
Analisis Kendala Pembelajaran Daring Murid Autis Kelas V Di Sd Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar Sari Pertiwi; Syamsuddin Syamsuddin
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/.v2i2.47349

Abstract

Tujuan penelitian ini 1)Untuk memberikan gambaran kendala apa yang alami murid autis dalam pembelajaran daring 2)Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang dialami murid dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring bagi murid autis tidak berjalan efektif seperti yang diharapkan sebab setiap murid autis memiliki permasalahan yang berbeda-beda, murid autis masih kesulitan, konsetrasi yang mudah terganggu dan orang tua yang bekerja. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami murid autis dalam pembelajaran daring yaitu memfasilitasi guru dan siswa seperti penggunaan aplikasi Microsoft teams penyediaan wifi dan bantuan pulsa untuk guru. Kemudahan bagi murid autis yang tidak mampu mengikuti pembelajaran daring supaya datang ruang inklusi sekolah untuk menerima pembelajaran. Kata Kunci: Kendala anak Autis, Pembelajaran Daring
Pengembangan Modul Parenting Orangtua Yang Memiliki Anak Autis Di SD Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar Nur Inayah; Abdul Haris
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Publisher : Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/.v2i2.47210

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan modul prenting orangtua yang memiliki anak autis yang valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran bagi orangtua yang memiliki anak autis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang kemudian diadaptasi oleh peneliti, karena sesuai dengan tahap penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti. Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan modul parenting orangtua yang memiliki anak autis karena model ini memiliki langkah-langkah yang lebih rinci. Adapun tahap-tahap dalam pengembangan ini meliputi: tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap validasi dan uji coba. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang validator yang terdiri dari ahli media dan ahli isi/materi, 2 orang oarangtua yang memiliki anak autis di SD Negeri Unggulan Mongisidi 1 Makassar . Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan hasil analisis ahli modul dengan presentase tingkat pencapaian sebesar 92%, dan hasil kepraktisan oleh orangtua dengan presentase tingkat pencapaian sebesar 98%. Maka dapat disimpulkan bahwa modul parenting orangtua yang memiliki anak autis yang dikembangkan layak digunakan sebagai modul pembelajaran bagi orangtua yang memiliki anak autis

Page 1 of 2 | Total Record : 17