cover
Contact Name
Rizki Putri Ramadhani
Contact Email
rizki_putri@polinema.ac.id
Phone
+6281334622521
Journal Mail Official
rizki_putri@polinema.ac.id
Editorial Address
Jalan Selat Sunda IV/D4 Lesanpuro, Kedung Kandang, Malang, Indonesia.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JPLED
ISSN : -     EISSN : 28091205     DOI : 10.58737
Core Subject : Education,
Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It includes teaching practice and educational development in early childhood education, basic education, secondary education, higher education, and vocational education in formal, non-formal, and informal education systems. This journal was first published in March 2021, publish quarterly (March, May, August, and November). Changes have been published quarterly since 2023.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2022): Journal of Practice Learning and Educational Development" : 5 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEINTIFIK DIKELAS III SD NEGERI 24 PARUPUK TABING PADANG BARAT vezi rahmawati; Hamimah Hamimah
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 2 No. 3 (2022): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.576 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v2i3.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan seintifik di kelas III SD Negeri 24 Parupuk Tabing Padang Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas III SD Negeri 24 Parupuk Tabing Padang Barat yang berjumlah 26 orang diantaranya 15 orang peserta didik laki-laki  dan 11 orang peserta didik perempuan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa. Perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 81,94% (B) dan pada siklus II meningkat 91,66% (SB). pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 83,93% (B) dan meningkat pada siklus II 92,85% (SB), serta pada aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 82,14% (B) dan meningkat pada siklus II 96,42% (SB). Pada hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata siklus I yaitu 73,8 (C) dan meningkat pada siklus II 86,60% (SB).
Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sufyarma Marsidi; Anisah; Tia Ayu Ningrum
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 2 No. 3 (2022): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.08 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v2i3.54

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan adanya kebijakan baru tentang merdeka belajar menjadi tantangan baru bagi sekolah. Dengan adanya kebijakan baru tersebut, pendidik harus memiliki kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebijakan merdeka belajar. Namun hasil uji kompetensi pendidik, untuk Kabupaten Agam masih rendah (59,96). Ditambah lagi masih banyak pendidik yang belum memahami tentang cara mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran berbasis kebijakan merdeka belajar. Solusi untuk permasalaha tersebut adalah diperlukan bantuan dan bimbingan dari kepala sekolah.  Hal tersebut karena salah satu tugas wajib kepala sekolah adalah melakukan supervisi kepada pendidik dan tenaga kependidikan. Langkah pertama untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan membina kompetensi supervise kepala sekolah. Hal tersebut karena supervisi merupakan salah satu tugas wajib kepala sekolah oleh karena itulah menjadi tanggung jawab kepala sekolah agar guru dapat merencanakan, melaksanakan, dan melakukan evalusi pembelajaran sesusi dengan kebijakan merdeka belajar. Metode pelaksanaan kegitaan tersebut adalah dengan melakukan transfer ilmu dan bimbingan kepada kepala sekolah. Transfer ilmu tentang pemahaman pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dalam supervise serta standarisasi fungsi dan tigas untuk pendidik dan tenaga kependidikan. Kemudian pembimbingan dilakukan untuk pembuatan program supervise. Setelah itu dilakukan evaluasi untuk peningkatan pemahaman kepala tentang kompetensi supervisi dan kebijakan mederka belajar.
Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Guru Melalui Bimtek Pembuatan Media dan Evaluasi Pembelajaran Daring untuk Sekolah Dasar Tia Ayu Ningrum; Dea Stivani Suherman
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 2 No. 3 (2022): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.052 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v2i3.55

Abstract

Pembelajaran daring merupakan tuntutan di era 4.0 saat ini. Hal ini karena perkembangan teknologi dan informasi sehingga pembelajaran harus dilaksanakan menggunakan teknologi. Selain itu, adanya wabah Covid-19 melahirkan kebijakan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanaka dirumah dengan metode daring. Untuk itulah guru dituntut untuk memiliki kompetensi digital literasi masa kini agar dapat melakukan pembelajaran daring. Namun, permasalahan yang ada saat ini adalah masih banyak guru belum paham dengan teknologi digital yaitu 97,5% guru. Hal ini seperti yang diketahui dari hasil wawancara dan observasi di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera barat bahwa masih banyak guru yang belum mampu melaksanakan pembelajaran menggunakan teknologi digital. Dan juga masih banyak guru yang belum mampu melaksanakan pembelajaran daring. Masih banyak guru yang belum bisa melakukan evaluasi pembelajaran secara daring.Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan transfer ilmu melalui bimtek pembelajaran daring untuk guru. Tahap pertama yang dilakukan adalah melakukan pengujian kompetensi digital literasi guru melalui angket. Setelah itu memberikan pemahaman kepada guru tentang pembelajaran daring. Kemudian tahap selanjutnya melakukan bimtek tentang pembuatan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk pembelajaran. Selanjutnya dilakukan bimtek tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring untuk guru. Tahap terakhir, melakukan evaluasi tentang kompetensi digital literasi guru tentang pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran daring mengunakan angket.
Pelatihan Manajemen Sekolah Sebagai Upaya Menciptakan Budaya Mutu di Era Revolusi 4.0 Syahril; Nelfia Adi; Ahmad Subandi; Sulastri
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 2 No. 3 (2022): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.79 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v2i3.56

Abstract

Latar belakang kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelaksanaan manajemen sekolah yang belum optimal sehingga sekolah belum dapat mewujudkan sekolah yang berbudaya mutu. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kepala sekolah tentang manajemen mutu dalam rangka mewujudkan sekolah yang bermutu. Solusi yang diberikan adalah memberikan pelatihan kepada kepala sekolah tentang manajemen mutu untuk mewujudkan sekolah dalam bentuk teori dan praktek. Secara teoritis narasumber memberikan materi tentang manajemen sekolah, rencana pengembangan sekolah dan budaya mutu sekolah. Sedangkan dalam prakteknya, melatih kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen sekolah, memberikan pelatihan dalam merancang rencana pengembangan sekolah, dan melatih kiat-kiat untuk mewujudkan sekolah berbudaya mutu. Kepala sekolah sangat termotivasi dan antusias mengikuti kegiatan pelatihan ditambah dengan narasumber yang handal. Mereka sangat berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dalam bentuk kerjasama. Sehingga terjadi peningkatan kemampuan kepala sekolah dalam berbagai aspek.
Pelatihan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Berbasis Action Learning di Era Revolusi Industri 4.0 Sulastri; Nelfia Adi; Ermita
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 2 No. 3 (2022): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.159 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v2i3.57

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kepemimpinan pembelajaran bagi kepala sekolah. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di era revolusi industri 4.0. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan kepada kepala sekolah tentang kepemimpinan pembelajaran berbasis tindakan, yaitu 1) analisis situasi nyata, 2) melibatkan tim, 3) melakukan wawancara mendalam dan refleksi, 4) merumuskan tindakan dan 5) menerapkan tindakan. Topik materi pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan kepala sekolah yaitu konsep kepemimpinan pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan kurikulum dan pengembangan keprofesian guru. Kegiatan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari kepala sekolah. Terdapat peningkatan kemampuan dan pengetahuan kepala sekolah tentang kepemimpinan pembelajaran. Mereka sangat ingin kegiatan ini terus berlanjut di masa mendatang agar kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah lebih optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5