cover
Contact Name
Nuris Dwi Setiawan
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285641386859
Journal Mail Official
setyawan_dw@stekom.ac.id
Editorial Address
Jalan Majapahit No 605
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen
ISSN : 29642418     EISSN : 29641349     DOI : 10.59031
Core Subject : Science,
Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada topik berikut : Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen, Pasar Modal dan Investasi dan ilmu Ekonomi
Articles 55 Documents
STUDI LITERATUR PEMAHAMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KEPENGURUSAN MASJID Budi Dharma; Lestari Perdana Putri; Putri Sepfiani
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.44

Abstract

Masjid merupakan bangunan untuk melaksanakan suatu ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Masjid juga termasuk kedalam organisasi nirlaba yaitu yang tidak berorientasi pada laba. Ruang lingkup masjid juga perlu adanya laporan keuangan guna menarik investor. Penelitian ini dengan menggunakan studi literatur, yaitu metode mengumpulkan artikel-artikel pada penelitian terdahulu setidaknya pada 10 tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dari kepengurusan masjid dalam mengelola laporan keuangan masjid tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa masjid masih menerapkan laporan keuangan sederhana dan belum menerepakan PSAK 45 yang merupakan standarisasi laporan keuangan organisasi nirlaba. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia kepengurusan mesjid. Kepengurusan masjid memerlukan literasi mengenai laporan keuangan pada pengurus masjid guna keberlangsungan kepengurusan masjid dan efektif.
PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAPLIKASIAN ENKRIPSI TERHADAP PENINGKATAN KEAMANAN PERUSAHAAN Indri Widya Wulandari; Hwihanus Hwihanus
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.46

Abstract

Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan sistem yang dirancang untuk mengumpulkan informasi akuntansi sehingga akuntan dan eksekutif perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat. Sistem yang baik akan meningkatkan produktifitas, efisiensi, meningkatkan pelayanan pelanggan, dan mempermudah dalam pengambilan keputusan. Keamanan informasi adalah menjaga informasi dari ancaman yang mungkin terjadi dalam upaya menjamin kelangsungan bisnis, mengurangi tingkat risiko dan mempercepat pengambilan keputusan investasi serta peluang bisnis. Perusahaan perlu memperhatikan keamanan aset informasinya, kebocoran informasi dan kegagalan pada sistem dapat mengakibatkan kerugian finansial maupunn produktifitas perusahaan. Pada era pertumbuhan sistem informasi yang sangat cepat saat ini keamanan sebuah informasi merupakan suatu hal yang harus diperhatikan karena jika sebuah informasi dapat diawasi oleh orang yang tidak berhak atau tidak bertanggung jawab, maka keakuratan informasi akan diragukan, bahkan akan menjadi sebuah informasi yang menyesatkan. Pemanfaatan teknologi informasi memiliki manfaat yang luar biasa, terutama bagi perusahaan. Dengan menggunakan teknologi informasi, perusahaan dapat menyediakan, mengelola, dan melaporkan keuangan dengan mudah, cepat, dan akurat. Tujuan dari keamanan sistem informasi yaitu mencegah ancaman terhadap sistem serta mendeteksi dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada system. Ancaman terhadap sistem informasi banyak macamnya antara lain: pencurian data, penggunaan sistem secara illegal, menghancuran data secara ilegal modifikasi secara ilegal dan kegagalan pada sistem.
PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENERAPAN SIKLUS PRODUKSI DAN PENGENDALIAN INTERNAL UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KINERJA UMKM Dita Fitriani; Hwihanus Hwihanus
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.47

Abstract

Perkembangan UMKM yang terus mengalami peningkatan secara signifikan. Peningkatan tersebut berimbas pada persaingan diantara UMKM yang semakin ketat. Sistem informasi akuntansi adalah suatu sistem yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan mengolah data untuk menghasilkan informasi bagi pengambil keputusan. Sistem ini meliputi orang, prosedur dan intruksi, data, perangkat lunak, infrastruktur teknologi informasi, serta pengendalian internal dan ukuran keamanan. Pada dasarnya semua perusahaan memiliki transaksi keuangan yang menjamin kelangsungan perusahan tersebut baik transaksi operasional maupun non operasional. Transaksi keuangan dalam perusahaan terjadi dikarenakan aktivitas yang berhubungan dengan pihak luar perusahaan dalam pertukaran ekonomi dengan pihak-pihak eksternal tersebut saat penjualan barang dan jasa, pembelian persediaan, pembebanan kewajiban keuangan dan penerimaan kas dari pelanggan. Transaksi keuangan tersebut harus dikontrol untuk mengendalikan terjadinya perlakuan yang tidak bertanggung jawab dari divisi masing-masing. Untuk mengembangkan suatu system informasi dalam perusahaan, para akuntan pada umumnya menerapkan pendekatan system. Akuntan harus memahami dan menguasai daur pengembangan system karena dua hal. Pertama mereka pasti terlibat dalam tim pengembangan system. Kedua, apabila akuntan berperan sebagai auditor dalam suatu perusahaan, maka ia harus melakukan pengkajian atas system perusahaan yang diauditnya. Dimana hal itu sangat membutuhkan pengetahuan yang memadai dari akuntan mengenai system yang bersangkutan.
MENERAPKAN PENTINGNYA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA) DALAM TRANSAKSI JUAL BELI DI BIDANG E-BUSINESS Widya Novita Sari; Hwihanus Hwihanus
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.48

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masa ini telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan, khususnya dunia usaha. E-business atau yang sering dikenal dengan bisnis elektronik merupakan salah satu ide baru yang dihadirkan. Model bisnis ini menempatkan fokus pada pertukaran data elektronik (EDI), email, transfer tunai elektronik, dan teknologi berbasis jaringan lainnya yang memungkinkan arus informasi dan proses bisnis tanpa kertas. Sebuah perangkat, metode, atau pendekatan bisnis yang menggunakan teknologi perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, dan brainware untuk berinteraksi, bertransaksi, dan melakukan berbagai aktivitas bisnis antar bisnis tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat dikenal sebagai sistem informasi e-bisnis. Penggunaan sistem informasi e-bisnis sekarang penting bagi perusahaan untuk berhasil baik secara domestik maupun internasional.
PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI TERHADAP PEMBUKUAN DIGITAL PADA UMKM Ari Rohmana; Hwihanus Hwihanus
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.49

Abstract

Writing this article aims to find out the use of technology, especially in the field of accounting, to know the role of accounting information systems in SME, and the application of digital bookkeeping to SME. The method used is a case study method using related journals. The results that have been obtained indicate that the current use of technology in SME has implemented digitalization in their activities. For example on sales and payments. However, many SME bookkeepers still use bookkeeping manually using paper. Counseling is carried out, it is hoped that with the rapid advancement of technology, currently SME actors can carry out bookkeeping in their businesses effectively and efficiently so that they can create technologically literate SME.
PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP PERKEMBANGAN E-COMMERCE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BAGI USAHA UMKM Dita Fitriani; Hwihanus Hwihanus
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.50

Abstract

Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaatan dokumen, manusia, teknologi, serta prosedur dalam akuntansi manajemen. Tujuannya adalah memecahkan beragam masalah dalam bisnis yang meliputi layanan, biaya produk, serta strategi bisnis. Keseluruhan sistem ini digunakan dalam rangka menganalisis sistem informasi yang lain pada penerapan aktivitas operasional suatu organisasi. Tugas penting Sistem Informasi Manajemen dalam bisnis adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas data secara akurat dan realtime, meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit sistem kerja yang terkoordinasi dan sistemastis. Selain itu juga mempermudah pihak manajemen untuk melakukan suatu perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian kerja kepada semua departemen yang mempunyai hubungan koordinasi dengannya dan membantu pengarahan dalam pengambilan keputusan. Kemajuan e-commerce di masyarakat sekarang ini sangatlah pesat, karena dimasa seperti sekarang ini, masyarakat gemar mencari kebutuhan sehari-hari dengan memanfaatkan e-commerce. Masyarakat juga menjadi terbiasa dengan pembayaran digital. Para pelaku usaha UMKM memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis dengan berjualan secara online. Pembayaran non-tunai juga memudahkan untuk melakukan transaksi dalam jual beli.
UPAYA PENGEMBANGAN DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM E-COMMERCE SHOPEE Devira Larasati; Hwihanus Hwihanus
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.51

Abstract

Globalisasi yang membawa dampak berupa perkembangan kemajuan teknologi yang dapat kita nikmati saat ini. Dengan adanya kemajuan teknologi dapat mengubah segala aspek kehidupan termasuk didalam dunia bisnis. Adanya kemajuan teknologi dalam dunia bisnis ditandai dengan muncul dan berkembangnya e-commerce dalam kehidupan, salah satunya adalah Shopee online shop. Pertumbuhan e-commerce yang bergerak pesat tentunya akan meningkatkan daya saing dalam bidang e-commerce ini. Tak hanya itu, adanya bisnis e-commerce ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Melihat banyaknya pesaing maka Shopee tentunya memerlukan strategi untuk menciptakan suatu inovasi baru dari masa ke masa guna untuk menumbuhkan loyalitas bagi para customernya. Kepuasaan customer selalu menjadi prioritas utama bagi para pedagang dalam dunia e-commerce. Kepuasan customer menjadi salah satu factor yang penting dalam kesuksesan suatu bisnis e-commerce itu sendiri. Begitu pula dengan Shopee. Tujuan dilakukannya penelitian ini berguna untuk menganalisis sistem teknologi informasi manajemen dan upaya pengembangannya yang kini terjadi pada bisnis e-commerce shopee. Metode yang digunakan untuk meneliti kali ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan juga metode studi kepustakaan. Dalam hasil analisis kali ini menunjukkan bahwa bisnis e-commerce, Shopee Indonesia berpotensi untuk menjadi suatu perusahaan belanja online terbesar dan terlaris yang menyediakan berbagai produk dan manfaat pelayanan serta jaminan keamanan yang memadai baik dalam pembelian produknya maupun transaksi yang berlangsung. Selain itu, dapat diketahui bahwa terdapat suatu dampak pengaruh yang positif terhadap hubungan antara suatu reward yang berikan oleh shopee seperti koin, jasa pengiriman, dan event bulanan yang ada dengan loyalitas pengguna Shopee.
PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETPLACE PASCA PANDEMI BERBASIS CONSUMER TO CONSUMER (C2C) Ananta Kumala Sari; Hwihanus Hwihanus
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.52

Abstract

Perubahan zaman yang diikuti perkembangan teknologi membuat kehidupan semakin canggih dan instan, segala informasi dapat kita temukan di internet. Teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat secara signifikan, selama pandemi covid-19 seluruh aktivitas lumpuh terutama pada aktivitas ekonomi dan penggunaan internet meningkat. Oleh karena itu, seluruh transaksi penjualan atau pembelian dilakukan secara online, misalnya masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhannya tidak perlu mengunjungi toko offline hanya untuk berbelanja, kini dapat dilakukan melalui gadget untuk bertransaksi. Digital marketplace merupakan salah satu tempat yang dikembangkan oleh perusahaan untuk membangun perekonomian di Indonesia pada saat pandemi hingga saat ini masih terus berlangsung. Metode yang digunakan dalam menyusun yaitu studi literatur atau kepustakaan dengan menggunakan jurnal-jurnal terkait. Dengan adanya marketplace ini memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia baik dari pedagang maupun konsumen karena dapat membantu dalam meningkatkan pendapatan dan menunjang usaha.
PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI AKTIVITAS PENGENDALIAN DAN SIKLUS PRODUKSI DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR Devira Larasati; Hwihanus Hwihanus
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.53

Abstract

Para peneliti mengadakan riset untuk mengidentifikasi jawaban metodis, logis, dan objektif atas problem-problem yang ada dengan menggunakan data yang telah diakumulasi dan dikompilasi untuk melakukan suatu penelitian itu. Tujuan dari penelitian yang kini telah dilakukan adalah untuk menentukan seberapa besar dari pengaruh sistem informasi dalam kegiatan sehari- hari dalam sebuah perusahaan. Pembangunan ekonomi sekarang meminta agar selalu mengalami peningkatan kemajuan, ketangkasan dan bakat dalam mendapatkan informasi sehingga investor dan manajemen dapat membuat pilihan yang berkaitan dengan informasi tersebut. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi yang semakin pesat, siklus produksi dan pola sistem pengendalian dalam ekonomi terus berkembang. Selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahunnya menjadi semakin lebih canggih lagi. Kemajuan teknologi juga berperan dalam siklus produksi dan aktivitas pengendalian. Pada siklus produksi bergerak menggeser kegunaan ketenaga kerjaan manusia menjadi tugas mesin program untuk mengolahnya. Pada aktivitas pengenddalian yang modern kini tersedia penerapan metode pengendalian yang modern, bentuk aplikasi sistem tersebut sendiri adalah JIT, TQM, dan DSS. Dalam pengembangannya, kini transaksi dapat dilakukan dengan membayar via e-money (Electronic Money). Kehadiran sistem-sistem yang serba digital tersebut ada karena tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin bertambah dan diiringi dengan kemajuan teknologi menyebabkan kemudahan dalam melakukan transaksi. Artikel ini ditulis untuk menjelaskan dan menganalisis perkembangan siklus produksi dan aktivitas pada perusahaan manufaktur dalam masyarakat. Makalah ini menggunakan metodologi kualitatif dan metode kepustakaan yang berasal dari jurnal-jurnal yang relevan. Kesimpulan artikel penelitian ini mengatakan bahwa perkembangan-perkembangan teknis dan informasi pada era ekonomi digital tidak dapat dihindari. Ini manufaktur siklus dan sistem pembayaran digital masing-masing memiliki set kekurangan dan kekuatan mereka sendiri. Sebagai hasilnya, kita sebagai pelaku digital harus sebagai terampil dan berpikiran terbuka mungkin untuk menghindari kelemahan yang disebabkan oleh kelemahan saat ini dan memaksimalkan manfaat yang dapat diakses.
STRATEGI KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN KINERJA ORGANISASI DI ORGANISASI PELAJAR PONDOK PESANTREN MODERN SAIFULLAH AN-NAHDLIYAH (OP3M) Suci Rahmaida Sihombing; Riska Alfani; Sukriani Hasibuan; Abdul Halim Siregar; Wahyu Ningsih
Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen
Publisher : CV. Aksara Global Akademia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59031/jkpim.v1i1.54

Abstract

Manajemen kinerja amat penting dan dibutuhkan dalam suatu organisasi baik dalam sektor publik maupun privat dalam upaya untuk pencapaian suatu tujuan. Kinerja Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Saifullah An-Nahdliyah (OP3M) tidak akan lepas dari peran individu dalam melaksanakan tugas pekerjaannya sebagai motor penggerak jalannya organisasi. Dengan demikian kemajuan Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Saifullah An-Nahdliyah (OP3M) tidak luput dari pengaruh kualitas pengurus yang memiliki prestasi kerja. Prestasi kerja pengurusmerupakan penampilan kerja seorang pengurus dan potensinya dalam upaya mengembangkan diri demi kepentinganpada Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Saifullah An-Nahdliyah (OP3M).Manajemen kinerja pada Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Saifullah An-Nahdliyah (OP3M)memegang peran sangat penting dalam suatu organisasi. Manajemen kinerja sering disamakan dengan evaluasi kinerja, padahal evaluasi kinerja merupakan bagian dari sistem manajemen kinerja. Manajemen kinerja adalah proses komunikasi yang berlangsung terus-menerus, yang dilaksanakan berdasarkan kemitraan, antara seorang karyawan dengan penyelia langsungnya.