cover
Contact Name
Swasti Maharani
Contact Email
conferences.id@gmail.com
Phone
+6285850872042
Journal Mail Official
adminpub@mykreatif.com
Editorial Address
Perumahan Griya Salaam A7, Rukun Tetangga 002, Rukun Warga 018, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali 57374
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Educatif: Journal of Education Research
ISSN : 26863669     EISSN : 26862077     DOI : https://doi.org/10.36654/educatif.v5i2.280
Core Subject : Education, Social,
The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning 2. Curriculum Development 3. Learning Innovation and technology 4. The evaluation process in teaching
Articles 55 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2022): July" : 55 Documents clear
Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Nur Laily Rachmawati; Paradika Angganing; Sugeng Riyadi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.204 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.108

Abstract

Penelitian ini bertujuan melalui model problem based learning dapat meningkatkan [1]Keaktifan belajar Matematika pada siswa Kelas III SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021; [2] Hasil belajar Matematika pada siswa Kelas III SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas III di SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 28 siswa. KKM pada muatan pelajaran Matematika yaitu ≥ 75. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif. Indikator penelitian yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah 1)Keaktifan siswa: Target yang diharapakan dalam peningkatan keaktifan siswa mencapai 75% siswa mencapai kategori baik; 2)Hasil belajar siswa meningkat minimal 80% siswa mencapai KKM ≥ 75 mata pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar Matematika kelas III di SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan dengan penerapan model problem based learning. Persentase keaktifan sebelum adanya tindakan atau prasiklus yaitu 25%. Pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 57%, dan siklus II persentase keaktifan siswa sebesar 82%. Persentase ketuntasan siswa sebelum tindakan 10 siswa (36%), pada siklus I sebanyak 14 siswa (50%), dan pada siklus II sebanyak 25 siswa (89 %).
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Google Meet pada Siswa Sekolah Dasar Ardana Nur Huda; Dwi Anggraeni Siwi; Christina Puji Rahayu
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.119 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.109

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan motivasi belajar melalui penerapan Google Meet pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Popongan Tahun Ajaran 2020/2021dan (2) meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan Google Meet pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Popongan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Terdapat 4 tahap dalam tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Popongan tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 25 siswa. Data yang digunakan adalah data hasil belajar IPA, data aktivitas siswa, dan data aktivitas guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator kinerja penelitian yakni (1) rata-rata nilai keaktifan siswa minimal 3,50 dan (2) nilai hasil belajar IPA diatas KKM ≥75 minimal 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan media Google Meet dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Popongan tahun ajaran 2020/2021 dan (2) penerapan media Google Meet dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Popongan tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil motivasi belajar siswa yakni pada siklus 1 sebesar 3,17 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 3,53. sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar IPA yakni pada pratindakan sebesar 32%(8 siswa), pada siklus I sebesar 72%(18 siswa), dan pada siklus II sebesar 88%(22 siswa).
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Benda Kongkret Febriana; Dwi Anggareni Siwi; Cristina Puji Rahayu
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.822 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan penggunaan media benda kongkret untuk meningkatkan 1). keaktifan belajar IPA siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Sragen Tahun Ajaran 2020/2021;2). hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Sragen Tahun Ajaran 2020/2021.Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Pilangsari 1 yang berjumlah 32 siswa,KKM muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu ≥ 75. Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data di lakukan secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Indikator penelitian yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah : 1). Keaktifan belajar siswa : Target diharapkan dalam peningkatan kekatifan mencapai 80% siswa mencapai kategori baik. 2). Hasil belajar siswa meningkat minimal 80% siswa mencapai nilai KKM ≥75 pada mata pelajaran IPA.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan Media Benda kongkret dapat meningkatkan keaktifan siswa persentase keaktifan sebelum adanya tindakan atau prasiklus yaitu 39,42% , pada siklus I didapati bahwa keaktifan siswa pada siklus I sebesar 57,08 % , siklus II persentase keaktifan sebesar 80,86%; 2) penggunaan Media Benda kongkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa persentase ketuntasan hasil belajar pada prasiklus yaitu 10 siswa 31%.Siklus 1 sebanyak 23 siswa atau 71,87% dan SiklusII 30siswaatau93,75%.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Daring Melalui Media Gambar Adita Ikraminawati; Dwi Anggareni Siwi; Christina Puji Rahayu
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.298 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1)meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran daring Pendidikan Kewarganegaraan melalui Media Gambar kelas 2 Semester 2 SD Negeri Pilangsari 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 dan 2)meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring Pendidikan Kewarganegaraan melalui Media Gambar kelas 2 Semester 2 SD Negeri Pilangsari 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan di SD Negeri Pilangsari 1. Subyek penelitian adalah siswa kelas 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran daring Pendidikan Kewarganegaraan. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Persentase ketuntasan mencapai KKM yaitu ≥75 dengan ketuntasan minimal 70% siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1)penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan peningkatan skor rata-rata dari awal 47 (rendah) menjadi 59 (rendah) pada siklus I, pada siklus II meningkat 76,25 (tinggi); 2)penggunaan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri Pilangsari 1. Hal ini tampak pada peningkatan nilai rata-rata ulangan pada kondisi awal 74 dengan persentase ketuntasan 37,5% (12 siswa), meningkat menjadi 79 dengan persentase ketuntasan 59% (19 siswa) siklus I, kemudian menjadi 86,5 dengan persentase ketuntasan 94% ( 30 siswa) siklus II.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Rini Oktaviani; Paradika Angganing; Sugeng Riyadi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.741 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.112

Abstract

Penelitian ini bertujuan melalui model problem based learning dapat meningkatkan: 1). Motivasi belajar siswa pada Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021; 2). Hasil belajar siswa pada Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Pilangsari 1 berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif. Indikator kinerja penelitian yaitu: 1). Meningkatnya motivasi siswa mencapai 70% siswa mencapai kategori baik; 2). Meningkatnya hasil belajar dengan KKM yaitu ≥75 ketuntasan minimal 70% siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa pada Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021 meningkat, hal ini tampak pada peningkatan skor motivasi prasiklus sebanyak 7 siswa atau 25%, siklus I ketuntasan skor motivasi sebanyak 14 siswa atau 50%, dan siklus II sebanyak 21 siswa atau 75%; 2) Hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021 meningkat, hal ini dapat terlihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa prasiklus 14 siswa atau 50%, siklus I sebanyak 18 siswa atau 64%, dan siklus II sebanyak 21 siswa atau 77 %.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Discovery Learning Uma Sita Miftakhul Jannah; Krisdianto Hadiprasetyo; Toni Harsan
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.355 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.113

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dengan penerapan model discovery learning pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021; 2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model discovery learning pada siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Pilangsari 1. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1 yang berjumlah 39 siswa. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Indikator keberhasilan kinerja dalam penelitian ini adalah 1) Meningkatnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 75%; 2) Meningkatnya hasil belajar siswa mencapai KKM yaitu lebih besar sama dengan 75 dan dengan persentase KKM nya 75%. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil penelitian 1) Pada pra siklus persentase motivasi belajar sebesar 41%, kemudian pada siklus I motivasi belajar meningkat sebesar 60%, dan siklus II sebesar 82%; 2) Persentase hasil belajar pada pra siklus sebesar 38%, kemudian pada siklus I sebesar 59%, dan siklus II sebesar 79%.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penggunaan Media Audio Visual Risca Ayu Arieshandy; Paradika Angganing; Sugeng Riyadi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.866 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri Bendungan 3 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Mengetahui penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri Bendungan 3 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Bendungan 3 tahun ajaran 2020/2021, dengan subyek penelitian yaitu siswa sejumlah 13. Instrumen penelitian menggunakan tes, observasi, dan angket. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan 3 dapat ditingkatkan dengan penggunaan media audio visual. Persentase motivasi belajar siswa : sebelum tindakan 30,76%, siklus I 53,84%, dan siklus II 84,61%.Persentase hasil belajar : sebelum tindakan 30%, siklus 1 60% dan siklus II 92%. Indikator keberhasilan kinerja dalam penelitian ini : 1) meningkatnya motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 80%, 2) meningkatnya hasil belajar mencapai KKM ≥ 70, dan secara klasikal disebut tuntas belajar bila dikelas terdapat ≥ 80% yang telah mencapai KKM.
Peningkatan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Renaldo Kristiawan; Para Mitta Purbosari; Sularmi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.905 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.115

Abstract

Tujuan penelitian adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa melalui model problem based learning kelas V SD Negeri Begajah 01 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan di SD Negeri Begajah 01 tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini siswa dan guru kelas V, objek penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan non tes. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu: kuesioner, observasi, wawancara, dan tes . Sampel penelitian sebanyak 22 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 13 perempuan dengan 2 siklus penelitian. Teknik analisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif, data diskriptif komprehensif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukan siswa yang mencapai ketuntasan kritis pada siklus I sebesar 72,72% (minimal cukup kritis) pada siklus II meningkat menjadi 100% (minimal cukup kritis) dan hasil belajar siklus I sebesar 72,72% dan siklus II 84,39%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas V SDN Begajah 01 tahun pelajaran 2020/2021.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Zoom Meeting di SDN Pilangsari 1 Ngrampal Dwi Saraswati; Dwi Anggareni Siwi; Christina Puji Rahayu
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.763 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.116

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk meningkatkan motivasi belajar IPA kelas V di SD Negeri Pilangsari 1, 2). Untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V di SD Negeri Pilangsari 1 dengan menerapkan media Zoom Meeting. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada siswa kelas V di SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 39 siswa. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri Pilangsari 1 pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah ≥75. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 1. Meningkatkan motivasi belajar siswa mencapai 75%. 2. Meningkatkan minimal 75 % hasil belajar siswa dapat mencapai nilai KKM yaitu ≥75. Instrumen penelitian menggunakan tes, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Persentase ketuntasan motivasi siswa sebelum tindakan 16 siswa atau 41%, di akhir siklus 1 ketuntasan motivasi menjadi 24 siswa atau 60% dan ketuntasan motivasi di akhir siklus II menjadi 30 siswa atau 76%. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan 15 siswa atau 38%, di akhir siklus 1 ketuntasan hasil belajar menjadi 23 siswa atau 59% dan ketuntasan hasil belajar di akhir siklus II menjadi 31 siswa atau 79%.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Quizizz Kusuma Putri Endah Nugrahani; Paramitta Purbosari; Sularmi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 3 (2022): July
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.806 KB) | DOI: 10.36654/educatif.v4i3.117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui media quizizz mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Tegalmade 02 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas III SD Negeri Tegalmade 02. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kuantitatif dengan teknik persen dan deskriptif kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I siswa menggunakan quizizz, sementara pada siklus II mengoptimalkan dan memperbaiki penggunaan quiziiz. Hasil menunjukan peningkatan persentase kemampuan pemecahan masalah siswa, dari 40% pada Pra siklus, menjadi 60% pada siklus I, dan menjadi 90% pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan persentase, dari 30% pada Pra siklus, menjadi 60% pada siklus I, dan menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan telah mencapai indikator pencapaian ketuntasan 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, melalui media quizizz mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa.