cover
Contact Name
Muhammad Haris Hermanto
Contact Email
harishermanto96@gmail.com
Phone
+6282183789080
Journal Mail Official
staidarussalamlampung@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jl. Cendrawasih No.1, Labuhan Ratu Satu, Kec. Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Lampung 34396 Telepon: (0725) 641565 Provinsi: Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 28096258     EISSN : 28096258     DOI : https://doi.org/10.78099/jsit.v11i1.1313
Core Subject : Social,
Scope Peduli : Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, engineering, computers, Islamic Law, Economy, and social sciences.
Articles 30 Documents
ANALISIS KEBUTUHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI Laila Nursafitri; Elly Purwanti; Fitriyah
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2021): PENGEMBANGAN KAPASITAS PENDIDIKAN
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.543 KB)

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi tetap harus dilaksanakan secara optimal. Hal ini agar kualitas pembelajaran dapat terjaga dengan baik. Pembelajaran secara daring menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pembelajaran. Terlebih pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Guru yang harus selalu siap mengembangkan keterampilan diri serta melek teknologi agar bisa mengajar secara daring dengan optimal. Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pendampingan pada lembaga mitra dalam menggali kebutuhan keterampilan guru dalam pembelajaran di PAUD. Lembaga PAUD yang menjadi mitra dalam kegiatan ini yaiu Kober Sriwijaya dan Baitul Ilmi yang berlokasi di Lampung Timur. Kegiatan ini terdiri dari lima langkah yaitu 1) Persiapan kegiatan, 3) Pelaksanaan kegiatan, 4) Analisis dan Rencana Tindak Lanjut. Berdasarkan hasil dari kegiatan maka dibutuhkan kegiatan tindak lanjut untuk memperbaiki kondisi di lembaga mitra. Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Keterampilan Guru, PAUD
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DARI TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA : (Pendampingan, Konseling, Advokasi dan Sosialisasi Hukum di Desa Labuhan Ratu IX Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur) Ermanita Permatasari
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2021): PENGEMBANGAN KAPASITAS PENDIDIKAN
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1249.998 KB)

Abstract

Domestic violence is a form of violence based on the usual assumptions about gender regarding the relationship between men and women. Domestic violence stems from a wrong perspective, namely that human dignity and standardization of gender roles in a person are underestimated. Violence against women and children is not only found in physical violence but psychological and economic violence. The purpose of this service is to provide information to the public, especially in Labuhan Ratu IX Village, Labuhan Ratu District, East Lampung Regency, Lampung Province that women and children have been given protection to the state through legislation, one of which is Law no. 23 of 2004 concerning the Elimination of Domestic Violence and Law No. 35 of 2014 concerning Amendments to Law No. 23 of 2002 concerning Child Protection. The method used in this service is PAR (Participatory Action Research) which emphasizes the problems faced by the community by providing assistance, Mentoring, Counseling, Advocacy and Socialization on the Law on criminal acts of domestic violence and protection of minors. The result of this service activity is to provide an understanding to the community about domestic violence. The purpose of this service is so that the community can prevent the occurrence of domestic violence in the future.
PENDAMPINGAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK ANAK USIA DINI BAGI GURU YAYASAN MUSLIMAT NU BRAJA SELEBAH Dewi Trismahwati; Jamiluddin Yacub
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2021): PENGEMBANGAN KAPASITAS PENDIDIKAN
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.532 KB)

Abstract

Masa keemasan merupakan masa dimana Anak Usia Dini dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satu caranya adalah dengan pemberian stimulus yang tepat. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hadir sebagai lembaga pendidikan formal yang memiliki peran utama selain keluarga dalam mengawal pertumbuhan dan perkembangan anak. Pengawasan tersebut dapat terwujud dalam salah satu layanan di PAUD yang memiliki fungsi pendidikan dan pembimbingan Anak Usia Dini, yaitu layanan bimbingan dan konseling. Keberhasilan fungsi dan peran layanan bimbingan dan konseling PAUD tidak lepas dari kompetensi dan keterampilan yang dimiliki oleh guru atau konselor. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan kepada guru dalam melakukan perannya sebagai konselor layanan bimbingan dan konseling, yaitu dengan meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Metode yang digunakan yaitu 1) tahap perencanaan berupa wawancara dan observasi, 2) tahap pelaksanaan berupa ceramah, tanya jawab dan praktik, 3) tahap evaluasi berupa pendampingan berkelanjutan melalui grup whatsapp. Kegiatan ini diikuti oleh 8 guru TK Muslimat NU Braja Selebah. Hasil dari kegiatan ini adalah guru atau konselor semakin memahami teori dasar dan praktik pemberian bimbingan dan konseling untuk Anak Usia Dini.
PENDAMPINGAN GURU DALAM MENEMUKAN DAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA Nur Indah Sari; Damanhuri
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2021): PENGEMBANGAN KAPASITAS PENDIDIKAN
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.597 KB)

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi atas kepedulian pada hasil dan kualitas pembelajaran yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Diantara berbagai penyebab, salah satu unsur yang cukup dominan memberi kontribusi terhadap mutu lulusan adalah proses belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan baik oleh guru maupun siswa, kesulitan belajar merupakan satu kondisi yang cukup dominan menghambat keberhasilan belajar pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan di Madrasah, difokuskan pada upaya pendampingan terhadap guru dalam menemukan dan mengatasi kesulitan belajar siswa dengan kegiatan refleksi pembelajaran yang dirinci dalam kegiatan-kegiatan : a) Menyusun instrumen refleksi pembelajaran, b) melakukan simulasi penggunaan instrumen refleksi pembelajaran, c)mendampingi guru dalam praktek menemukan bentuk-bentuk kesulitan belajar menggunakan instrumen refleksi pembelajaran, d) mendamping guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa dengan memanfaatkan hasil refleksi pembelajaran, e) mensilmulasikan pemanfaatan hasil refleksi pembelajaran. Secara kuantitatif keluaran kegiatan ini adalah diperolehnya draft instrument untuk menemukan dan mengatasi kesulitan belajar siswa, hasil penelusuran dan pengamatan para guru di kelasnya masing-masing disamping data rill komponen kesulitan belajar siswa di MI Miftahul Huda.
PENDAMPINGAN OTOMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI KECAMATAN WAY JEPARA – LAMPUNG TIMUR TAHUN 2021 Siti Kholijah; Apri Kurniasih
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2021): PENGEMBANGAN KAPASITAS PENDIDIKAN
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.659 KB)

Abstract

Senayan Library Management System (SLiMS) merupakan aplikasi Open Source yang belum banyak diketahui oleh pengelola Perpustakaan Sekolah pada umumnya. SD Alam Azzahra dan SMK YPI Way Jepara sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan di Lampung Timur merupakan salah satu sekolah yang belum mengetahui pemanfaatan software tersebut. Hal ini dapat dilihat dari perangkat komputer yang tersedia di perpustakaan sekolah yang masih belum difungsikan sebagai perangkat utama dalam aktifitas pengelolaan perpustakaan. Ini disebabkan karena minimnya informasi yang didapat oleh pihak sekolah terkait pelaksanaan pengelolaan perpustakaan yang ideal. Hasil dan luaran dari PKM ini adalah meningkatnya pemahaman dan kemampuan yang dimiliki oleh pengelola perpustakaan SD Alam Azzahra dan SMK YPI Way Jepara dalam aktifitas pengadministrasian perpustakaan berbasis SLiMS. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menyediakan software yang dimaksud kepada pihak sekolah, melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan penggunaan software SLiMS kepada pengelola perpustakaan dan meberikan pendampingan dalam implementasi SLiMS.
PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA E-COMMERCE PADA PENGRAJIN TAPIS LAMPUNG DI DESA RAJABASA LAMA KECAMATAN LABUHAN RATU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR Ermanita Pematasari; siti kholijah; siti fatimah
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): TRANSFORMASI PENDIDIKAN DAN EKONOMI DI ERA DIGITAL
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1257.976 KB)

Abstract

ABSTRAK Tapis cloth is a traditional clothing of the Lampung tribe in the form of a sarong made of woven cotton yarn with motifs such as natural, flora and fauna motifs. Tapis cloth is made of woven cotton yarn with a willing motif or decoration, silver thread or gold thread with an embroidery system. The materials used are sanwos or woven fabrics, cotton threads and gold or silver threads, and pempek. Community Service Activities carried out by the STAI Darussalam PKM Team in Lampung were carried out in Rajabasa Lama Village, Labuhan Ratu District, East Lampung Regency, which is one of the typical Lampung filter fabric craftsman villages that still uses traditional manufacturing techniques. Which so far, is still marketed traditionally at a fairly low price. This causes less than optimal marketing. The research approach used in this community service is participation-based research known as Participatory action research (PAR). Community Service Activities, starting from FGDs, Training and Assistance in the Utilization of E-Commerce, which are carried out are not only limited to carrying out one of the Tridharma of Higher Education, but together with community groups can provide the widest possible benefits to the community, namely the results of filter crafts from the village. Rajabasa Lama can be better known by the wider community so that it can increase sales results and can contribute to improving the community's economy.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA VIDEO KARTU PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI DI KEC. SADAR SRIWIJAYA LAMPUNG TIMUR Elly Purwanti; Laila Nursafitri; Fitriyah
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): TRANSFORMASI PENDIDIKAN DAN EKONOMI DI ERA DIGITAL
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5175.015 KB)

Abstract

Abstrak Bahasa merupakan unsur penting dalam kehidupan manusia. Melalui berbahasa anak akan dapat mengembangkan kemampuan sosial (social skill) dengan orang lain. Anak-anak belajar bahasa seiring dengan pengembangan kemampuan kognitif lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru mengembangkan media pembelajaran dan menghasilkan media video kartu pembelajaran bahasa Inggris anak usia dini. Lembaga mitra terdiri dari Kober Sriwijaya, PAUD Mekar Jaya dan PAUD Baitul Ilmi. Metode yang digunakan yaitu: (1) pemetaan masalah, (2) persiapan kegiatan, (3) pelaksanaan kegiatan, (4) monitoring, dan (5) evaluasi kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan tiga produk media video kartu pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. Berdasarkan hasil evaluasi ditemukan beberapa saran untuk kegiatan selanjutnya.
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI PAUD PADA HIMPAUDI KECAMATAN WAY JEPARA Rahmat Hidayat; Damanhuri; Jamiludin Yacub
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): TRANSFORMASI PENDIDIKAN DAN EKONOMI DI ERA DIGITAL
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.278 KB)

Abstract

Abstrak Pendidikan Anak Usia dini merupakan pengantar pendidikan anak memasuki pendidikan sekolah dasar yang objek pelayanan pendidikannya berada pada rentang usia 0 – 6 tahun, fase ini juga dikenal sebagai golden age. Terdapat enam aspek perkembangan yang menjadi fokus guru PAUD dalam mendampingi para peserta didiknya, yaitu aspek kognitif, aspek bahasa, aspek sosial emosional, aspek fisik motorik, aspek agama nilai dan moral, aspek seni. Pelayanan bimbingan dan konseling di PAUD dilakukan oleh guru PAUD sendiri, tentunya dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling harus berdasarkan need asesment yang di tuangkan dalam program bimbingan dan konseling. Tujuan pengabdian ini memberikan pendampingan dan pelatihan kepada Guru PAUD untuk dapat menyusun Program Bimbingan dan Konseling sesuai dengan Need Asesment. Metode yang digunakan yaitu 1) perencanaan berupa wawancara dan observasi, 2) tahap pelaksanaan berupa presentasi, diskusi dan praktik, 3). Evaluasi konsultatif. Kegiatan ini ikuti oleh guru PAUD dari 10 PAUD yang ada di Kecamatan Way Jepara. Hasil dari pengabdian ini Guru dapat menyusun program sesuai dengan need asesment.
PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP PGRI 4 LABUHAN RATU Apri Kurniasih; Dhoni Kurniawati; Septiani Selly Susanti; Siti Khomsiyati
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): TRANSFORMASI PENDIDIKAN DAN EKONOMI DI ERA DIGITAL
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.234 KB)

Abstract

ABSTRACT The government's policy in launching an independent curriculum is intended to improve the quality of education in Indonesia. During the education recovery period, namely 2022-2024, the independent curriculum is implemented in Sekolah Penggerak, SMK pusat Keunggulan, and Schools that are ready to implement the Independent Pathway Curriculum, while schools that are not ready to be given the independence to continue to use the 2013 curriculum or the emergency curriculum. The existence of assistance in implementing the independent curriculum at SMP PGRI 4 Labuhan Ratu is intended to provide understanding and training in preparing learning tools that will support the implementation of the independent curriculum in the future. Mentoring is carried out using the service learning method, where the companion team visits and provides training for three meetings with three materials, namely: open mind, an independent curriculum for junior high school level, and the use of an independent teaching platform. Evaluation at the mentoring implementation stage is that it is necessary to provide further assistance in the form of workshops on the preparation of textbooks, learning modules, and student project designs in all subjects in grade 7 SMP
PENDIDIKAN SEKS BAGI REMAJA SEBAGAI TINDAKAN PENCEGAHAN PERILAKU SEKS BEBAS DI MTs MIFTAHUL ULUM KEC. BRAJA SELEBAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR Nur Indah Sari; Dewi Trismahwati; Sefriyanti; Redian Gani
PEDULI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): TRANSFORMASI PENDIDIKAN DAN EKONOMI DI ERA DIGITAL
Publisher : LPPM STAI DARUSSALAM LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.203 KB)

Abstract

ABSTRAK Masa remaja adalah masa dimana rasa ingin tahu berkembang pesat terhadap segala hal, menyukai hal-hal yang menantang. Kebanyakan tanpa diikuti oleh pertimbangan yang matang. Salah satunya adalah masalah seksual. Adanya rasa penasaran yang tinggi terhadap pengetahuan tentang seks menyebabkan remaja melakukan perilaku seks bebas. Sehingga berdampak pada masa depan dan cita-cita yang sudah direncanakan. Bahkan terkadang harus putus sekolah tanpa menuntaskan kewajibannya dalam menuntut ilmu. Guna mencegah timbulnya perilaku seks bebas tersebut, dilaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai pendidikan seks terhadap siswa kelas VIII MTS Miftahul Ulum. Tahapan yang digunakan pada sosialisasi adalah dengan terlebih dahulu melakukan survey sasaran, persiapan, pelaksanaan kegiatan hingga evaluasi kegiatan. Setelah mendapatkan materi pendidikan seks, siswa menjadi antusias karena pengetahuan yang mereka miliki semakin bertambah. Mereka jadi memahami pendidikan seks sebagai sesuatu bekal pengetahuan untuk masa depan, bukan lagi hal tabu seperti yang dirasakan sebelumnya. Kata Kunci : Remaja, Pendidikan Seks ABSTRACT Adolescence is a time where curiosity develops rapidly towards all things, likes challenging things. Mostly without being followed by careful consideration. One of them is sexual problems. The existence of a high curiosity about knowledge about sex causes teenagers to engage in free sex behavior. So that it has an impact on the future and goals that have been planned. Sometimes they even have to drop out of school without completing their obligations in studying. In order to prevent the emergence of free sex behavior, socialization activities regarding sex education were carried out for class VIII MTS Miftahul Ulum students. The stages used in the socialization are to first conduct a target survey, preparation, implementation of activities to evaluation of activities. After getting sex education materials, students become enthusiastic because their knowledge is increasing. They come to understand sex education as a provision of knowledge for the future, no longer a taboo subject as it was felt before. Keyword : Adolescence, Sex Education

Page 1 of 3 | Total Record : 30