cover
Contact Name
Ujiati Cahyaningsih
Contact Email
ujiati.cahyaningsih@gmail.com
Phone
+6281333152135
Journal Mail Official
ujiati.cahyaningsih@gmail.com
Editorial Address
Perum PKPN Asri No. 5 06/02 Karyamukti Panyingkiran Majalengka 45459
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Buletin Ilmiah Pendidikan
Published by Papanda Publisher
ISSN : -     EISSN : 29645506     DOI : https://doi.org/10.56916/bip
Core Subject : Education,
Buletin Ilmiah Pendidikan (BIP), with ISSN 2964-5506, is open access and peer-reviewed scholarly journal published Papanda. This Journal is published twice a year. This publication is available online through open access. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. BIP aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022)" : 6 Documents clear
Pelayanan Belajar Bagi Anak ADHD Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Inklusif Futeri Maharani Suradi; Teguh Prasetyo; Rasmitadila Rasmitadila
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penerapan pembelajaran daring pada anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder di sekolah dasar inklusif. Di kelas inklusif, anak dengan ADHD mengalami aspek dan gangguan belajar hiperaktif/impulsif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Siswa ADHD, kepala sekolah, guru kelas, dan guru pembimbing khusus adalah subjek penelitian. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil kajian menjawab program untuk mengatur pendidikan inklusif tanpa deskripsi di sekolah, layanan khusus bagi siswa berkebutuhan khusus, melakukan modifikasi kurikulum pada pembelajaran daring, dan adanya guru pendamping khusus bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklus dalam memberikan pelayanan khusus pada pembelajaran ADHD. Penelitian ini juga menjelaskan hambatan dalam pengajaran siswa ADHD selama masa pandemi Covid-19.
Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin dalam Antologi Puisi Tentang Jejak yang Hilang Karya Jumari HS Amanda Niagara Adriatik; Mohammad Kanzunnudin; Luthfa Nugraheni
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan jelas tentang (1) Struktur Fisik dan (2) Struktur Batin dalam Antologi Puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS. Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis antologi puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS adalah penelitian deskriptif kualitatif, dan sumber data yang digunakan adalah buku Antologi Puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS pada tahun 2014, selanjutnya teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pustaka yang diperoleh data dengan objek kajian yang diteliti melalui buku yakni antologi puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS. Hasil penelitian ini ditemukan struktur fisik dalam diksi yang digunakan bahasa konotatif yang memberi makna kiasan dan bahasa denotatif yang sederhana dan mudah dipahami, pengimajian atau citra dalam kumpulan puisi menggunakan imaji visual, taktil, dan imaji auditif hal tersebut digunakan untuk memudahkan para pembaca dalam memahami dan merasakan puisi. Terdapat struktur batin yang bertema percintaan, nada dan suasana yang ditemukan dalam puisi tersebut penyair menggunakan nada dan suasana yang meliputi khusuk, kasih sayang, dan kesunyian, selanjutnya amanat dalam antologi puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS mengajak para pembaca atau pendengar untuk merasakan dan menghargai apa yang diungkapkan oleh penyair.
Tindak Tutur Ekspresif dalam Dialog Film Rentang Kisah Karya Danial Rifki Dwi Setyorini; Irfai Fathurohman; Mila Roysa
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur ekspresif dalam dialog film Rentang Kisah karya Gita Savitri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu tuturan dialog pada film Rentang Kisah karya Gita Savitri. Sumber data pada penelitian ini yaitu film Rentang Kisah karya Gita Savitri yang di tulis dan disutradarai oleh Danial Rifki dan mulai rilis pada tanggal 11 September 2020 di aplikasi Disney+ Hotstar dengan durasi 1 jam 38 menit, serta versi Extanded yang rilis tanggal 12 Mei 2021 dengan durasi 1 jam 58 menit. Hasil tuturan ekspresif pada film Rentang Kisah terdapat 65 data yaitu meliputi tindak tutur ekspresif meminta maaf terdapat 25 data, tindak tutur ekspresif mengucapkan selamat terdapat 2 data, tindak tutur ekspresif meminta maaf terdapat 10 data, tindak tutur ekspresif belasungkawa terdapat 1 data, tindak tutur ekspresif mengeluh terdapat 19 data, tindak tutur ekspresif mengkritik terdapat 5 data, dan tindak tutur ekspresif memuji terdapat 3 data.
Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Film Orang Kaya Baru Muhammad Rizza; Ristiyani Ristiyani; Muhammad Noor Ahsin
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi pada film Orang Kaya Baru. Dialog dalam film yang erat kaitannya dengan lingkungan keluarga ini banyak mengandung tindak tutur ilokusi. Pemahaman mengenai tindak tutur ilokusi dalam film ini dapat dijadikan referensi dalam berbahasa, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam interaksi antar individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Adapun data dalam penelitian ini adalah penggalan tuturan pada film Orang Kaya Baru. Sumber datanya yakni tuturan yang terdapat pada film Orang Kaya Baru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan bahwa film Orang Kaya Baru memiliki 5 jenis tindak tutur ilokusi, yakni ilokusi asertif, ilokusi direktif, ilokusi komisif, ilokusi ekspresif, dan ilokusi deklaratif.
Analisis Semiotika Budaya Jawa Tengah pada Film Mangkujiwo Karya Azhar Kinoi Lubis Nurin Kurniawati; Irfai Fathurrohman; Mila Roysa
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.217

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang analisis semiotika Budaya Jawa Tengah dalam film Mangkujiwo karya Azhar Kinoi Lubis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika signifikasi dua tahap Roland Barthes dengan konsep tahap pertama mencari hubungan antara penanda dan petanda, kemudian tahap kedua analisis makna denotasi-konotasi- mitos. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer pada penelitian ini diperoleh langsung dari audio dan visual yang terdapat pada film Mangkujiwo. Data sekunder ini diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara seperti buku, dokumen-dokumen, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 teknik, yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Teknik observasi pengumpulan datanya menggunakan panca indera dengan menonton secara langsung serta mengkaji bentuk representasi budaya Jawa Tengah pada film Mangkujiwo. Teknik dokumentasi dengan mendokumentasikan adegan tanda budaya Jawa Tengah pada film tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didapatkan 17 data analisis semiotika Roland Barthes.
PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Ima Siti Rahmawati
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.236

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pemanfaatan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran di SMA. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran yang kreatif dan tidak monoton dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data diperoleh dari 22 peserta didik di SMA Negeri 1 Jatiwangi kelas XI IPS 5. Penelitian ini memperoleh presentase akhir sebesar 84% dengan kriteria sangat menarik. hasil dari penelitian ini bahwa penggunaan aplikasi kahoot yang digunakan dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6