cover
Contact Name
Ujiati Cahyaningsih
Contact Email
ujiati.cahyaningsih@gmail.com
Phone
+6281333152135
Journal Mail Official
ujiati.cahyaningsih@gmail.com
Editorial Address
Perum PKPN Asri No. 5 06/02 Karyamukti Panyingkiran Majalengka 45459
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Buletin Ilmiah Pendidikan
Published by Papanda Publisher
ISSN : -     EISSN : 29645506     DOI : https://doi.org/10.56916/bip
Core Subject : Education,
Buletin Ilmiah Pendidikan (BIP), with ISSN 2964-5506, is open access and peer-reviewed scholarly journal published Papanda. This Journal is published twice a year. This publication is available online through open access. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. BIP aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of education.
Articles 26 Documents
Pelayanan Belajar Bagi Anak ADHD Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Inklusif Futeri Maharani Suradi; Teguh Prasetyo; Rasmitadila Rasmitadila
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penerapan pembelajaran daring pada anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder di sekolah dasar inklusif. Di kelas inklusif, anak dengan ADHD mengalami aspek dan gangguan belajar hiperaktif/impulsif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Siswa ADHD, kepala sekolah, guru kelas, dan guru pembimbing khusus adalah subjek penelitian. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil kajian menjawab program untuk mengatur pendidikan inklusif tanpa deskripsi di sekolah, layanan khusus bagi siswa berkebutuhan khusus, melakukan modifikasi kurikulum pada pembelajaran daring, dan adanya guru pendamping khusus bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklus dalam memberikan pelayanan khusus pada pembelajaran ADHD. Penelitian ini juga menjelaskan hambatan dalam pengajaran siswa ADHD selama masa pandemi Covid-19.
Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin dalam Antologi Puisi Tentang Jejak yang Hilang Karya Jumari HS Amanda Niagara Adriatik; Mohammad Kanzunnudin; Luthfa Nugraheni
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan jelas tentang (1) Struktur Fisik dan (2) Struktur Batin dalam Antologi Puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS. Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis antologi puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS adalah penelitian deskriptif kualitatif, dan sumber data yang digunakan adalah buku Antologi Puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS pada tahun 2014, selanjutnya teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pustaka yang diperoleh data dengan objek kajian yang diteliti melalui buku yakni antologi puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS. Hasil penelitian ini ditemukan struktur fisik dalam diksi yang digunakan bahasa konotatif yang memberi makna kiasan dan bahasa denotatif yang sederhana dan mudah dipahami, pengimajian atau citra dalam kumpulan puisi menggunakan imaji visual, taktil, dan imaji auditif hal tersebut digunakan untuk memudahkan para pembaca dalam memahami dan merasakan puisi. Terdapat struktur batin yang bertema percintaan, nada dan suasana yang ditemukan dalam puisi tersebut penyair menggunakan nada dan suasana yang meliputi khusuk, kasih sayang, dan kesunyian, selanjutnya amanat dalam antologi puisi Tentang Jejak yang Hilang karya Jumari HS mengajak para pembaca atau pendengar untuk merasakan dan menghargai apa yang diungkapkan oleh penyair.
Tindak Tutur Ekspresif dalam Dialog Film Rentang Kisah Karya Danial Rifki Dwi Setyorini; Irfai Fathurohman; Mila Roysa
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur ekspresif dalam dialog film Rentang Kisah karya Gita Savitri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu tuturan dialog pada film Rentang Kisah karya Gita Savitri. Sumber data pada penelitian ini yaitu film Rentang Kisah karya Gita Savitri yang di tulis dan disutradarai oleh Danial Rifki dan mulai rilis pada tanggal 11 September 2020 di aplikasi Disney+ Hotstar dengan durasi 1 jam 38 menit, serta versi Extanded yang rilis tanggal 12 Mei 2021 dengan durasi 1 jam 58 menit. Hasil tuturan ekspresif pada film Rentang Kisah terdapat 65 data yaitu meliputi tindak tutur ekspresif meminta maaf terdapat 25 data, tindak tutur ekspresif mengucapkan selamat terdapat 2 data, tindak tutur ekspresif meminta maaf terdapat 10 data, tindak tutur ekspresif belasungkawa terdapat 1 data, tindak tutur ekspresif mengeluh terdapat 19 data, tindak tutur ekspresif mengkritik terdapat 5 data, dan tindak tutur ekspresif memuji terdapat 3 data.
Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Film Orang Kaya Baru Muhammad Rizza; Ristiyani Ristiyani; Muhammad Noor Ahsin
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi pada film Orang Kaya Baru. Dialog dalam film yang erat kaitannya dengan lingkungan keluarga ini banyak mengandung tindak tutur ilokusi. Pemahaman mengenai tindak tutur ilokusi dalam film ini dapat dijadikan referensi dalam berbahasa, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam interaksi antar individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Adapun data dalam penelitian ini adalah penggalan tuturan pada film Orang Kaya Baru. Sumber datanya yakni tuturan yang terdapat pada film Orang Kaya Baru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan bahwa film Orang Kaya Baru memiliki 5 jenis tindak tutur ilokusi, yakni ilokusi asertif, ilokusi direktif, ilokusi komisif, ilokusi ekspresif, dan ilokusi deklaratif.
Analisis Semiotika Budaya Jawa Tengah pada Film Mangkujiwo Karya Azhar Kinoi Lubis Nurin Kurniawati; Irfai Fathurrohman; Mila Roysa
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.217

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang analisis semiotika Budaya Jawa Tengah dalam film Mangkujiwo karya Azhar Kinoi Lubis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika signifikasi dua tahap Roland Barthes dengan konsep tahap pertama mencari hubungan antara penanda dan petanda, kemudian tahap kedua analisis makna denotasi-konotasi- mitos. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer pada penelitian ini diperoleh langsung dari audio dan visual yang terdapat pada film Mangkujiwo. Data sekunder ini diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara seperti buku, dokumen-dokumen, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 teknik, yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Teknik observasi pengumpulan datanya menggunakan panca indera dengan menonton secara langsung serta mengkaji bentuk representasi budaya Jawa Tengah pada film Mangkujiwo. Teknik dokumentasi dengan mendokumentasikan adegan tanda budaya Jawa Tengah pada film tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didapatkan 17 data analisis semiotika Roland Barthes.
PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Ima Siti Rahmawati
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i1.236

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pemanfaatan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran di SMA. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran yang kreatif dan tidak monoton dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data diperoleh dari 22 peserta didik di SMA Negeri 1 Jatiwangi kelas XI IPS 5. Penelitian ini memperoleh presentase akhir sebesar 84% dengan kriteria sangat menarik. hasil dari penelitian ini bahwa penggunaan aplikasi kahoot yang digunakan dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.
Menghadapi Permasalahan Pada Anak SD Andi Pratama; Habib Rohman; Muhammad Egi Al Fahjri
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i2.263

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tentang penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar Negeri XX Purworejo. Hasil penelitian terdapat dua siswa yang memiliki keterlambatan dalam menerima materi, sehingga mereka selalu ketinggalan dengan teman-teman sekelasnya. Sehingga terjadi ketimpangan didalam kelas dikarenakan materi yang sering diulang-ulang oleh sang guru demi kedua siswa tersebut bisa paham terhadap materi yang sedang dibahas, dan yang terjadi kepada siswa yang telah paham dengan materi tersebut merasa bosan karena materi itu terus diulang oleh pendidik. Teknik yang dilakukan guru dalam memahami peserta didik adalah melalui tes, observasi, dan wawancara. Penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar XX di kabupaten Purworejo telah dilaksanakan secara terintegrasi dengan proses pembelajaran.
Penguatan Karakter Toleransi Melalui Budaya Sekolah Zeesiska Nur; Rintis Rizkia Pangestika
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i2.264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tentang bentuk-bentuk penguatan karakter toleransi melalui budaya sekolah di SD. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan keyakinan antara siswa dengan gurunya. Toleransi merupakan sifat atau sikap menenggang (menghargai, membiarkan, memperbolehkan) pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dan sesuatu yang berbeda dari pendirian dirinya sendiri. Budaya sekolah adalah tradisi, keyakinan dan norma-norma yang ada disekolah yang dapat dipelihara, dibentuk, diperkuat melalui semua warga sekolah baik pihak guru maupun siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis riset fenomenologis dan subjeknya yaitu siswa kelas V SD.Pada proses pengumpulaan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang sudah saya lakukan bahwa SD menguatkan karakter toleransi peserta didiknya melalui budaya sekolah dengan cara pembiasaan, keterlibatan berbagai pihak dan branding sekolah.
PENERAPAN POHON LITERASI WEEKDAY BERBASIS KARYA SISWA DI SD NEGERI 03 WATES Azkadina Halipah; Siwi Utaminingtyas
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i2.267

Abstract

The implementation of online learning is one of the obstacles in implementing the School Literacy Movement (GLS). One of the affected schools is SDN 3 Wates, which previously implemented the School Literacy Movement (GLS) but did not run optimally during the pandemic. The Weekday Literacy Tree Program is based on student work at SDN 3 Wates as a form of follow-up to the GLS carried out by the school by reading 15 minutes before learning. The purpose of this study was to describe how the literacy tree was implemented during a pandemic in class V students. The research method used descriptive qualitative research with class V students with 24 students, data collection techniques used observations and interviews. Based on the results of the study, the implementation of the weekday literacy tree based on student work at SDN 3 Wates showed that the implementation of the weekday literacy tree was limited face-to-face, fifth grade students were divided into two groups on different days, Monday-Friday and Tuesday-Saturday after the activity. learning in the library. On Fridays and Saturdays students collect their work by hanging on the literacy tree that has been provided in the library.
ANALISIS PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR Atikah Mumpuni; Nur Afifah
Buletin Ilmiah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Papanda Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56916/bip.v1i2.269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dan faktor kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam membaca dan menulis asal di kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas II serta siswa kelas II Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca di kelas II SD. Kesulitan membaca yang dialami siswa yaitu (1), mengenal huruf, (2) membaca kata bermakna, (3) membaca kata yang tidak memiliki arti, (4) membaca nyaring dan pemahaman membaca,(5) menyimak (pemahaman mendengar). Kemudian, peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II SD adalah (1) guru menggunakan media pembelajaran yang efektif dan menarik, (2) menggunakan metode SAS, (3) memberikan program khusus atau mempersembahkan remedial kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca

Page 1 of 3 | Total Record : 26