cover
Contact Name
Reza Akbar
Contact Email
rezaakbaraplus@gmail.com
Phone
+6281254504942
Journal Mail Official
glorespublication@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tabrani Desa Saing Rambi Komplek Adenia 4A, Sambas Kalimantan Barat, Indonesia, Kode Pos 79460. Surel : glorespublication@gmail.com / admin@glorespublication.org WA: +62-812-5450-4942 (Reza Akbar)
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pelita Nusantara
ISSN : -     EISSN : 29870283     DOI : https://doi.org/10.59996
The scope of articles published by Jurnal Pelita Nusantara includes studies in the fields of law, Anthropology, Sociology, Communication Studies, Economics, Education, Geography, History, Political Science, Social Psychology, and other social sciences.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara" : 14 Documents clear
Karakteristik Kepemimpinan Efektif Risalatun Nisa; Ina Nurwahidah; Nurjamaludin; Gilang Anjar Prasetya; Ridwan Nurhidayat
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.300

Abstract

Seorang pemimpin yang efektif mampu mempengaruhi dan memotivasi timnya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Kepemimpinan bicara tentang menginspirasi orang lain untuk mencapai potensi terbaik mereka. Penelitian ini bertujuan mensintesis karakteristik kepemimpinan efektif dari kajian-kajian terdahulu. Metode penelitian ini adalah riset kepustakaan dengan menggunakan berbagai literatur. Berdasarkan kajian ini, disimpulkan bahwa ada beberapa gaya kepemimpinan antara lain kepemimpinan otoriter, kepemimpinan demokratis, kepemimpinan karismatik, kepemimpinan laissez-faire, kepemimpinan transaksional, kepemimpinan transformasional, dan kepemimpinan birokratis. Adapun karakteristik kepemimpinan efektif antara lain memiliki tujuan (visioner), memotivasi, mengetahui dengan baik cara mencapai tujuan, memiliki empati, peka dan mengetahui potensi keunikan tim, kreatif, dan introspektif.
Perencanaan Manajemen Sarana-Prasarana di SMP Plus Mifthul Hidayah Al-Syafa Yayat Hidayat; Miftah Nurul Maarif; Usep Purkon Ramdani; Manarul Hidayat; Jamiludin R; Euis Hayun Toyibah
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya perencanaan manajemen sarana prasarana yang ada di sekolah. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari berbagai referensi tertulis seperti artikel jurnal, buku-buku, dan situs lainnya serta observasi langsung di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tahapan yang dilakukan di SMP Plus Miftahul Hidayah Al-Syafa dalam rangka perencanaan manajemen sarana dan prasarana antara lain dengan analisis perencanaan dan analisis kebutuhan. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah pelaksanaan tidak sesuai dengan perencanaan dan keterlambatan pencairan dana.
Dampak Sistem Informasi dalam Manajemen Pendidikan: Studi di SDN 1 Parakanmanggu Misbahhudin; Devi Silvia DEwi; Meilina Silvi Imanika; Jamiludin; Manarul Hihayat
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.309

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tata kelola pendidikan melalui dampak sistem informasi dalam manajemen merupakan di SDN 1 Parakanmanggu. Penelitian termasuk penelitian kualitatif dan berjenis penelitian lapangan. Data diperoleh dengan Teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa sistem informasi manajemen (SIM) memiliki dampak signifikan dalam pengelolaan pendidikan di SDN 1 Parakanmanggu, termasuk pengaruh terhadap kepuasan siswa dan guru, kualitas pelayanan, efisiensi kegiatan sekolah, dan akses informasi sekolah. Dengan penerapan SIM, diharapkan dapat terjadi peningkatan akses informasi, efisiensi kegiatan, dan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, penelitian dan implementasi SIM dalam konteks pendidikan memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan tata kelola pendidikan.
Konflik Kerja dan Perilaku Politik Organisasi Dian Ardiansah; Tatin Suhertin; Indri Ramdani; Ahmad Hafidin
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.320

Abstract

Konflik dan masalah dalam suatu organisasi merupakan hal yang sangat sering terjadi. Semakin tinggi tingkat konflik kerja, semakin cenderung anggota organisasi menunjukkan perilaku politik untuk melindungi atau meningkatkan posisi mereka. Tujuan penulisan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara konflik kerja dengan perilaku politik dalam suatu organisasi. Dalam melaksanakan penelitian ini, data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang berhubungan dengan permasalahan. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa konflik kerja merupakan salah satu pemicu perilaku politik dalam satu organisasi; kepemimpinan organisasi merupakan cara mengatasi konflik kerja dalam suatu organisasi; dan bahwa perilaku politik dalam suatu organisasi dapat menimbulkan dampak positif dan dampak negatif terhadap organisasi.
Budaya Organisasi dan Dinamika Organisasi Rina Marliani; Nova Merisa
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.335

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji makna budaya organisasi dan dinamika organisasi. Metode yang digunakan adalah kajian kepustakaan yakni ditempuh dengan cara mengumpulkan data atau informasi tertulis dari buku-buku, koran, dan berbagai artikel di internet yang relevan dengan topik penelitian. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan kajian ini disimpulkan bahwa budaya organisasi merupakan sistem nilai yang sudah tertanam lama di dalam sebuah organisasi. Sedangkan dinamika organisasi merupakan perubahan perilaku para anggota organisasi yang berkelanjutan yang bersifat adaptif. Budaya organisasi dan dinamika organisasi keduanya dapat saling memengaruhi.
Mengukur Kemampuan Kognitif Tingkat Tinggi dengan Pertanyaan Pilihan Ganda Afifah Az Zahra; Alya Khonsa At-Taqiyyah
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.336

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui cara mengukur keterampilan kognitif dengan pertanyaan pilihan ganda tingkat tinggi potensi dan kendala, yang dimana keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan suatu keterampilan yang tidak hanya dengan membutuhkan kemampuan dalam mengingat, akan tetapi memerlukan kemampuan yang tingkatannya lebih tinggi lagi. penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan subjek penelitian kajian kepustakaan. maka Pertanyaan pilihan ganda tingkat tinggi melibatkan identifikasi hubungan antara metode, teknik, konsep, prinsip, teori, dll., menerapkan informasi pada situasi baru, membuat kesimpulan, dan membedakan informasi yang relevan dari informasi yang tidak relevan. Pertanyaan pilihan ganda sendiri memiliki beberapa potensi dan kendala diantara potensi tersebut ialah Mengukur Pemahaman Mendalam, Mendorong pemikiran Kritis, Mengembangkan Keterampilan Analitis, Mendorong Pemecahan Masalah, Menggali Multiple Intelligences, Persiapan untuk Pengujian Standardisasi. maka penerapan pertanyaan pilihan ganda tidak semata sebagai instrumen penilaian, tetapi juga sebagai instrumen pengajaran yang dapat merangsang pengembangan keterampilan kognitif tingkat tinggi.
Pengaruh Sosial Kepemimpinan dalam Organisasi Daris Susanto; Fitri Syifa Nuriah
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.337

Abstract

Kepemimpinan adalah bagian penting dalam proses manajemen dan dibutuhkan pada semua tipe organisasi. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sosial pemimpin dalam organisasi. Penelitian ini merupakan kajian kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Sumber data berasal dari berbagai sumber tertulis dan dokumen seperti buku, jurnal, dan artikel lainnya. Berdasarkan kajian ini, disimpulkan bahwa pentingnya memilih seorang pemimpin dalam suatu organisasi dipengaruhi oleh karakteristik pengaruh sosial masyarakat yang membentuk budaya organisasi. Budaya organisasi merupakan hal yang penting dalam membentuk pemahaman mengenai tujuan, norma prilaku, dan nilai identitas bersama. Faktor yang merupakan peran penting dalam hal ini yaitu budaya organisasi, norma-norma sosial yang dianut, dan ekspektasi kolektif dari anggota organisasi. Pemimpin memiliki peran yang signifikan dalam menentukan bagaimana norma dan nilai dan hubungan sosial yang dikembangkan diantara anggota tim. Pentingnya mempertimbangkan budaya organisasi, norma-norma sosial, dan ekspektasi kolektif dalam pemilihan pemimpin menegaskan bahwa pengaruh sosial memiliki dampak yang mendalam dalam membentuk identitas, kinerja, dan perubahan di dalam organisasi.
Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Haidar Amran; Muhammad Faizal Rabbani; Muhammad Hibatillah Hasanin; Nurul Latifatul Inayati
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.341

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini sebagai bentuk deskripsi, gambaran, dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang ada di Prodi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta yang tentunya terdapat beberapa kendala ringan dan nantinya dapat diketahui evaluasi dari pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sebagai bentuk untuk meminimalisir kendala-kendala yang lebih besar. Dengan metode penelitian kualitiatif deskriptif, dengan sumber-sumber hasil penelitiannya diperoleh dari wawancara, observasi, dan juga dokumentasi yang dilakukan di gedung Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam kampus 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta pada 12 Januari 2024. Hasilnya, evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh setelah pandemi di Magister Pendidikan Agama Islam ini dapat dijadikan tolak ukur keefektifan mahasiswa dalam menangkap materi-materi yang telah disampaikan oleh dosen.
Strategi Kepala Sekolah dalam Penjaminan Mutu Internal: Studi di SD Negeri 1 Karangbenda Ajeng Tanjiah Setia Mukti; Dede Hilma; Neneng Nurmalasari; Desi Sri Sulistia; Doni Ilyas; Manarul Hidayat; Ujang Anwar Fauzi
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.344

Abstract

Penjaminan mutu internal di sekolah dasar merupakan aspek kritis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah sebagai salah satu orang yang dituntut untuk bisa bertanggung jawab secara penuh dalam mengelola sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan penjaminan mutu internal pendidikan di SDN 1 Karangbenda. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dan penelitian lapangan. Data diambil dengan Teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan penjaminan mutu internal pendidikan di SDN 1 Karangbenda antara lain melakukan berbagai pelatihan dan sejenisnya; memberikan pengarahan dan bimbingan kepada guru; melakukan pengawasan dan evaluasi. Selain itu, strategi yang dilakukan adalah dengan melibatkan morang tua siswa, komite sekolah, guru-guru, dan masyarakat sekitar dalam pengambilan keputusan.
Teori Terbentuknya Kelompok Annisa Kania Fauzani Tarigan; Iip Mustopa Syarifah
Jurnal Pelita Nusantara Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Pelita Nusantara
Publisher : CV Global Research Publication

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i4.349

Abstract

Pembentukan kelompok merupakan aspek kunci dalam dinamika organisasi dalam mempengaruhi interaksi individu, kinerja tim, dan akhirnya pencapaian tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana suatu kelompok atau komunitas terbentuk. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dan kepustakaan. Datanya berasal dari berbagai sumber tertulis seperti buku, jurnal, dan sumber tertulis lainnya. Berdasarkan kajian ini disimpulkan bahwa fungsi kelompok antara lain: memenuhi kebutuhan anggotanya, pemberi identitas, penguji kenyataan, dan sebagai pembentuk mekanisme pemecahan masalah di tataran anggota. Sedangkan teori terbentuknya kelompok antara lain teori kontrak sosial, teori hasrat sosial, teori kedekatan, teori keseimbangan, dan teori alasan praktis. Ini menunjukkan bahwa terbentuknya kelompok dilatari oleh berbagai kenyataan yang membawa karakteristik yang unik dalam suatu kelompok.

Page 1 of 2 | Total Record : 14