cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2022): Edisi Januari" : 4 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare Sulfah Muhtar; Nurhikmah H Nurhikmah H; Pattaufi Pattaufi
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i1.25566

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Designs (Non-design) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Parepare. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga memperoleh sampel sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi terdiri dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Tes terdiri dari pre-test yang diberikan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring dan post-test yang diberikan setelah pelaksanaan pembelajaran daring. Dokumentasi sebagai data pendukung pada penelitian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan non parametrik wilcoxon signed ranks test (Z). Berdasarkan hasil uji non parametrik wilcoxone signed ranks test (Z) yang diolah menggunakan SPSS 22 for windows diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare setelah pelaksanaan pembelajaran daring lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar
Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Siswa SMPN 3 Kahu Isna Wati Amir; Abdul Hakim; Nurhikmah H Nurhikmah H
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i1.28199

Abstract

Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan. Kebutuhan pada media evaluasi berbasis quizizz ini sesuai dengan kenyataan bahwa perlu adanya alat evaluasi yang menarik untuk di gunakan demi mempermudah proses evaluasi pada mata pelajaran  Bahasa Indonesia kelas VII di Smp 3 Kahu. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui bagaimana dan (2) Mengetahui bagaimana tingkat kevalidan dan kepraktisan alat evaluasi pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII Smp 3 Kahu. Jenis penelitian ini (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Data yang di olah nantinya berbantuk deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif di peroleh dari angket yang di berikan kepada validator materi, validator media dan Desain, guru pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII, dan siswa kelas VII C berjumlah 21 siswa. Sedangkan data kuantitatif di peroleh dari kritik dan saran yang di berikan oleh validator dan pengguna. Hasil validasi dari ahli materi dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh dengan kriteria valid. Hasil uji coba dan hasil uji lapangan soal di karegorikan valid semua dengan reliabilitas yang di peroleh pada tahap pertama di kategorikan tidak reabel dan pada tahap uji lapangan di kategorikan reabel. Pada penilaian peserta didik memperoleh dengan kriteria menarik.Kata Kunci: Evaluasi; Quizizz
Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Manajemen Pembelajaran Fitri Hidayanti; Abdul Hakim; Farida Febriati
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i1.26474

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap penggunaan buku digital pada mata kuliah Manajemen Pembelajaran, mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan buku digital. Metode yang digunakan adalah research and development sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup, selanjutnya analisis data dilakukan menggunakan teknuik analisis deskrtiptif kualitatif dan statistic deskrtiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku digital Manajemen Pembelajaran valid digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media dan isi memiliki kualifikasi sangat baik selanjutnya tajap pengembangan media buku digital yang diujicobakan pada mahasiswa dan dosen pengampuh juga berada pada kualifikasi sangat baik.Kata Kunci: buku digital; manajemen pembelajaran; pembelajaran
Analisis Prinsip Desain Pesan dalam Buku Tematik Terbitan Kemdikbud (Analisis Isi Buku Tema 3 Kelas V SD) Nunung Nurfajri Ainun; Pattaufi Pattaufi; Farida Febriati
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i1.30429

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan prinsip desain pesan dalam buku tematik tema 3 kelas V SD dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian analisis isi. Sumber data yaitu buku tematik tema 3 kelas V SD, dengan pengumpulan data studi dokumen yang dianalisis secara deskriptif yang diperoleh dari lembar koding dan didukung hasil wawancara narasumber. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa buku tematik tema 3 kelas V SD menerapkan prinsip desain pesan, diantaranya desain visual, desain teks, dan desain layar/layout. Penerapan prinsip desain visual menerapkan diantaranya 1) unsur garis, 2) unsur shape/bentuk, 3) unsur texture, 4) unsur warna, dan 5) ilustrasi. Selanjutnya, penerapan desain teks yaitu 1) penggunaan judul yang jelas dengan sedikit kata-kata, 2) penggunaan kotak untuk memberi penekanan pada teks, 3) penyajian headings, 4) penyajian pertanyaan, 5) runtunan, 6) penggunaan daftar runtunan, dan 7) penyajian simpulan. Sedangkan, penerapan desain layar/layout menerapkan sebagai berikut 1) elemen visual, 2) elemen teks, dan 3) elemen tak terlihat. Namun, penerapan prinsip desain pesan dalam buku tematik tersebut terdapat elemen prinsip desain teks yang tidak diterapkan yaitu penyajian rangkuman dan garis besar isi teks. Selain itu, beberapa elemen harus diperbaiki dan diperhatikan dalam penerapannya sesuai prinsip desain pesan, supaya pesan dapat tersampaikan dengan baik.Kata Kunci: buku tematik; desain pesan; visual; teks; layout

Page 1 of 1 | Total Record : 4