cover
Contact Name
Dian Rachma
Contact Email
dianrachma@binawan.ac.id
Phone
+6285310929765
Journal Mail Official
jpmparahita@binawan.ac.id
Editorial Address
Jalan Kalibata Raya - Dewi Sartika, No 25-30, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13630
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JPMB Parahita
Published by Universitas Binawan
ISSN : 27472094     EISSN : 2963637X     DOI : https://doi.org/10.54771/jpmbp.v3i02
Journal of Community Service Bakti Parahita (JPM Bakti Parahita) publishes manuscripts from the results of community service activities. JPM Bakti Parahita publishes community service manuscripts in the fields of health, science and technology and social humanities. Bakti Parahita is published twice in a year on June and December.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 38 Documents
Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Melalui Konseling Pada Masyarakat Korban Banjir Kelurahan Cawang Jakarta Timur Ratnasartika; Abdi Rianda; Siti Hilmah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v1i01.130

Abstract

Bencana banjir yang melanda Kawasan Kelurahan Cawang Jakarta Timur pada Juli 2019 lalu tidak hanya menyebabkan kerusakan fisik akan tetapi juga dapat meninggalkan bekas luka psikis (trauma) bagi para korbannya. Konselor adalah salah satu profesi yang bertugas untuk melaksanakan layanan konseling untuk korban bencana yang mengalami trauma. Konselor memiliki peran penting untuk membantu pengentasan kondisi trauma yang dialami oleh korban melalui layanan konseling bencana (disaster counseling), yaitu (1) play therapy, (2) penenangan (relaksasi dan disensitisasi), serta (3) layanan pendalaman (eklektik). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diberikan adalah untuk dapat membantu pemulihan trauma yang dialami oleh korban bencana alam yang selamat. Hasil dari kegiatan ini adalah para korban yang terdampak bencana banjir dapat menyembuhkan keluhan psikis dan meningkatkan kesadaran akan Kesehatan mental selama kondisi bencana atau krisis.
Pengembangan Ekonomi Produktif Penyandang Disabilitas Daksa Di Kota Bogor Abdi Rianda; Mari Esterilita; Uut Hanafi Rochman; Endang Mintarja
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v1i01.131

Abstract

Penyandang disabilitas adalah kelompok masyarakat yang sering termarjinalkan dalam tatanan masyarakat. Sebagai bagian dari masyarakat, penyandang disabilitas juga dapat dan ingin menjadi anggota masyarakat yang produktif, mandiri serta berguna bagi visi pembangunan nasional. Dibutuhkan Kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak agar pembangunan nasional dapat tercapai. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Kota Bogor ini menyasar kelompok difabel yang telah melakukan pelatihan kewirausahaan dimana pelatihan ini terselenggara atas dukungan CSR (Corporate Social Responsibilty)/ Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Pelatihan yang terselenggara sejak 2017 ini tetap harus mendapat pembekalan dan pendampingan agar dapat terusberkembang. Diharapkan dengan adanya dukungan dari pihak akademis, swasta dan praktisi melalui program pelatihan yang berkelanjutan dan metode yang sesuai, seorang penyandang disabilitas bisa dan mampu dalam mencapai kemandirian, terutama kemandirian finansial.
Persepsi Siswa Terhadap Soft Skills Bagi Pendidikan Dan Karir Di Era Industri 4.0 Enggar Mulyajati; Rizkia Winama
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v1i01.132

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi menciptakan revolusi industri 4.0 yang ditandai oleh penggunaan internet. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda di Indonesia. Generasi muda seperti siswa SMK merupakan generasi yang siap kerja. Kurikulum pendidikan yang lebih menekankan keterampilan teknis (hard skills) membuat keterampilan nonteknis (soft skills) belum optimal ditanamkan. Padahal seperti keterampilan teknis, keterampilan nonteknis penting untuk dipahami dan dikuasai siswa. Terlebih, soft skills pun berperan penting bagi siswa agar sukses di bidang pendidikan dan di dunia kerja. Oleh sebab itu, edukasi mengenai pentingnya soft skills bagi siswa SMK dihadirkan dalam sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat(PKM). Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya soft skills bagi pendidikan dan karir di masa depan. Kegiatan ini berupa acara tayang bincang bagi siswa-siswi kelas XII SMK. Metode yang digunakan adalah teknik survei denganmenyebarkan angket persepsi ke seluruh siswa setelah mengikuti kegiatan tersebut. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas siswa memahami dan menyadari pentingnya soft skills bagi pendidikan dan karir mereka di dunia kerja. Selain itu, siswa memahami soft skills yang telah mereka miliki dan kuasai juga soft skills apa saja yang ingin ditingkatkan untuk menghadapi dunia kerja. Dengan adanya kegiatan ini, wawasan dan pengetahuan siswa semakin bertambah dan siswa dapat meningkatkan soft skills mereka agar siap menghadapi dunia kerja di era revolusi industri keempat.
Peningkatan Self Awarness Siswa dalam Memilih Karir yang Tepat Di Era Industri 4.0 di MA Asyafi’iyah 01 Jakarta Mari Esterilita; Atika; Rianda Abdi; Sandro Prayuda
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v1i01.133

Abstract

Revolusi Industri 4.0 banyak merubah aspek dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah adalah profesi dan pekerjaan. digitalisasi dan penggunaan big data banyak menggeser profesi yang dilakukan oleh manusia kepada mesin atau robot. Menghadapi perubahan revolusi industri 4.0 remaja perlu memiliki ketrampilan yang mumpuni untuk mempersiapkan karir di masa yang akan datang. Usia remaja adalah masa dalam menentukan karir setelah lulus di bangku SMA/MA/ sederajat. Self-awarness penting dimiliki oleh siswa-siswi MA As-Syafi’iyah 01 dalam menentukan karir setelah tamat dari bangku sekolah. Peran sekolah dan orangtua sangat penting dalam mendukung tumbuhnya Self Awarness dalam diri siswa. Self-awareness juga penting ditumbuhkan dengan cara mengedukasi kepada siswa-siswi tentang memilih karir yang tepat di Era 4.0. Berdasarkan data hasil angket yang dikelola peneliti bahwa tingkat self-awareness siswa dalam memilih karir yang tepat di Era 4.0 masih cukup rendah berdasarkan hasil pre test mengenai pengetahuan siswa-siswi terkait karir di Era Industri. Tujuan kegiatan pengabdian Masyarakat ini adalah melakukan Peningkatan self-awareness kepada siswa-siswi MA AS’Syafiiyah 01. Metode yang digunakan adalah melalui kegiatan penyuluhan dan penyebaran angket Pre-Test dan Post-Test dan pembukaan Stand Karir kepada Siswa-Siswi. Adapun hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah terdapat peningkatan self-awareness siswa terhadap Karir di Era Industri 4.0. Implikasi dari kegiatan PKM ini adalah siswa siswi MA As-Syafi’iyah 01 memiliki perspektif terhadap pilihan karir di Era 4.0 dengan cara menerima berbagai informasi yang dijadikan dasar dalam memutuskan karir ke depan.
Penyuluhan Kesehatan Pada Ibu Hamil Tentang Mempersiapkan Kehamilan Dan Persalinan Di Tengah Pandemi Covid-19 Irwanti Gustina
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v1i01.134

Abstract

Kehamilan dan melahirkan adalah momen yang membahagiakan bagi setiap calon ibu di dunia. Namun menjalani kehamilan dan persiapan melahirkan saat pandemi covid-19 atau yang dikenal dengan Virus Corona, dapat menambah kecemasan sang ibu. Sebab, persiapan yang dilakukan harus lebih matang dan ada banyak prosedur yang harus dijalankan. Konsultasi kehamilan dapat dilakukan secara online atau melalui telepon sehingga pemeriksaan kehamilan tetap bisa dilakukan untuk melihat perkembangan bayi. Perubahan pemeriksaan kehamilan juga dapat disesuaikan pada kondisi masing-masing pasien. Misalnya, kehamilan dengan risiko rendah dan risiko tinggi. Tujuan PKM ini untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para Ibu hamil ditengah masa pandemic covid -19, baik yang memiliki masalah resiko rendah maupun tinggi. Metode yang digunakan adalah Penyuluhan kesehatan tentang mempersiapkan kehamilan dan persalinan ditengah pandemic Covid-19 dan konsultasi melalui WhatsApp group. Hasil kegiatan ini adalah Para Ibu Hamil dapat mempersiapkan kehamilan dan persalinan dengan tenang dan tetap focus walau di tengah masa pandemic covid 19. Simpulan, Dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan di tengah masa pandemic covid-19, yaitu melakukan proteksi diri, mempertimbangkan tempat persalinan yang tepat, memilih metode dalam bersalin, memilih pendamping persalinan, dan ASI ekslusif. Signifikasi, Diperlukan pemahaman bagi para ibu yang sedang menjalani masa kehamilan dan mempersiapkan persalinan saat ini. Pentingnya peran bidan sebagai tenaga kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan secara virtual (online). Sehubungan dengan pembatasan kegiatan keluar rumah. Implikasi dari kegiatan ini menambah pengetahuan dan solusi bagi para ibu hamil yang mempersiapkan kehamilan dan masa persalinan ditengah pandemic Covid – 19.
Penyuluhan Kesehatan Melalui Telemedia Pada Ibu Hamil tentang Mempersiapkan Pemberian ASI Eksklusif Mella Yuria Rachma Anandita
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v1i01.135

Abstract

Makanan pertama dan berkualitas untuk bayi adalah pemberian ASI awal (kolostrum) karena kaya dengan antibodi yang mempunyai efek terhadap penurunan resiko kematian. Pemberian ASI melalui praktik menyusui di negara berkembang telah berhasil menyelamatkan sekitar 1,5 juta bayi pertahun. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang diberikan kepada ibu hamil ini diselenggarakan dengan cara daring/telemedia yaitu menggunakan media whatsapp group dan google meet, hal ini dikarenakan saat ini di Indonesia sedang terjadi pandemi Virus Covid-19. Keterbatasan untuk melakukan kunjungan pemeriksaan antenatal ini mengakibatkan ibu-ibu hamil memperoleh informasi yang terbatas. Tujuan PKM ini untuk memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang persiapan pemberian ASI Eksklusif. Metode yang digunakan adalah Penyuluhan kesehatan dengan daring tentang mempersiapkan pemberian ASI Eksklusif. Pada kegiatan pengabmas ini diperoleh hasil 50% ibu hamil memiiliki pengetahuan cukup dan baik. Hasil Post-test setelah dilakukan pemberian informasi tentang ASI eksklusif sebesar 85,7% ibu memiliki pengetahuan yang baik tentang ASI eksklusif. Para Ibu Hamil dapat mempersiapkan pemberian ASI Eksklusif agar bayi menjadi sehat dan cerdas. Signifikasi, Diperlukan pemahaman bagi para ibu yang sedang menjalani masa kehamilan dan mempersiapkan proses laktasi agar dapat memberikan ASI Eksklusif yang maksimal kepada bayinya sehingga dapat menjadikan bayi lebih sehat dan cerdas. Situasi saat ini tidak memungkinkan pemberian kesehatan secara langsung sehingga pentingnya peran bidan sebagai tenaga kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan secara virtual (online). Implikasi dari kegiatan PKM ini menambah pengetahuan dan solusi bagi para ibu hamil yang sedang mempersiapkan proses laktasi dan dapat lebih memaksimalkan pemberian ASI Eksklusif.
Peningkatan Pengetahuan Melalui Edukasi Dalam Mengatasi Ketidaknyamanan Selama Masa Kehamilan Dinni Randayani Lubis; Putri Sarah Dita
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v1i01.136

Abstract

Terjadinya kehamilan menyebabkan perubahan keseimbangan hormonal, terutama perubahan hormon estrogen dan progesteron. hampir sebagian besar wanita merasakan ketidaknyamanan/keluhan. Ketidaknyamanan yang dirasakan membuat tubuh harus mampu beradaptasi pada ketidaknyamanan tersebut, apabila tubuh tidak mampu beradaptasi maka akan menimbulkan suatu masalah. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil dengan memberikan edukasi terkait upaya untuk mengatasi ketidaknyamanan selama masa kehamilan terutama pada kondisi pandemik, dimana ibu hamil dihimbau untuk menunda pemeriksaan kehamilan atau hanya melakukan pemeriksaan kehamilan secara langsung pada saat urgensi saja agar memutus rantai penyebaran penyakit dan menjaga kesehataan ibu dan janin. Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan ini melalui daring/online dengan mengunakan Google Meet. Kegiatan ini sebagai sarana untuk mengedukasi ibu tanpa harus bertemu secara tatap muka/langsung. Ibu hamil sebelumnya diberikan penjelasan terkait cara mengikuti kegiatan, kemudian diberikan link untuk dapat mengikuti kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini didapatkan adanya peningkatan pengetahuan ibu hamil dimana sebelum diberikan edukasi berupa penyuluhan kesehatan dalam mengatasi ketidaknyamanan selama masa kehamilan mayoritas ibu hamil berpengetahuan kurang sebesar 70% dan hasil evaluasi sesudah pelaksanaan penyuluhan mayoritas ibu hamil berpengetahuan baik sebesar 80%. Implikasi dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman ibu hamil dengan mengenali ketidaknyaman yang fisiologis/alami sehingga ibu hamil dapat mengatasi ketidaknyamananya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke fasilitas kesehatan, sehingga tidak membahayakan kesehatan ibu maupun janin.
Penyuluhan Kesehatan Tentang Dampak Kebiasaan Merokok: Health Counseling on the Impact of Smoking Habits Irwanti Gustina; Mella Yuria Rachma Anandita
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 2 No. 01 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v2i01.185

Abstract

Menurut WHO tahun 2015 di Indonesia diperkirakan 36% atau sekitar 60 juta pendduduk Indonesia merokok secara rutin. Berdasarkan berbagai survey, perilaku merokok sudah mulai dilakukan oleh generasi penerus bangsa mulai dari usia sekolah. Tujuan PKM ini untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada para warga yang bertempat tinggal di Kelurahan Cawang Jakarta Timur. Kegiatan diilaksanakan melalui Metode Ceramah dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab. Hasil dari pengabdian ini, jika dilihat berdasarkan nilai pretest dan posttest rata-rata terdapat peningkatan pengetahuan warga dari sebelumnya 50% menjadi 80%. Hasil diskusi untuk dapat mencegah dan mengurangi kebiasaan merokok berasal dari diri sendiri dan lingkungan, Selain itu para warga diharapkan dapat memahami tentang dampak kebiasaan merokok dan dapat memberikan informasi kepada keluarga dan khalayak khususnya para pemuda tentang dampak kebiasaan merokok.
Kesiapan Masyarakat Kelurahan Tanah Tinggi Kota Tangerang Dalam Ketahanan Pangan Selama Adaptasi Kebiasaan Baru : The Readiness Of KelurahanTanah Tinggi Tangerang City Community In Food Security During New Era Adaptation Marni Br Karo; Lina Indrawati; Ernauli Meliyana
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 2 No. 01 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v2i01.195

Abstract

Situasi pandemi di Indonesia akibat paparan Corona Virus Disease (COVID 19) telah membawa banyak perubahan disemua aspek kehidupan, terutama sector Pendidikan, ekonomi, kesehatan dan industry kerja. COVID-19 telah dinyatakan sebagai pandemi dunia oleh WHO dan juga telah dinyatakan Kepala Badan nasional penanggulangan Bencana melalui Keputusan nomor 9A Tahun 2020 diperpanjang melalui Keputusan nomor 13A tahun 2020 sebagai Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia. Akibat perubahan tersebut, tidak sedikit masyarakat yang terkena dampak dari penyebaran virus corona jenis baru ini. Ketahanan pangan menjadi salah satu hal yang penting pada saat pandemi Covid 19 karena dapat mengakibatkan berbagai permasalahan di antaranya terganggunya produksi, distribusi, dan konsumsi kebutuhan pokok akibat diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar dan larangan perjalanan bagi masyarakat. Kondisi ini dapat memicu kekhawatiran jika Indonesia akan mengalami krisis pangan. Diperlukan kegiatan yang mendukung kebijakan pemerintah dalam mengatasi dampak COVID 19 melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan masyarakat dalam ketahanan pangan di masa adaptasi baru. Masyarakat bahkan harus mulai bisa beradaptasi dan hidup berdampingan dengan COVID 19. Metode yang digunakan berupa penyuluhan, demonstrasi dalam kegiatan ketahanan pangan. yang dilakukan secara luring dengan menggunakan protocol Kesehatan berupa handsanitizer, masker dan pelindung wajah. Hasil dari pelaksanaan edukasi tersebut, masyarakat yang mewakili kelurahan Tanah Tinggi telah siap dalam meningkatkan upaya ketahanan pangan sesuai dengan indicator ketahanan pangan yang diharapkan.
Pengubahan Presepsi Pembelajaran Matematika Menjadi Lebih Menyenangkan Di Tengah Pandemik: Changing the Preseption of Mathematics Learning to be More Fun in the Middle of Pandemic Fatimah Azzahra; Puja Sukma Dhillawanda Nirosyanda
Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita Vol. 2 No. 01 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita
Publisher : Universitas Binawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54771/jpmbp.v2i01.196

Abstract

Pandemik Covid-19 memberikan dampak negatif terhadap presepsi pembelajaran matematika bagi para siswa. Proses pembelajaran yang biasanya dilaksanakan di dalam kelas, kini dilaksanakan secara daring. Kondisi tersebut membuat para guru dan peserta didik harus mengubah strategi belajarnya agar tujuan pembelajaran tetap tercapai. Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan dengan tujuan untuk mengubah presepsi anak-anak tentang pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pembawaan materi matematika secara langsung/offline dengan antusias yang tinggi. Hasil dari kegiatan ini tercapai apabila terdapat pengubahan presepsi pembelajaran matematika menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga diharapkan dapat tercipta semangat belajar yang tinggi, terlepas dari situasi Covid-19 atau rintangan lainnya. Dari analisis data output yang dihasilkan, tujuan dari pengabdian masyarakat ini tercapai.

Page 1 of 4 | Total Record : 38