cover
Contact Name
Fajar Hardiana
Contact Email
fajarhardiana@telkomuniversity.ac.id
Phone
+6222-7565929
Journal Mail Official
library@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
Gedung Manterawu Lt 5 Jl. Telekomunikasi - Ters. Buah Batu Bandung 40257 Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika
Published by Universitas Telkom
ISSN : 28280075     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Telkatika merupakan jurnal ilmiah karya akhir mahasiswa yang dikelola oleh Open Library Telkom University dalam bidang Telekomunikasi, Elektro, Komputasi, dan Informatika. Tujuan Jurnal Telkatika untuk membangun sarana komunikasi efektif antara akademisi dan para peneliti di Institusi serta menjadi sarana promosi dan penyebarluasan hasil penelitian karya akhir mahasiswa pada disiplin ilmu: Teknik Telekomunikasi Teknik Komputer Teknik Elektro Teknik Fisika Rekayasa Instrumentasi dan Energi Teknologi Informasi Ilmu Komputasi Software Engineering Human Centric Engineering Production and Manufacturing System Engineering Management System Cybernatics Enterprise and Industrial System
Articles 17 Documents
PERANCANGAN STRATEGI POSITIONING UMKM KONVEKSI DRACO VENDOR BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING DENGAN METODE MULTIDIMESIONAL SCALING (MDS) DAN SWOT ANALYSIS Dimas Trianto; Budi Praptono; Boby Hera Sagita
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 1, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Draco Vendor merupakan salah satu UMKM konveksi di Sidoarjo yang telah berdiri sejak 2019. Saat ini Draco Vendor memiliki beberapa gejala permasalahan diantaranya target penjualan yang terpenuhi dalam 12 bulan terakhir hanya 4 bulan saja, rendahnya brand awarness konsumen terhadap Draco Vendor,  dan tidak adanya diferensiasi produk dengan UMKM konveksi lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut yang menjadi pertimbangan konsumen saat membeli produk dari UMKM konveksi, yaitu harga produk, kualitas produk material, lokasi, reputasi brand, lama pengerjaan & pengiriman, informasi promo, variasi jenis produk, kapasitas produksi, dan kualitas layanan. Selain itu untuk memperlihatkan positioning UMKM konveksi Draco Vendor dengan kompetitornya berdasarkan perceptual mapping menggunakan multidimensional scaling dan melakukan perancangan sistem integrasi dan positioning untuk perbaikan Draco Vendor. Pada penelitian ini, dihasilkan tiga atribut persaingan yaitu variasi informasi promo, kualitas produk dan material, dan harga produk. Hasil penelitian ini berupa strategi positioning pada atribut yang menjadi atribut persaingan pada brand Draco Vendor dan Vido Garment.Kata Kunci : Draco Vendor, UMKM Konveksi, Positioning, Perceptual Mapping, Multidimensional Scaling
PERBAIKAN PERFORMANSI TERHADAP DAERAH CAKUPAN JARINGAN LTE DI SEPANJANG JALUR KERETA RAILINK DARI STASIUN KA BANDARA SOEKARNO-HATTA SAMPAI STASIUN BATUCEPER Qori Alfian; Uke Kurniawan Usman; Nur Andini
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KA Railink Bandara Soekarno-Hatta yang berada di Kota Tangerang merupakan jalur kereta yang menyatukan stasiun kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta. Sebagian besar pengunjung menggunakan smartphone dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) dan menggunakan teknologi tersebut untuk melakukan pelayanan seperti chatting, browsing, streaming, dan memeriksa jadwal keberangkatan pesawat. LTE di KA Railink Bandara Soekarno-Hatta khususnya pada jalur kereta railink dari stasiun KA bandara Soekarno-Hatta sampai Stasiun Batuceper belum optimal sehingga dibutuhkan upaya untuk meningkatkan jaringan LTE. Salah satu cara untuk meningkatkan suatu jaringan dengan melakukan perbaikan terhadap cakupan layanan (coverage). Penelitian ini mulai dilakukannya perbaikan kualitas jaringan LTE berdasarkan coverage area dengan menggunakan dua skenario perbaikan yaitu physical tuning dan power configuration ke wilayah yang kekurangan sinyal. Pada simulasi jaringan LTE ini,  parameter-parameter yang dianalisa yaitu RSRP (Reference Signal Received Power), SINR (Signal to Noise Ratio), dan throughput. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan pada saat melakukan proses perbaikan melalui simulasi mengalami peningkatan, seperti nilai rata-rata RSRP mengalami peningkatan dari -116,98 dBm menjadi -94,65. Nilai SINR dan throughput juga mengalami peningkatan dimana masing-masing nilai tersebut adalah 4,04 dB menjadi 29,52 dB dan 15,163 Mbps menjadi 35,214 Mbps.  Kata kunci : Kereta Api Bandara, LTE, RSRP, Throughput, SINR
MULTI-ASPECT SENTIMENT ANALYSIS TERHADAP NVIDIA RTX DENGAN SUPPORT VECTOR MACHINE DAN WORD EMBEDDINGS Igd Raditya WibhawaMn
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 2, No 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa bulan belakangan ini, tren meningkatnya pembelian GPU terutama seri RTX kian meningkat, banyak orang berlomba lomba untuk membuat PC untuk meningkatkan kinerja dengan kondisi WFH(Work From Home) selama terjadinya pandemi. Peningkatan terhadap penggunaan GPU seri RTX ini tentunya mengundang pendapat dari berbagai macam kalangan. Hal ini menciptakan pro dan kontra di kalangan PC enthusiast, terutama di beberapa platform Media Sosial. Dari munculnya pro dan kontra ini, dapat dilakukan ekstraksi emosi terhadap komentar yang mengandung pro dan kontra tersebut. Metode ini disebut juga dengan Analisis Sentimen, tahapan yang perlu dilakukan untuk melakukan Analisis Sentimen ini yang pertama adalah preprocessing yang terdiri dari Noise Removal, Tokenizing, Stopword Removal. Kemudian dilanjukan dengan proses yang kedua, yaitu Ekstraksi Fitur dengan Word Embeddings dan Support Vector Machine. Berdasarkan Analisis Performansi pada model yang telah dibuat, menunjukkan bahwa pada penelitian ini SVM kernel Linear menunjukkan hasil yang terbaik pada seluruh dataset, sedangkan kernel rbf pada penelitian ini menunjukkan hasil yang kurang memuaskan sekalipun telah melakukan perubahan parameter pada Gamma dan C. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk menganalisa performansi model dalam mengklasifikasikan sentimen sebuah teks dengan model SVM.  Kata kunci: support vector machine, preprocessing, word embeddings
ANTENA MICROSTRIP SUSUNAN VIVALDI ANTIPODAL PADA X- BAND UNTUK RADAR TEMBUS TEMBOK" Muhammad Alief Faisal Amin; Heroe Wijanto; Edwar Edwar
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 1, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bencana alam peristiwa yang tidak diinginkan terjadi. Gempa bumi dan peristiwa lainnya yang terjadi di ruangan tertutup akan mempengaruhi struktur dari bangunan. Oleh karena itu peran radar untuk mendeteksi objek dibalik penghalang dibutuhkan untuk mengatasi masalah agar langkah selanjutnya tepat. Radar harus mempunyai akurasi yang tinggi serta sensitivitas untuk memperoleh gambaran dari target. Maka bandwidth harus lebar,karena itu dibutuhkan antena X-Band.  Antena beroperasi di frekuensi 8.0 – 12 GHz untuk radar tembus tembok menurut Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE). Untuk penelitian ini, antena mikrostrip vivaldi disusun untuk meningkatkan gain yang lebih besar untuk beamwidth yang lebih kecil serta meningkatkan SINR. Antena berbentuk patch vivaldi dipilih karena efektif untuk frekuensi yang melebihi dari 1 GHz. Untuk pemilihan substrat antena dipilih Rogers Duroid 5880 karena sudah mendukung frekuensi X-Band. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan simulasi dengan menggunakan program CST Studio Student Edition 2018 untuk melakukan implementasi antena microstrip susunan Vivaldi antipodal x-band untuk radar tembus tembok yang diharapkan memenuhi spesifikasi radar tembus tembok. Hasil yang didapatkan dari rangkaian optimasi dan analisis, didapatkan hasil vswr senilai kurang dari 2 dB dan return loss lebih dari -10 db. Sementara gain yang didapatkan bernilai 9.71 dB dan pola radiasi berbentuk unidirectional. Kata kunci : Antena Microstrip, Vivaldi, Array, beban sirkular antipodal, return loss,gain.
PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI CONTINUOUS DEPLOYMENT BERBASIS MONOLITHIC REPOSITORY Fikri Anggawie; Dana Sulistyo Kusumo; Donny Richasdy
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 2, No 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakOtomatisasi adalah hal yang sudah seharusnya diterapkan sebuah perusahaan yang mengerjakan proyek besar terdiri dari dua orang atau lebih dalam pengembangan aplikasi mereka. Tanpa adanya Otomatisasi maka dalam melakukan perubahan code meskipun berskala kecil akan memakan banyak waktu dan biaya tentunya. Otomatisasi menggunakan metode continuousdeployment dan aplikasi jenkins, docker dan menerapkan prinsip monolithic repository maka akan banyak membantu dalam penerapan otomatisasi. Tugas akhir kali ini berfokus pada pengembangan dan integrasi menggunakan metode continuous deployment dan monolithic repository serta menggunakan tools jenkins dan docker dalam pengerjaan nya. Penerapan metodecontinuous deployment dan monolithic repository menggunakan jenkins guna mempermudah dalam melakukan integrasi dikarenakan jenkins bersifat open source dan memiliki banyak opsi plug-in. docker sendiri berperan sebagai container guna meletakan semua kebutuhan integrasi aplikasi dan deployment. Adanya sistem otomatisasi adalah bentuk penghematan sumberdaya seperti waktu dan penggunaan yang lebih mudah. Jadi integrasi dan penerapan menggunakan jenkins dan docker kita dapat menghemat banyak waktu dan juga jika ada perubahan pada code kita tidak memerlukan integrasi ulang dan dapat dirubah denganmudah.Kata kunci : continuous deployment, monolithic repository
IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING SUHU SMOKED BEEF BERBASIS INTERNET OF THINGS DAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID Rafiq Irham Ahsanuddin; Rendy Munadi; Sofia Naning Hertiana
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Smoked beef brisket merupakan jenis kuliner western yang memiliki teknik memasak yang cukup rumit dengan teknik pengasapan yang membutuhkan waktu selama 18 jam. Selama pengasapan suhu nya pun harus diperhatikan agar bisa matang dengan sempurna, suhu nya pun harus tetap dan tidak boleh ada perubahan yang signifikan. Hal tersebut menyebabkan harus nya ada pengecekan suhu di setiap saatnya. Pada penelitian ini penulis merancang suatu sistem dan aplikasi untuk memonitoring suhu pembakaran yang berbasis android. Aplikasi android akan mendapatkan data dari sensor suhu yang terintegrasi dengan NodeMCU. Data dari sensor tersebut akan dikirimkan ke database menggunakan konektivitas wifi. Platform database yang digunakan adalah Platform Internet of Things (IoT) yaitu Antares. Aplikasi android yang telah dirancang akan mengambil data sensor suhu dari Antares. Hasil data yang diambil oleh aplikasi android akan ditampilkan secara real time. Pada hasil penelitian ini menunjukan sistem bekerja dengan baik dan menghasilkan delay terkecil sebesar 0.02689 detik, throughput terbesar sebesar 1575.8 bytes/s dan packet loss terkecil sebesar 0.02145 persen dengan skenario Line of Sight dengan jarak 5 meter. Untuk skenario Non-Line of Sight delay terkecil sebesar 0.02755 detik, throughput terbesar sebesar 1402.2 bytes/s dan packet loss terkecil 0.03394 persen dengan penelitian berada di ruang 1 yang berjarak 9 meter.Kata Kunci: Aplikasi,NodeMCU, IoT,Antares
PERANCANGAN MITIGASI RISIKO PADA GUDANG BAHAN BAKU KEMASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS Rizky Alif Oktaviani Hariyono; Ari Yanuar Ridwan; Femi Yulianti
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 1, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gudang merupakan bagian penting dalam rantai pasok. Pada industri manufaktur saat ini terdapat beberapa jenis gudang antara lain, gudang bahan baku, gudang bahan baku kemasan, gudang produk setengah jadi, dan gudang produk jadi. PT. X merupakan industri manufaktur yang memproduksi makanan ringan. PT. X memiliki variasi produk yang sering berganti kemasan dan adanya penghentian produksi makanan ringan yang mengakibatkan adanya penumpukan bahan baku kemasan yang tidak terpakai di gudang. Penumpukan bahan baku tidak terpakai memberi dampak bertambahnya biaya sewa gudang dan gangguan aliran pergerakan barang. PT. X belum memiliki rancangan mitigasi risiko terkait aktivitas gudang bahan baku kemasan. Oleh karena itu, dibutuhkannya rancangan mitigasi pada aktivitas gudang bahan baku kemasan. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasikan aktivitas gudang, memetakannya kedalam SCOR, mengidentifikasi risiko, penilaian risiko dengan metode FMEA dan merancang mitigasi terbaik risiko dengan AHP. Hasil dari penelitian ini, teridentifikasi total 17 kejadian risiko dan 29 sumber risiko pada aktivitas gudang bahan baku kemasan PT. X. Hasil alternatif mitigasi terpilih aktivitas source pada risiko adanya dead stock memiliki bobot 0,596, sedangkan aktivitas deliver pada risiko ketidaksesuaian stok sistem gudang dengan aktual memiliki bobot 0,512, dan aktivitas return pada risiko tidak hadirnya salah satu pihak terkait pada pemasukan barang memiliki bobot 0,682.Kata Kunci : Gudang, Rantai Pasok, Risiko, SCOR, FMEA, AHP
PENERAPAN BEHAVIOR DRIVEN DEVELOPMENT UNTUK UJI VALIDASI Siti Nadiah Hijriyani; Sri Widowati; Dana Sulistyo Kusumo
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 2, No 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebelum perangkat lunak diserah terima ke pengguna, diperlukan pengujian untuk memastikan fitur yang dibuat sesuai dengan kebutuhan, maka dilakukan pengujian validasi. Dalam penelitian ini, proses uji validasi akan dilakukan menggunakan metode Behavior Driven Development (BDD) dengan mendefinisikan requirement ke dalam skenario step by step sesuai perilaku pengguna terhadap perangkat lunak. Objek yang diuji adalah proyek sistem informasi untuk Binus School di Radya Labs. Pada proses pengujian ini juga akan dibuat automated testing yang terintegrasi BDD menggunakan tools Katalon Studio. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa pengimplementasian BDD dapat dilakukan pada sistem informasi sekolah. Dampak yang paling terlihat adalah pendeskripsian requirement yang jauh lebih terarah dan terperinci.Kata kunci : behavior driven development , uji validasi, katalon studio
PERANCANGAN SISTEM PENGATURAN SPIN DAN KECEPATAN BOLA UNTUK ROBOT PELONTAR BOLA TENIS MEJA Adityo Wandasa Dharma P; Muhammad Zakiyullah Romdlony; Agung Surya Wibowo
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam olahraga tenis meja, banyak orang berlatih dengan manual seperti berlatih bersama satu lawan satu. Metode ini dibilang kurang efektif karena menguras tenaga seorang pelatih yang melatih pemainnya, juga pukulan dari pelatih tenis meja akan menurun akurasinya jika sedang melatih dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu dibutuhkan alat yang dapat melontarkan bola ping-pong yang dapat menghasilkan kecepatan dan spin tembakan yang dapat diatur seperti robot pelontar bola ping-pong. Penelitian untuk membuat robot yang dapat menghasilkan kecepatan dan spin tembakan yang dapat diatur memiliki beberapa langkah prosedural untuk mencapai hasil yang diinginkan seperti proses mencari informasi yang dibutuhkan, uji coba, dan implementasi. Robot pelontar bola ping-pong akan dikendalikan secara wireless menggunakan aplikasi android dimana aplikasi ini dapat mengatur kecepatan dan putaran spin bola ping-pong yang ditembakkan oleh robot. Untuk pengaturan kecepatan dan spin nya tersendiri akan memiliki sistem kendali yang akan menjaga kecepatan dan spin tembakan bola ping-pong yang diinginkan. Periode tembakan bola yang dihasilkan akan diatur menggunakan servo analog dengan delay yang telah ditentukan.Hasil yang diharapkan untuk dicapai adalah dapat menghasilkan robot pelontar bola ping-pong dengan kecepatan, periode, dan spin tembakannya dapat diatur melalui aplikasi android. Kecepatan tembakan yang dapat dihasilkan sekitar 2-20 m/s, jenis spin yang dihasilkan ada dua yaitu topspin dan  backspin, serta dapat melontarkan 40-70 bola /menit. Kata Kunci — Tenis meja, spin bola ping-pong, aplikasi android, tembakan periodik, kecepatan bola, robot tenis meja
PERANCANGAN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK MICROSERVICES PADA APLIKASI OPEN LIBRARY UNIVERSITAS TELKOM MENGGUNAKAN gRPC Jeremiah Ferdinand Lombogia; Alvi Syahrina; Ahmad Musnansyah
Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika Vol 1, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Perpustakaan Universitas Telkom

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi Perpustakaan Open Library Universitas Telkom merupakan sebuah website yang dikembangkan sebagai sarana informasi terbuka untuk setiap buku, karya ilmiah, dan jurnal dengan beberapa fitur seperti pencarian, katalog, dan reservasi buku. Berdasarkan pengumpulan data yang peneliti lakukan berupa non-functional software testing. Aplikasi existing membutuhkan peningkatan pada scalability dan performance dikarenakan sistem tidak dapat melayani request pada jumlah dan waktu tertentu sesuai dengan skenario yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan arsitektur perangkat lunak dengan gaya arsitektur Microservices. Teknik yang digunakan untuk melakukan evaluasi dari penelitian ini dengan melakukan non-functional software testing untuk mengukur batas user yang bisa mengakses pada waktu bersamaan. Peneliti melakukan migrasi perangkat lunak dimulai dengan mengumpulkansetiap fungsi dan proses dari existing sistem dan memisahkan setiap proses bisnis ke domain independen dengan menerapkan konsep domain driven design. Setelah dilakukan penguraian proses bisnis, peneliti melakukan migrasi arsitektur perangkat lunak monolitik ke microservices dengan menerapkan konsep strangler pattern serta pengembangan sampai tahap functional testing pada setiap modul dan non-functional testing skenario yang telah ditentukan. Hasil daripengembangan arsitektur perangkat lunak menggunakan microservices, organisasi dapat meningkatkan performa dan kebebasan dalam memilih teknologi tertentu sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi.Kata Kunci : Microservices, Open Library, gRPC

Page 1 of 2 | Total Record : 17