cover
Contact Name
SOPA SITI MARWAH
Contact Email
pengelolajurnal@fpik.uniga.ac.id
Phone
+62895383186152
Journal Mail Official
pengelolajurnal@fpik.uniga.ac.id
Editorial Address
Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 28294211     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v2i3.3191
Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM): merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. JPM: Jurnal pengabdian kepada masyarakat mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. JPM: Jurnal pengabdian kepada masyarakat merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan menggunakan Open Jurnal System, diterbitkan 3 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret, Juli dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 36 Documents
Pengenalan Flipped Classroom Kepada Guru SMA Edu Global Untuk Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Abdul Latip; Shinta Purnamasari; Dudung Abdurrahman; Siti Nurawaliyah; Riana Fashya; Neng Lia Nuraeni
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v1i2.1825

Abstract

Kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) mulai diberkalukan sejak kasus positif pandemi covid-19 mulai mengalami penurunan. Dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas tentu saja diperlukan langkah khusus dari sekolah, guru, orang tua dan peserta didik. Untuk proses pembelajaran, guru perlu menyiapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pembelajaran. Dosen pada program studi Pendidikan IPA FPIK Universitas Garut melaksanakan pengabdian dengan melaksanakan kegiatan pengenalan flipped classroom untuk guru-guru dalam langkah menghadapi kebijkan PTM terbatas. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap pemberian materi, tahap praktik perancangan pembelajaran dengan model flipped classroom, dan pemberian kuisioner kepada para guru. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dengan dan dihadari oleh semua guru di lingkungan SMA Edu Global. Kegiatan pengabdian tersebut mendapat respon positif dari para guru dan memahami materi untuk diimplementasikan dalam pembelajaran tatap muka terbatas.
Pembukuan Akuntansi Sederhana Pada UMKM Siti sopiah; Amelia Nurhasanah; Linda Purnamasari; Reynaldi Octora; Fauzi Fitrah Ramdan; Rohimat Nurahasan
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v2i1.2897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan penyuluhan secara langsung mengenai pentingnya pembukuan yang baik dan benar dalam mencatat keuangan usaha selama satu tahun akuntansi pada UMKM yang ada di Desa Mangkurakyat. Metode yang digunakan adalah observasi dan praktik langsung ke lapangan. Hasil dari penelitian tersebut adalah pelaku UMKM dapat mengetahui bagaimana melakukan pembukuan yang baik dan benar dengan akuntansi sederhana, setelah melakukan penyuluhan dengan praktek secara langsung kini pelaku UMKM dapat mengerti dan paham bagaimana mencatat transaksi keuangan ke dalam pembukuan akuntansi sederhana, apalagi di masa transisi menuju kondisi normal kembali setelah dilanda covid 19.
Pengembangan Pembelajaran dengan Proyek Kolaborasi Berbasis Pendidikan STEM di MTs Al Musaddadiyah Kab. Garut Abdul Latip, S.Pd., M.Pd.; Andinisa Rahmaniar; Shinta Purnamasari; Dudung Abdurrahman; Wiwit Yuli Lestari
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v1i1.1798

Abstract

Kebijakan kurikulum merdeka menjadi tantangan bagi guru pada setiap jenjang Pendidikan dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Salah satu kebijakan dalam kurikulum merdeka diantaranya terdapat alokasi jam pelajaran khusus untuk kegiatan proyek kolaborasi antar mata pelajaran. Untuk mempersiapkan hal tersebut, dosen pada program studi Pendidikan IPA FPIK Universitas Garut melaksanakan kegiatan pengabdian di MTs Al Musdaddiyah Kab. Garut. Sasaran kegiatan ini adalah guru semua mata pelajaran di MTs tersebut yang akan dilatih cara mengembangkan pembelajaran dengan proyek kolaborasi berbasis Pendidikan STEM. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap pertama pemaparan materi dari para dosen, tahap dua pelaksanaan focus group discussion (FGD) antar guru mata pelajaran, dan tahap terakhir pemaparan hasil FGD. Berdasarkan tiga tahapan kegiatan yang dilakukan, secara umum guru MTs Al Musaddadiyah telah mampu merancang pembelajaran dengan tema dan jenis proyek kolaborasi antar mata pelajaran. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian memberikan manfaat dan sesuai dengan kebutuhan para guru di Sekolah. 
In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka di Komite Pembelajaran sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak Asep Irvan Irvani; Hilda Ainissyifa; Asep Khoerul Anwar
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v2i1.2481

Abstract

Kurikulum merdeka saat ini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat proses transformasi pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik. Dalam implementasinya tentu perlu dipahami oleh guru sebagai pemeran utama pelaksana kurikulum. Artikel pengabdian ini memaparkan hasil pelaksanaan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Komite Pembelajaran yang ada pada empat sekolah penggerak di Kabupaten Garut. Keempat sekolah penggerak ini merupakan satuan pendidikan pelaksana IKM pada Program Sekolah Penggerak angkatan pertama. Pelaksanaan melalui empat tahap yakni: 1) pemberian materi melalui pelatihan dan workshop, 2) pendampingan penyusunan perangkat ajar, 3) implementasi perangkat ajar yang telah disusun, dan 4) refleksi kegiatan. Refleksi kegiatan dilakukan dengan mengisi instrumen refleksi. Hasil refleksi menunjukkah bahwa sebagian besar guru mengalami kendala keterbatasan waktu dalam menyusun perangkat ajar. Tiga topik terbanyak yang dianggap paling menantang diantaranya terkait penyusunan visi misi dan program sekolah, penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah, dan penyusunan modul ajar.
Pengabdian KKN-Tematik di Desa Sirnabakti Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut Mulyaningsih Mulyaningsih; Opid Opid; Putri Eliyani; Dea Rahma Wulan; Maya Sulistia Masrifa; Novi Silvia Nurroniah; Astrid Rahmayanti; Silmi Halimatussya; diah Ahmad; Regtria Cahaya Maulida; Siti Salma; Irma Nurul Fauziah; Nazilah Hidayah Mubarokah; Adinda Dwi Haniza; Arika Hafizhah Annabila
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 3 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v2i3.3174

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian Masyarakat di Desa Sirnabakti, Kecamatan Pamempek, Garut, adalah sebuah program pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa dalam berbagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas hidup dan pengembangan desa. Penelitian ini merinci berbagai program KKN yang dilaksanakan di Desa Sirnabakti dalam bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat. Dalam bidang kesehatan, program PMT (Pemberian Makanan Tambahan) telah membantu mencegah dan mengatasi stunting pada balita melalui pemberian makanan tambahan berbasis bahan lokal seperti Nugget Daun Kelor, Puding Daun Kelor, dan Pisang. Program ini juga mencakup edukasi gizi dan kesehatan untuk perubahan perilaku yang lebih baik. Di bidang ekonomi, program pengelolaan ikan lele siap santap dan branding desa telah meningkatkan perekonomian desa melalui pemasaran produk lokal dan memberdayakan wanita nelayan. Bidang pendidikan terfokus pada pengajaran di sekolah-sekolah daerah, menciptakan ruang belajar tambahan, dan memberikan pelatihan bagi anak-anak dan remaja. Pemberdayaan masyarakat dilakukan melalui kegiatan pembersihan sampah, karnaval, serta peningkatan kesadaran kesehatan ibu dan anak. Kesimpulannya, program KKN ini telah memberikan dampak positif terhadap Desa Sirnabakti dan masyarakatnya. Saran untuk program ini meliputi terus memantau, mengevaluasi, dan memperluas program-program yang ada
Sosialisasi Penggunaan Antibiotik Tepat dan Benar Di Desa Ciwangi Kecamatan Limbangan Ani Yanti Ginanjar; Rika Kartika; Muhammad Hikam; Annisa Fitria; Cici Lestari; Melati Pratama; Risna Aditya
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 3 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v1i3.2141

Abstract

Tujuan sosialisasi penyuluhan ini adalah untuk membasmi bakteri penyebab penyakit hingga tuntas dan untuk mencegah terjadinya resistensi antibiotik yang berbahaya. Antibiotik menjadi salah satu jenis obat yang sering digunakan dan berakibat terjadinya resistensi. Masyarakat Kp. Cipeujeuh Desa Ciwangi kecamatan BL Limbangan kabupaten Garut masih sangat banyak masyarakatnya yang minim akan pengetahuan tentang penggunaan antibiotik,kami melakukan penyuluhan dalam sosialisasi di Kp. Cipeujeuh. Banyak masyarakat yang tidak tahu apa kegunaan dan cara menggunakannya antibiotik ini sehingga banyak masyarakat yang mudah sakitResintensi antibiotik meningkat karena pengetahuan yang tidak memadai serta penggunaan antibiotik yang tidak rasional. Pelaksanaan kegiatann ini KKN Mahasiswa. Dan setelah kami melakukan sosialisasi masyarakat baru sadar akan cara menggunakan antibiotk yang tapat dan benar
Pelatihan dasar Microsoft Excel untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa mahasiswi teknik industri di institut teknologi dan sains Nahdlatul ulama Pasuruan iis Riyana
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v2i2.2949

Abstract

Microsoft Excel adalah salah satu tools yang sering di gunakan ketika masih kuliah maupun setelah menyelsaikan perkuliahan.. Microsoft Excel adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatanMicrosoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Pelatihan Microsoft Excel yang diberikan adalah adalah pengenalan Microsoft excel, kegunaannya dan rumus-rumus dasar yang sering di gunakan. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan aplikasi Microsoft Excel. Metode yang dilakukan dengan kegiatan ini adalah Ceramah dan praktikum.Pelatihan ini diikuti oleh Mahasiswa Teknik industry semester 2 terdiri dari 38 orang. Pelatihan Microsoft Excel ini salah satu sarana latihan kerja bagi mahasiswa-mahasiswi dalam meningkatkan pemahaman dan ketrampilan di bidang analisi data. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa-mahasiswi dalam Kegiatan perkuliahan yang menggunakan Microsoft excel.Abstrak ditulis melingkupi 100-250 kata, dengan Font Size 12 dan jenis huruf Book Antiqua. Ditulis dalam 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.Kata Kunci: Pelatihan, Microsoft Excel, Mahasiswa/i
Pengenalan Eksperimen Fisika Sederhana Kepada Siswa Kelas VI di SDN 2 Limbangan Timur Nenden Sri Rahayu; Putri Rahmalia Lestari; Widi Nugraha Ady; Asep Irvan Irvani
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v1i2.1817

Abstract

Rendahnya pendidikan sains siswa kelas VI, dari salah satu sekolah dasar di Kecamatan Blubur Limbangan Kabupaten Garut merupakan latar belakang dari pengabdian ini. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pelaksanaan pembelajaran sains dengan melakukan eksperimen, guru hanya menugaskan siswa untuk membayangkan peristiwa tanpa melakukan eksperimen. dalam pembelajaran sains, guru melibatkan siswa secara aktif. Salah satu cara yang digunakan dalam proses pembelajaran ini adalah dengan menerapkan metode eksperimen sederhana. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan minat belajar sains siswa kelas VI tingkat sekolah dasar pada materi fluida statis dan pembiasan cahaya. Dalam eksperimen ini penulis melibatkan siswa kelas VI yang terdiri dari 21 orang siswa. Hasil pengabdian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menjelaskan secara singkat materi yang akan dibahas; (2) pelaksanaan eksperimen; (3) membagikan kuesioner evaluasi.; nilai persentase hasil belajar sains yang diperoleh yaitu 32% kemudian meningkat menjadi 67%. Berdasarkan hasil pengabdian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen pada pembelajaran sains dapat meningkatkan minat belajar sains siswa kelas VI tingkat sekolah dasar.
Pemahaman Konsep Halalan Thayyiban Dalam Kegiatan Sehari-Hari Pada Siswa SMK Swasta Muhammad Abrar Kasmin Hutagalung; Rahmat Kurniawan; Leni Mardiani; Dina Khairina
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v2i2.2956

Abstract

Umat Islam memiliki prinsip dasar dalam melakukan kegiatan konsumsi. Baik dari makanan, minuman, obat-obatan, wisata dan lain-lain. Dalam hal kegiatan konsumsi ini wajib hukumnya umat Islam untuk melaksanakan perintah Allah dan RasulNya yang termaktub dalam surat Al-Baqarah ayat168-169. Betapa pentingnya makanan halal ini dikarenakan hal tersebut tidak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik jasmani akan tetapi sangat berkaitan dengan ruhani, kebersihan hati dan amal perbuatan. Banyak dikalangan manusia khususnya umat Islam belum memahami bentuk, proses makanan dan barang yang halal sehingga perlu dilakukan pemahaman yang menyeluruh agar umat Islam dapat mengkonsumsi makanan dan barang yang halal. Salah satu target dalam pemahaman tentang yang halal adalah siswa-siswi SMK Swasta Al Washliyah Harapan Sukoharjo Medan yang berada di Martubung. Diharapkan dengan memberikan pemahaman tentang yang halal kepada mereka sejak dini akan memahami dan mengamalkan untuk mengkonsumsi yang halal dalam aktivitas mereka sehari-hari.
Pendampingan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Ijudin ijudin; Iyet Nurhayati; Misbah Ridwan; Risman Wardani; Rudi Jamaludin
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpm.v1i1.1792

Abstract

Pada masa covid-19 merupakan perubahan besar bagi semua bidang salah satunya dalam dunia pendidikan dari sistem tatap muka menjadi  virtual, banyak sekali masalah yang ditemukan akibat pandemi  covid-19 diantarnya penggunaan metode daring yang menekankan teknologi dalam sistem pembelajaran dengan dampingan  orang tua. Mengingat tidak semua orang tua siswa memahami penggunaan teknologi, sehingga menjadi salah satu kendala proses pembelajaran yang berdampak pada pemahaman siswa dalam memahami  materi yang disampaikan guru melalui metode daring. Berdasarkan uraian masalah tersebut maka program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu dampingan pembelajaran sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Pendidikan pada masa covid-19 sangat mempengaruhi pada motivasi belajar siswa, maka dari itu model pembelajaran yang efektif sangat diperlukan agar proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai, karena tujuan pendidikan merupakan kunci keberhasilan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Page 1 of 4 | Total Record : 36