cover
Contact Name
Imam Fahrur Rozi
Contact Email
imam.rozi@polinema.ac.id
Phone
+6285233139738
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
Politeknik Negeri Malang Jl. Soekarno Hatta No.9, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141 Phone: (0341) 404424-404425 Fax: (0341) 404420
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema (JIP)
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : https://doi.org/10.33795/jip
The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer Vision Information Retrieval Machine Learning Information System Internet of Things Computer Security Technology Enhanced Learning Education Technologies Digital Forensic Wireless Sensor UI/UX research JIP (Jurnal Informatika Polinema) publishes comprehensive research articles and invited reviews by leading expert in the field. Papers will be selected that high scientific merit, impart important new knowledge, and are of high interest to computer and information technology.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)" : 11 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PENENTUAN SISWA BERPRESTASI PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SMP NEGERI 1 SANGKAPURA GRESIK Afif Amrullah; Ely Setyo Astuti; Budi Harijanto
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.115

Abstract

Dunia pendidikan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Kemajuan dunia pendidikan dapat dilihat dari banyaknya siswa yang berprestasi. Siswa berprestasi merupakan ukuran keberhasilan yang diperoleh seseorang atau siswa selama proses kegiatan belajar. Dalam pencapaian siswa berprestasi harus ada peranan dan kontribusi dari berbagai pihak seperti pemerintah maupun sekolah. Maka dibuatlah sebuah sistem aplikasi penentuan siswa berprestasi pada sistem informasi akademik di SMP Negeri 1 Sangkapura untuk mencari siswa terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Kriteria-kriteria yang dipilih yaitu rata-rata nilai pengetahuan, ratarata nilai keterampilan, rata-rata nilai sikap dan rata-rata nilai ekstrakulikuler yang diambil dari nilai raport. Setelah itu dilakukan proses penentuan ranking untuk menentukan alternatife yang optimal yaitu siswa berprestasi. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh pihak sekolah, Sistem Aplikasi Penentuan Siswa Berprestasi telah berhasil menerapkan perhitungan nilai dalam menentukan siswa berprestasi dengan hasil yang didapatkan yaitu ranking siswa berprestasi.
PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KELAYAKAN KREDIT DI KBPR AMANAH, KEPANJEN A. Shabrina Afrah; Cahya Rahmad; Ariadi Retno Tri
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.116

Abstract

KBPR Amanah adalah sebuah BPR (Bank Perkreditan Rakyat) yang terletak di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang yang menyediakan layanan kredit, tabungan, dan deposito. Selama ini penilaian kelayakan pengajuan kredit masih dilakukan dengan cara manual.KBPR Amanah Kepanjen merekrut Account Officer sebagai surveyor lapangan untuk melihat kondisi riil dari calon debitur. Kemudian data hasil survei diberikan kepada bagian kredit untuk diperiksa.Kepala Bagian Kredit memiliki kewenangan untuk memutuskan diterima atau tidaknya pengajuan kredit.Banyaknya calon debitur yang mengajukan permohonan kredit dengan kondisi yang berbeda-beda menyebabkan pengambilan keputusan penilaian kelayakan pengajuan kredit menjadi lebih sulit dan membutuhkan kejelian yang tinggi dari pengambil keputusan.Kekurangan pada metode penilaian kelayakan kredit konvensional ini adalah adanya human error yang membuat pengambilan keputusan menjadi kurang akurat.Hal inidapat meningkatkan resiko kredit macet akibat pengambilan keputusan yang kurang tepat mengenai penilaian kelayakan kredit.Maka, dibuat sebuah Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Aplikasi ini menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution) karena konsepnya mudah dimengerti, komputasinya efisien, dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Sistem ini tidak menggantikan peran Bagian Kredit sebagai pengambil keputusan, melainkan dapat menjadi pendamping pengambilan keputusan mengenai kelayakan pengajuan kredit di KBPR Amanah.Dengan adanya aplikasi ini, pengambilan keputusan menjadi lebih efektif, serta menghasilkan keputusan yang terbaik bagi pihak debitur maupun pihak KBPR Amanah.Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan ini telah diuji dengan membandingkan hasil keputusan manual dengan kaputusan yang dihasilkan sistem. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, tingkat keakuratan SPK dalam penelitian ini mencapai 97,78%
PENGEMBANGAN SISTEM PENDETEKSI KEMIRIPAN KARYA PADA INAICTA 2013 Cadea Mikha Pasma; Ulla Delfana Rosiani; Rudy Ariyanto
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.117

Abstract

Indonesia ICT Award (INAICTA) 2013 merupakan ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) terbesar di Indonesia yang bertujuan untuk terus mendorong berkembangnya produk-produk TIK (Teknologi Informasi dan Komputer) lokal dengan peningkatan kualitas maupun inovasi produk. Semakin tahun, jumlah kontestan yang mengikuti INAICTA semakin bertambah. Hal tersebut berpengaruh terhadap tingkat kesulitan bagi para juri atau tim penilai untuk mengetahui kemiripan dari inovasi-inovasi para kontestan. Dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu dalam pendeteksian kemiripan tiap hasil karya yang diikutsertakan oleh para kontestan. Oleh karena itu dilakukan pengembangan sistem pendeteksi kemiripan karya pada INAICTA 2013 dengan membandingkan penjelasan ringkas karya para kontestan. Dalam pengembangan sistem pendeteksi ini menggunakan Algoritma Term Frequency– Inversed Document Frequency (TF-IDF) untuk proses pembobotan karya. Dengan TF-IDF sistem akan menghitung berdasarkan term pada setiap karya. Sedangkan untuk melihat tingkat kedekatan atau kesamaan (similarity) karya, sistem ini menggunakan Algortitma Vector Space Model (VSM). Dengan VSM data karya dipandang sebagai sebuah vektor yang memiliki magnitude (jarak) dan direction (arah). Sehingga sistem pendeteksi kemiripan karya pada INAICTA 2013 ini akan menghasilkan urutan tingkat kemiripan karya INAICTA 2013.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN NOTIFIKASI SMS PADA SMK MUHAMMADIYAH 1 KEPANJEN Erwin Tidar Huda Utama; Indra Dharma Wijaya; Ariadi Retno Tri Hayati Ririd
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.118

Abstract

Selama ini orangtua siswa sangat terbatas dalam memantau kegiatan akademik putra-putrinya disekolah. Apalagi untuk orang tua siswa yang sedang bekerja di luar kota sangat sulit untuk mendapatkan informasi akademik secara langsung dari pihak sekolah mulai dari prestasi, nilai ujian, hingga absensi putra-putrinya. Dengan demikian dibuatlah rancang bangun sistem informasi akademik siswa dengan menggunakan notifikasi SMS pada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen yang diharapakan mampu membantu orangtua siswa dalam memantau kegiatan belajar putra-putrinya disekolah, selain itu sistem ini dapat membantu para siswa agar terhindar dari teguran keras pihak sekolah karena absensi dan nilai akademik mereka yang menurun. Dengan adanya sistem informasi akademik siswa menggunakan notifikasi SMS ini akan lebih memudahkan para siswa mendapatkan informasi tentang nilai maupun absensinya di sekolah dan memudahkan orangtua siswa mendapatkan informasi nilai maupun absensi yang dikirim melalui SMS.
PENGEMBANGAN APLIKASI KEUANGAN DI SPBU SERA KM 25 SIDOARJO Galang Audi Pramasha; Rosa Andrie Asmara; Atiqah Nurul Asri
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.119

Abstract

SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum)Sera KM 25 Sidoarjo membutuhkan suatu sistem yang dapat melakukan pengolahan seluruh data yang berhubungan dengan proses penjualan dan pembelian BBM. Data-data yang saat ini diolah adalah data transaksi penjualan, data transaksi pembelian, data penggajian, data stok barang, data jabatan, data distributor, dan data user. Pengolahan data-data tersebut dalam sistem yang saat ini berjalan dilakukan secara manual yaitu diimplementasikan dalam buku atau arsip. Pengolahan data dengan menggunakan sistem yang saat ini berjalan dirasa kurang efisien dalam hal waktu dan kurang akurat dalam hal informasi yang dihasilkan. Masalah yang terdapat dalam sistem yang saat ini sedang berjalan dapat diselesaikan dengan membangun suatu sistem baru yang lebih efisien dan akurat.Pengembangan Aplikasi Keuangan pada SPBU Sera KM 25 Sidoarjo dibangun dengan menggunakan Visual Studio 2010 danSQL server 2008. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, sistem yang dibangun dapat menyelesaikan masalah yang ada dalam sistem yang lama.
RANCANG BANGUN OPTIMASI PENJADWALAN PERAWATAN MOBIL PADA @MayTrans Hersandi Anjar Susanto; Banni Satria Andoko; Nurudin Santoso
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.120

Abstract

Pada saat ini pembuatan jadwal perawatan mobil di rental mobil @maytrans masih berupa pencatatan pada buku pengelola. Pembuatan jadwal tersebut membutuhkan waktu yang banyak dalam pemilihan mobil dalam satu pemilik agar tidak berbenturan. Dengan memiliki suatu aplikasi berupa optimasi perawatan mobil tentu saja sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan-keuntungan pada pengelola. Maka dari itu perlu dibuat sebuah aplikasi untuk membantu pengelola dalam pembuatan jadwal tersebut. Pembuatan optimasi penjadwalan perawatan mobil ini mengadopsi aturan yang telah dibuat oleh pengelola rental kemudian dimasukkan ke dalam dalam bahasa php. Pada proses penjadwalan tersebut pembagian,waktu,mobil dan jadwal dilakukan secara otomatis oleh sistem. Jadi tidak akan ada lagi penumpukan jadwal perawatan mobil yang melebihi 3 mobil dalam sehari. Serta dilengkapi juga dengan estimasi biaya penggantian komponen mobil. penjadwalan perawatan secara otomatis dan hasil penjadwalan perawatan mobil tersebut telah memenuhi peraturan yang telah dibuat oleh pengelola rental. Sehingga optimasi penjadwalan perawatan mobil yang telah dibuat sudah optimal.
APLIKASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE SMART (SIMPLE MULTI-ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE) Muhammad Auliya B; Yan Watequlis S; Imam Fahrur R
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.121

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan pada BRI Syariah KC Malang, pihak manajemen melakukan suatu proses penilaian (evaluasi) kinerja setiap karyawan. Untuk membantu dan mempermudah pihak manajemen dalam melakukan proses penilaian dan menentukan kategori karyawan berprestasi untuk setiap bulannya, maka dibangun suatu aplikasi pendukung keputusan dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan oleh pihak manajemen yaitu integritas, kerjasama, kreatif, pelayanan pelanggan, profesionalisme dan orientasi tujuan. Masalah penentuan karyawan berprestasi tergolong ke dalam masalah yang bersifat multiobjective (banyak tujuan yang ingin dicapai) dan multicriterias (ada banyak kriteria yang menentukan dalam mencapai keputusan tersebut). SMART (Simple Multi – Attribute Rating Technique) adalah metode pengambilan keputusan multi kriteria yang didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai–nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting ia dibandingkan dengan kriteria lain. Proses penilaian kinerja karyawan tersebut dipermudah dengan mengimplementasikan metode SMART yang diaplikasikan ke dalam tampilan web sehingga proses perhitungan menjadi terkomputerisasi dan tidak lagi dilakukan secara manual. Aplikasi ini dirancang dan dikembangkan untuk melakukan perhitungan kinerja karyawan di BRI Syariah KC Malang dan sudah diujicobakan pada beberapa manajer bank tersebut. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan dan pedoman dari instansi tersebut dalam melakukan penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan metode SMART.
SISTEM INFORMASI DATA KEUANGAN LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) POLITEKNIK NEGERI MALANG Raphael Nugraha W; Siti Romlah; Ulla Delfana Rosiani
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.122

Abstract

Dalam penelitian ini akan dibuat Sistem Informasi Data Keuangan Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP) Politeknik Negeri Malang berbasis web untuk mempermudah dalam penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja pada Politeknik Negeri Malang di buat menjadi sebuah Sistem Informasi secara LAN(Local Area Network). Sistem Informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP yang diguankan untuk mengembangkan perangkat dan menggunakan mysql sebagai database.Hasil pembuatan sistem informasi ini bertujuan untuk membuat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang berada di Politenik Negeri Malang pentingnya sistem informasi dalam Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah untuk mempermudah melihat data keuangan LAKIP yang sebelumnya data LAKIP masih berbentuk manual. Hasil Sistem Informasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah mempermudah dalam memasukan data, melihat data dan melihat diagaram untuk mengetahui data tiap tahunnya dengan Sistem Informasi ini di harapkan dapat membantu dalam pembuatan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).
SISTEM INFORMASI PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA Zeini Ikrawan; Yuri Ariyanto; Budi Harijanto
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.123

Abstract

Pendidikan merupakan jasa yang berupa proses pembudayaan, pengertian ini berimplikasi adanya input dan output. Inputnya adalah peserta didik atau mahasiswa, sarana, prasarana dan lingkungan, sedangkan outputnya adalah jasa pelayanan pendidikan, lulusan dan alumni. Perkembangan dunia pendidikan tinggi sekarang ini semakin luar biasa, hal ini ditandai dengan banyaknya perguruan tinggi baru yang secara otomatis semakin meningkatkan persaingan antar perguruan tinggi yang ada.Program Studi Manajemen Informatika merupakan salah satu program studi yang ada pada Politeknik Negeri Malang yang juga ikut berperan dalam perkembangan dunia pendidikan di kota Malang. Sebagai Program Studi yang telah menghasilkan banyak lulusan, maka perlu diadakan penelitian untuk melakukan evaluasi tehadap berbagai aspek yang mempengaruhi kepuasan alumninya, hal ini dimaksudkan agar Program Studi mengetahui sampai sejauh mana kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada para mahasiswa dan untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan dan pembelajaran,maka digunakan Importance-Performance Analysis (John A. Martila and Jhon C. James,1977: 77-79) atau Analisa Tingkat Kepentingan dan Kinerja/Kepuasan Pelanggan. Namun dalam pengumpulan data penilaian tingkat kepentingan dan tingkat kinerja/kepuasan yang kurang efisien, dari hambatan tersebut perlu dibuat suatu sistem secara online sehingga memberi kecepatan, keakuratan dan efisiensi waktu dalam proses pengolahan data dan informasi. Dalam skripsi ini membahas tentang bagaimana membuat aplikasi yang bisa mengukur sampai sejauh mana kepuasan alumni terhadap pelayanan tersebut dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis. Setelah aplikasi diuji coba kepada alumni program studi manajemen informatika untuk mengisi atribut kuesioner tingkat kepentingan dan tingkat kinerja / kepuasan, sistem menghasilkan informasi persentase kepuasan alumni terhadap atribut kuesioner yang mempengaruhi kepuasan alumni, informasi rangking atribut kuesioner dan tingkat prioritas perbaikan atribut kuesioner, yang nantinya informasi yang dihasilkan menjadi bahan pertimbangan Program Studi Manajemen Informatika dalam memprioritaskan perbaikan pelayanan yang dirasa kurang memuaskan oleh pelanggan dalam hal ini alumni.
SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KUSTA MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING (Studi Kasus : UPT Puskesmas Talango-Sumenep) Siti Nuraisyah; Indra Dharma Wijaya; Mungki Astiningrum
Jurnal Informatika Polinema Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v1i4.124

Abstract

Puskesmas Talango merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kabupaten atau kota (UPTD) yang berperan menyelenggarakan sebagian dari tugas teknis operasional dinas kesehatan kabupaten atau kota dan merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang berada di Kabupaten Sumenep tepatnya di Kecamatan Talango. Puskesmas tersebut menjadi tumpuan kesehatan bagi masyarakat Talango dan sekitar karena Puskesmas Talango satu-satunya tempat berobat bagi masyarakat setempat. Penyakit kusta adalah penyakit menular, menahun dan disebabkan oleh kuman kusta (Mycobacterium leprae) yang menyerang saraf tepi, kulit dan jaringan tubuh lainnya kecuali susunan saraf pusat. Sistem pakar berasal dari istilah knowledge-based expert system. Istilah ini muncul karena untuk memecahkan masalah, sistem pakar menggunakan pengetahuan seorang pakar yang dimasukkan ke dalam komputer. Seorang yang bukan pakar menggunakan sistem pakar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, sedangkan seorang pakar menggunakan sistem pakar untuk knowledge assistant. Adapun tujuan yang akan dicapai adalah untuk membuat aplikasi sistem pakar yang berguna sebagai alat bantu untuk mendapatkan informasi dan dugaan awal dalam mendiagnosa penyakit kusta. Hasil dalam penelitian ini adalah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit kusta dengan menggunakan metode backward chaining ini dapat menyelesaikan masalah diagnosa penyakit kusta beserta memberikan solusi sementara kepada pasien. Backward chaining merupakan strategi pencarian yang arahnya kebalikan dari runut maju. Proses pencarian dimulai dari tujuan, yaitu kesimpulan yang menjadi solusi permasalahan yang dihadapi. Representasi pengetahuan yang digunakan adalah tabel keputusan, pohon pelacakan, kaidah produksi berbentuk IF-THEN.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2024): Vol 10 No 2 (2024) Vol. 10 No. 1 (2023): Vol 10 No 1 (2023) Vol. 9 No. 4 (2023): Vol. 9 No. 4 (2023) Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023) Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023) Vol. 9 No. 1 (2022): Vol 9 No 1 (2022) Vol. 8 No. 4 (2022): Vol 8 No 4 (2022) Vol. 8 No. 3 (2022): Vol 8 No 3 (2022) Vol. 8 No. 2 (2022): Vol 8 No 2 (2022) Vol. 8 No. 1 (2021): Vol 8 No 1 (2021) Vol. 7 No. 4 (2021): Vol 7 No 4 (2021) Vol. 7 No. 3 (2021): Vol 7 No 3 (2021) Vol. 7 No. 2 (2021): Vol 7 No 2 (2021) Vol. 7 No. 1 (2020): Vol 7 No 1 (2020) Vol. 6 No. 4 (2020): Vol 6 No 4 (2020) Vol. 6 No. 3 (2020): Vol 6 No 3 (2020) Vol. 6 No. 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020) Vol. 6 No. 1 (2019): Vol 6 No 1 (2019) Vol. 5 No. 4 (2019): Vol 5 No 4 (2019) Vol. 5 No. 3 (2019): Vol 5 No 3 (2019) Vol. 5 No. 2 (2019): Vol 5 No 2 (2019) Vol. 5 No. 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018) Vol. 4 No. 4 (2018): Vol 4 No 4 (2018) Vol. 4 No. 3 (2018): Vol 4 No 3 (2018) Vol. 4 No. 2 (2018): Vol 4 No 2 (2018) Vol. 4 No. 1 (2017): Vol 4 No 1 (2017) Vol. 3 No. 4 (2017): Vol 3 No 4 (2017) Vol. 3 No. 3 (2017): Vol 3 No 3 (2017) Vol. 3 No. 2 (2017): Vol 3 No 2 (2017) Vol. 3 No. 1 (2016): Vol 3 No 1 (2016) Vol. 2 No. 4 (2016): Vol 2 No 4 (2016) Vol. 2 No. 3 (2016): Vol 2 No 3 (2016) Vol. 2 No. 2 (2016): Vol 2 No 2 (2016) Vol. 2 No. 1 (2015): Vol 2 No 1 (2015) Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015) Vol. 1 No. 3 (2015): Vol 1 No 3 (2015) Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015) Vol. 1 No. 1 (2014): Vol 1 No 1 (2014) More Issue