cover
Contact Name
-
Contact Email
perpussttmandala@gmail.com
Phone
+628978654259
Journal Mail Official
imashdt@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seekarno-hatta No.597 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Isu Teknologi
ISSN : 19794819     EISSN : 25991930     DOI : -
Jurnal Isu Teknologi Merupakan jurnal yang membahas tentang isu - isu teknologi saat ini. terutama yang berkaitan dengan teknik informatika, teknik sipil,teknik elektro,dan teknik mesin.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi" : 13 Documents clear
PERANGKAT LUNAK ANALISIS RESPONS STRUKTUR TERHADAP BEBAN DINAMIK BERBASIS OPEN SOURCE Rusman Rusman; Safarudin M
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis respons struktur terhadap beban dinamik dapat menggunakan metode yang terkini misalnya dengan analisis dengan metode elemen hingga untuk beberapa derajat kebebasan. Analisis menggunakan metode ini harus menggunakan perangkat lunak komersial yang harganya cukup tinggi walaupun hasilnya cukup akurat dalam aplikasinya. Dengan kendala kerumitan pemodelan dan harga yang relatif tinggi tersebut, sebuah alternatif perangkat lunak dikembangkan yang menganalisis respons struktur terhadap beban dinamik dengan metode sederhana yaitu hanya mempertimbangkan satu derajat kebebasan yang sebenarnya sudah cukup dalam perancangan struktur utama misalnya balok, pelat dan struktur rangka satu tingkat. Perangkat lunak tersebut telah diuji dan divalidasi dengan perangkat lunak komersial seperti Abaqus untuk beberapa kasus respons balok
PERANCANGAN MESIN PENCACAH PLASTIK TIPE CRUSHER KAPASITAS 50 kg/jam Chusnul Azhari; Diki Maulana
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Botol dan gelas plastik kemasan yang terbuat dari plastik jenis PET (polyethylene terephthalate) direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Hal ini yang mengakibatkan peningkatan produksi sampah plastik dari tahun ke tahun dan jika tidak ditangani dengan benar limbah plastik akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu cara untuk mengurangi limbah plastik yaitu dengan daur ulang sampah plastik menjadi produk lain yang bisa digunakan. Sebelum di daur ulang sampah plastik diproses menjadi serpihan-serpihan/cacahan plastik kecil. Dengan demikian penulis mengambil judul Perancangan Mesin Pencacah Plastik Tipe Crusher Kapasitas 50 kg/jam. Dalam perancangan mesin pencacah plastik tipe crusher ini dilakukan perancangan yang berupa gambar desain, perhitungan dan pemilihan bahan komponen-komponen mesin pencacah antara lain: daya, mata pisau, poros, bantalan, pasak, transmisi sabuk-v dan puli. Mesin pencacah plastik ini memiliki dimensi 400 mm 300 mm 1100 mm dengan kontruksi yang sederhana, mudah dioprasikan. Proses pencacah plastik ini menggunakan satu (1) buah poros dan silinder pisau sebagai dudukan pisau pencacah dengan jumlah enam (6) buah mata pisau, empat (4) buah pisau dinamis dan dua (2) buah pisau statis. Penggerak utama mesin pencacah plastik menggunakan motor listrik sebesar 1 hp dengan putaran motor 1400 rpm dan putaran poros pisau pencacah 260 rpm.
PENGARUH PENYETELAN CELAH KATUP TERHADAP KINERJA MESIN SEPEDA 4 LANGKAH 100 CC Dadang Jatnika; Sujana Sujana
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penyetelan celah katup yang bisa mempengaruhi kinerja mesin sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis pengaruh penyetelan celah katup terhadap kinerja mesin dan menanggulangi kesalahan setelan celah katup. Penelitian dilakukan dibengkel kerja sepeda motor, kepada mesin sepeda motor jenis 4 langkah 100 cc dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif dan informatif. Data diperoleh melalui studi pustaka dan spesifikasi pabrik, observasi dan wawancara. Kemudian didalam tahap pelaksanaan dilakukan beberapa tahap penyetelan dimulai dari penyetelan standard, penyetelan diatas dan dibawah standard. Hasil penelitian menyimpulkan penyetelan standard. Daya 4,5 hp. / 4.611 rpm. Torsi 5,91 N.m. / 3.081 rpm. Konsumsi bahan bakar 0,80 L / jam. / 5000 rpm. Penyetelan diatas standar. Daya 4,4 hp. / 6.644 rpm. Torsi 5,89 N.m. / 3155 rpm. Konsumsi bahan bakar 0,85 L / jam. / 5000 rpm. Penyetelan dibawah standard. Daya 4,3 hp. / 6.699 rpm. Torsi 5,48 N.m. / 3.086 rpm. Konsumsi bahan bakar. 0,86 L / jam. /5000 rpm.Penyetelan standard, diatas dan dibawah standard menghasilkan kinerja mesin yang rendah dan bahan bakar boros dibandingkan dengan penyetelan standard. Pelaksanaan analisa pengaruh penyetelan katup pada mesin sepeda motor ini diharapkan menjadi bahan pengetahuan bagi kita.
Cover Daftar Isi cover cover
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cover
JARINGAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN VOIP DENGAN KLIEN BERBASIS MOBILE : STUDI KASUS STT MANDALA Rahmad Hidayat; Moch Nizar Firman Muffriansyah
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan jaringan komunikasi terutama jaringan internet semakin memudahkan proses komunikasi untuk berbagi informasi. Gedung kampus STT Mandala yang terpisah membuat jaringan komunikasi sangat diperlukan dalam penyampaian informasi. Penggunaan satu telepon untuk satu staf masih diterapkan. Selain itu, selama jam kerja karyawan tidak selalu berada di ruangan karena adanya pekerjaan yang memungkinkan karyawan untuk pergi ke ruang staf lain. Oleh karena itu dilakukan pengembangan jaringan komunikasi dengan teknologi VoIP. Perangkat sebagai client yang digunakan berbasis mobile (smartphone) dengan memanfaatkan sarana internet sebagai media jaringan komunikasi VoIP yang menjadikan sistem ini lebih efektif, efisien, mudah dan murah dalam melakukan komunikasi serta memungkinkan berkomunikasi walaupun karyawan yang dituju sedang berada di luar ruangan. Metode perancangan yang digunakan adalah NDLC untuk dijadikan tahapan dalam perancangan sistem jaringan komunikasi VoIP yang dimonitor dengan bantuan software PRTG. Tool ini dipakai untuk melihat nilai Quality of Service dengan parameter packet loss, delay, dan jitter denganhasil dari setiap parameter bernilai rata-rata sangat baik. Sementara itu, dalam kualitas sambungan dapat dilakukan pengembangan lebih lanjut agar sistem dapat berjalan lebih baik.
ANALISIS TOTAL HARMONIK DISTORSI PADA PANEL ACPDB AKIBAT BEBAN NON LINEAR Syafrudin R; Arif Haidlir Abdul Rachman
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi beban non linier merupakan salah satunya komponen yang membuat arus sistem menjadi sangat terdistorsi dengan persentase kandungan harmonik arus THD (Total Harmonic Distortion) yang sangat tinggi. Dari hasil pengukuran di PT. XL Axiata, Tbk diketahui bahwa pada salah satu Panel ACPDB daya terdapat harmonik dengan persentase THD arus sebesar 13.32 % hasil pengukuran dan 19,20 % hasil perhitungan yang melebihi batas IEEE 519-1992 yang diijinkan yaitu 8 %. Distorsi harmonik mengakibatkan nilai rugi-rugi daya pada Panel ACPDB bertambah proporsional terhadap besar arus komponen- komponen harmonik yang terdapat di dalam arus beban. Berdasarkan hasil analisis semakin tinggi total arus harmonik pada Panel ACPDB (13.32%) maka semakin tinggi pula resiko kerusakan pada perangkat telekomunikasi yang ada di data center.
SISTEM MONITORING POWER BATERAI BLUETOOTH BEACON MENGGUNAKAN LABVIEW Givy Devira Ramady
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seperti yang kita ketahui, teknologi bluetooth low energy sudah mulai banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Biasanya fungsi bluetooth beacon adalah mengirimkan data secara berkala, sehingga sumber daya menjadi faktor yang sangat penting dan saat ini hanya bluetooth low energy yang cocok untuk itu. Namun, bluetooth low energy memiliki batasan, teknologi ini hanya dapat digunakan untuk jarak yang relatif dekat sekitar 100 meter sehingga sangat cocok untuk aplikasi indoor atau rumahan. Kelebihan bluetooth low energy dibandingkan bluetooth klasik adalah konsumsi energi listrik Bluetooth low energy untuk transfer data jauh lebih kecil daripada bluetooth klasik tetapi dengan cakupan konektivitas dan kapasitas muatan dari transfer data yang sama. Berdasarkan hal itu ada hal-hal menarik untuk dikaji lebih lanjut yaitu tentang kondisi baterai bluetooth beacon. Oleh karena itu aplikasi sistem pemantauan baterai dianggap perlu untuk memudahkan pengguna dalam melakukan perawatan perangkat beaconnya
PENGARUH GERAKAN PUTAR BALIK ARAH KENDARAAN TERHADAP DERAJAT KEJENUHAN RUAS JALAN ARTERI Hetty Fadriani; Rian Hafits J
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingginya volume arus lalu lintas yang melakukan gerakan putar balik arah pada ruas jalan Soekarno-Hatta di depan perumahan Aria-Graha menyebabkan antrian kendaraan yang panjang. Gerakan putar balik arah menyebabkan hambatan bagi kendaraan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh gerakan putar balik arah terhadap derajat kejenuhan pada ruas jalan arteri Soekarno-Hatta, dan tingkat pelayanannya. Metodologi penelitian yang dipakai adalah metode kausal-komparatif. Penelitian ini membandingkan jumlah pergerakan putar balik arah pada pagi dan sore hari dimana terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Hasil dari penelitian ini adalah volume gerakan putar balik arah pada arah yang sama pada pagi hari jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sore hari, rata-rata volume putar balik arah pada pagi hari adalah 589,00 smp/jam sedangkan pada sore hari adalah 1005,00 smp/jam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah derajat kejenuhan rata-rata pada pagi hari adalah 0,52 sedangkan pada sore hari adalah 0,70 terjadi kenaikan sebesar 0,18. Tingkat pelayanan ruas jalan Soekarno-Hatta pada pagi hari rata-rata adalah A sedangkan pada sore hari rata-rata adalah C. Terjadi penurunan tingkat pelayanan dari A menjadi C
KAJIAN PENGARUH PERANAN KONSULTAN PENGAWAS TERHADAP PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN PENDOPO DI KARAWANG JAWA BARAT Nurcaweda Riztria Adinda; Riyadi Riyadi
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsultan pengawas merupakan jasa layanan profesional yang diberi tugas oleh pemilik proyek untuk mengawasi seluruh proses konstruksi dengan cermat secara objektif pada tahap pelaksanaan sampai selesainya konstruksi. Bagaimana pengaruh peranan konsultan dalam pelaksanaan konstruksi proyek bangunan pendopo di Karawang Jawa Barat, dan bagaimana tahapan-tahapan pekerjaan pengawasan pada proyek tersebut. Adapun tugas dan wewenang dari konsultan pengawas adalah mengawasi seluruh pelaksanaan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya, mengawasi kebenaran ukuran, kualitas dan kuantitas, mengawasi kemajuan pelaksanaan pekerjaan dan mengambil tindakan yang tepat dan cepat, membuat laporan periodik, memberikan masukkan pendapat teknis tentang penambahan atau pengurangan serta memberikan petunjuk, perintah sejauh tidak mengenai pengurangan dan penambahan biaya dan waktu pekerjaan serta tidak menyimpang dari kontrak. Tahapan-tahapan yang seharusnya dilaksanakan dalam Proyek Pembangunan Pendopo Di Karawang Jawa Barat ini terdiri dari : 1. PCM (Pre Construction Meeting), 2. Rapat koordinasi 2 mingguan, 3. Laporan harian, 4. Laporan mingguan, 5. Laporan bulanan, dan 6. Persetujuan material. Sedangkan tahapan yang dilaksanakan oleh konsultan pengawas dilapangan hanya melakukan pengawasan berdasarkan gambar kerja, RKS dan RAB tanpa membuat laporan rutin serta melakukan rapat organisasi. Dalam pelaksanaannya konsultan pengawas tidak secara sepenuhnya melakukan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan sebagai konsultan pengawas sehingga keberhasilan proyek dalam hal pencapaian mutu, waktu, biaya, dan k3 proyek tidak dapat terlihat secara jelas walaupun proyek tersebut selesai dilaksanakan.
ANALISIS BIAYA PERCEPATAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DENGAN METODE JALUR KRITIS Andrew Ghea Mahardika; Ayu Budi Utami
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 13 No. 2 (2018): Jurnal Isu Teknologi
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan Gedung Kantor 2 lantai ini dibuat karena Wilayah Tegalega belum mempunyai Gedung Kantor sendiri, namun pada saat pekerjaan dimulai, terjadi keterlambatan serah terima lahan yang menyebabkan pekerjaan terlambat dimulai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui durasi pekerjaan dengan menggunakan Metode Jalur Kritis, untuk menganalisa strategi waktu dari percepatan durasi yang diperoleh dari Metode Jalur Kritis, dan untuk menganalisa perkiraan biaya normal dan crash dari upah tenaga kerja dan perkiraan jumlah anggaran biaya akibat percepatan waktu pelaksanaan. Dengan melakukan observasi langsung, interview beberapa team proyek yang terlibat, didapatkan data-data yang penulis gunakan sebagai dasar melakukan analisa dan perhitungan. Berdasarkan data yang didapatkan dan dilakukan analisis dengan menggunakan Metode Jalur Kritis. Hasil durasi normal pekerjaan dengan Metode Jalur Kritis adalah 119 hari kerja, dengan percepatan durasi yang dilakukan dengan Metode Jalur Kritis diperoleh durasi yaitu 104 hari kerja. Maka, dengan menggunakan analisa tenaga kerja, jumlah biaya normal upah tenaga kerja sebesar Rp.30.901.500,00 dan jumlah biaya crash upah tenaga kerja sebesar Rp.26.037.000,00. Sehingga, menghemat biaya upah tenaga kerja sebesar Rp.4.864.500,00. Dengan demikian, jumlah anggaran biaya normal sebesar Rp.1.337.999.697,00 dan jumlah anggaran biaya crash sebesar Rp. 1.333.135.197,00.

Page 1 of 2 | Total Record : 13