cover
Contact Name
Muhammad Azmi
Contact Email
azmi@fkip.unmul.ac.id
Phone
+6282110908360
Journal Mail Official
azmi@fkip.unmul.ac.id
Editorial Address
JL. Banggeris No. 89, Samarinda
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Amarthapura: Historical Studies Journal
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 29625335     DOI : https://doi.org/10.30872/amt
Core Subject : Education, Social,
Amarthapura: Historical Studies Journal published by the Department of History Education, the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman, which is published twice a year in June and December. It contains articles of research or study of literature in History Education. Articles are written in Indonesia or English.
Articles 28 Documents
Pemanfaatan Media Infografis Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Al-Khairiyah Samarinda Muhammad Azhari; Wingkolatin Wingkolatin; Muhammad Azmi
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v1i1.540

Abstract

This study aims to determine the use of infographic media in learning history at SMA Al-Khairiyah Samarinda. The discussion in this study will focus on two things. First, to find out how to use infographic media in learning history at SMA Al-Khairiyah Samarinda. Second, to find out what are the obstacles to using infographic media in history learning at Al-Khairiyah High School Samarinda. The method used in this study is a qualitative approach with a descriptive method. Data collection is done by interview, observation and documentation. The results of the study show that the first finding is that educators easily convey learning materials and most students easily understand history lessons. While the results of the second study indicate that the obstacles faced by educators are the lack of facilities and infrastructure in schools and the limited time in preparing the material. The use of infographic media in learning history at SMA Al-Khairiyah Samarinda provides convenience in teaching and learning activities for both teachers and students.
Sejarah Penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang Rahmat Hidayat; Warman Warman; Muhamad Sopyan
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v1i1.560

Abstract

Rahmat Hidayat, 2019. Sejarah Penyiaran Islam di Kampung Masjid di Samarinda Seberang. Dibimbing oleh Dr. Warman, M.Si selaku pembimbing I dan Muhamad Sopyan, M.Pd. selaku pembimbing II. Pembahasan mengenai sejarah penyiaran Islam di Kampung Masjid merupakan salah satu topik menarik yang dibahas dalam skripsi ini. ada beberapa poin yang membuat penulis tertarik untuk mengangkat judul penelitian ini pertama, Penyebaran Islam di Kampung Masjid berasal dari wilayah Sulawesi dan daerah kesultanan Kutai Kartanegara. Kedua, Agama Islam adalah agama yang baru di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Sehingga membuat penulis tertarik untuk membahas mengenai proses perjalanan misi ini. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskrispikan sejarah penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Untuk mendiskripsikan peran masjid Shirotal Mustaqiem sebagai syiar Islam yang ada di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Penelitian ini difokuskan pada tiga masalah Sejarah penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Peran masjid Shirotal Mustaqiem sebagai media syiar Islam. Jenis Penelitan Sejarah. Fokus penelitiannya Sejarah Penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Peran Masjid yang ada di Kampung Masjid Samarinda Seberang. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kritik sumber yaitu kritik ekstren dan kritik intern. Interpretasi dan Historiografi. Hasil penelitian penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang diperoleh data bahwa penyiaran Islam dibawa oleh seorang Ulama yang berasal dari Hadramaut Yaman. Dan Masjid Shirotal Mustaqiem sebagai wadah penyiaran Islam di Kampung Masjid Samarinda Seberang yang digunakan sebagai tempat peribadatan dan juga merayakan hari-hari besar Islam. Kata Kunci: Penyiaran Islam, Masjid, Kampung Masjid.
Kehidupan Masyarakat Pulau Salissingan Sulawesi Barat (1994-2009) Yusran Yusran; Jamil Jamil; Muhammad Azmi
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v1i1.1046

Abstract

This study aims to explain the history of the development of the life of the people of Salissingan Island which is seen in three aspects, namely the political aspect, the economic aspect, and the social aspect. Then the type of research used is historical research which consists of Heuristics, Criticism, Interpretation and Historiography. The focus of this research is community life and the development of community life on Salissingan Island. The results of this study indicate that the development of community life on Salissingan Island refers to three aspects, namely the Political Aspect regarding the formation of the first village in 1994 and then in 2008 the second village was formed. next On the economic aspect of people's lives seen in the work as fishermen and fishermen's income in the form of sea cucumbers and lobster shrimp. as for the social aspect regarding the development and population growth of Salissingan Island since 1994-2009
Pembelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Berau Berbasis Situs Peninggalan Belanda di Teluk Bayur Elvinas Septian Indiani; Jamil Jamil; Sainal A
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v1i1.1079

Abstract

The use of the Dutch heritage site in Teluk Bayur as a learning resource is intended to improve history learning at SMAN 1 Berau and also to enrich history learning resources. The purpose of this study was to describe the historical learning process at SMAN 1 Berau by utilizing the Dutch heritage site in Teluk Bayur and the teacher’s obstacles in the process of utilizing the Dutch heritage site as a learning resource. The type of research used ia a qualitative approach. The result of this study show how the learning process at SMAN 1 Berau runs according to the existing curriculum and the use of Dutch heritage sites as a learning resource makes students have a high enthusiasm for learning, and students can add social attitudes toward historical sites in the environment.
Perlawanan Buruh Terhadap Perusahaan Batu Bara Belanda di Teluk Bayur (1926) Febi Nilawati; Jamil Jamil; Muhamad Sopyan
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v1i1.1085

Abstract

This research was motivated by the establishment of the Steenkolen Maatschappij Parapattan (SMP) company which exploited the natural resources and human resources of the workers which caused a resistance. The purpose of this study is to describe the initial conditions of Teluk Bayur before the resistance in 1926 and to describe the forms of resistance in 1926. The type of research used in this research is historical research using heuristic methods, source criticism, interpretation, and historiography. The results show that prior to the riots, SMP was established in 1912, which was the beginning of the riots that occurred in 1926. Dutch involvement extended to the government. In addition to exploiting coal, contracted workers were also exploited by doing hard labor in coal mines with disproportionate salaries until there was an action against a junior high school company in Teluk Bayur on the night of 6-7 November 1926. Sarekat Islam was considered a forum that initiated resistance so that SI was frozen by the Dutch after the incident.
Proses Islamisasi di Kutai Lama dan Jejak Peninggalannya pada Abad XVI Dian Dian; Jamil Jamil; Sainal A
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v1i2.1102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perkembangan Islam Kutai Lama. Selain itu penelitian ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan bagaimana penyebaran Islam di Kutai Lama, serta jejak peninggalan Islam di Kutai Lama. Jenis penelitian yang digunakan dalam metode ini yaitu penelitian Sejarah dnegan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan yaitu metode sejarah dengan tahapan Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Fokus penelitian membahas tentang Masuknya Islam di Kutai Lama, Penyebaran Islam di Kutai Lama, dan Jejak Peninggalan Islam di Kutai Lama. Hasil penelitian menunjukkan masuknya Islam di Kutai Lama dibawa oleh dua orang Mubaligh dari Makassar yang bernama Tuan Ri Bandang dan Tuan Tunggang Parangan. Tuan Tunggang Parangan menggunakan Raja Aji Mahkota sebagai sasaran utama dalam misi penyebaran ajaran Agama Islam untuk memudahkan dalam menyebarkan Agama Islam di kalangan masyarakat Kutai Lama. Karena masyarakat Kutai Lama mematuhi perintah Raja Aji Mahkota maka saat Raja Aji Mahkota memeluk Islam, masyarakatnya pun mengikuti jejak sang Raja. Maka dengan aturan tersebut maka proses penyebaran Islam di Kutai Lama dapat tersebar secara meluas hingga ke luar wilayah Kerajaan Kutai hingga kedaerah terpencil. Jejak peninggalan Islam berupa Makam Raja Mahkota dan Tuan Tunggang Parangan menjadi bukti peninggalan Islam yang ada di Kutai Lama. Makam Raja Aji Mahkota dan Tuan Tunggang Parangan sangat dikeramatkan mengingat jasa mereka dalam mengembangkan Islam di wilayah Kutai Lama.
PEMANFAATAN E-LEARNING MADRASAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS X IPS I DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMARINDA Armenda Indrawan Yudistira; Wingkolatin Wingkolatin; Muhamad Sopyan
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v1i2.1145

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan E-Learning Madrasah di kelas X IPS I. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif peneliti melakukan observasi secara langsung ke sekolah dan melakukan wawancara dengan beberapa narasumber. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah (Guru sejarah dan siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan yang disusun guru dalam melangsungkan kegiatan pembelajaran daring ini tentu saja guru menyiapkan program tahunan, program semester, RPP daring. bahkan untuk media pembelajaran yang digunakan oleh guru berupa power point dan gambar, (2) Pada proses pembelajaran E-Learning Madrasah sangat membantu dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS 1 di MAN 2 Samarinda karena fitur dalam platform sangat mendukung kegiatan belajar mengajar, (3) Pada tahap evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan E-Learning Madrasah sudah cukup baik, guru melakukan evaluasi penilaian seperti biasa yaitu penilaian kognitif dan afektif yang diamati oleh guru secara daring.
PERKEMBANGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/ATAU SEDERAJAT DI KECAMATAN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR (2012-2020) A. Nur Fadilla; Jamil Jamil; Siti Marfuah
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 2 No 2 (2023)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v2i2.1159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perkembangan SMA/Sederajat di Kecamatan Sangatta Utara (2012-2020). 2) faktor pendukung dan penghambat perkembangan SMA/Sederajat di Kecamatan Sangatta Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Kecamatan Sangatta Utara. Sumber data data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perkembangan SMA/Sederajat di Kecamatan Sangatta Utara pada tahun 2012-2020: 1) Pertama, berakreditasi A (unggul), B (baik), dan C (cukup). Kedua, sarana prasarana SMA/Sederajat Negeri lebih berkembang dibandingkan SMA/Sederajat Swasta. Ketiga, kondisi peserta didik, tenaga pendidik, dan semakin meningkat baik dalam jumlah partisipasi siswa, tenaga profesional tenaga pendidik, maupun kebutuhan atas tenaga kependidikan. Keempat, dana utama berasal dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Kelima, kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum KTSP (2006), dan kurikulum 2013. 2) Secara umum faktor pendorong dan penghambat perkembangan SMA/Sederajat di Sangatta Utara dipengaruhi oleh: lokasi sekolah, kondisi sarana prasarana, kondisi tenaga pendidik dan kependidikan, kepemimpinan, serta pendanaan.
Pelestarian Arsip di Era Teknologi Digital Khaeruddin Khaeruddin
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 2 No 2 (2023)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v2i2.1553

Abstract

Arsip merupakan dokumen atau catatan penting yang mengandung berbagai informasi berharga bagi lembaga yang mengeluarkannya, sehingga tentunya arsip perlu dikelola secara baik. Salah satu cara pelestarian arsip yaitu dengan melakukan digitalisasi arsip utamanya pada era digitial ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pelestarian arsip di era teknologi digital. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan informasi berupa catatan dan data deskriptif yang terdapat di dalam teks yang diteliti dengan cara pengumpulan data yang dianggap relevan dengan permasalahan yang diajukan, dan bersifat studi pustaka dengan menggunakan sumber berupa artikel ilmiah, jurnal dan e-book. Adapun hasilnya yaitu arsip merupakan sekumpulan warkat atau dokumen. Terdapat dua cara pelestarian arsip terkususnya arsip statis, yaitu dengan cara preservasi dan konservasi arsip. Preservasi Preventif adalah upaya pemeliharaan arsip dengan melakukan tindakan preventif dan menghindari semua bahaya yang akan mengancam kelestarian arsip. Adapun Preservasi kuratif merupakan preservasi arsip yang bersifat perbaikan atau perawatan terhadap arsip yang sudah mulai rusak, kondisinya memburuk. Preservasi kuratif dilakukan untuk dapat dapat memperpanjang umur arsip. Di era teknologi digital arsip dapat dimodifikasi menjadi bentuk digital yang dapat memudahkan dalam pecarian, dan digitalisasi arsip juga dapat menjadi alternatif pelestarian arsip. Kemudian cara selanjutnya dalam pelestarian arsip adalah konservasi. Konservasi merupakan sebuah konsep yang mencakup konservasi preventif (pencegahan) yang bermaksud mengurangi risiko penurunan : kontrol lingkungan, perawatan dan perlindungan rutin koleksi arsip dengan menggunakan penanganan yang memadai, sarana anti pencurian dan membuat dokumen tiruan bagi dokumen asli yang sering digunakan.
PERANAN GURU SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALISME DI SMA AL – KHAIRIYAH SAMARINDA Ariyani Ratnasari; Jamil; Sainal A
Amarthapura: Historical Studies Journal Vol 2 No 1 (2023)
Publisher : History Education Department, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/amt.v2i1.1649

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peran peran guru dalam pembentukan karakter nasionalisme pada peserta didik melalui pembelajaran sejarah.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peranan dan kendala guru sejarah dalam menerapkan pembelajaran sejarah yang berbasis pembentukan karakter nasionalisme di SMA Al –Khairiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta angket. Hasil penelitian ini adalah peran guru sejarah sebagai fasilitator dalam mengintegrasikan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, Guru sejarah menyampaikan nilai atau makna dari setiap materi pelajaran kepada peserta didik untuk dikaitkan dengan kehidupan saat ini serta menjadikannya sebagai pedoman atau pelakaran hidup saat ini dan masa yang akan datang.

Page 1 of 3 | Total Record : 28