cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
jurnal.kenduri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya, Dusun Besar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
KENDURI
ISSN : 27769186     EISSN : 27769186     DOI : https://doi.org/10.62159/kenduri.XXXX
Core Subject : Humanities, Social,
The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Integrating Islamic Values with Science Education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): April" : 5 Documents clear
Peran Karangtaruna Dalam Pendidikan Pada Masa Pandemik Covid 19 Di Desa Kalibening Kacamatan Tugumulyo Inda Puspita Sari; Agung Nugroho; M. Rusni Eka Putra
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Pengoptimalan peran Karangtaruna dalam Pendidikan pada Masa Pandemik Covid 19 di Desa Kalibening Kecamatan Tugumulyo. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan sosialisasi. PKM ini adalah kegiatan sosialisasi pentingnya pendidikan dimasyarakat pada karangtaruna Desa Kalibening Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Hal ini menjadi perhatian tim PKM karena di masa pandemik covid 19 pendidikan menjadi permasalahan yang rizkan. Kegiatan sosialisasi pentingnya pendidikan pada karangtaruna di Desa Kalibening akan memberikan dampak positif dalam hal pendidikan. Hasil dari kegiatan PKM (Pengabdian pada Masyarakat) pada karangtaruna Desa Kalibening, diantaranya: 1) Terlaksananya koordinasi tim PKM STKIP PGRI Lubuklinggau dengan ketua karangtaruna Desa Kalibening, sehingga kegiatan berlangsung aman dan lancar, 2) Terlaksananya sosialisasi pentingnya pendidikan dimasa pandemik covid 19, 3) Ketua dan anggota karangtaruna sangat antusias berkaitan dengan kegiatan sosialisasi, 4) Ketua karangtaruna berharap kegiatan tidak terbatas kegiatan sosialisasi akan tetapi lebih kepada pelatihan-pelatihan keterampilan khusus. Secara umum hasil PKM ini adalah terciptanya karangtaruna Desa Kalibening yang memahami dan peduli terhadap pendidikan di masa pandemik covid 19 saat ini.
Pemberdayaan Karangtaruna Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat Di Masa Pandemik Covid 19 Melalui Pelatihan Pembelajaran Daring Di Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara Agung Nugroho; Inda Puspita Sari; Ahmad Gawdy Pranosa
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Pemberdayaan Karangtaruna dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembelajaran Daring di Desa Mandi Angin kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi, pelatihan dan praktik. PKM ini adalah kegiatan pendampingan yang mengarahkan pada pelatihan pembelajaran Daring yang akan dikelola oleh Karangtaruna guna melaksanakan pembelajaran tambahan di desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir kabupaten Musi Rawas Utara. Hal ini menjadi perhatian tim PKM karena di desa Mandi Angin belum ada pelatihan khusus bagi karangtaruna mengenai pembelajaran Daring. Kegiatan pendampingan PKM ini akan meningkatnya SDM karangtaruna Desa Mandi Angin sehingga terciptanya tempat belajar berbasis Daring. Hasil dari kegiatan PKM (Pengabdian pada Masyarakat) di Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musirawas Utara, diantaranya: 1) Terlaksananya koordinasi tim PKM STKIP PGRI Lubuklinggau dengan pemerintah desa, sehingga kegiatan berlangsung aman dan lancar, 2) Terlaksananya sosialisasi pembentukan taman belajar berbasis Daring, 3) Perangkat dan karangtaruna Desa Mandi Angin antusias mendukung pembentukan taman belajar berbasis Daring, 4) Pemerintah desa dan Masyarakat meminta kegiatan PKM terlaksana dengan baik, tidak hanya sebatas pembentukan taman belajar Daring saja akan tetapi tetap terus didampingi sehingga kedepannya akan lebih baik. Secara umum hasil PKM ini adalah terbentuknya taman belajar berbasis Daring di Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara.
Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Di Man 1 Musi Banyuasin Houtman Houtman
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu upaya untuk menciptakan guru yang kreatif dan inovatif adalah dengan budaya menulis dan melakukan penelitian. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan menulis proposal PTK pada guru di MAN 1 Musi Banyuasin. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi, diskusi dan praktik menulis proposal PTK pada guru di MAN 1 Musi Banyuasin. Hal ini menjadi perhatian tim PKM karena banyaknya guru di MAN 1 Musi Banyuasin belum mampu menulis proposal PTK. Kegiatan PKM ini sangat penting dalam menunjang kompetensi dan kinerja guru di MAN 1 Musi Banyuasin. Pelatihan ini berkonsentrasi pada penulisan proposal sampai dengan penyusunan hasil penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan penulisan proposal PTK temuan penulis diantaranya: 1) Munculnya motivasi dari guru dalam melakukan penelitian. 2) Peserta PKM memahami penulisan proposal PTK. 3) Peserta PKM memahami sistematika PTK. 4) Peserta PKM memahami bagaimana menulis laporan hasil kegiatan PTK. 5) Peserta PKM memahami penerapan PTK di sekolahnya. Secara umum peserta PKM meningkat dalam hal penulisan proposal dan laporan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas.
Manajemen Pembelajaran Dan Penanganan Cedera Pada Siswa Juwita Juwita; Rita Prima Bendriyanti; Citra Dewi; Desrio Windoro M.
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru atau pendidik khususnya guru penjas harus mempunyai inovasi yang dapat meningkatkan pembelajaran pada anak didiknya, oleh karenanya di butuhkan sekali pendidikan yang bermutu, berkarakter dan berdaya saing global dengan adanya pendidikan yang bermutu, berkarakter dan berdaya saing global tersebut, maka akan lahir bibit unggul yang tidak hanya cerdas namun berkarakter, mandiri dan memiliki daya saing dan dapat be-kerjasama dalam menghadapi kemajuan pendidikan ini.Untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa guru dituntut agar selalu memperbaiki manajemen pembelajaran disekolah. Manajemen pembelajaran mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Sementara hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. faktor intern, dari dalam diri siswa itu sendiri berupa kemampuan yang dimilikinya untuk belajar seperti, intelegensi, kesehatan, bakat, kete-kunan. Dan faktor ekstern seperti keluarga, guru, kualitas pengajaran menyangkut proses belajar mengajar atau manajemen pembelajaran, sarana prasarana, kedisiplinan, dan lingkungan tempat belajar. Keberhasilan suatu siswa dapat di tentukan dari tingkat pemahaman oleh pendidiknya dalam menerapkan manajemen pembelajaran tersebut.
Peran Psikologi Dalam Konseling Sambas Sugiarto; Prayitno Prayitno; Yeni Karneli
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran psikologi dalam konseling membantu individu yang bermasalah sehingga melegakan jiwanya danjuga membantu mengambil suatu keputusan atau perilaku sebagai proses penyelesaian masalahnya. Penelitian ini bertujuan, agar klien mampu mengambil keputusan dengan baik dan bijak serta bisa membuat jiwanya tenang dalam menghadapi masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kategori penelitian kepustakaan (library research).Pada keilmuan psikologi dimana menggabungkan antara jiwa dan perilaku manusia. Konseling dalam psikologi diharapkan mampu membantu individu yang bermasalah sehingga melegakan jiwanya dan juga membantu mengambil suatu keputusan atau perilaku sebagai proses penyelesaian dari masalahnya. Psikologi Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Psikologi Konseling pada hakikatnya membantu menyelesaikan masalah klien dan sebagai proses psikologis yang mana klien menghadapi suatu masalah dan konseling membantu memperbaiki keadaan klien menjadi kembali ke keadaan normal atau baik kembali sehingga didalam proses konseling klien akan mendapatkan suatu pengalaman baru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5