cover
Contact Name
Setria Utama Rizal
Contact Email
setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id
Editorial Address
Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
MUALLIMUN : JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
ISSN : 27767728     EISSN : 27756858     DOI : https://doi.org/10.23971/muallimun
Core Subject : Education,
Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan is a scientific journal of Islamic education managed and published by Tarbiyah Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palangka Raya. This journal publishes research articles about Islamic education and education in general. It covers articles in the fields of Islamic Education, Islamic Education Management, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Education and Teacher Training, Outside School Education, Curriculum Development, Science Education, Social Studies Education, Basic Education, Educational Management, Counseling Guidance, Learning Evaluation, Learning Strategies, Learning Models and Methods, Educational Psychology, and Learning Media.
Articles 23 Documents
Manajemen Penghapusan Sarana Pendidikan di Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya Murlia Ningsih; Sardimi Sardimi; Muzakki muzakki
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1, No 1 (2021): Muallimun
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i1.3200

Abstract

Penghapusan sarana pendidikan merupakan kegiatan dari manajemen sarana dan   penilaian mutu pendidikan. Permasalahan di Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya adalah belum terealisasi penghapusan barang milik negara sedangkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) sarana yang rusak menumpuk dan bahkan telah dihibahkan. pengelolaan dana dari Daftar Isian Pelaksanaan anggaran (DIPA) Madrasah Ibtidaiyah menjadi tanggung jawab Kementerian Agama Kota/Kabupaten yaitu mengelola barang milik negara untuk Madrasah Ibtidaiyah. Penghapusan sangat penting untuk mengurangi biaya perawatan, tanggung jawab dan tempat penyimpanan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, dan faktor penghambat penghapusan sarana pendidikan di Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian adalah Staff Jabatan Fungsional Umum Pengelola Barang Milik Negara  dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah serta Kepala Madrasah Ibtidaiyah 1 dan 3 Kota Palangka Raya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan suber data. Teknik analisis data menggunakan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Manajemen penghapusan sarana pendidikan di Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya telah berjalan sesuai teori, namun ada hambatan pada faktor visi dan strategi, manusia, waktu dan manajemen.
Pengembangan Video Pembelajaran Kelas V di MIN 2 Kotawaringin Timur Putri Handayani
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 2, No 2 (2022): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v2i2.3437

Abstract

ABSTRAKPerubahan dunia pendidikan masa pandemi Covid-19 yang awalnya  tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh, mau tidak mau pendidik harus mengganti arah kebijakan guna membantu kegiatan mengajar berjalan efektif meski dari rumah. Salah satu yang dapat digunakan adalah media seperti video. Seiring perkembangan teknologi, pembelajaran dikemas secara menarik dalam bentuk video. Video dapat diproduksi baik guru maupun siswa sebagai penunjang pembelajaran. Video dikemas dalam durasi beberapa menit. Maka perlu adanya pengembangan video pembelajaran tematik di MIN 2 Kotawaringin Timur.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media video pembelajaran Tematik kelas V di MIN 2 Kotawaringin Timur dan untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran Tematik kelas V di MIN 2 Kotawaringin Timur.Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (RD). Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model ADDIE. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Angket diberikan kepada ahli media, ahli materi sebagai validator, uji coba produk dilakukan dengan peserta didik kelas V dan guru. Pengembangan dalam penelitian menggunakan model ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu analysis (analisis, design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada validasi ahli media mendapatkan skor 85 dengan jumlah skor maksimal 90 persentase kelayakan 94,44%  termasuk kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi dengan skor 82 dengan jumlah skor maksimal 90 persentase kelayakan 91,11% termasuk kategori “sangat layak”. Setelah proses validasi selanjutnya dilakukan tahap uji coba produk. Uji Coba perorangan diperoleh yaitu 91,79 % berada pada kategori sangat layak. Uji coba kelompok kecil diperoleh yaitu 86,41 % berada pada kategori sangat layak. Uji coba kelompok besar yang dilakukan dikelas 5 diperoleh  yaitu 89,74 % berada pada kategori sangat layak.
Penanaman Akhlak bagi Anak Usia Dini di RA Al Irsyad Biringkaloro Miftahul Jannah S; Herman Herman; Herlina Herlina
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1, No 2 (2021): Muallimun
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i2.3531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman akhlak bagi anak usia dini di RA Al Irsyad Biringkaloro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru dan 26 peserta didik di RA Al Irsyad Biringkaloro. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi data. Adapun teknik analisis meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman akhlak bagi anak usia dini di RA Al Irsyad Biringkaloro meliputi 4 aspek, yaitu penanaman akhlak terhadap Allah SWT, penanaman akhlak terhadap sesama manusia, penanaman akhlak terhadap alam sekitar, dan penanaman akhlak terhadap diri sendiri. Penanaman akhlak ini telah berjalan dengan baik dan dilakukan melalui keteladanan, pengajaran, pembiasaan, dan pemberian motivasi.
Stimulasi Kecerdasan Linguistik Verbal Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini Wahyu Purwasih; Ahmad Sahnan
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1, No 2 (2021): Muallimun
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i2.3634

Abstract

Abstract This paper describes the stimulation of English verbal linguistic intelligence in TK Negeri Gemolong Sragen. English is an international language that must be introduced to children to face global competition in the future. Therefore, this study aims to determine the teacher's strategy in stimulating early childhood English verbal intelligence in Gemolong State Kindergarten. This research method uses qualitative research methods. The results of this study indicate that the teacher's strategy in stimulating children's English linguistic intelligence is carried out with intracurricular and extracurricular activities. Intracurricular activities are English language stimulation activities carried out based on the applicable curriculum during the learning process. In intracurricular activities the teacher uses a collaborative method from several existing methods consisting of the habituation method, the playing method, the singing method. The standards for achieving English for children in TK Negeri Gemolong Sragen are self-introduction materials, body parts, numbers 1-10, colors, animals, and fruit. Meanwhile, extracurricular activities are activities to stimulate linguistic intelligence in children outside of class hours. (Bookman Old Style, 10 pt)   Abstrak:Tulisan ini menjelaskan tentang stimulasi kecerdasan linguistik verbal bahasa Inggris di TK Negeri Gemolong Sragen. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dikenalkan pada anak untuk menghadapi persaingan global di masa yang akan datang. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menstimulasi kecerdasan verbal bahasa inggris anak usia dini di TK Negeri Gemolong. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menstimulasi kecerdasan linguistik bahasa Inggris anak dilakukan dengan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler ialah kegiatan stimulasi bahasa inggris yang dilakukan berdasarkan kurikulum yang berlaku selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam kegiatan intrakurikuler guru menggunakan metode kolaboratif dari beberapa metode yang ada terdiri dari metode pembiasaan, metode bermain, metode bernyanyi. Adapun standar pencapaian bahasa Inggris untuk anak di TK Negeri Gemolong, yaitu materi perkenalan diri sendiri, anggota tubuh, angka 1-10, warna, hewan, dan buah. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan stimulasi kecerdasan linguistik pada anak yang dilakukan di luar jam pelajaran. 
PROBLEMATIKA PELAKSANAAN SUPERVISI DI LEMBAGA KB Nihayatun Najiha
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 3, No 1 (2023): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v3i1.6938

Abstract

Supervisi menjadi salah satu metode yang paling penting dalam pengumpulan data dan informasi untuk mendapatkan suatu pemahaman tentang sebuah permasalahan atau fenomena. Tidak semua lembaga KB telah mengadakan supervisi karena masih minimnya pengetahuan kepala sekolah dalam teknik Supervisi ataupun karena terkendala oleh waktu. Jika supervisi belum pernah dilakukan maka kita tidak bisa mengetahui peningkatan kualitas dari sebuah lembaga, sehingga diperlukan analisa faktor yang menjadi hambatan kepala sekolah dalam pelaksaanaan Supervisi di lembaga yang dipimpin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi. Wawancara dan Data dianalisa dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menggambarkan hasil penelitian dilakukan secara terstruktur menggunakan empat konsep cara yaitu pengumpulan data, reduksi data. Adapun teknik pemeriksaaan keabsahan data yaitu teknik trianggulasi Hasil menunjukkan bahwa pendidik dan kepala lembaga paham akan pentingnya melaksanakan supervisi akan tetapi, waktu dan pengetahuan teknik melakukan supervisi menjadi kendala dalam lembaga tersebut. Oleh karena itu, kepala lembaga akan berusaha untuk melaksanakan supervisi dengan mengikuti pelatihan supervisi terlebih dahulu.
Pemanfaatan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya Eka Meirawati; Abdul Azis; Mukhlis Rohmadi
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1, No 1 (2021): Muallimun
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i1.3201

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya potensi yang dapat dimanfaatkan dari perangkat smartphone yang bisa dikembangkan untuk mempermudah seorang guru dalam hal evaluasi pembelajaran di SMKN 2 Palangka Raya yang masih menggunakan lembar kertas pada saat proses evaluasi pembelajaran (metode konvensional), akan tetapi potensi tersebut belum dimanfaatkan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu orang guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas XI Otomotisasi Tata Kelola Perkantoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya secara umum telah dimanfaatkan secara baik, sejak penyusunan rencana evaluasi hasil belajar, menghimpun data, melakukan verifikasi data, mengolah dan menganalisis data, memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan serta adanya tindak lanjut dari guru. (2) Guru memberikan tanggapan baik berdasarkan aspek efektifitas waktu, biaya, tenaga, kemudahan penggunaan/manfaat serta tampilan/ kemenarikan. (3) Berdasarkan aspek efektifitas waktu, biaya, tenaga, kemudahan penggunaan/manfaat serta tampilan/kemenarikan peserta didik memberikan tanggapan baik.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK KELAS IV TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUMATERA SELATAN Meissy Yolanda Putri
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 2, No 2 (2022): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v2i2.4070

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menghasilkan bahan ajar modul yang valid, praktis dan efektif dengan model pengembangan yang mengikuti alur desain formatif evaluation (Tessmer). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pengembangan atau Research and Develoment yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk. Uji coba terbatas pada penelitian ini dilaksanakan pada 21 siswa kelas IVB SD N 3 Lembak. Teknik pengumpulan data uji validasi pada beberapa ahli dan angket respon siswa. hasil penelitian menunjukan Rekapiitulasi Validator (1) Ahli desain 88 % dengan kategori sangat valid (2) Ahli Bahasa 98 % dengan kategori sangat valid (3) Ahli materi 82 % dengan kategori sangat valid dan Rekapitulasi Kepraktisan (1) One to One 94 % dengan kategori sangat Praktis (2) Small Group 95 % dengan kategori sangat Praktis. Rekapitulasi Keefektifan 80 % dengan kategori sangat Efektif.Kata Kunci : Bahan ajar,Pengembangan Rnd, Tessmer.
Kisah dalam Alquran Perspektif Pendidikan Islam Muhammad Syahdan Majid; Abdul Rohman
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 2, No 1 (2022): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v2i1.3833

Abstract

Allah has various ways of educating humans, one way of educating humans is by using the story method in the Qur'an. With this method, humans can take the moral message in the story. Even educational messages will be easy to digest because of the interesting stories in the Koran. The story in the Koran contains a lot of wisdom in which the wisdom is addressed to all humans. The wisdom behind these stories is full of educational value and can be a guide for every education practitioner, especially teachers. The series of stories from the Koran not only contain lessons for human life, the stories in the Koran can also be used as material for teaching and learning methods in an educational process. This paper aims to find educational values contained in the stories of the Koran through literature review. The educational values obtained in the story of the Koran include monotheism, intellectual, moral, sexual, spiritual, democratic, and parenting education.
Studi Islam Melalui Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah An-Nur Nurul Hikmah; Halimi Halimi
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1, No 2 (2021): Muallimun
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i2.3590

Abstract

Studi Islam merupakan kajian yang mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan Islam. Studi Islam di Madrasah Diniyah An-nur dilakukan melalui pembelajaran kitab kuning. Kitab kuning merupakan kitab yang ditulis dengan huruf arab, tanpa harokat, dengan bahasa arab, melayu dan sekitarnya serta dicetak dalam kertas berwarna kuning. Pada umumnya metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning di pesantren atau madrasah adalah metode klasikal, sorogan dan ceramah. Menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran kitab kuning penting dilakukan agar pembelajaran tidak hanya terfokus kepada ustadz atau ustadzahnya saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan dalam proses pembelajaran studi Islam melalui kitab kuning di Madrasah diniyah An-nur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam studi Islam melalui pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah An-nur adalah ceramah, tanya jawab, hafalan, dan praktik.
Nilai Pendidikan Pada Prosesi Tradisi Mandi Safar Masyarakat Banjar di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Fikri Muzakir; Ali Sibram Malisi; Rahmad Rahmad
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1, No 1 (2021): Muallimun
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i1.3203

Abstract

Abstrak: Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah lapangan (field research), dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan Ethnografi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosesi serta nilai pendidikan pada tradisi mandi Safar. Adapun subjek penelitian adalah masyarakat Banjar di Kota Sampit, Kotawaringin Timur. Data dalam penelitian ini meliputi (1) Nilai pendidikan religius, (2) Nilai pendidikan moral, (3) Nilai pendidikan sosial. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tradisi mandi Safar dalam pelaksanaannya memiliki proses yaitu: (1) Mempersiapkan daun Sawang, (2) Merajah daun Sawang, (3) Membaca niat mandi, (4) Mandi di sungai Mentaya, (5) Do’a Bersama. Adapun nilai yang terkandung adalah  nilai pendidikan religius, moral dan nilai pendidikan sosial. Dalam praktek secara nyata pada pelaksanaannya dari masyarakat Banjar di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur

Page 1 of 3 | Total Record : 23