cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
j.pustakaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya No.64, Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38224
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
JPI
ISSN : 27211592     EISSN : 27211592     DOI : https://doi.org/10.62159/jpi.vXXX
Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan Darussalam Bengkulu and the Association of Indonesian Language and Literature Lecturer (ADOBSI).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): April" : 5 Documents clear
Kontribusi Pendidik Dalam Meningkatkan Keterampilan Dasar Membaca Siswa Kelas Rendah Di SD Orizsan Putra; Nurlaili Nurlaili; Ali Akbarjono
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.258

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam upaya meningkatkan keterampilan membaca dasar pada siswa kelas I SD Terpadu Islam. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dan pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan berbagai narasumber, antara lain guru SD Al-Qiswah Sekolah Dasar Islam Terpadu dan siswa kelas I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai penyelenggara, mediator, fasilitator, guru, pembimbing, motivasi, dan evaluator berperan penting dalam meningkatkan kemampuan membaca dasar siswa kelas I SD Islam Terpadu Al-Qiswah. Ada juga faktor pendukung bagi guru dalam upaya mengembangkan keterampilan membaca dasar siswa kelas I SD Islam Terpadu Al-Qiswah, seperti sarana, prasarana, keluarga, dan guru yang sering membiasakan siswa dengan kegiatan literasi membaca sebelum memulai. belajar setiap pagi, serta faktor penghambat yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan keterampilan. Bacaan dasar bagi siswa kelas I SD Al-Qiswah Terpadu Islam yaitu keluarga, siswa, dan lingkungan
Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 51 Seluma Randi Randi
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.259

Abstract

Penelitian ini tertujuan mengetahui pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 51 Seluma, yang terdiri dari dua kelas. Peneliti mengambil kelas IV A dan IV B untuk dijadikan sampel yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan 30 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan Nonequivalent-Only Group Disigns. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, Observasi, Dokumetasi, Angket. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan reward. Berdasarkan hasil perhitungan uji “t” yaitu > (20,71 > 2,04841) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan (Ho) dalam penelitian ini ditolak. Dari hasil nilai posttest yang diperoleh kelas IV A (Eksperimen) dengan nilai rata-rata 102,37/120 dan hasil posttest yang diperoleh kelas IV B (Kontrol) dengan nilai rata-rata 80,17/120 ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen nilai motivasi belajar Bahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian penulis membuat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh reward terdapat pengaruh terhadapat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 51 Seluma
Penerapan Model Pembelajaran Literasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDIT Iqra 2 Wenny Aulia Sari
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran literasi pada pelajaran bahasa Indonesia serta apakah ada faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan model pembelajaran literasi dalam membaca dan menulis pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari prilaku orang-orang yang diamati. Subjek penelitian ini berjumlah 16 orang terdiri dari 1 orang Kepala Sekolah, 5 orang wali kelas dan 10 orang peserta didik kelas IV SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data analisis menggunakan model analisis manurut Miles dan Huberman dari reduksi data, penyajian data , penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bagaimana penerapan model pembelajaran literasi di kelas IV SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu dengan konsep penataan poster-poster, perpustakaan mini harus dihiasi dengan baik memanfaatkan sarana prasarana di sekolah agar dapat membantu penerapan model pembelajaran literasi. Dalam pelaksanaan guru memotivasi selalu berinteraksi, namun untuk melaksanakan konsep literasi antara menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berpikir kritis belum dimaksimalkan. Faktor pendukung, penerapan model pembelajaran literasi didukung pihak Yayasan dan Kepala Sekolah, dengan dilengkapi sarana, prasarana dan adanya pelatihan guru di sekolah untuk menerapkan model pembelajaran literasi di kelas IV, sedangkan faktor penghambat, adanya beberapa masalah diantaranya dana, kurang kemauan serta keinginan terhadap peserta didik, kurangnya keaktifan, daya tangkap dan minat peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya membaca menulis
Pengembangan Media Belajar Pop-Up Untuk Materi Dongeng Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Fitra Youpika
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.264

Abstract

Media Pembelajaran Buku bergambar pop-up adalah salah satu jenis bahan ajar yang menceritakan kisah Malin Kundang melalui grafik. Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk menciptakan media buku gambar Pop-Up, validitas media pembelajaran buku gambar Pop-Up, dan efektivitas media pembelajaran buku gambar Pop-Up. Bentuk penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan teknik penelitian Borg and Gall seperti potensi dan isu, pengumpulan data, perancangan media, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil, dan revisi produk kedua. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman anak terhadap materi dongeng, penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test dengan kelompok yang sama. Sedangkan pendekatan analisis data meliputi data kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil analisis data ditentukan bahwa produk baru yang dihasilkan layak untuk digunakan karena berada pada kategori “Sangat Baik”, dan tingkat efikasi produk terhadap pemahaman siswa berada pada kategori “Mampu”.
Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa SMP Dina Putri Juni Astuti
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v1i1.266

Abstract

Kemampuan menulis puisi pada siswa masih dirasakan sulit, karena miskin ide. Oleh karena itu perlu banyak faktor eksternal yang wajib dihadirkan pada diri siswa agar mampu terinspirasi untuk menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui progres keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) observasi, (b) analisis dokumen, (c) wawancara, (d) tes dan nontes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi Sintaksis penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan yang terakhir adalah analisis dan refleksi. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Proses pembelajaran membaik apabila terjadi peningkatan: (a) jumlah siswa yang tertarik dan termotivasi selama kegiatan pembelajaran, (b) jumlah siswa yang aktif pada saat persepsi, dan (c) jumlah siswa yang aktif. aktif dan penuh perhatian saat mengikuti pelajaran. Sedangkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai batas nilai pembelajaran menulis puisi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, yaitu: Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Proses pembelajaran membaik apabila terjadi peningkatan: (a) jumlah siswa yang tertarik dan termotivasi selama kegiatan pembelajaran, (b) jumlah siswa yang aktif pada saat persepsi, dan (c) jumlah siswa yang aktif. aktif dan penuh perhatian saat mengikuti pelajaran. Sedangkan peningkatan jumlah siswa yang mencapai batas nilai pembelajaran menulis puisi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, yaitu: (a) siklus I (15 siswa atau 50%), (b) siklus II (22 siswa atau 73,3%)

Page 1 of 1 | Total Record : 5