cover
Contact Name
Sudianto
Contact Email
sudianto@unma.ac.id
Phone
+6285317777552
Journal Mail Official
saniskala@unma.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418 West Java Indonesia
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
SANISKALA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 30218438     EISSN : 30218381     DOI : https://doi.org/10.31949/jsk.v1i2
SANISKALA: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a scientific multidisciplinary journal published by FKIP Universitas Majalengka. It is on the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. SANISKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat contains various activities of lecturers in handling and managing the various potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society. Implementation of service activities also involves the participation of the community and partners. Service activities are organized into an activity aimed at improving the welfare of society. Jurnal Saniskala is an open-access journal published twice a year (May and November). We accept articles of the author can be derived various countries, with the scientific field of Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Mei 2023" : 6 Documents clear
Games For Education: Peningkatan Kemampuan Digital Guru di SMK Amal Bakti, Jatimulyo Afrianto; Yuri Rahmanto; Achmad Yudi Wahyudin; Nina Fatriana; Silvia Damayanti; Anggun Putri Kinanti
SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): Mei 2023
Publisher : FKIP Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsk.v1i1.5522

Abstract

Innovative and interesting learning is an important requirement in the current educational context. One alternative way is to apply games by means of the Wordwall application as a learning digital tool. This article focuses on community service in implementing Wordwall in learning and explores its benefits in an educational context. The methods used include counseling, training, and assisting in using Wordwall in the classroom. The results of community service show that the use of Wordwall in learning can increase student participation, learning motivation, and understanding of concepts. In addition, the use of Wordwall also provides an opportunity for teachers to integrate technology into learning, increases creativity in compiling learning content, and provides an interesting learning experience for students. However, there are also some challenges encountered in using Wordwall, such as limited access to technology and teacher expertise in using the application. Therefore, suggestions for teachers in using games for education, such as Wordwall, include increasing teachers' digital competence, selecting and developing learning content according to student needs, and monitoring the impact of using games for education. This article is expected to provide insights and recommendations for teachers in utilizing Wordwall as an innovative and effective learning support tool.
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Pelatihan yang Efektif untuk Santri di Kabupaten Majalengka Agus Rofi'i; Rama Dwika Herdiawan; Eka Nurhidayat; Afief Fakhrudin
SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): Mei 2023
Publisher : FKIP Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsk.v1i1.6189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode dan strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris melalui pelatihan. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari partisipan yang mengikuti pelatihan intensif. Metode pelatihan yang diterapkan melibatkan kombinasi antara kursus tatap muka dan penggunaan teknologi digital, seperti aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris dan sumber belajar daring. Selain itu, partisipan juga dilibatkan dalam diskusi kelompok dan kegiatan berbasis proyek yang mendorong interaksi dalam berbahasa Inggris. Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris untuk santri. Kegiatan Pengabdian ini merupakan kegiatan pengabdian yang melibatkan mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas majalengka, dan tahapan pelatihan pada kegiatan PKM meliputi beberapa tahap, tahap pertama yaitu memberikan kuesioner untuk melihat masalah yang dihadapi para santri dalam belajar berbicara bahasa Inggris, selanjutnya tahap kedua yaitu melaksanakan pelatihan keterampilan berbiucara Bahasa inggris dengan cara berbicara Bahasa Inggris, dan tahap ketiga yaitu melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kedua kepada para santri terhadap hasil pelatihan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Hasil angket diketahui bahwa motivasi santri dalam berbicara bahasa Inggris meningkat setelah mengikuti pelatihan berbicara Bahasa Inggris. Kesulitan siswa berbicara bahasa Inggris karena keterbatasan dalam kosakata, pengucapan dan tidak mau mempraktekan berbicara Bahasa Inggris dalam aktifitas kesehariannya. Maka dari latar belakang tersebut dibuatlah sebuah pelatihan yang bertema, “Pelatihan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadi’in Desa Cisambeng Kecamatan Palasah Kab, Majalengka, Jawa Barat.
Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Yeni Suryaningsih; Iim Halimatul Mu’minah; Aden Arif Gaffar; Muhamad Kurnia Sugandi
SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): Mei 2023
Publisher : FKIP Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsk.v1i1.6216

Abstract

Kondisi awal di lingkungan SMPN 1 Talun keadaannya masih banyak lahan yang kurang dikembangkan secara maksimal. Sampah plastik yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh warga sekolah jumlahnya sangat banyak dan hal ter tersebut mempengaruhi lingkungan sekolah yang kurang sehat. Dalam membentuk pola pikir peduli terhadap lingkungan dapat dilakukan melalui pendidikan dnegan penguatan karakter peduli lingkungan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan mulai tanggal 13-17 Maret 2023 dengan mitra sasaran siswa SMPN 1 Talun Kabupaten Cirebon. Metode pelaksanaan dengan pendekatan yang meliputi:1) Observasi Awal dengan mitra mengenai kebutuhan dan kondisi mitra, 2) Sosialisasi awal bertujuan menjaring peluang mitra sebagai bahan kajian dan, 3) Pelatihan dan Penyuluhan pengelolaan sampah berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle), 4) Pendampingan mitra bertujuan untuk pengembangan. Hasil lembar angket karakter peduli lingkungan siswa pada indikator afektif lingkungan (sikap peduli lingkungan) sebesar 85% dan indikator perilaku (komitmen nyata pro lingkungan) sebesar 80% dengan kategori tinggi. Hasil evaluasi program kegiatan yang dilakukan oleh tim bahwa pelaksanaan program PKM dengan melibatkan mitra dapat disimpulkan seluruh program sudak terlaksana dan diaplikasikan dengan baik.
Peningkatan Kompetensi Guru Biologi melalui PATIH BIMA (Program Pelatihan Belajar Inovasi Mandiri dan Aplikasi) Berbasis Bioglocal Abdur Rasyid; M Kurnia Sugandi; Ilisya P. Indrasari; Ade Nurpiana
SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): Mei 2023
Publisher : FKIP Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsk.v1i1.6217

Abstract

Program Pelatihan Belajar Inovasi Mandiri dan Aplikasi (PATIH BIMA) berbasis bioglocal dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru biologi SMA di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Pendampingan diberikan kepada guru dalam mengimplementasikan media berbasis bioglocal dalam pembelajaran, dan evaluasi menunjukkan bahwa 90% guru merasa terbantu dalam mengatasi kendala teknis maupun pedagogis.Penggunaan aplikasi Augmented Reality assembler meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran kompleks, sedangkan penggunaan soal High Order Thinking Skills (HOTS) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan media berbasis bioglocal dan aplikasi Augmented Reality assembler memberikan manfaat nyata bagi guru dan siswa. Guru-guru menjadi lebih inovatif dan efektif dalam menyampaikan materi pelajaran, sementara siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka.Program PATIH BIMA berbasis bioglocal berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran telah membawa perubahan positif dalam proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan guru. Rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya adalah meluaskan program ini ke wilayah yang lebih luas dan meningkatkan pendampingan serta kerjasama dengan lembaga pendidikan dan penelitian lainnya untuk mendukung pengembangan konten dan aplikasi pembelajaran yang lebih bervariasi dan relevan
Peranan Orang Tua dalam Pembinaan Karakter bagi Anak Usia Dini Yoyo Zakaria Ansori
SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): Mei 2023
Publisher : FKIP Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsk.v1i1.6225

Abstract

Pendidikan bagi anak usia dini (PAUD) pada saat ini dirasakan sangat penting dilaksanakan sebagai dasar sekaligus upaya menciptakan kepribadian manusia secara utuh, yaitu untuk pembentukan karakter, budi pekerti luhur, cerdas, ceria, terampil, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan anak usia dini dapat dimulai dari rumah atau dalam pendidikan keluarga, oleh karena itu peran keluarga utamanya ibu sangat berperan dalam menumbuhkan karakter anak.Menumbuhkan karakter jujur dewasa ini bukanlah perkara yang mudah. Ini terjadi bukan karena nilai-nilai tersebut telah hilang namun lingkungan sosial dan kultur masyarakat kita yang telah terkena pengaruh yang telah menghancurkan banyak sendi dalam kehidupan bermasyarakat.Berkenaan dengan hal itu maka tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, hal tersebut dilaksanakan sebagai transfer of knowledge sekaligus memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan pengetahuan.
Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Sudianto Sudianto; Yolan Faiz Jamahsyari; Alya Fatihah Hendayana; Inayah Fauziah; Yesi Utami Pebrianti
SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2023): Mei 2023
Publisher : FKIP Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jsk.v1i1.6226

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5. Program ini melibatkan mahasiswa sebagai relawan untuk mengajar di sekolah-sekolah di daerah terpencil yang memiliki tantangan dalam hal literasi dan numerasi. Metode yang digunakan dalam program ini adalah melalui pendekatan yang interaktif dan partisipatif. Mahasiswa bekerja sama dengan guru di sekolah untuk merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang kreatif dan menarik. Mereka menggunakan berbagai bahan dan sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terkait literasi dan numerasi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Negeri Campaga II yang terletak di Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 bulan pada tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan 9 Juni 2023. Hasil akhir program Kampus Mengajar secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD Negeri Campaga II. Setelah program ini diimplementasikan selama empat bulan, terjadi peningkatan rata-rata skor literasi sebesar 28% dan skor numerasi sebesar 36% berdasarkan pada hasil pretes dan postes. Selain itu, partisipasi siswa dalam kegiatan literasi dan numerasi juga meningkat secara signifikan yang menunjukkan minat dan motivasi yang tinggi. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi positif dalam pendidikan dasar, sementara siswa mendapatkan manfaat dari pendekatan pembelajaran yang inovatif, interaktif dan berfokus pada peningkatan literasi dan numerasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6