cover
Contact Name
Sabaruddin
Contact Email
sabaruddin.iaim@gmail.com
Phone
+6281320402721
Journal Mail Official
jurnalnaskhiiaimsinjai@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Hasanuddin No. 20 Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Indonesia (92611)
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab
ISSN : 25275747     EISSN : 27163369     DOI : https://doi.org/10.47435/naskhi.v6i1
Core Subject : Education,
Aim Naskhi Journal: Journal of Education and Arabic Language Studies is a journal that focuses on the study of Arabic language education as a foreign language, Arabic linguistics, the history of Arabic language education, as well as various critical studies about the problems of learning Arabic (Method, Media, Strategies, Evaluation and the latest technology in the Arabic learning process). Scope 1. Arabic Language Education 2. History of Arabic 3. Arabic Learning 4. Arabic Literature 5. Arabic Linguistics 6. Development of Arabic in the Current Era 7. Current Arabic Learning Problems
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Volume 3 Nomor 2 Oktober 2021" : 5 Documents clear
Lingkungan Berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Bilingual Batu Muhammad Dalle; Muhammad Jundi
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 3 No 2 (2021): Volume 3 Nomor 2 Oktober 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v3i2.662

Abstract

Umumnya lingkungan berbahasa Arab hanya terdapat di pesantren, namun semakin hari program semacam ini juga turut berkembang di lingkungan madrasah non-pesantren. Tidak hanya menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa yang dipelajari di kelas, tetapi juga menerapkannya secara luas di lingkungan sekolah.. Di Kota Batu Jawa Timur terdapat sebuah Madrasah Aliyah Bilingual swasta yang fokus pada pembiasaan bahasa Arab dan Inggris bagi siswanya dengan sederet prestasi para siswanya di bidang kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana cara menciptakan lingkungan berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu?. Digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan data diambil melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahap, yaitu Data Reduction, Data Display, Conclusions or Drawing or verifying. Penelitian ini menemukan bahwa lingkungan berbahasa di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu terwujud melalui strategi terencana dan terstruktur yang dilaksanakan oleh seluruh elemen yang ada di lingkungan sekolah tersebut. Utamanya guru-guru yang selalu menumbuhkan semangat berbahasa Arab pada diri siswa dan membiasakan penggunaan bahasa Arab dalam interaksi mereka dengan para siswa. Sehingga interaksi antara siswa pun juga dilakukan dengan bahasa Arab. Guru juga aktif melaksanakan upaya-upaya meningkatkan prestasi siswa-siswanya dalam bentuk pembinaan bahasa serta keikutsertaan pada lomba atau kegiatan internal sekolah maupun eksternal.
Pemanfaatan Media Audio Visual (Film Berbahasa Arab) dalam Meningkatkan Istima’ Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Husnaeni Husnaeni; Akmal Akmal; Amran AR
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 3 No 2 (2021): Volume 3 Nomor 2 Oktober 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v3i2.675

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sebuah kepribadian dimana banyaknya mahasiswa yang tidak bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa arab. terkhusus kepada penggunaan audio visual sebagai media pembelajaran yang banyak d gunakan dosen dalam mengajara dibidang Bahasa arab itu sendir, banyak mahasiswa yang tingkat kemampuannya dalam memahami pelajaran melalaui media audio visual terkhususu lagi media film Bahasa arab masih kurang, oleh karna itu penelitian ini bertujuan untuk: membuktikan pengaruh media film Bahasa arab terhadap kemampuan istima’ mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi yang diambil sejumlah 68 mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Arab dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 53 orang. Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh media film Bahasa arab terhadap peningkatan kemampuan istima’ mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di IAI Muhammadiyah Sinjai. Berdasarkan analisis regresi sederhana yang telah dilakukan melalui program SPSS 26, diperoleh hasil bahwa dari 53 responden yang diteliti diketahui jika t-hitung < t-tabel, maka H0 diterima. Ha ditolak, jika t-hitung > t-tabel, maka Ha diterima, H0 ditolak. Berdasarkan tabel coefficients bahwa t-hitung 7,347 > t-tabel 1,675. Maka dapat diartikan bahwa variabel media film Bahasa arab (X) mempengaruhi variabel kemampuan istima’ (Y).
Penggunaan Bahan Ajar Peta Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Mapel Jurmiyah dalam Proses Pembelajaran Daring Abdur Rauf Rauf; Nuril Mufidah
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 3 No 2 (2021): Volume 3 Nomor 2 Oktober 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v3i2.683

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran nahwu Jurmiyah dengan pendekatan penggunaan peta konsep dalam proses pembelajaran daring akibat ketidak-mungkinan melakukan pembelajaran tatap muka langsung karena wabah covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A & VII B Depag MTs Salafiyah Syafi’iyah Tahun 2021. Jumlah populasi keseluruhan adalah 70 siswa dengan masing-masing kelas berisi 35 siswa. Dari data yang telah terkumpul diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan peta konsep pada mata pelajaran nahwu Jurmiyah di kelas VII A & VII B Depag MTs Salafiyah Syafi’iyah dalam proses pembelajaran daring dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa menjadi 83% dengan indikator 80% dari jumlah populasi harus mendapatkan nilai di atas 70. Hal ini dapat dirinci, pada siklus I mayoritas siswa mampu menyerap penguasaan konsep dengan rata-rata nilai 67. Sedangkan dalam siklus ke II setelah diberlakukan penggunaan bahan ajar dengan peta konsep, kemampuan siswa menyerap pemahaman materi menjadi naik dan meningkat menjadi rata-rata 77. Dan siswa terlihat lebih aktif dan dapat merespon dengan lebih baik saat menggunakan bahan ajar dengan peta konsep, serta motivasi belajar siswa menjadi lebih tinggi.
فعالية كتاب "قواعد الإملاء" لعبد السلام محمد هارون في ترقية مهارة كتابة همزة الوصل والقطع Muhammad Mulkan Suratmin
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 3 No 2 (2021): Volume 3 Nomor 2 Oktober 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v3i2.689

Abstract

Latar belakang para mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab yang mengikuti perkuliahan Qowa’id Imla’ tidaklah sama, oleh karena itu diharapkan bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dapat menulis dengan baik dalam perkuliahan Qowa’id Imla’ dengan menggunakan kitab karya “Abdussalam Muhammad Harun”. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifitasan penggunaan kitab karya Abdussalam Muhammad Harun dalam meningkatkan menulis Hamzah Washal dan Qatha’. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian yang menghasilkan deskriptif, dikategorikan sebagai penelitian lapangan, dan teknik yang digunakan adalah Observasi, Dokumentasi, Wawancara, dan Tes. Hasil dari penelitian ini bedasarkan nilai rata-rata yang didapat dari 3 kelas yaitu Pretest 53,53 dan untuk Posttest 58,72. dari hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan kitab Qowa’id Imla’ karya Abdusslam Muhammad Harun kurang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis Hamzah Washal dan Qatha’. Ada beberapa sebab yaitu, kurangnya dalam memahami materi di dalam kitab tersebut dikarenakan kitab yang dipakai berbahasa Arab, kurangnya perhatian ketika dosen sedang memberikan materi kelas, dan kurangnya waktu dalam memahamkan seluruh materi tentang hamzah washal dan qatha’, dan kurangnya latihan menulis selama materi hamzah washal dan qatha’.
Hubungan Kreativitas Guru dengan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Nurmiati; Takdir; Sardiyanah; Laeli Qadrianti
Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 3 No 2 (2021): Volume 3 Nomor 2 Oktober 2021
Publisher : IAI Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/naskhi.v3i2.697

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu mencari informasi melalui penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologis. Subjek dari penelitian ini adalah Guru Bahasa Arab dan siswa kelas VIII di MTs. Negeri 1 Panreng Kec. Sinjai Utara dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Kreativitas Guru Guru Bahasa Arab dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII di MTs. Negeri 1 Panreng Kec. Sinjai Utara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Bahasa Arab di MTs Negeri 1 Panreng Kec. Sinjai Utara kreatif di dalam kelas, Siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Panreng Kec. Sinjai Utara memiliki minat dalam belajar bahasa Arab melihat dari kesiapan siswa, kehadiran siswa setiap pertemuan, ketika siswa menemukan hal-hal baru dalam proses pembelajaran seperti metode atau media yang digunakan serta siswa antusias dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru terkait materi yang telah diajarkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5