cover
Contact Name
Nashrudin Latif
Contact Email
ekobisabdimas@unipasby.ac.id
Phone
+6281553826002
Journal Mail Official
ekobisabdimas@unipasby.ac.id
Editorial Address
Jl. Dukuh Menanggal XII, Surabaya 60234 Jawa Timur
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
EKOBIS ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27219933     DOI : https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.
Core Subject : Economy, Education,
FOCUS and SCOPE EKOBIS ABDIMAS :Jurnal Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memiliki kajian ruang lingkup pada topik di bidang: Pembangunan manusia dan daya saing bangsa Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal Pengembangan Ekonomi, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM Pengembangan teknologi berwawasan lingkungan Kesehatan, gizi, penyakit tropis, dan obat-obatan herbal, Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial Inovasi teknologi dalam bisnis Pengembangan bisnis konvensional dan bisnis syariah Analisis kebencanaan dari sudut pandang ekonomi, bisnis konvensional dan syariah, akuntansi, manajemen, dan sosial humaniora
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2021): Desember" : 18 Documents clear
Optimalisasi Pemanfaatan Pisang Kepok Sebagai Produk Unggulan Desa Grinting Tulangan Sidoarjo Jawa Timur Ujang Rohman; Suharti Suharti; Sumardi Sumardi; Harwanto Harwanto
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4846

Abstract

Desa Grinting merupakan salah satu desa yang membudidayakan pisang kepok sebagai salah satu bentuk usaha tani. Selama ini masyarakat hanya menjual pisang secara langsung tanpa terlebih dahulu diolah menjadi makanan olahan yang memiliki nilai jual. Solusi utama yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Sekolah Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya adalah melalui program optimalisasi pemanfaatan pisang kepok menjadi bentuk olahan kekinian berbahan dasar pisang yang dapat dijadikan peluang bisnis produk unggulan desa. Program ini bertujuan memanfaatkan sumber daya alam untuk dijadikan sumber pendapatan masyarakat desa menjadi peluang bisnis olahan kekinian yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Metode pelaksanaan berdasarkan observasi di lapangan dan wawancara melalui pendekatan sosialisasi dan pelatihan kreativitas. Hasil yang dicapai mendapat respon positif dari masyarakat dan menghasilkan produk olahan pisang kekinian yang dapat dipasarkan melalui program pemasaran langsung dari rumah ke rumah dan melalui media sosial (internet) sebagai produk unggulan
Ecoprint Inovasi Baru Batik lokal Ramah Lingkungan Novi Darmayanti; A.Manaf Dientri; Nurul Fauziyah; Nunuk Pratiwi
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4847

Abstract

Ecoprint merupakan salah satu teknik pewarnaan tekstil kontemporer yang ditemukan pada abad 20. Teknik pewarnaan tersebut menggunakan bahan alami diantaranya seperti bunga, batang, daun, dan akar yang tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Ecoprint ini memiliki nilai tambah dikarenakan memiliki pola yang indah dan beragam karena pencetakan pola produk ini menggunakan tumbuhan seperti daun, batang, bunga. Produk ini sangat ramah lingkungan karena menggunakan bahan yang alami. Adanya produk ini kami berharap bisa mengurangi limbah tekstil yang sangat meresahkan masyarakat
Pelatihan Aplikasi Batik Online Shop Pada UMKM Batik Tulis Al Barokah Sulistiowati Sulistiowati; Januar Wibowo; Alif Maulana Muhammad; Reva Eka Prasetyo; Muhammad Ilyas Zainul Arrafi; Ahmad Rafi Akbar Putra Hamzah
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4848

Abstract

UMKM Batik Tulis Al Barokah merupakan salah satu UMKM yang mengalami penurunan penjualan sebagai dampak dari pandemi Covid19. Oleh sebab itu solusi yang diberikan adalah pembuatan Aplikasi Batik Online Shop pada UMKM Batik Tulis Al Barokah. Permasalahan berikutnya adalah pelaku UMKM Batik Tulis Al Barokah belum dapat mengoperasikan Aplikasi Batik Online Shop, sehingga pada pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memberikan pelatihan mengoperasikan Aplikasi Batik Online Shop kepada pelaku UMKM Batik Tulis Al Barokah secara daring dan luring. Metode pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap persiapan berupa observasi dan instalasi, tahap pelaksanaan berupa pelatihan mengoperasikan aplikasi, dan tahap evaluasi berupa penyebaran kuesioner kepada pelaku UMKM Batik Tulis Al Barokah untuk mengetahui kebermanfaatan dari pelatihan. Hasil dari tahap evaluasi diperoleh bahwa pelatihan Aplikasi Batik Online Shop sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM Batik Tulis Al Barokah.
Evaluasi Kualitas Pelayanan Pada Pelatihan Pendidikan Etika Penggunaan Smartphone di Sanggar Merah Merdeka Tony Soebijono; Julianto Lemantara; Sulistiowati Sulistiowati
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4849

Abstract

Sanggar Merah Merdeka (SMM) merupakan komunitas anak-anak muda yang bekerja untuk melakukan pendampingan terhadap anak-anak pinggiran di Surabaya. Dalam perkembangan teknologi seperti saat ini, anak-anak tersebut sangat dekat dengan penggunaan smartphone. Permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya pengetahuan orang tua dalam mengawasi penggunaan smartphone pada anak dan kebiasaan anak yang kurang baik dalam bermedia sosial, bermain game, dan berinternet. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan kepada orang tua dengan tujuan agar orang tua dapat mengetahui cara memantau penggunaan smartphone pada anak (parental control) serta memberikan pelatihan kepada anak-anak sehingga bisa bermedia sosial dan berinternet yang positif dan proporsional. Pelatihan dilakukan dengan metode Direct Instruction. Setelah pelatihan, orang tua diminta untuk mengisi kuesioner mengenai kualitas pelatihan. Kuesioner menggunakan indikator Service Quality dengan lima variabel, yaitu: Tampilan Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati. Hasil pengolahan data secara statistik menunjukkan bahwa kualitas pelatihan sudah baik pada semua variabel.
Optimalisasi Implementasi Identitas Visual Melalui Desain Media Promosi Siswo Martono; Hardman Budiardjo; Henry Bambang Setyawan; A.B. Tjandrarini; Yohanes Anggoro Adi
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4850

Abstract

Destinasi wisata desa pujiharjo memiliki potensi alam yang menarik, baik untuk wisata baik keluarga, pelajar, mahasiswa dan karyawan yang setiap hari sibuk dengan suasana perkotaan. Dari sisi sosial budaya masyarakat desa Pujiharjo hidup berdampingan secara damai antara aliran kepercayaan satu dengan yang lain. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan pengelola destinasi wisata yang berkaitan dengan implementasi identitas visual pada media promosi. Metode yang diterapkan adalah forum discussion group dan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan dengan mitra. Luaran pada pengabdian ini adalah desain brosur, X-banner, T-Shirt, tote bag dan gantungan kunci. Dampak yang implementasi media promosi blm bisa dirasakan, mengingat media promosi ini diciptakan untuk menyambut antusiasme masyarakat pasca pandemi covid-19. Desain media promosi sebagai sarana pengelola destinasi wisata desa wisata Pujiharjo untuk mempromosikan ke masyarakat luar wilayah.
Website Masjid Nurul Yaqin Sidoarjo Sebagai Publikasi Kegiatan Masjid Slamet Slamet; Henry Bambang Setiawan; Tutut Wurijanto
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4851

Abstract

Masjid Nurul Yaqin adalah tempat ibadah bagi umat Islam memiliki kapasitas kurang lebih 400 orang jamaah, terletak di Jalan Raya Ponti, Pondok Jati Sidoarjo. Jamaah Masjid Nurul Yaqin adalah warga perumahan Pondok Jati, masyarakat yang mempunyai aktifitas di sekitar Jalan Raya Ponti, dan masyarakat Sidoarjo pada umumnya. Sebelum wabah pandemi covid-19, kegiatan Masjid Nurul Yaqin cukup banyak, dengan pesertanya dari kalangan masyarakat luas yang lokasi tempat tinggalnya cukup jauh dari masjid. Kegiatan tersebut misalnya Pengajian Umum Peringatan Hari-Hari Besar Islam (PHBI), Kegiatan shalat Subuh berjamaah, dan secara periodik dilanjutkan dengan Tausiah dan sarapan pagi bersama, Pengajian Umum Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI), dan agenda-agenda lain yang tidak terjadwal. Selama ini, untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Masjid Nurul Yaqin, masyarakat hanya bisa mengetahui secara lisan melalui pengumuman Takmir Masjid atau banner yang dipasang di halaman masjid, namun hal ini tidak optimal karena kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan adalah untuk masyarakat luas yang tidak semua mengenal satu dengan lainnya. Berdasarkan permasalahan di atas, tim pelaksana pengabdian membuat website guna membantu publikasi Masjid Nurul Yaqin ke masyarakat luas, baik untuk penyelenggaraan acara-acara maupun publikasi tentang Masjid Nurul Yaqin sendiri. Dengan adanya website ini, keberadaan Masjid Nurul Yaqin dan agenda-agenda kegiatannya telah semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui informasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Masjid Nurul Yaqin. Hal tersebut dapat mendorong semakin banyak masyarakat yang datang ke Masjid Nurul Yaqin sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah masyarakat.
Pemanfaatan Google Spreadsheet penjualan pada Warung Majapahit di Mojokerto Martinus Sony Erstiawan; Achmad Yanu Alifianto
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4852

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan memanfaatkan google dalam aktivitas keseharian termasuk melakukan pencatatan penjualan yang dilakukan oleh warung majapahit. Teknologi yang digunakan dalam melakukan pencatatan penjualan pada warung mojopahit adalah dengan menggunakan google spread sheet. Melalui menu, fitur dan tools yang terdapat didalam google spread sheet dapat disetting berdasarkan kebutuhan. Hasil yang dicapai salah satunya memanfaatkan perangat lunak handphone yang digunakan secara mobile (berpindah tempat) yang dilakukan pada lokasi warung majapahit. Perangkat lunak lain yang digunakan adalah laptop dengan melakukan settingan awal berdasarkan format yang nantinya digunakan pada pencatatan penjualan. Pemanfaatan google Spreadsheet dengan menggunakan handphone membutuhkan akses internet yang cukup untuk dapat melakukan pencatatan penjualan
Pemanfaatan Toga Sebagai Minuman Anti Covid-19 Di Desa Jatikalang, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo Indah Nurhayati; Sugito Sugito; Muhammad Al Kholif
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4853

Abstract

Pencegahan penularan Covid-19 antara lain dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M yakni: menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer. Untuk menghindari Covit-19 salah satunya adalah dengan menjaga imun tubuh dengan mengkonsumsi Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Tanaman obat keluarga antara lain kunyit, jahe, temulawak, meniran, jambu biji, dan kencur. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan masyarakat dapat membuat minuman beras kencur, memanfaatkan TOGA sebagai bahan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, dan penghasilan keluarga. Metode pelaksanaan PPM adalah survey lokasi, penyuluhan, pelatihan, dan monitoring serta evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu masyarakat memperoleh pengetahuan tentang manfaat TOGA dan keterampilan membuat minuman beras kencur. Minuman beras kencur dibuat dengan cara yang sederhana dan dapat menjadi salah satu peluang usaha sampingan untuk menambah penghasilan keluarga.
Pelatihan Pembuatan Dan Pemasaran Online Nugget Pisang Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Masa Pandemi Siti Shoimah; Rifky Ardhana Kisno Saputra; Anis Nafiatul Umah; Desy Putri Ayu Nurvita Sari; Ismawati Ismawati
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4854

Abstract

Permasalahan yang ada di Sidobogem adalah melimpahnya buah pisang, namun kurangnya inovasi serta pemasaran masih mengandalkan metode konvensional saja. Salah satu tujuan kegiatan ini yaitu peningkatan ekonomi warga dengan mengoptimalkan produk unggulan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan pelatihan “Kegiatan Pelatihan pemasaran online di era industri 4.0 dan pembuatan produk UMKM di masa pandemi covid-19” sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat Desa Sidobogem.
Optimasi Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19 Ulfa Puspa Wanti Widodo; Christina Menuk Sri Handayani; Siti Istikhoroh; Mohamad Afrizal Miradji; Suharyanto Suharyanto
Ekobis Abdimas Vol 2 No 2 (2021): Desember
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4855

Abstract

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang ditetapkan oleh pemerintah menimbulkan dampak negatif bagi perekonomian masyarakat Indonesia terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penurunan pendapatan sangat dirasakan oleh UMKM, salah satunya yang ada di Desa Dukuh Menanggal, Gayungan-Surabaya. Salah satu faktor kurangnya pendapatan UMKM di desa tersebut karena masih belum memanfaatkan pasar digital dengan alasan keterbatasan keterampilan dalam mengakses teknologi. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi media sosial khususnya Instagram sebagai salah satu langkah memanfaatkan pasar digital untuk meningkatkan penjualan terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Metode yang digunakan adalah penyuluhan yang diikuti dengan pendampingan yang berfokus pada optimasi penggunaan Instagram Ads sebagai sarana peningkatan penjualan. Output dari penggunaan Instagram Ads sebagai salah satu alternatif bagi UMKM antara lain memperluas pangsa pasar UMKM, meningkatkan brand-awareness produk UMKM, dan secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan.

Page 1 of 2 | Total Record : 18