cover
Contact Name
Syaifatul Jannah
Contact Email
syaifatuljannah5@gmail.com
Phone
+6281331623811
Journal Mail Official
hudanlinnaas@gmail.com
Editorial Address
Kampus Pusat UNIA Prenduan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep, Jawa Timur Kode Pos 69465
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
Hudan Linnaas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
ISSN : 27751198     EISSN : 27752755     DOI : 10.28944
Hudan Linnaas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora promotes normative and empirical inquiry into social sciences and humanities. The journal publishes articles including social sciences, social education, sociology, communication, guiding and counselling, politics, history, public, culture society, culture and language, text and Film analysis, geographics, and others.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024" : 8 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KERIPIK SINGKONG CAP LUMBA-LUMBA RASA PEDAS MANIS Purwati Ratna Wahyuni; Sindi Arista Rahman; Hopid Hopid
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024
Publisher : Al-Amien Prenduan University, Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 responden yang dipilih secara acak dari pelanggan keripik singkong cap lumba-lumba rasa pedas manis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini berarti semakin tinggi kualitas produk yang dirasakan pelanggan, semakin tinggi pula loyalitas mereka terhadap perusahaan. Selain itu, kualitas pelayanan juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Kedua variabel, kualitas produk dan kualitas pelayanan, secara simultan berkontribusi signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan harus fokus pada peningkatan kualitas produk serta kualitas pelayanan yang diberikan.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA WATESNEGORO KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO Alfredo Akhsani Wijanarko; Eni Rustianingsih
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024
Publisher : Al-Amien Prenduan University, Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1539

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program unggulan pemerintah dalam menanggulangi masalah kemiskinan serta membangun sistem perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Melalui PKH diharapkan penerima bantuan akan mendapatkan akses pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Kebijakan PKH Di Desa Watesnegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dimana teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu data primer yang berasal dari observasi, wawancara terhadap informan dan data sekunder yang berasal dari dokumen resmi pemerintah dan jurnal ilmiah. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Teknik Purposive sampling digunakan dalam penentuan informan, yang melibatkan Kepala Bidang Perlindungan & Jaminan Sosial, Koordinator PKH Kabupaten Mojokerto, Koordinator PKH Kecamatan Ngoro, Pendamping PKH Desa Watesnegoro dan Keluarga penerima manfaat Desa Watesnegoro. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa Implementasi kebijakan program keluarga harapan di Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto berjalan dengan baik. Tetapi ditemukan permasalahan pemanfaatan dana bantuan yang semestinya dialokasikan untuk mendukung ranah pendidikan justru diarahkan untuk keperluan pribadi yang tidak sesuai dengan tujuan program.
DIFUSI INOVASI KONTEN PROMOSI GOPAYLATER CICIL PADA IKLAN E-COMMERCE TOKOPEDIA DI YOUTUBE Melati Budi Srikandi; Nuning Indah Pratiwi; Adrian Octavio Tirta Wijata; Wahyu Indra Satria
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024
Publisher : Al-Amien Prenduan University, Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1677

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai difusi inovasi konten promosi GoPayLater cicil pada iklan e-commerce tokopedia di YouTube. Bagaimana pihak Tokopedia mempromosikan iklannya kepada masyarakat dalam menggunakan metode transaksi GoPayLater Cicil. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana konten promosi GoPayLater Cicil pada iklan E-commerce Tokopedia di YouTube. Fokus penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi dalam menentukan tingkat keberhasilan inovasi dan mendapatkan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan informan. Analisis konten didasarkan pada teori difusi inovasi Rogers untuk mengevaluasi penerimaan inovasi GoPayLater Cicil dalam transaksi online di Tokopedia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pihak E-commerce Tokopedia melakukan kerja sama dengan pihak Gojek dalam menggunakan inovasi terbaru melalui iklan YouTube. Penemuan transaksi GoPayLater Cicil merupakan perkembangan dari penggunaan saldo GoPay yang bisa digunakan oleh pengguna aplikasi Tokopedia dan Gojek untuk membeli barang secara online. Hal ini juga dihargai oleh beberapa masyarakat yang berpendapat bahwa iklan yang diberikan Tokopedia sudah baik, dan memiliki unsur hiburan, termasuk juga dengan pilihan saluran komunikasi menggunakan platform media YouTube sebagai sarana promosi yang bisa dikatakan sudah tepat.
MENGUAK KEARIFAN ISLAM: INTEGRASI-INTERKONEKSI ETIKA BIMBINGAN DAN KONSELING BERLANDASKAN AL-QUR’AN DAN AL-HADITS Siti Azhara; Irsyadunnas Irsyadunnas
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024
Publisher : Al-Amien Prenduan University, Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1549

Abstract

Al-Qur’an dan Al-Hadits merupakan kitab pedoman dalam berperilaku, sumber norma, dan sumber nilai bagi umat Islam dalam berbagai bidang kehidupan. Adapun artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan kearifan Islam dalam etika bimbingan dan konseling melalui integrasi-interkoneksi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an serta Al-Hadits. Bimbingan dan konseling berbasis Islam menawarkan pendekatan moral dan spiritual yang kuat, memberikan dasar yang kokoh bagi praktik konseling yang lebih holistik dan berakar pada nilai-nilai agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Library research dengan analisis tekstual terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits yang relevan, serta kajian literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai etika dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits, seperti keadilan, kesabaran, Rahmat dan kelembutan, dan kerahiman antara sesama muslim dapat diterapkan secara efektif dalam sesi bimbingan dan konseling. Integrasi prinsip-prinsip ini tidak hanya memperkaya proses konseling tetapi juga membantu dalam membangun hubungan yang lebih bermakna antara konselor dan klien. Prinsip-prinsip ini menyediakan kerangka kerja yang kuat untuk menyelesaikan masalah psikologis dan emosional yang dihadapi klien, serta mendukung pengembangan karakter dan kesejahteraan spiritual individu. Etika ini memberikan panduan yang jelas untuk menjaga hubungan konselor-klien yang etis dan bermanfaat. Demikian, pendekatan ini dapat memberi solusi yang komprehensif terhadap permasalahan yang dihadapi, baik secara individu, kelompok, maupun dalam konteks sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan etika bimbingan dan konseling yang berlandaskan pada kearifan Islam dapat menjadi model yang efektif dan aplikatif dalam konteks kontemporer. Penelitian ini juga mendorong penerapan nilai-nilai Islam dalam berbagai aspek kehidupan sosial, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis dan spiritual masyarakat. 
EFEKTIVITAS DIGITALISASI DALAM PENGEMBANGAN WISATA MIKIE HOLIDAY BERASTAGI Ivo Yulianingrum; Indira Fatra Deni
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024
Publisher : Al-Amien Prenduan University, Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1789

Abstract

Kabupaten Karo cukup terkenal bagi kalangan masyarakat Sumatera Utara dengan adanya kepariwisataan yang berada di sana. Salah satu Wisata yang menarik untuk dikunjungi dan diteliti adalah Mikie Holiday yang terletak di Berastagi. Populernya wisata Mikie Holiday Berastagi bisa dikatakan karena adanya peran digitalisasi yang membantu berkembangnya wisata tersebut. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran digitalisasi terhadap peningkatan pariwisata di Mikie Holiday Berastagi. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang didapat melalui oknum yang berhubungan dengan perusahaan wisata Mikie Holiday. Penelitian ini mengkaji dampak digitalisasi terhadap pengembangan destinasi wisata Mikie Holiday Berastagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi telah efektif dalam mengembangkan wisata Mikie Holiday Berastagi dengan fokus pada efesiensi media dalam mendorong kemajuan pemasaran dan promosi, penyampaian informasi, kemudahan transaksi, maupun komunikasi pihak wisatawan dengan pihak perusahaan destinasi wisata. Penelitian ini menegaskan bahwa digitalisasi telah berperan efektif dalam meningkatkan daya tarik dan pengembangan destinasi wisata. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengelola destinasi wisata untuk terus mengadopsi teknologi digital guna tetap kompetitif dan memenuhi kebutuhan wisatawan yang terus berkembang.
POLA KOMUNIKASI PEREMPUAN DOUBLE BURDEN DALAM PEMBINAAN KARAKTER ANAK DIPAJAK BARU KECAMATAN MEDAN BELAWAN Dhean Zanovsyah; Nursapia Harahap
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024
Publisher : Al-Amien Prenduan University, Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1669

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pola komunikasi perempuan double burden terhadap anak di Pajak Baru, Kecamatan Medan Belawan, serta untuk memberikan pemahaman holistik tentang hubungan antara perempuan double burden dan anak-anak mereka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dan persepsi perempuan dalam mengasuh anak-anak mereka, serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan terhadap peran perempuan dalam pembinaan karakter anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti waktu, frekuensi, kualitas komunikasi, teknologi, komunikasi nonverbal, manajemen waktu, dukungan sosial, pendidikan, pengaruh stres kerja, dan kebijakan keluarga ramah kerja mempengaruhi komunikasi efektif antara perempuan double burden dan anak-anak mereka. Pola komunikasi yang efektif antara ibu yang mengalami beban ganda dan anak-anak mereka sangat penting untuk memastikan kesejahteraan emosional dan perkembangan anak-anak tersebut. Dukungan sosial dari pasangan, keluarga, dan komunitas juga berperan penting dalam membantu perempuan mengelola beban ganda. Kebijakan perusahaan yang mendukung keseimbangan kerja dan kehidupan juga dapat membantu ibu dalam mengelola tanggung jawab mereka. Pola komunikasi yang sehat dan dukungan sosial yang memadai sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik antara ibu dan anak-anak mereka. 
EXPLORING THE CONNECTION: ALEXITHYMIA DAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA Dewi Ayu Fathimah Az-Zahra; Alfin Miftahul Khairi
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024
Publisher : Al-Amien Prenduan University, Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan antara tingkat alexithymia dan tingkat ketergantungan pada media sosial di kalangan mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam di UIN Raden Mas Said Surakarta. Pendekatan kuantitatif korelasional digunakan, dengan penerapan uji Spearman Rank sebagai metode analisis data. Teknik purposive sampling diterapkan untuk pemilihan sampel, dan sebanyak 155 partisipan terlibat dalam penelitian ini. Pengukuran menggunakan Toronto Alexithymia Scale (TAS-20) sebagai instrumen utama, dan skala kecanduan media sosial yang dikembangkan oleh Al-Menayes. Hasil analisis data dengan uji korelasi Spearman Rank menunjukkan nilai signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan diterimanya hipotesis penelitian, khususnya menegaskan adanya hubungan signifikan antara tingkat alexithymia dan tingkat ketergantungan pada media sosial pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam di UIN Raden Mas Said Surakarta.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//
RELASI SOSIAL ANTAR ETNIS (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KOTA PONTIANAK) Riama Al Hidayah; Bunyamin Maftuh; Elly Malihah
Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 5, No 1 (2024): Jurnal Hudan Linnaas Vol 5 No. 1, 2024
Publisher : Al-Amien Prenduan University, Sumenep

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1385

Abstract

Studi ini meneliti mengenai relasi sosial antar etnis (studi kasus berbasis nilai-nilai multikultural pada masyarakat di Kota Pontianak). Perbedaan suku, agama, RAS, dan antargolongan (SARA) sebagai kondisi nyata yang diwarisi turun temurun, merupakan unsur-unsur kekayaan yang mewarnai budaya bangsa Indonesia, namun hal ini juga merupakan ancaman potensial bagi eksistensi bangsa hingga terjadinya konflik antar golongan. Kalimantan Barat sendiri sebenarnya telak mengalami konflik antar etnis sejak tahun 1950-an, dengan total konflik yang tercatat adalah sejumlah 19 kasus. Konflik pertama pertama kali terjadi pada tahun 1950 di Semalantan, kemudian berlanjut pada tahun 1966, 1967, 1968, 1976, 1977,1979, 1982, 1983, 1992, 1993, 1994, 1996, 1997, 1999, 2003, 2007, dan 2008. Pada tahun 2012 dan 2017 juga sebenarnya hampir terjadi konflik di kota Pontianak, namun tidak terjadi karena para pemuka adat dan agama berhasil menghimbau masyarakat untuk tidak terpancing dengan kontroversi-kontroversi yang beredar. Permasalahan dalam studi ini adalah 1) apa saja yang menjadi pendorong terjadinya konflik antar etnis di Kalimantan Barat?, 2) bagaimana relasi sosial antar etnis di kota Pontianak sekarang ini?. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi literatur. Hasil dalam penelitian ini adalah 1) selain faktor perbedaan budaya, faktor balas dendam dan sengketa lahan adalah faktor utama yang menimbulkan konflik-konflik antar etnis di Kalimantan Barat. 2) relasi sosial antar etnis di Kota Pontianak Kalimantan Barat sendiri dapat dikatakan sudah terjalin dengan baik, hal ini tidak lepas dari sudah banyaknya berdiri paguyuban-paguyuban yang menjadikan hubungan antar etnis harmonis dan saling menghormati.

Page 1 of 1 | Total Record : 8