cover
Contact Name
Luluk Asmawati
Contact Email
lulukasmawati@untirta.ac.id
Phone
+6281293915383
Journal Mail Official
jtppm@untirta.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
ISSN : -     EISSN : 25795384     DOI : http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v11i1
Core Subject : Education,
Berisi tulisan ilmiah hasil-hasil penelitian dan pengembangan kajian tentang Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Ade Sumarlia; Yayat Ruhiat; Fadlullah Fadlullah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11898

Abstract

Pengembangan media untuk pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, terus dilakukan melalui berbagai basis dan metode. Dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis prezi. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode riset dan development (R&D). Pengembangan media pembelajaran focus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bagi peserta didik kelas VII. Untuk mengetahui koherensi antara media dan materi, dilakukan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validitas produk oleh ke dua ahli diperoleh kategori sangat layak. Dari ahli media diperoleh nilai sebesar 89% dan ahli materi sebesar nilai 80%. Selanjutnya, untuk mengetahui efektivitas media terhadap materi pelajaran, dilakukan uji coba di SMPIT. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh kategori layak dengan nilai sebesar 71%. Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji coba pada peserta didik, bahwa media pembelajaran berbasis prezi telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media untuk pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Kata kunci: media pembelajaran, berbasis Prezi, produk media, metode R&D, koherensi media dan materi, memenuhi kriteria
HUBUNGAN DIKLAT PENINGKATAN KOM PETENSI PEMBELAJARAN (PKP) DAN EFIKASI DIRI DENGAN KINERJA GURU Husnul Hotimah; Suherman Suherman; M. Syadeli Hanafi
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11894

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan diklat PKP dan efikasi diri dengan kinerja guru di SDN kecamatan Ciomas. Dari populasi guru SDN di kecamtan Ciomas yang berjumlah 250 orang , sebanyak 71 guru diambil sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunkan pendekatan survei dan angket sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) secara persial diklat PKP memiliki hubungan positif dan signifkan dengan kinerja guru, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,457 >  0,233, nilai sig. 0,031<0,05 dan  5,414 >  1,667. Hal ini menunjukan bahwa diklat PKP dengan kinerja guru memiliki hubungan yang sedang. 2) efikasi diri memiliki hubungan positif dan signifkan dengan kinerja guru, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,649 >  0,233, nilai sig. 0,036<0,05 dan  6,740 >  1,667. Hal ini menunjukan bahwa efikasi diri dengan kinerja guru memiliki hubungan yang kuat. 3) diklat PKP dan efikasi diri secara bersama-sama memiliki hubungan positif dan signifkan dengan kinerja guru, dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,467 >  0,233, nilai sig. 0,007<0,05 dan  5,292>  3,13, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa diklat PKP yang efektif dan efikasi diri yang positif dapat meningkatkan kinerja guru. Kata Kunci : Diklat PKP, Efikasi diri dan Kinerja guru
PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SEKOLAH DASAR Lia Amalia; Sholeh Hidayat; Romli Ardie
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11899

Abstract

Sumber belajar utama bagi pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar adalah buku guru dan buku siswa, akan tetapi kualitas buku siswa saat ini belum menstimulasi peserta didik untuk dapat memiliki Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Oleh karena itu dibutuhkan sumber belajar sebagai pendamping buku siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tahapan pengembangan modul IPA bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) kelas VI Sekolah Dasar di gugus tiga Kecamatan Jatiuwung Kota tangerang, 2) mengetahui validitas modul IPA bermuatan Higher  Order Thinking Skills (HOTS) 3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul IPA bermuatan High Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall dengan mengambil data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan hasil uji validitas modul oleh ahli materi memperoleh rerata skor 4,5 (sangat baik/layak), hasil uji validitas oleh ahli media memperoleh rerata skor 4,0 (baik/layak), dan hasil uji validitas oleh ahli bahasa memperoleh rerata skor 4,5 (sangat baik /layak). Rerata skor hasil ujicoba lapangan awal dengan responden guru kelas VI adalah 4,3 (sangat baik/layak) dan Peserta didik 3,9 (baik/layak). Sedangkan rerata skor pada ujicoba lapangan utama dengan responden guru kelas VI adalah 4,5 (sangat baik/layak) dan Peserta didik adalah 4,3 (sangat baik/layak). Kesimpulan dari penilaian ini adalah berdasarkan hasil uji validitas oleh para ahli dan hasil ujicoba, modul ini memiliki validitas yang baik dan layak dijadikan sumber belajar IPA bagi Peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan Modul, IPA, High Order Thinking Skill (HOTS)
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASS ROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Ucu Suhayati; Isti Rusdiani; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11890

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas VI SDN Kadu Beureum I Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 21,7%. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 39,3%. 3) Pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 43,7%.Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Google Classroom, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI Maya Laela Sari; Luluk Asmawati; Cucu Atikah
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11895

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tahap persiapan metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia 5-6 tahun di TK YPWKS II  (2) penerapan metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak 5-6 tahun di TK YPWKS II Kota Cilegon,  (3) tahap evaluasi penerapan metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia 5-6 tahun  di TK YPWKS II  Kota Cilegon.    Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif naturalistik. Subjek penelitian adalah Kepala sekolah, guru dan anak- anak TK YPWKS II usia 5-6 tahun sebanyak 17 anak dengan lokasi penelitian di TK YPWKS II Kota Cilegon. Dengan menggunakan penelitian kualitatif naturalistik dan diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap Persiapan dengan mempersiapkan segala rencana seperangkat pembelajaran,pelaksanaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran maka metode eksperimen dapat dilakukan dengan baik dan optimal untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia 5-6 tahun di TK YPWKS II (2) Pelaksanaan metode eksperimen dalam percobaan sains untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usai 5-6 tahun di TK YPWKS II Kota Cilegon yaitu semangat dan rasa ingin tahu anak terhadap percobaan sains berkembang dengan optimal dilihat dari kegiatan anak yang aktif dalam proses penyelidikan percobaan eksperimennya serta mengetahui banyak tentang proses perubahan fisika dan kimia dalam eksperimen sains yang dilakukan anak TK YPWKS II , (3) Tahap evaluasi yang terarah dapat menghasilkan penilaian yang otentik dan sesuai dengan tingkat capaian perkembangan anak usia dini.  Kata Kunci : Metode eksperimen, keterampilan proses sains, literasi sains
HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PELATIHAN DENGAN KINERJA GURU PAUD DI KECAMATAN MAJA Cucu Atikah; Nenih Husnaeni
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11891

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik  dengan kinerja guru di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak, hubungan pelatihan dengan kinerja guru di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak, dan hubungan kompetensi pedagogik dan pelatihan secara bersama-sama dengan kinerja guru PAUD di Kecamatan Maja Kabupaten Lebak. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui studi korelasi. Populasi berjumlah 81 guru PAUD dengan jumlah sampel adalah 34 orang guru dengan teknik purposive sampling. Tempat penelitian dilaksanakan di Kecamatan Maja. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif Kompetensi Pedagogik dengan Kinerja Guru pada Guru PAUD di Kecamatan Maja. Pengaruh variabel Kompetensi Pedagogik (X1) dengn variabel Kinerja Guru (Y) ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = a + b X1 = 64,719 + 0,488 X1. Koefisien regresi sebesar 0,488 menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai kompetensi pedagogik akan memberikan peningkatan skor sebesar 64,719 terhadap nilai Kinerja Guru. (2) Terdapat hubungan antara Pelatihan dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Maja. Pengaruh variabel Pelatihan  (X2) dengan variabel Kinerja Guru   (Y) ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = a + b X2 =  67,886 + 0,517 X2. Koefisien regresi sebesar 0,517 menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai Pelatihan akan memberikan peningkatan skor sebesar 67,886. (3) hubungan positif dalam tingkatan sedang antara Pelatihan secara bersama-sama dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Maja. Ditunjukkan dengan persamaan regresi   Ŷ = a + b1 X1 + b2 X2 = 64,445 + 0,488X1 + 0,517X2. Koefisien regresi sebesar 0,488 dan 0,517  menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai Kinerja Guru  akan memberikan peningkatan skor sebesar 64,445. Kata kunci : kompetensi pedagogik, pelatihan dan kinerja guru
PENGEMBANGAN MEDIA ONLINE GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN BAGI ATLET REMAJA Agis Muliawan Gandalas; Sholeh Hidayat; Lukmanul Hakim
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran google classroom  pada  pembelajaran  teknik  dasar  futsal  dalam  meningkatkan  teknik dasar pembelajaran futsal bagi atlet. Penelitian ini menggunakan model 4D terdiri dari 4 langkah, yakni (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Penyebarluasan. Subjek penelitian ini adalah atlet futsal di Ponpes Kun Karima Pandeglang. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada atlet. Data yang diperoleh dalam uji coba ini diperoleh dari lembar pengamatan. Data analisis dengan mendeskripsikan kelayakan produk media pembelajaran melalui validitas analisis rata rata. Kelayakan media google classroom  teknik  dasar  pembelajaran  futsal  mendapatkan  persentase  sebesar 78,75% dengan kualifikasi cukup baik, kelayakan materi dalam google classroom sebesar  88,  57%  dengan  kualifikasi  baik.  Berdasarkan  penilaian  oleh  atlet terhadap media pembelajaran google classroom teknik dasar pembelajaran futsal memperoleh skor  rata-rata  80%  dengan  kualifikasi  baik.  Walaupun  tergolong layak dan dapat diimplementasikan, terdapat bagian bagian yang harus direvisi sesuai saran perbaikan dari para ahli,  praktisi,  dan atlet.  Media pembelajaran google classroom teknik dasar pembelajaran futsal menjadi salah satu alternative sumber belajar. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan, guru disarankan menggunakan media ini dalam proses pembelajaran. Atlet disarankan agar memahami dan dapat mempelajari teknik dasar futsal dengan baikdan benar dengan dukungan media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran ini dapat dijadikan pertimbangan dan inspirasi dalam pengembangan media pembelajaran teknik dasar pembelajaran futsal lainnya yang lebih baik lagi. Kata Kunci : Pengembangan media, google classroom, Teknik dasar futsal
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS Maria Ulfah; Suherman Suherman; M. Syadeli Hanafi
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11892

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar yang kontekstual. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan bahan ajar pembelajaran berfokus pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas VII di SMPN 20 Kota Serang. Menentukan koherensi antara bahan ajar dan uji validitas dilakukan oleh pakar media dan pakar materi. Hasil validitas produk oleh kedua ahli menunjukkan kategori yang sangat layak. Nilai ahli media adalah 91% dan nilai ahli materi pembelajaran adalah 88%. Selanjutnya, untuk mengetahui efektivitas bahan ajar pada materi pelajaran, uji coba dilakukan melalui pertanyaan pre-test dan post-test di kela VII pada SMPN 20 Kota Serang. Hasil pre-test adalah 64% dan skor post-test adalah 87% yang menunjukkan sangat layak untuk digunakan. Respon positif terhadap modul yang ditunjukkan oleh siswa  dengan pressentase 96% dan 93% dari penilaian guru. Ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki pengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji coba pada siswa, media pembelajaran kontekstual telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di SMP. Kata kunci: Bahan ajar bahasa Inggris, berbasis kontekstual, produk bahan ajar, metode R&D
PENGEMBANGAN MODUL CETAK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING Ucu Kulsum Srilaswati; Sholeh Hidayat; Suparno Suparno
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11897

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang valid untuk hasil belajar IPA pada semester I peserta didik kelas IV SD/MI.Penelitian ini termasuk ke dalam rumpun penelitian dan pengembangan, menggunakan Dick and Carey.,. Sedangkan validasi pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing  dengan uji statistik menggunakan SPSS 25 dengan uji paired sample t-tes. Adapun hasil perhitungan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 93 rentang angaka 80-100% dan tingkat persentase keidealan 93 %. Penilaian ahli media  baik (B) dengan skor 80 dan tingkat persentase ideal 80%. Penilaian ahli bahasa baik (B) dengan skor 320 dan tingkat persentase 91%. Sedangkan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 94%. Hasil belajar siswa terdapat signifikansi antara sebelum menggunakan modul dan sesudah menggunakan modul.Berdasarkan data diatas maka Pengembangan modul cetak materi bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran memiliki validitas tinggi dan termasuk kategori sangat baik sehingga layak dijadikan bahan ajar dikelas IV SD/MI. Kata kunci: modul, pembelajaran IPA, inkuiri terbimbing, meningkatkan hasil belajar IPA
PENGNEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN APLIKASI FOCUSKY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD Indah Komalasari; Yayat Ruhiat; Luluk Asmawati
JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
Publisher : http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62870/jtppm.v8i1.11893

Abstract

Pengembangan media untuk pembelajaran Tematik tema 8 tentang peristiwa alam , terus dilakukan melalui berbagai basis dan metode. Dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran dengan bantuan aplikasi focusky. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode riset dan development (R&D). Pengembangan media pembelajaran focus pada pembelajaran tematik tema 8 tentang peristiwa alam sub tema 1 pembelajaran 1. Untuk mengetahui koherensi antara media dan materi, dilakukan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validitas produk oleh ke dua ahli diperoleh kategori sangat layak. Dari ahli materi diperoleh nilai sebesarn85% untuk aspek isi dan 82 % untuk aspek pembelajaran serta ahli media untuk aspek tampilan video     sebesar  nilai  87%  serta  untuk  aspek  pemograman  85%.  Selanjutnya,  untuk  mengetahui efektivitas media terhadap materi pelajaran, dilakukan uji coba di SD Permata Insani Islamic School. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh kategori layak dengan nilai sebesar 80%. Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji coba pada siswa, bahwa media video pembelajaran dengan bantuan aplikasi focusky  telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media untuk pembelajaran Tematik Tema 8 tentang Peristiwa Alam. Kata  kunci:  media  video  pembelajaran, aplikasi  focusky

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 10, No 1 (2023): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 2 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) More Issue