cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
+6285656227888
Journal Mail Official
fakhri@unm.ac.id
Editorial Address
JL. Daeng Tata Raya, Kel. Parangtambung, Kec. Tamalate, Kota Makassar , Kode Pos 90244
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal MediaTIK
ISSN : 26561247     EISSN : 27155919     DOI : https://doi.org/10.59562/mediatik
Jurnal MediaTIK is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Programme of Makassar State University in collaboration with Phinisi Skyline Indonesia. The Media TIK journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer Engineering Education from students, lecturers, and practitioners from universities or research institutions. Jurnal MediaTIK already has a print version ISSN with the number 2656-1247 in 2019 and an online version ISSN with the number 2715-5919. MediaTIK Journal contains articles on informatics and computer engineering education in particular: Instructional Technology and Vocational Multimedia Learning, E-learning or blended learning, Information System, artificial intelligence dan robotics, embedded expert system, big data dan machine learning, software dan network engineering
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Volume 5 Issue 2, Mei (2022)" : 11 Documents clear
Pengembangan Sistem Informasi Alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Alda Valecia Sunardi
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan Sistem Informasi Alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pragram Studi Pendidikan TeknikInformatika dan Komputer, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakuktas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Sistem informasi alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, yang dikembangkan untuk membantu dan mempermudah tenaga kependidikan Subag Akademik dalam mengelola data-data alumni dan membantu alumni untuk mencari data-data alumni seperti lowongan kerja dan kontribusi alumni. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan prototipe dan menggunakan pengujian standar kualitias ISO/IEC 25010. Berdasarkan hasil dari tanggapan pengguna terhadap sistem informasi alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar ini dapat dilihat pada pengujian usability. Pengujian usability dilakukan dengan memperkenalkan sistem yang telah dikembangkan kemudian memberikan kuesioner kepada 50 responden lalu diminta untuk mengisi kuesioner yang telah divalidasi sebelumnya oleh ahli instrumen. Hasil persentase pengujian usability yaitu 72,82 % sehingga berada dalam kategori sangat baik dan telah memenuhi aspek usability.
Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Menerima Materi dengan Memanfaatkan Konten Interaktif H5P Charles Luis Yaas; Sanatang; Agustiah
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran dimasa pandemi membuat satuan pendidikan berlomba-lomba dalam membuat platform pembelajaran daring. Salah satunya yang populer adalah Moodle. Pembelajaran yang ada saat ini cenderung pada pencapaian target materi kurikulum, lebih mementingkan pada penghafalan konsep bukan pada pemahaman. Siswa terkadang merasa jenuh dan bosan dengan pola pembelajaran yang ada saat ini. Dengan adanya E-learning dapat mempermudah guru maupun siswa dalam proses pembelajaran yang disajikan dalam bentuk konten interaktif (H5P). Konten interaktif (H5P) memungkinkan materi yang disajikan dapat lebih menarik serta siswa dalam berpartisipasi dalam memberikan respon terhadap materi secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah konten interaktif yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam menerima materi menggunakan Interaktive Book dan Interaktive Video. Pada penelitian ini, peneiti akan mengembangkan konten interaktif yang awalnya berupa Text biasa (ppt,pdf,doc) menjadi konten interaktif dalam bentuk interaktive book dan interaktive video menggunakan h5p pada e-learning moodle. Hasil penerapan konten interaktif (H5P) menunjukan bahwa konten H5P pada elearning moodle siswa cenderung lebih antusias dalam menerima materi dalam bentuk audio visual lewat interactive book dan interactive video serta masih banyak fitur h5p yang dapat disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik.
Peningkatan Programming Skill Melalui Pendekatan Hemispheric Cognitive Style Collaboration (HCSC) Pada Mata Pelajaran PBO Siswa Kelas XI RPL Enrico Pariu
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis yang berprofesi sebagai guru terhadap kemampuan siswa memahami alur pemrograman berorientasi object dan minat belajar siswa yang sangat rendah. Pada kegiatan praktikum pemrograman berorientasi objek siswa cenderung hanya mengcopy paste contoh program yang dibuat oleh guru, sehingga ketika dibawa ke kasus atau contoh soal yang berbeda siswa kesulitan mengeluarkan kemampuan nalarnya untuk memecahkan masalah tersebut secara mandiri. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan keterampilan siswa membuat program. Model pembelajaran yang tepat sangat diharapkan untuk keefektifan pembelajaran. Metode HCSC berusaha mengoptimalkan fungsi kognitif belahan otak kiri dan kanan dalam mempelajari konsep OOP yang membutuhkan kemampuan kognitif seperti abstraksi, analisis dan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengkaji metode pembelajaran HCSC dalam meningkatkan keterampilan siswa membuat program pada mata pelajaran PBO Kelas XI RPL SMKNegeri 2 Poso Pesisir. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus II yaitu, pra siklus (38,46%), siklus I (69,23%) dan pada siklus II (84,61%).
Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website di Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala Idris
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana membangun sebuah sistem informasi yang dapat membantu kinerja Dinas Pariwista Kabupaten Donggala menjadi maksimal dalam memperkenalkan pariwisata yang ada di Kabupaten Donggala. Karena selama ini mereka memperkenalkan pariwisata yang ada di Kabupaten Donggala hanya sebatas melalui media sosial (instagram, dan facebook), baliho, brosur dan lain sebagainya, bahkan wisatawan harus mendatangi langsung ke lokasi Objek Wisata ataupun ke Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan secara terperinci. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membangun Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Di Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai media untuk memperkenalkan pariwisata yang ada di Kabupaten Donggala. Untuk mengukur tingkat keberhasilan sistem digunakan metode pengujian Black Box dan metode analisis Skala Likert. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan metode Black Box didapatkan hasil sebesar 100% yang menyatakan sistem “Sangat Layak” sedangkan berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode Skala Likert didapatkan hasil rata-rata dari tiga variabel penilaian sebesar 86,15% yang mengarah ke pendapat “Sangat Setuju”.
Pengembangan Aplikasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Berbasis Adobe Flash di TK Negeri Lappae M. Zulfiqar Ilham; Sugeng A. Karim; Sanatang
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas bagi guru di TK Negeri Lappae. (2) Untuk mengetahui data pengujian media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas di TK Negeri Lappae dari aspek functionality, usability, dan portability. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Lappae. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan kuesioner. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu sebuah produk berupa aplikasi media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas. Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan dengan menggunakan model prototype, yaitu: (1) tahap desain; (2) tahap desain; (3) tahap pengembangan; (4) tahap implementasi; dan (5) evaluasi. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas bagi guru di TK Negeri Lappae memperoleh rata-rata skor 93,26% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk hasil pengujian dari media pembelajaran pengenalan rambu lalu lintas dapat dilihat dari hasil pengujian ISO 9126 pada aspek functionality (layak), portability (layak), dan usability (sangat baik). Dengan demikian, aplikasi pengenalan rambu lalu lintas berbasis Adobe Flash layak untuk digunakan.
Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Mendesain Jaringan LAN Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Larantuka Maria Hendrina Boleng; Muh. Yusuf Mappeasse; Muh. Nasrun
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Larantuka yang berjumlah 32 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari persentase ketuntasan siswa secara klasikal dari pra siklus yang hanya sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,5% pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus II mencapai 93,75%, sedangkan persentase hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 72% kemudian naik pada siklus II menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning.
Pengaruh Pengetahuan Penerapan Etika Kerja Dalam Praktikum Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang penerapan etika kerja dalam praktikum terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan teknik informatika dan komputer angkatan 2017 dengan jumlah 264 mahasiswa, dengan teknik simple random sampling diperoleh 159 mahasiswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel etika kerja dan kesiapan kerja mahasiswa menggunakan angket/kuesioner yang dibagikan kepada 159 mahasiswa sebagai responden yang kemudian diolah dengan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa tentang etika kerja dalam praktikum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa.
Validasi Pakar Konten pada Pengembangan Paket Soal Bahasa Indonesia untuk Basis Data Computer Based Testing Iwan Suhardi; Hendriyati Eko Budiyaningsih
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini mendeskripsikan proses validasi pakar konten pada pengembangan paket soal mata pelajaran Bahasa Indonesia berbasis multimedia. Paket soal tersebut digunakan sebagai isian basis data aplikasi CBT. Pembuatan soal merupakan proses penyiapan alat ukur untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Namun, masih banyak pengembang soal yang melakukan malpraktik dalam mengembangkan paket soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pendekatan kuantitatif terkait dengan digunakannya rumusan formula V Aiken untuk model validasi pakar kontennya. Sedangkan pendekatan deskriptif dilakukan untuk sarana perbaikan butir-butir soalnya. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa konten peket soal yang dikembangkan dinyatakan valid sehingga paket soal tersebut dapat digunakan sebagai isian basis data aplikasi CBT. Paket soal yang dikembangkan merupakan paket soal mata pelajaran Bahasa Indonesia berisi butir dengan format multimedia yang berwujud teks, gambar, suara dan video. Hal tersebut sangat relevan untuk memaksimalkan fungsi komputer terkait dengan penetrasi migrasi pengujian dari berbasis kertas ke arah berbasis komputer
Pengembangan Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web di Kelurahan Baruga Dhua Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene Mustari S. Lamada; Muliadi; Aisyah Maydina
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan sistem informasi kependudukan berbasis web di Kelurahan Baruga Dhua Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene dan untuk mengetahui respon dan tanggapan pengguna terhadap sistem informasi kependudukan berbasis web pada Kantor Kelurahan Baruga Dhua. Model pengembangan prototyping digunakan pada penelitian ini karena penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penelitian dan pengembangan sistem dinyatakan valid dan layak digunakan oleh validator. Berdasarkan uji coba, sistem informasi yang dikembangkan dinyatakan efektif. Hasil tanggapan pengguna terhadap sistem informasi kependudukan pada Kantor Kelurahan Baruga Dhua yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan karena telah berada pada kategori sangat baik.
Penerapan Metode Pembelajaran Two-Stay Two-Stray Pada Mata Pelajaran Tik di SMPN 2 Segeri Kab. Pangkep Akmal Hidayat; M. Miftach Fakhri; Muh. Bhilal Halim; Della Fadhilatunisa; Muhammad Haristo Rahman
Jurnal MediaTIK Volume 5 Issue 2, Mei (2022)
Publisher : Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Two-Stay Two-Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) kelas VIII pada mata pelajaran TIK di SMPN 2 Segeri Kab. Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan metode ini persentase hasil belajar siswa kelas VIII dibawah kategori tuntas (belum mencapai nilai KKM) dan setelah penerapan metode pembelajaran TSTS peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII diatas kategori tuntas (telah mencapai nilai KKM). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Two-Stay Two-Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) pada mata pelajaran TIK dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Segeri, Kab. Pangkep

Page 1 of 2 | Total Record : 11