cover
Contact Name
Lingga Nico
Contact Email
nicopgsd@unipma.ac.id
Phone
+6285856053202
Journal Mail Official
nicopgsd@unipma.ac.id
Editorial Address
Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
ISSN : -     EISSN : 26218097     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar diterbitkan oleh Universitas PGRI Madiun. Focus dan scope jurnal secara umum tetapi tidak terbatas pada sebagai berikut. Pendidikan Dasar Pembelajaran matematika dasar Pembelajaran IPAS sekolah dasar Pembelajaran Bahasa sekolah dasar Teknologi pembelajaran untuk siswa dan guru sekolah dasar Kurikulum sekolah dasar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 201 Documents
Search results for , issue "Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0" : 201 Documents clear
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPA Adelia Dwi Risnawati Risnawati; Ahmad Dani Yulianto; Apsari Wijayanti; Kun Hisnan Hajron
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi organ gerak manusia dan hewan menggunakan media pembelajaran gambar pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri Magelang 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan disetiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Magelang 3 Magelang yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan soal isian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes pemahaman siswa terhadap organ gerak manusia dan hewan.  Berdasarkan metode analisis data yang digunakan, data awal diperoleh hasil 20%, dari total siswa yang nilainya diatas kkm, lalu disini terjadi peningkatan hasil belajar siswa yakni pada siklus  I sebesar 40% dan meningkat mencapai 90% pada siklus II. Dengan kata lain siswa keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar diatas 70. Hal tersebut berarti dapat meningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan media pembelajaran gambar terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Magelang 3.
Analisis Kepercayaan Diri Siswa Kelas 4 SD dalam Pembelajaran Tematik Tema 9 melalui Model Pembelajaran SAVI Mayasya Dwi Sasmito; Melik Budiarti; Sri Lestari
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Basically,humans are social creatures, generally humans as social beings will interact with each other. Confidence will grow from the process of interaction in the social environment and continues, this self-confidence does not just appear there is a long process and there is a very short process. This study aims to find out how the confidence of grade 4 students in thematic learning theme 9 SAVI learning model at SDN Tamanarum 1 Parang. The population in this study were 4th grade students, and the samples used were 3 students from 4th grade. This type of research uses a qualitative approach, with data collection methods using triangulation. Data analysis in this study used qualitative analysis. Based on the results of the data analysis research, it was found that the students' self-confidence in grade 4 was obtained through the SAVI learning model (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual).
Pengembangan modul berbasis etnomatematika pada pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar Renni Hardyanti; Dian Nur Antika; Dian Permatasari
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis etnomatematika padapembelajaran matematika siswa kelas v sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&Ddengan desain model 4D yang dibatasi oleh peneliti hanya sampai 3 tahap saja yaitu tahappendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop),Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket yang diisi oleh dua ahli untuk menguji validitasserta respon guru dan siswa untuk menguji praktikalitas. Data yang diperoleh dari angket dianalisissecarakuantitatif dan diinterpretasikan dengan pedoman kategori penilaian untuk menentukankualitas produk. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentasi sebesar 85% dan ahli desain 98%.Sehingga menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid. Sedangkan hasilpraktikalitas berdasarkan angket respon siswa menggunakan dengan 2 tahap. Tahap 1 yaitu ujikelompok kecil yang diberikan kepada 10 responden dengan hasil yang diperoleh 92,6% danpenilaian ke 2 yaitu dengan uji kelompok besar dengan jumlah responden 28 siswa dengan hasil92,32% dan angket respon guru diperoleh persentasi sebesar 100%. Hal tersebut menunjukkanbahwa modul yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalan proses pembelajaran.Berdasarkan hasil penilaian oleh validator, respon siswa dan guru maka modul berbasisetnomatematika pada pembelajaran matematika siswa kelas v sekolah dasar memenuhi kriteriavalid dan praktis.
STUDI LITERATUR: KEEFEKTIFAN METODE BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Alfiana Nur Awalin; Dian Nur Antika Eky Hastuti; Suyanti Suyanti
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan abad 21 memberikan dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan di Indonesia. Salah satu strategi yang di anggap efektif untuk diterapkan adalah penggunaan metode blended learning adalah perpaduan metode belajar tatap muka dan belajar secara online. Penerapan metode blended learning dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat dalam pembelajaran di kelas seperti, sumber belajar dari internet berupa gambar, teks, video, suara, dan lain-lain yang mudah di akses pengajar dan siswa. Hasil belajar merupakan sebuah hasil dari perubahan tingkah laku yang terjadi setelah mengikuti proses pembelajaran dan hasil dari perubahan perilaku tersebut dapat diukur. Hasil belajar siswa bisa berupa tiga aspek. Yakni, aspek kognitif, aspek psikomotor, dan aspek afektif. Hasil belajar dapat dijadikan ukuran apakah siswa tersebut sudah berhasil dalam memahami materi yang disampaikan atau belum. Pada penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode blended learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas I SDIT Cita Mulia Ajibarang Dengan Menggunakan Media Count Tree (Pohon hitung) pada Pelajaran Matematika Hesti Maesa Kusuma; Sukma Wijayanto
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil kemampuan berhitung siswa dengan menggunakan media count tree. metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus memiliki tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan Refleksi. Penelitian ini melibatkan 6 siswa dan di lakukan di SDIT Cita Mulia Ajibarang. Berdasarkan Hasil tes, pada siklus 1 terdapat nilai tertinggi 95 dan nilaiterendah 75 dengan nilai rata-rata 78,3. sedangkan pada siklus II yaitu nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 90 dan rata-rata 97,5. maka dapat disimpulkan bahwa dengan media pembelajaran Count tree dapat meningkatkan hasil kemampuan anak.
Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 2 SDN 1 Tawangrejo Ahmad Badrul Jamal; Raras Setyo Retno; Candra Dewi
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu faktor penentu yang menjadi dasar keberhasilan dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu motivasi siswa untuk belajar. Dengan adanya motivasi belajar yang baik maka proses kegiatan belajar mengajar akan menjadi lebih mudah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 2 SDN 1 Tawangrejo dan menganalisis faktor-faktor yang mempengarui motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 2 SDN 1 Tawangrejo. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dengan menganalisis kejadian, fenomena dan keadaan kelas dengan subjek siswa dan guru kelas 2 SDN 1 Tawangrejo. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar siswa kelas 2 SDN 1 Tawangrejo sudah cukup baik di tunujukkan dengan siswa memiliki konsentrasi, rasa ingin tahu, semangat dalam belajar, kemandirian, kesiapan siswa, antusias, pantang menyerah, dan percaya diri. Dalam hal ini guru kelas sudah berusaha sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode dan model yang menarik seperti: ppt interaktif, video pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran.
Efektivitas Penggunaan Metode Sosiodrama dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Uswatun Khasanah; M. Soeprijadi Djoko Laksana; Tri Wahyuni Chasanatun
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode sosiodrama dalam keterampilan berbicara bahasa indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Design. Sampel penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari kelas VA dan VB dengan masing-masing berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes tindakan (performance)untuk mengukur keterampilan berbicara siswa pada saat pretest dan posttest di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest pada kelas kontrol yaitu 66,59 dan posttest67,95, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest58,64 dan posttest 74,55. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan rata-ratapembelajaran menggunakan metode konvensional dan metode sosiodrama. Selanjutnya data di uji normalitas, yang diperoleh hasil 0,462 > 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh hasil0,854 > 0,05 sehingga data tersebut memiliki variansi yang sama. Hasil uji hipotesis menunjukkan sig (2 tailed) 0,023 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalahmetode sosiodrama efektif digunakan dalam keterampilan berbicara bahasa indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar.
Implementasi pembelajaran tematik berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi Siti Hidayah; Ibadullah Malawi; Apri Kartikasari HS
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case studies). Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SDN Sidorejo 04 telah melaksanakan pembelajaran tematik yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, hal tersebut dibuktikan bahwa dalam pembelajaran, guru melibatkan siswa secara aktif dengan menggunakan berbagai teknik, model, dan metode pembelajaran. Selain itu, guru juga mennggunakan media pembelajaran berupa benda konkret yang ada di sekitar sekolah, sehingga siswa mudah untuk memahami pelajaran yang sedang dipelajarinya, guru juga menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.
Pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar tematik kelas 4 tema 3 di SDN 01 Manisrejo Kiki Eviana Effendi; Nur Samsiyah; Tri Wahyuni Chasanatun
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to identify and identify the kinesthetic learning styles in grade 4 SDN 01 Manisrejo in addition to identifying this research to determine whether there is a relationship between the influence of kinesthetic learning styles on thematic learning outcomes. This research includes quantitative research using experimental research methods using the Quasi Experiment method. In this study, the sample was divided into two groups, namely the control class and the experimental class. The samples in this study were students in class 4a and class 4b at SDN 01 Manisrejo, class 4a as the experimental class and class 4b as the control class. This study uses the matching only posttest control group design type of research. In this study, the instrument used for assessment was using a questionnaire or questionnaire and a posttest was given to all samples according to the characteristics of the kinesthetic learning style. The results of the analysis showed that the results of the data analysis of the experimental class and the control class showed that the kinesthetic learning style had a significant effect on the thematic learning outcomes of the fourth grade students of SDN 01 Manisrejo. The results obtained are tcount = 4.53 2.01808 = ttable with a significance level of 0.05 or 5% so that it can be  concluded that kinesthetic learning styles have an effect on thematic learning outcomes.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Aji Nugraheni; Dwi Kafiliani; Fita Tri Karnia; Kun Hisnan Hajron
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun pelaksanaan PTK terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap pelaksanaan. Adapun hasil yang diperoleh pada siklus awal yaitu diperoleh nilai rata-rata 64,5. Nilai rata- rata pada siklus 1 masih di bawah standar KKM yang telah ditetapkan. Setelah menerapkan metode kerja kelompok pada siklus II terlihat ada peningkatan, nilai rata-rata meningkat menjadi 85 dan telah memenuhi standar KKM.  Hasil yang diperoleh  diklasifikasikan ke dalam dua kategori : baik dan sangat baik. Dengan menerapkan metode kerja kelompok siswa akan terbiasa saling berdiskusi dan berargumentasi dengan tepat. Diharapkan setelah menerapkan metode kerja kelompok, hasil pembelajaran mampu meminimalisir ketidak pahaman antar siswa satu dengan lainnya.

Page 1 of 21 | Total Record : 201