cover
Contact Name
Roni Herdianto
Contact Email
roni.herdianto@um.ac.id
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
teknologikejuruan.ft@um.ac.id
Editorial Address
Gedung H5 Lantai 1 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya
ISSN : -     EISSN : 24770442     DOI : 10.17977
Core Subject : Education, Social,
The Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya publishes manuscripts in a wide variety of research areas in the field of engineering education. This journal published articles containing conceptual ideas, literature review, application of the theory, and book review regarding technological and vocational education in engineering education. We invite relevant reports in the scopes of: 1. Mechanical Engineering Education 2. Automotive Education 3. Civil Engineering Education 4. Construction Engineering Education 5. Electrical Engineering Education 6. Informatics Education 7. Fashion Education 8. Culinary Education 9. Tourism Education
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 40, No 2: September 2017" : 10 Documents clear
PENGARUH LAMA BLANCHING TERHADAP KARAKTERISTIK FISIKO-KIMIA DAN SENSORIK JUS KECAMBAH KEDELAI DAN WORTEL Inda Riana Wulansari; Mazarina Devi; Laili Hidayati
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p157

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh lama blanching terhadap kadar β-karoten, vitamin E kapasitas antioksidan, viskositas, rentang warna, tingkat kesuka-an panelis terhadap rasa, warna dan aroma jus. Penelitian ini menggunakan rancang-an acak lengkap. Pengumpulan data fisiko kimia jus dilakukan dengan metode spek-trofotometri sedangkan tingkat kesukaan dilakukan dengan uji organoleptik oleh 70 panelis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik Anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan lama blanching memberikan pengaruh yang signifikan terhadap karaketristik fisiko-kimia dan tingkat kesukaan jus. Kadar β-karoten terting-gi, kadar Vitamin E dan kapasitas antioksidan tertinggi dimiliki oleh jus tanpa perla-kuan blanching. Viskositas tertinggi dimiliki oleh jus dengan lama blanching 10 me-nit dan peningkatan waktu blanching memudarkan warna jingga jus kearah kuning. Tingkat kesukaan panelis terhadap aroma, rasa dan warna tertinggi pada perlakuan lama blanching 10 menit. Perlakuan tanpa blanching memiliki karakter fisiko-kimia yang paling baik.
HAMBATAN DAN FAKTOR PENYEBABNYA PRAKERIN DITINJAU DARI PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN EVALUASI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK Fajar Satriya Hadi; Amat Mukhadis; Amat Nyoto
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p099

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memerikan hambatan dan faktor penyebab praktik kerja industri siswa SMK Kompetensi keahlian Teknik Pemesinan pada tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Menggunakan ketentuan proporsional random sampling jumlah sampel adalah: sebanyak 82 siswa, 10 guru, 6 instruktur industri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian: (1) hambat-an pada tahap persiapan: (a) siswa kesulitan mencari tempat prakerin yang sesuai de-ngan bakat, minat, dan keahlian; (b) kesulitan mencari tempat tinggal sementara/kos; (2) hambatan pada tahap pelaksaan: (a) tidak relevannya keahlian dengan pekerjaan dan tugas yang dikerjakan siswa di tempat prakerin; (b) kedisiplinan siswa yang ren-dah; (c) penerapan K3 yang tidak sesuai SOP; (3) hambatan pada tahap evaluasi ke-sulitan pada perencanaan karir siswa.
KESESUAIAN LABORATORIUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI PRODI TATA BOGA Tri Sadha Bakti; M.Abdurachman Panoto Gomo
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p169

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menganalisis kondisi sarana dan prasarana laboratorium; (2) kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium Tata Boga Jurusan TI-FT UM dengan standar minimal laboratorium maupun yang telah dipersyaratkan Permendiknas No.40 tahun 2008. Metode penelitian dan analisis digunakan rancang-an dan statistik deskriftif. Hasil penelitian kondisi peralatan di Laboratorium Pastry (luas ruang 136 m2, intensitas cahaya dan kuat arus pencahayaan 710 lux ) 82,57% sesuai standar minimal. Prasarana (lantai, warna dinding, sirkulasi udara, tempat cuci peralatan dan bahan) tersedia dan memadai. Kondisi laboratorium Produksi (jumlah peralatan, lantai keramik, sirkulasi udara) 56,00% sesuai dan memadai, di-dukung jendela sepanjang 12m dan exhouse fan dan kipas angin di beberapa titik, re-rata intensitas cahaya 990 lux dengan luas ruangan 80 m2, kuat arus pencahayaan da-lam laboratorium sangat memenuhi. Laboratorium Industri kondisi peralatan 50,00% memenuhi standar, luas ruang 96 m2 untuk 30 mahasiswa kurang memenuhi. Intensi-tas cahaya 710 lux, kuat arus pencahayaan laboratorium sudah memenuhi, namun kondisi lantai belum memenuhi dari segi kemiringan dan material.
KETAHANAN LUNTUR ZAT REAKTIF DAN AZO PADA BAHAN BAKU PRODUK BATIK UNTUK UKM DI JAWA TIMUR Anik Dwiastuti; Endang Prahastuti; Esin Sintawati
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p115

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji ketahanan luntur zat warna tekstilbatik yaitu reaktif dan azo pada uji pencucian menggunakan SNI ISO 105-C06: 2010 dan uji ke-ringat pH asam dan pH basa menggunakan SNI ISO 105-E04: 2015 dengan penye-suaian DSTI. Sampel uji untuk zat warna reaktif adalah material katun dan sampel uji azo menggunakan sutera sebagai bahan baku utama untuk produk batik di Jawa Ti-mur. Nilai perubahan warna dan penodaan warna dievaluasi pada konsentrasi larutan yang berbeda sesuai standar uji masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi larutan zat reaktif tidak menyebabkan perbedaan yang nyata pada skor perubahan warna dan perbedaan warna katun untuk semua pengujian. Se-mentara konsentrasi larutan zat azo yang berbeda menyebabkan perbedaan yang nyata pada skor perbedaan warna untuk pengujian sutera.
Inside Page Inside Page Inside Page
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p%p

Abstract

Inside Page
KERJASAMA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN INDUSTRI (STUDI KASUS PENDIDIKAN KELAS INDUSTRI SMK NASIONAL MALANG DENGAN ASTRA HONDA MOTOR) widiyanti widiyanti; Solichin Solichin; Yoto Yoto
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p181

Abstract

Salah satu cara peningkatan mutu lulusan SMK Nasional adalah dengan melaksanakan pendidikan kelas industri bekerjasama dengan PT Astra Honda Motor. Oleh karena itu perlu dideskripsikan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan; pendidikan kelas kerjasama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan pada Semester ganjil 2016/2017 di SMK Nasional Malang. Hasil penelitian menggambarkan terdapat kerjasama yang berkategori baik antara ke-dua pihak dalam hal: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi, dan (4) men-dapat dukungan yang positif dari komite sekolah dan warga sekolah (guru, staf admi-nistrasi, dan karyawan), serta industri. Faktor penghambat terungkap dari faktor sis-wa, yaitu meliputi: motivasi dan semangat belajar yang rendah.
EFEK ADVERSITY INTELLIGENCE DAN PERSEPSI MAHASISWA MEMAHAMI PROFESI GURU TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MENJADI GURU Galih Prihatiandy; Setiadi Cahyono Putro; Hari Putranto
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p137

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap hubungan dan sumbangan adversity intelligence (X1) dan persepsi mahasiswa memahami profesi guru (X2) de-ngan kepercayaan diri menjadi guru (Y). Penelitian ini adalah penelitian expose facto dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah maha-siswa S1 PTE angkatan 2013 sejumlah 106 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, reliabilitas (apha cronbach) X1, X2, dan Y secara berturut-turut adalah 0,90; 0,95; dan 0,93. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linear Gan-da. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara X1 dan X2 dengan Y baik secara parsial maupun simultan dan Sumbangan efektif X1 terhadap Y sebesar 30,05%, dan X2 terhadap Y sebesar 4,30%. Efek adversity intelligence ter-hadap kepercayaan diri untuk menjadi guru lebih tinggi dibanding persepsi mahasis-wa dalam memahami profersi guru.
ANALISIS HASIL UJI KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN Ahmad Dardiri; Mujiyono Mujiyono; Mohamad Aris Ichwanto
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p193

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil kompetensi guru menca-kup: (1) pencapaian kompetensi pedagogik, (2) pencapaian kompetensi profesional, dan (3) menguji apakah ada perbedaan kompetensi kelompok guru adaptif, dan guru produktif berdasarkan latar belakang pendidikan, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Teknik Bangunan (BKTB). Penelitian dirancang dengan pendekatan kuantitafif deskriptif terhadap 93 orang guru adaptif dan produktif SMK Kota Blitar. Instrumen yang yang digunakan adalah test kompetensi guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) guru SMK BKTB memiliki kompetensi di atas rata-rata nasional 5,50 namun dibawah ideal nasional 8,00; (2) tidak terdapat perbedaan pencapaian kompetensi berdasarkan kelompok adaptif dan produktif.
PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP SOFT SKILL SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN JASA BOGA DI KOTA MALANG Ria Cahya Mustika; Nunung Nurjanah; Lismi Animatul Chisbiyah
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p147

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) pengaruh PKL terhadap soft skill; dan (2) berapa besar pengaruh PKL terhadap soft skill siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang. Populasi penelitian siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga yang sudah melaksanakan PKL dengan jumlah sampel 127 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKL berpengaruh terhadap soft skill siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang sebesar 50,50%. Keterampilan pemecahan masalah merupakan faktor yang paling mewakili soft skill dengan nilai ekstraksi 93,60%, dibandingkan keterampilan komunikasi, dan berpikir kritis 88,40%, keterampilan memahami antar pribadi 76,20%, dan keterampilan komunikasi tertulis 73,90%.
ANALISIS NONLINEAR DINDING GESER BETON BERTULANG MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA Fatkurotif Fatkurotif; Sri Murni Dewi; Achfas Zacoeb
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya Vol 40, No 2: September 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um031v40i22017p127

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola beban perpindahan dan kere-takan nonlinear dinding geser beton bertulang menggunakan metode elemen hingga smeared element. Kajian ini menggunakan model elemen isoparametrik 8 titik nodal dengan jumlah 90 elemen. Hasil kajian dibandingkan dengan hasil eksperimental pe-nelitian sebelumnya. Terdapat dua model dinding geser yang digunakan yaitu SW-3 dengan persentase tulangan 0,28% dan model SW-50 dengan persentase tulangan 1,24%. Hasil kajian menunjukkan bahwa model SW-3 memiliki kurva beban perpin-dahan hasil analisis numerik cukup berhimpit dengan hasil eksperimental, akan tetapi pola retak analisis numerik terjadi perambatan retak, sedang hasil uji eksperimental ti-dak terjadi perambatan retak melainkan gap opening pada dinding geser. Model SW-50 dengan tulangan normal menunjukkan selain kurva beban perpindahan memiliki kesamaan juga perambatan retak mendekati hasil eksperimental.

Page 1 of 1 | Total Record : 10