cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV" : 13 Documents clear
KEMAJEMUKAN ETNIK DI INDONESIA (SEBUAH RF3SIKO ATAU POTENSI ?) Sunarso Sunarso
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.821 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9243

Abstract

Scjak ~alrun 1970-an masolah ctnik, kembali tampil keatas pentaspolilik di Irerhag~ti negnrs. Tarnpiinys masalah tersebut discbabkan olchberbagni kekeccwasn bcrlsrut dalarn nation state (negara bangsa) yaitunegsm dcngm bcrmacarn-macam etnik. Bahkan futurolog Alvin Tofilermeramnlknn bahwa ~nasalshe tnik ini aknn berlanjut terus sampai abad ke21.Indonesia tcrmasilk negrtrs yang memiliki begi~ub snyak ctnik..?.C - Dnlam usianyo yang tala11 mcncsyai setcngah abad Icbih, Indonesiapcrnah menghndapi bcrbagai mscam pemberontakan yang sebagian jelas ''bermotilkan kcridakpunsso ctnik. psdahal dengan aiasan apapun pemberontaknnctnik yang mcluas jclus merupsknn faktor disintcgratif yangberbahnya rcrhnd;~pk ci~luhanb angs.Kcbijnksanxan yang dilnkukan pemerintali Indonesia terhadapmasnlnl~ ctnik adplah, di salu sisi pcrnerintah tetap mcwaspadai kemungkinanrimbulnya gejolak ct:rik yang bersifat disintegmtif. Tetapi pada sisiyang lain pcmcrintnh juga tncnganut kebijaksanaan yang sangat akomada?if tcrlndsp eksistcnsi clnik: Ol'kh'ksreda itu kemampuan lxeventif danrepresif yang mcrnadai untuk rncnccgnh, menangkal-dan rnenanggulangip ,kemungkinan pcrnber~ntakan~clnitket ap.p,erl! dipelihara, seieng dengan-upaya mencrusknn kcbijakalj rncmenuhi aspirasi dan kepentingan dari . .seluruh etnik ynngada. Disamping itu difirlukan juga kajian rnendalam,rnengcnai etnik bag; ncgara dengan tingkal kemajemukan yang tin -s~perti~lndonesiaS.c, bab,.pengabaian tCrl~adapm. asalah ini akan menim-.bulkan gejolak polilik,.)?adahal bila dicermati dan diantisipasi denganb?i'k7l!al tcrscbut' bisn dihindari. Balkan kemajamukan elnik di Indonesia .jbstru merupnkan poten bukan suntu rdsikb atau kernwanan.
PERMAINAN TENIS SALAN SATW MAHANA MEMBINA REMAJA . Uh7TUTG BERPRESTASI DAN BERKEPRIBADI. Sukadiyanto Sukadiyanto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.183 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9258

Abstract

P:tda masa rcrnaja sccara psikologis mcrupaknn masa-masa yangsitlit bagi pam pclakunya dainm mcncmpuh perjatanan hidupnya. Padamasa nwal rcmaja mcrupakan masa puber, periode yang tumpang tindihdan singkat, serta masa ncgatif, scdangkan pada masa akhir remajamcrupsknn masa pcralihnn dan pcrubshan, rnasa penring dan penuhmasniah, rnzlsa yang mcnakutkan dan rnencari identitas diri.Pcnnainnn tcnis mcrupakan pcrmainan yang rnenggunakan rakct,bola, lnpnngan bescrta ycrlcngkapannya dan pcraturan unluk melancarknnjnIannya pcrmainan. Akrivitas permainan tenis dapat sebagaisarana pcln~npiasan sccaru fisik rnatrpun psikologis dan pengisi waktuIuang untiik kcgintan yang positif. Pcraturan dalam permainan tenissangat bcrhcd:~ dcngan pcrnturan cnbang olaIlraga permainan lainnya.Peraturnn permninar~ dalnin tcnis mampu mencakup seluruh manusiayang terlibat di dalsmnyi~A. rtinya, peraturnnnya mampu menjangkaubaik p21ra pcrnnin, pclntih, pcnonton maupun para sponsor Peraturanoabang olnhraga Inin tidak ada yang mampu rnenjangkau seperti dalamtcnis. Olch karcnn itu, bcium pcrnah ada dalam pertandingan tenis terjadikeribursn Baik ontar yemain maupun pcnonton, pada tingkat regional,nasional dan intcrnnsionaI.Dalam permainan tcnis banynk mengajarkan tentang pembinaanwnlak, disiplin pcrsaingan, kcbuga,ran fisik dan mental, keyakinan dannasionaiismc. Scjnrah pcrrniiinan tcnis berssal dari lingkungan istsnakerajaan. dimn~lap ada masa lampau kernjam merupakan sumber suritnuladsn ynng baik bagi par:l rakyslnya.
FAKTOR-FAKTOR PENGHGMIBAT PERTUMBUHAN B ~ A YMAE NELIT1 ' . DAN SOLUSI ALTERNATIFNYA Soeparno Soeparno
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.69 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9250

Abstract

Mencliti bclurn mcnjndi bagian hidup sehari-had dari mqyarakaturnum. Adalall salu ironi scbcnarnya bahwa dalam mnsyarakat yangtcIsh rncmsstrki cr;! tingg~!la ndas dalvm pengembangan sain dan teknologiini Lcrnyaia budaya mcnclitinya masih tertinggal kandas. Beberapafnktor iij~crnal pcnghamhnr tumhuhnya jiwa menditi seperti cara berfikir,rirsa ingin ttlhu, lunsnya pcngclal~uand, an pengenalan manfaatmcneliti dip;lparkan d;in dioraiknn Bcgitu pula beberapn faktor ekstema1yang per111 petnbcnai~an dlkupns dan ditnwarkan salusi alternatifnya.Dcngan hnmpsn dnl-r:~m~ snurnl)rllIkan jiwa menelili sebagai pondasibangunnn Budxyo mcncli~
MEWJU KEMA hIIPRTAN PRODUK PENDIDIKAN SEN Iswahyudi Iswahyudi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.674 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9248

Abstract

Tunra~a~~lc rhudaptc nsga kerja berpcndidikan merupakan masalahyang mcnarik rtntuk dibicarakan. Sebelum dicetuskan strategi link andmncth atau kclcrkai~and a13 kcscpadanan, tampaknya pendidikan senisudilh bcrupayn mcmpertimbangkan hasil lulusannya. Khususnya untukpendidiksn scni rupa , dcngnn kctrampilan yang diperoleh lulusannya,sehingga dapal langsung bckg~ja di sektor formal maupun informal.Hal iniln11 yang rncnjadi pemikiran lebih lanjut bagi pengembangankemaridirian produk pendidikan seni. Pada dasarnya ilmu pengetahuandan tcknoliigi; secnra konsensus Japa.Crm'endukung skni terutamauntuk pcngcmbangan cksprcsirya. Dengan manpembangkan ke dalamdan kc lusr, yaitir hcrdnsarkan pada fungsi lembaga pendidikan seni dantontangan pcngaruh dnri lusr. mnka pendidikan seni scharusnya rnampumcrnccallksn bc.rbagai ~.rcrmasalahan unluk kemandirian produknya.Irulah ill~ernilrify ang ditawarkan dalam tulisan ini.
MENGOPTMALKAN PRODUKTIVITAS MASYARAIC AT 1NDUSTRI MELALUI PENINGKATAN ISESELAMA'TAN DAN KESEHATAN KERJA Edy Purnomo Edy Purnomo
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.34 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9247

Abstract

pad:^ PJP I1 ynng icng:th hcrlangsung sekarsng ini, Pernerin~hindoncsi:~ tclah mcnaruh pcrlistinn yang besar dan menjadikrtn SDMsebagni prio rllas di dnlnm pengembangannya. Pengembangan SDMtcrscbut tclnh dan scdn~rg dilnksanilknn di bcrbagai bidang ynng diupayakanuntuk rncningkatksn produktivilas masysrakat. Disitlyalir bahwatingksl prduktivilas tcnapn kcrja Indoncsia bclum dnpat dikatakan tinggi.Mwsnlnh prodoktivitas yang dcrnikian sangat perlu ditingkalkan.Pcningku1:ln produktivitas'kerja di industii tcrgantung dari tenagakcrja scbngai pclakb;u~akkcgi:ltanp r~duksi.D alam kegiatan produksi,fcrd3p31 fillitor pcnting y:litu faktor kcselamatan dan kesehatan kerja,Fnktor ini p3da urntilnnya lnasil~ kurang mendapat pcrhatian dari pihakindustri. Hal ini did:rsnrkan atas fcnamcna serir~gt ejadinya kecelakaankcrj,i. kc~id:tl;pi~:~.;:lrern~: ig:l kurja, kur:ingnys pcrhatian tcrhadap kescjnhtcrannnya, d:~n scb:~gainya mengakibalkan terganggunya kegiatanproduksi.Kcsclrrinutan dnn kcschatan kc rja terguntung dari aspek lingkungankcluarga dan aspck lingkungan indtlstrilperusahaan. Apabila aspekaspek~crscbulti dsk berrungsi dengan baik makn Kesclamatan danKcscllatnn Kcrja skan tcrganggu, schingga kegiatan praduksi dan groduktivitaskcrja akan mcnurun. Dcngan demikian maka peningkatanKesclamntan dnn Keschatan Kcrja harus diupayakan secara makdimal-,tcrrnastik ~cningkntank csejahicrian Ccnaga kcrja baik yang berupapenglrasilan, layananan kcs:sclinl.sn maupun bcrupa asuransi kecelakaan,pcningkntan kcaIlli:~n!i:~batan; dan insentif Isinnya; schingga tcnaga kc j alebih siap d;in mnmpi~~ nelaksanakanp ekerjaannya dcngan baik, akhimyaproduktivitac mnsy~rnksitn dustri dnpnt dicapai secara optimal.
PENGEMBANGAN DAN PEMBINWN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PIEMBANGUNAN KKESEHATAN Sumaryanto Sumaryanto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.209 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9257

Abstract

Dimilikinya hralitas hidup yang tioggi, merupiLan idaman bagisegenap lapisan masyamkat. Melalui pembangunan dahm bidang keshatan,pemerinuh bemama-sama ngan mrsyamkat a h beruslha mewujudkmswtu peri kc6idupan yug di dalamya tcmpai delsjat kesehatanyang optimal oebagai MLah saw umr ke~tfibram umurn.Kebehasilan pembangunux k+atan Magat dipenganrhi olehpartisipasi masyarakat, di ma^ dalam konttb p e m b m , kedudukanm y a d c a t di sunping ~ b a g a io byek, m a ~ d jutgs scLaligus ~ebagai 4 'subyek pembrtngunan. Olch krreqanya, pcmcrintrh ham seldu berupayammberikan Ictsempatan yaq 1-6 kepada masyankat agar termotivasiuntuk tcrlibat *f dalun usah p c m b a n , yang berdaya ,ounad;m berbil gumguna.Untuh rnenumbuhkembakan dan membiar kntuk-benhrk partisipasimasyarakal ditempuh melalui pendckatau cdukatif yaitu masyamkat dipacu agardcngan kemampm amber daya yang dimitili, lam mtmeahhn masalahmasalahkesehwya, masyankat tidak semtr-~tat e q p d ~ qdu i pemerintahnamun diharapb rmsywkat pat socrra maadiri ~u mcryta~h~
PROBLEM. PENGENDALIAN HAMA SECARA TERPADU DENGAN PREDATOR DAN PATOGEN Triatmanta Triatmanta
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.351 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9256

Abstract

Pcngcndali:un 11a1na sccnra hayati tnerupakan upaya memberantasham.s, Icrulama scrnnggd, dungnn menggunakan prinsip-prinsip biologi,dnlam rangka rneningkalkao llasil pcrtnnian. Pengendalinn ini rnenyangkutpcnggunann hibit toleran stau rcsislen terhadap hama, diversifrkasijcnis tanamnn, pcrgilirsn tnnnman, pclcpasan pejantan steril, dan peman-Tantan organismc Ixttogcn scrta predator,PongondaIi:~n h:ima sccara hnyati sangat rnengunlungkan baiksccnrn cknlogis In:itllun ekonolnis, bila d'ibandingksn ddngan penggunnnnpc"lisid:i. C:ira ini tici:l\ rncnimbuIkan residu beracun bagi organis~ncb i~k:~sna s:lran, ~nanusiad, :in lingkungan. Secara ekonornis dandnlaln j:lngkn ut9klll ynng p:u!jang aplikssi cnrn ini dapat menekan biayapcmclih:hn~:~nk,: ~rcnap c~n:~kni:~nnytaid sk perlu dilakukan secara terusmencrus, ~d:lpiI lany~p :\dn :~walnyns :?ja.Prohlcm pcngcndnliwn 11:irnn sccara hayati menyangkut pemilihanorp:lnisn~cy :~ligs ~~csifiekk. k~ilitasllyad apar menurun karena pengaruhikliln Jon cilsc:~, dnn bcbeiupa pcngcndoli hnyati baru tampak efektifrlalam jangka w:ikl~r y:ing Ialn:~.
KONTRTBUSI GEOGRAFI MANUSIA DALAhT UPAYA PENGEMBANG AN AGROINDUSTRI Hastuti Hastuti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9254

Abstract

Aruh pc~nbangunnn pcrcsni'an pada PJP I1 difujukan untukmenghasilkan produksi pertanian dnn bahan baku primer industri sehinggaagraindustri incrupakan salu pilihan yang diprioritaskan didalamkebijsksanaan sektor pertanian. Pengembangan agroindustri masihmenglindapi bcrI3agni kendala tcrutama untuk menemukan formula yangefcktirdan ctisicn agar harapan mengcmbangkan sektor pertanianrnarnpu mcndi~kungs ukla~.i ndt~slris ecartl tangguh dapat segem tcrcapai.Agroindustrj,scbogsi scklor yang melibatkan berbagai aspekantarn lain, pcrlunitln, pcritldustrian dun perdagangan tentu saja masihmemerluknn stitnb:~ng;in pcrnikirdn dari berbagai pihak untuk pengembanganny:~.Pcn_ccrnbanga~m~c lalui risetfpenelitian dan kajian secarailrniall rncrupskan wncnnn yang stratcgis unluk menggali bcrbagaimasalsh d m upaya pcn1cczlhannya. Gcografi sebagai satu disiplin ilmukhususnyr~ gcografi ~aanusia yang mengkaji aklifitas manusia didalamlingkungannys dihnrapknn mampu membe:ikan kontribusi pemikiranuntuk pcngcmbsngan agroindus~ri rnelaiui penelititin-penelitinn hjiankajian ynng bcrksiran dcngan kescseainn lahan, distribusi tenaga kefja,distribusi praduksi, pcrnasaran, behufior petani, aksesibilitas, dan Iain-Iain.
GRSITEKTtTR "POST-MODERN" SEBAGAI SUATU FENOMENA DAN INOVASI DALAM PROSES PERKEhqBANG AN ARSITEKTUR Sumardjito Sumardjito
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9244

Abstract

Arsitcktiir, sebaga i sulah salu hasil karya budaya manusia terusmcngalnrni ~rcrlccmh:tngan. Perkembangan di bidang arsitektur ini terjadiakibnt dari bcruh:ih dnn bcrkcmbangnya tuntutan dan pandangan manusiascbagai pencipta dan pengpuna saIall satu hasil karya budaya manusiatcrschgt . Munculnyti '~rsitckturp osl-modern ysng merupakan kelanjutandaq jnwal-ran alas pcrmasalahan yang timbul dari adnnya arsitektur .modern tcrus mcnjadi bnliandiskusi dan polemikmasyarakat dan para i.. .shli.Kcmunculan srsilcklur pod[-~r~odmpatd a tahun 1962 mmeang. menirnbulkan pro-konlra dinnlara para arsitek dan rnasyarakat urnum.Pro-konlra ini ~nuncual kibat dari ndnnyn dua sisi ungkapan fisik padanrsitck~iri ~O.YI-)nmrierrrS. atu sisi arsilckti~rp os! modern bisa rnenciptakansuatu kcindihnn yang bis3. dinikmati oleh mnsyarakat urnurn, karenamasih Jalam batas-batas universal, scdongksn pada sisi lain, arsitekturposr-nocle~.n scring mcngcsampingkan norma:noma pembentuk keindaharitcrscbut, sehingga mcnciptakaan kcsan hasil karya arsitektur ya.n .k- subyekiif; cgois dan kurang bkrmanraar.. . Tulisan ini mcncoba. rnengupas',iirsitektur PO$!-modern berdasarkanpcndapqt dan ~ulisand nri beb~ppaa hli dan a~itekd unia, untukbiia m6m)ciikan in(o rmasi'y?ng lcbih jelas mengenai arsitekturpost-' : ijn*d,.
ISLAM PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT Ajad Sudrajat Ajad Sudrajat
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9242

Abstract

1sl:irn scbugni scbuah keyitkinan rnenempatkan pcndidikan padapriori~asil taxna. Allall yang discbut "Rabb" mcncmpa1kanNya scbagaipendidik sckaIia1-1 makhlukNya. Para rasul yang diutusNyrr pada ternpalrcrtcntu merupaksn para p~ndidikb agi umatnya. Bcgilu pula dengankedi~duksn Nnbi Muhummad saw.Kch:tdiran Islam sebagai scbuah kajlakinan mcrupakan fondasiutama pcndidikan di dunia Muslim. Kebcrhasilan umat Islam padaperjode awsl dakm mendidik rnssyarakat adnlnh karena mereka bcrlandasanpada kcyakinan y:mg bcnar ini. Scrncntam dalarn perkembanganselanjutnya ditcmukun adanya kcgagatan di dunia Muslim dalarn rncndidikrn~syiirakatnya adalah karma scbagizn dari rncrcka telah meninggalkancantoh yang dibcrikan ole11 enerasi nwal itu. Merekn tclah mengalnbillandasan I:lin di luar kcya If innnnpa. alau sclid~knya mereka tidaksunggtth-strngguh manjadikan Islaln scbagai fondasi dalam proses pendidiknnmasyarnkatnyn.Schsgni akibat dsri proscs yang dcrnikian, peran lernbaga-Icmbaga sosial scpcr~i kcluarga, rnusjid, sckolah (msdrrzsah) dan mediarnassa, yang mcstinya bcq,cr;tn bcsar dslam proses pcndidikan rnasyarakatmcnjsdi kcliilttngan vihlitasnys. Unluk itu pcrlu dengan segera duniaMuslitn rncmperbaiki kckeliruannya. Dengnn kembali pada fondasikcyakinan yang bcnar --Islam-- proses pendidiknn masyarakat akanmcnghasilkan Lcnvujudnyu kondisi yang idcal, mssyarakat yang sejahterasecslra spiritu:il itan malcrinl.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

1996 1996


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue