cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
ISSN : 2338493X     EISSN : 2809574X     DOI : -
Core Subject : Science,
Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor dalam setahuan, yakni di Bulan April, September, dan Desember. Jurnal Coding telah terindeks oleh Google Scholar dan Garuda, dan akan terus diperbaharui untuk mengikuti perkembangan.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022" : 12 Documents clear
PENERAPAN DROPOUT PADA JARINGAN SARAF TIRUAN BACKPROPAGATION DALAM MENGKLASIFIKASI TINGKAT FINE FUEL MOISTURE CODE (FFMC) UNTUK KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN Irwan Guntoro; Dwi Marisa Midyanti; Rahmi Hidayati
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.52734

Abstract

Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran hutan/lahan (SPBK) merupakan sistem peringatan dan deteksi dini kebakaran hutan/lahan di Indonesia. SPBK telah dikembangkan di Indonesia melalui penerapan Fire Weather Index (FWI). FWI terdiri dari 3 buat komponen, yaitu Fine Fuel Moisture Code (FFMC), Duff Moisture Code (DMC), dan Drought Code (DC). FFMC merupakan indikator potensi penyulutan api menjadi kebakaran hutan/lahan. FFMC memiliki empat kelas, yaitu rendah, sedang, tinggi, dan ekstrim. Tingkat FFMC dapat diklasifikasi berdasarkan 4 faktor yang mempengaruhi FFMC, yaitu suhu, curah hujan, kelembapan udara, dan kecepatan angin. Algoritma backpropagation merupakan metode klasifikasi yang dapat digunakan dalam mengklasifikasi tingkat FFMC. Algoritma backpropagation merupakan salah satu jaringan saraf tiruan yang digunakan untuk mengklasifkasi data. Penelitian ini menerapkan metode dropout pada algoritma. Metode dropout digunakan untuk mengurangi overfitting pada saat pelatihan jaringan saraf tiruan. Penelitian menggunakan data atribut suhu udara, kelembaban udara, kecepatan angin, dan curah hujan untuk diklasifikasi pada kelas FFMC. Dari hasil percobaan, performa model terbaik yang dihasilkan selama pelatihan JST adalah learning rate 0,5, iterasi 1000, MSE = 0,377, dan overfitting = 0,1408. Hasil klasifikasi kelas FFMC dengan menggunakan 557 data uji diperoleh tingkat akurasi sebesar 61.265%.
Sistem Radio Streaming Berbasis Android Studi Kasus: Panji Tv Pontianak Jandy Suwardinata; Dian Prawira; Ferdy febriyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.52480

Abstract

Panji TV merupakan salah satu channel dakwah yang berada di Kota Pontianak yang memberikan siaran kajian keagamaan. Panji TV memiliki siaran konten melalui media sosial seperti youtube, facebook, dan Instagram. Kajian keagamaan Panji TV saat ini dinilai kurang efektif dikarenakan belum memiliki sistem penyiaran konten sendiri, keamanan yang kurang baik, penggunaan jaringan yang tinggi, dan biaya operasional yang mahal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dirancang sebuah Sistem Radio Streaming Berbasis Android menggunakan metode waterfall. Metode waterfall merupakan metode pengembangan sistem yang kebutuhan sistemnya dapat didefinisikan secara utuh dan bertahap diawal projek. Dan hasil penelitian kali ini telah didapatkan sebuah sistem radio streaming berbasis android dengan didukung proses live streaming audio melalui server agora dan server chat melalui firebase. Adapun fitur pada sistem ini meliputi broadcast live streaming,stop live streaming, hapus data pesan, input judul, input nama channel, input app id, input token, play live streaming dan kirim pesan. Kemudian telah dilakukan pengujian fungsi sistem secara keseluruhan menggunakan metode black box dan perhitungan metode skala likert untuk mengukur kepuasan pengguna, dimana hasil pengujian tersebut sistem dapat berjalan sesuai dengan rancangan sebelumnya dan hasil perhitungan metode likert menunjukkan penelitian kali ini tergolong sangat baik dengan hasil presentasi 96,66% dan 85,17%.
Measurement of Mobile Banking Application User Satisfaction Using the Technology Acceptance Model (TAM) and Usability Method (Case Study: Bank Kalbar main branch of Pontianak) Alysha Puji Utami; Nurul Mutiah; Ibnur Rusi
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.51252

Abstract

This study aims to determine the level of user satisfaction with the Bank Kalbar Mobile application. Bank Kalbar's Mobile is important to measure to determine the level of satisfaction of Mobile Banking application users using the Technology Acceptance Model (TAM) and Usability methods. The Technology Acceptance Model (TAM) method can be a reference in determining various uses and uses of IT from the user's perspective on the benefits and the user's perspective on the use. The TAM method linked to 8 Usability perspectives which consist of learnability, understandability, operability, attractiveness, effectiveness, efficiency, satisfaction, and context of use to design research questionnaires from interrelated indicators. This research questionnaire was distributed to 98 Bank Kalbar‟s Mobile users with the results of measuring user satisfaction with Mobile Banking for the TAM (Perceived Ease of Use) and Usability perspective with an average value of 4.85 very satisfied categories, and TAM (Perceived Usefulness) and Usability perspective with an average value of 4.87 very satisfied category. Then for the results of the Usability calculation, the results of the TAM (Perceived Ease of Use) measurement are 95%, which means it has a very decent value, and the TAM (Perceived Usefulness) measurement results are 96%, which means it has a very decent value. This study also provides recommendations for improvements to the IT Bank Kalbar main branch of Pontianak in optimizing the performance of the Bank Kalbar Mobile application to increase user satisfaction using the action priority matrix.
IMPLEMENTASI METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM (DWT) PADA WATERMARKING CITRA DIGITAL KEASLIAN KARYA BERBASIS WEB Maulidia Utami; Tedy Rismawan; Uray Ristian
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.52736

Abstract

Watermarking merupakan teknik penyisipan informasi ke dalam data digital seperti citra, audio dan video. Informasi yang akan disisipkan harus dapat diperoleh kembali meskipun data digital telah diproses, disalin, atau didistribusikan. Sebagian dari metode watermarking bertujuan untuk melindungi hak cipta dari pemakaian yang tidak seharusnya. Untuk itu diperlukan suatu aplikasi digital watermarking untuk menyisipkan label hak cipta ke dalam hasil karya digital. Aplikasi sistem watermarking ini dibangun berbasis web dengan menggunakan metode haar wavelet. Haar wavelet merupakan salah satu teknik pemrosesan sinyal digital yang merupakan turunan dari metode Discrete Wavelet Transform (DWT). Pengujian watermarking menggunakan 10 data citra asli dengan hasil yang bervariasi. Ukuran citra asli yang digunakan adalah 512x512 piksel dan logo 256x256 piksel.  Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) digunakan untuk mengukur kualitas citra. Hasil nilai PSNR terbaik sebesar 17,873 db. Adapun nilai rata-rata dari 10 data citra yang diuji yaitu 13-17 db. Hasil akhir dari penelitian ini adalah citra yang sudah ber-watermark dapat tersamarkan secara visual pada citra.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN BERBASIS WEB DI KOTA PONTIANAK Petrus Indra Wijaya; Renny Puspita Sari; Ferdy Febriyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.52717

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu peristiwa di jalan raya tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan atau kerugian harta benda. Dengan pengarsipan data kecelakaan lalu lintas yang lengkap dari tahun ke tahun, sampai saat ini masih belum ada pemanfaatan dari data kecelakaan lalu lintas, misalnya dengan data tersebut pihak kepolisian dapat mengetahui lokasi-lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di Kota Pontianak khususnya Satlantas Polresta Pontianak. Maka dari itu akan dibangun Sistem Informasi Geografis yang berfokus pada daerah yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Informasi pada website yang akan dibangun yang antara lain menyangkut daerah rawan kecelakaan berdasarkan perhitungan Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Upper Control Limit (UCL) yang terjadi di wilayah Kota Pontianak. Dengan dukungan sistem informasi diharapkan data kecelakaan lalu lintas yang tersedia dapat diolah menjadi data sistematis daerah rawan kecelakaan (black spot) di Kota Pontianak, sehingga dapat membantu pihak kepolisian untuk melaksanakan prosedur pencegahan kecelakaan lalu lintas untuk daerah rawan kecelakaan, serta masyarakat juga mengetahui letak daerah rawan kecelakaan tersebut agar lebih waspada ketika berkendara. Hasil perhitungan dari kedua metode yaitu AEK dan UCL didapatkan hasil tahun 2017 terdapat 69 titik rawan kecelakaan, tahun 2018 terdapat 17 titik rawan kecelakaan, dan tahun 2019 terdapat 9 titik rawan kecelakaan. Sedangkan pengujian antarmuka sistem dilakukan kepada 67 responden melalui kuesioner online memperoleh hasil persentase 85,15%.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN PENYAKIT MENULAR MENGGUNAKAN PENGUKURAN EPIDEMIOLOGI BERBASIS WEBSITE Muhammad Febri Nugroho; Nurul Mutiah; Syahru Rahmayuda
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.51324

Abstract

Penyakit menular merupakan infeksi yang disebabkan oleh agen biologi seperti virus, bakteri, parasit, dan jamur. Ini menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi karena lajunya penularannya serta dapat mengancam kesehatan. Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara harus mencegah terjadinya peningkatan kasus penyakit menular agar tidak meluas. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian di Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara untuk membangun sebuah sistem informasi geografis pemetaan penyakit menular yang dapat memudahkan proses identifikasi penyebaran penyakit menular disuatu wilayah. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan pemetaan penyakit menular adalah pengukuran epidemiologi yang melakukan penilaian terhadap keadaan suatu penyakit dalam suatu populasi untuk menghitung frekuensi penyakit. Hasil penelitian ini berupa sistem informasi geografis berbasis website yang menyampaikan informasi kasus penyakit menular dalam bentuk peta digital dan grafik agar masyarakat lebih mudah dalam memahami informasi yang diterima, serta pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara dengan mudah mengindentifikasi penyebaran penyakit menular di wilayah kerjanya, sehingga dapat mencegah peningkatan kasus yang disebabkan oleh penyakit menular. Sistem ini telah dilakukan pengujian fungsional sistem menggunakan metode black box testing dan memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan pengujian antarmuka sistem dilakukan kepada 58 responden melalui kuesioner online memperoleh hasil persentase 81,76%.
PERBANDINGAN METODE TEMPLATE MATCHING DENGAN K-NEAREST NEIGHBOUR DALAM IDENTIFIKASI KARAKTER (STUDI KASUS: PADA PLAT KENDARAAN) Andry Tanu Wijaya; Sampe Hotlan Sitorus; Uray Ristian
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.54209

Abstract

Identifikasi karakter plat nomor kendaraan merupakan salah satu upaya mempermudah pelacakan plat kendaraan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan cara mengidentifikasi citra karakter plat nomor kendaraan pribadi dengan keluaran berupa text dan angka. Salah satu permasalahan dalam identifikasi karakter pada plat nomor yang biasa dihadapi adalah identifikasi plat nomor yang masih dilakukan secara manual, Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi untuk identifikasi karakter plat nomor kendaraan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Template Matching dengan mencocokan setiap angka dan huruf yang di uji dengan mencari nilai eror terkecil, dan K-Nearest Neighbour dengan mengklasifikasikan nilai tetangga terdekat dari perbandingan data latih yang digunakan dengan membandingkan kedua metode yang digunakan dalam penelitian, metode K-Nearest Neighbour mendapatkan nilai akurasi terbaik dikarenakan hasil yang lebih akurat. Pengujian dilakukan menggunakan 30 data uji, data yang diuji menggunakan 3 varian jarak yaitu 25cm, 75cm, dan 150cm. Setiap jarak diambil 10 data uji dengan keadaan kendaraan tidak bergerak. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh nilai akurasi dalam membaca karakter pada plat kendaraan dengan menggunakan metode Template Matching sebesar 70,4% dan akurasi  dalam membaca plat kendaraan sebesar 3,33%. Adapun nilai akurasi dari metode K-Nearest Neighbour sebesar 74,6% dan akurasi dalam membaca plat kendaraan sebesar 3,33%.
DETEKSI PEMALSUAN CITRA DENGAN TEKNIK COPY-MOVE MENGGUNAKAN BLOCK MATCHING Trianny Syantikha; Cucu Suhery; Tedy Rismawan
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.52721

Abstract

Copy-Move merupakan teknik pemalsuan citra yang dilakukan dengan cara menyalin suatu bagian yang ada di dalam citra dan meletakkan bagian salinan tersebut ke bagian objek yang ingin ditutupi, sehingga dapat menghasilkan citra yang palsu dan sulit untuk dideteksi secara kasat mata. Penelitian ini membangun sebuah sistem untuk mendeteksi pemalsuan citra dengan teknik Copy-Move menggunakan Block Matching. Data yang digunakan sebanyak 60 citra Copy-Move yang masing-masing memiliki citra Ground Truth. Data keluaran yang dihasilkan berupa 2 jenis citra yaitu citra edge yang merupakan citra Copy-Move dengan memberi garis warna pada daerah yang diduga palsu, dan citra mask yang merupakan citra hasil deteksi dengan background berwarna hitam, sementara daerah yang berwarna putih adalah daerah yang diduga palsu. Hasil deteksi citra mask dibandingkan dengan citra Ground Truth untuk mendapatkan nilai akurasi sistem. Berdasarkan hasil pengujian, semakin besar ukuran blok yang digunakan maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan pada setiap blok. Persentase akurasi dalam mendeteksi pemalsuan citra adalah sebesar 39.06% pada ukuran blok 4×4 piksel dengan durasi waktu 5 menit 34 detik, 93.08% pada ukuran blok 8×8 piksel dengan durasi waktu 17 menit 26 detik, 95.26% pada ukuran blok 16×16 piksel dengan durasi waktu 70 menit 22 detik.
SISTEM INFORMASI PERGUDANGAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN STOK BARANG MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY Rachmat Kurniawan Putra; Ilhamsyah Ilhamsyah; Nurul Mutiah
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.52011

Abstract

Kebutuhan menyimpan barang serta manajemen gudang yang baik adalah kewajiban organisasi dalam setiap skala. Perpaduan antara teknologi informasi dan manajemen gudang akan mendorong efisiensi kerja dan pemenuhan kebutuhan yang optimal. Saat ini Koperasi Karyawan Angkasa Pura II Bandara Supadio mempunyai enam unit usaha dengan satu gudang terpadu dimana data gudang diolah secara manual menggunakan aplikasi perkantoran serta melakukan stok ulang ketika barang sudah habis atau hampir habis. Data yang diolah berupa data pemesanan, barang masuk, barang keluar serta jumlah penjulaan. Stok ulang barang tanpa perencanaan serta banyakya data yang diolah membuat kinerja Koperasi tidak maksimal, memicu olah data yang tidak tepat, dan memicu kekurangan atau kelebihan barang pada gudang. Penelitian ini mengusulkan sebuah sistem pergudangan dan pengendalian stok barang dengan mengimplementasikan metode Economic Order Quantity (EOQ) dimana sistem ini dapat mengontrol siklus barang masuk dan barang keluar, mengelola penjualan serta memberikan peramalan jumlah stok barang optimal beserta jumlah stok aman (safety stock) dan titik pemesanan kembali (reorder point) untuk memenuhi ketidakpastian permintaan. Hasil penelitian ini berupa sebuah sistem yang dapat mengelola data barang gudang dan dapat mengontrol persediaan barang optimal dimana hasil pengujian fungsionalitas sistem menyatakan sistem berjalan sesuai dengan yang diharapkan dengan nilai 87,76% berdasarkan skala likert. 
RANCANG BANGUN PENGOLAH PAKAN OTOMATIS SUGAR GLIDER BERBASIS INTERNET OF THINGS Dinarti Maharani; Syamsul Bahri; Suhardi Suhardi
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/coding.v10i01.54222

Abstract

Sugar gliders are nocturnal, which means they are active at night. Sugar Glider food ingredients use SUN brand cereal milk. The dose of feed for 1 meal is 6 grams of powder and 8 ml of water. To provide food on time, a tool is needed that can perform processing and feeding in the Sugar Glider cage automatically and the status is monitored through the website interface. The components used are ultrasonic sensors, mini DC water pumps, servo motors, DC motors. The results of ultrasonic sensor readings on the sensor nodes are monitored through the website interface. The Sugar Glider automatic feed processor design applies the concept of Internet of Things (IoT) technology, namely data communication using a wireless network (without cables). The hardware is built using two nodes, namely the sensor node as a monitor for the stock of feed ingredients in the tank and the controller node as a feed processor based on an active schedule. Testing of feed processing automatically on the controller node starts from the request for schedule status data to the server. The processing of feed based on the schedule entered on the website was successfully carried out by the system. The system succeeded in removing feed powder with an average value of 5.8 grams of powder coming out close to 6 grams and removing water with an average value of 8.4 ml approaching 8 ml. Testing of data transmission has been successfully carried out and the data is displayed on the website in real time.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2024): Edisi April 2024 Vol 11, No 3 (2023): Edisi Desember 2023 Vol 11, No 2 (2023): Edisi September 2023 Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023 Vol 10, No 03 (2022): Edisi Desember 2022 Vol 10, No 02 (2022): Edisi September 2022 Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022 Vol 9, No 03 (2021): Edisi Desember 2021 Vol 9, No 02 (2021): Edisi September 2021 Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021 Vol 8, No 3 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 1 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 03 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 02 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Coding Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal CODING More Issue