cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
WIDYA TEKNIKA
Published by Universitas Widyagama
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 21, No 1: MARET 2013" : 8 Documents clear
PEMANFAATAN LIMBAH PASIR KACA SEBAGAI SUBSTITUSI PASIR SUNGAI PADA PAVING BLOCK Aditya, Candra
WIDYA TEKNIKA Vol 21, No 1: MARET 2013
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan paving block sebagai salah satu jenis perkerasan mengalami peningkatan. Inovasiterhadap material pembuatan paving block diperlukan untuk menciptakan bahan bangunan yang efektifdan efisien. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan limbah kaca yang merupakan bahan sisa darikerajinan kaca yang berupa pasir dipakai sebagai substitusi agregat halus yaitu pasir sungai dalampembuatan paving block. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan optimal pavingblock yang meliputi kuat tekan, penyerapan air dan ketahanan aus dengan komposisi 1PC : 6Ps (sebagaikelompok kontrol); 1PC : 4,5Ps : 1,5PsK; 1PC : 3Ps : 3PsK ; 1PC : 1,5Ps : 4,5PsK; 1PC : 6PsK.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pengujian bahan pengikat (semen portland)agergat halus (pasir sungai dan pasir kaca), sifat fisik (penyerapan air dan ketahanan aus) dan sifatmekanik (kuat tekan) serta untuk mengetahui komposisi yang menghasilkan kekuatan yang palingoptimal. Benda uji paving berupa kubus berukuran 21 cm x 10,5 cm x 6 cm, sebanyak 75 sampel danukuran 5cm x 5cm x 2cm untuk uji ketahanan aus. Uji hipotesis dengan analisis statistik metode RAL(Rangan Acak Lengkap) dengan alat bantu program SPSS 15 for Windows.Kata Kunci : pasir kaca ,kuat tekan, penyerapan air
PENGARUH PEMAKAIAN LIMBAH STYROFOAM TERHADAP KUAT TEKAN DAN BERAT BATAKO Halim, Abdul
WIDYA TEKNIKA Vol 21, No 1: MARET 2013
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Material tembok yang sering digunakan adalah batu bata, batako dan batu kapur (apung). Dalam pembuatan batako untuk lebih menghemat bahan bakunya tidak menutup kemungkinan ditambah bahan-bahan lain seperti tras, kerikil, serat dan abu ampas tebu, selain itu limbah styrofoam sudah mulai dipergunakan untuk tambahan pembuatan material bangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemakaian styrofoam terhadap kuat tekan dan berat pada batako.Untuk mendapatkan hasil penelitian digunakan beberapa tahap metode penelitian antara lain : Persiapan, Pembuatan benda uji, Pengujian agregat terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan mix design dan pengolahan data serta analisis data. Pada analisis data digunakan metode rancangan acak lengkap untuk mengetahui komposisi campuran 1 Pc (semen) : 0 Sty (styrofoam) : 6 Ps (pasir onyx), 1 Pc : 2 Sty : 4 Ps; 1Pc : 3 Sty : 3 Ps; 1 Pc : 4 Sty : 2 Ps. Batako semakin kuat apabila jumlah styrofoam ≤ jumlah pasir. Dengan penambahan styrofoam berat batako semakin berkurang, pengurangan pasir diganti dengan styrofoam sebesar 33% akan mengurangi berat batako sebesar 13%. Kata kunci : Styrofoam, Kuat tekan, Berat, Batako
ANALISIS KINERJA IPv6 UNTUK APLIKASI VIDEOPHONE PADA JARINGAN UMTS (Universal Mobile Telecommunication system) Qustoniah, Anis; Pereira, Martinha Da Silva
WIDYA TEKNIKA Vol 21, No 1: MARET 2013
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IPv6 (Internet protocol version 6) merupakan teknik pengalamatan baru yang memberikan jangkauan alamat yang lebih luas di bandingkan dengan IPv4. Aplikasi videophone merupakan aplikasi yang mengintegrasi suara dan video. Memasuki millennium ketiga ini telah distandarkan system komunikasi bergerak generasi ketiga (3G) oleh European Telecommunication Standar Institute (ETSI) yang dikenal dengan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS). Teknologi UMTS mampu memberikan kecepatan data sampai 2 Mbit/s serta menerapkan teknologi IP (Internet Protocol) di setiap node pada jaringan dan usernya. Dalam analisis penerapan IPv6 untuk aplikasi videophone pada jaringan UMTS diperoleh panjang paket aplikasi videophone terbesar yaitu 12189 bit atau 1523,625 byte, sedangkan  terkecil yaitu 2589 bit atau 323,625 byte, diperoleh delay end-to-end terkecil yaitu 95,73445ms dengan panjang data 323,625 byte serta faktor utilisasi 0,1, sedangkan delay end-to-end terbesar yaitu 178,636391ms dengan panjang data 1503,625byte serta faktor utilisasi 0,9. Probabilitas packet loss total end-to-end terbesar yaitu 0,7013 dengan bandwith CODEC 384 Kbps, sedangkan terkecil adalah 0,2313 dengan bandwithnya 64Kbps.  Nilai throughput terbesar yaitu 248,0015125 bps, dengan menggunakan segment data sebesar 2589 bit dengan bandwith CODEC video sebesar 64 Kbps dan faktor utilisasi sebesar 0,1, sedangkan nilai throughput terkecil yaitu 86,07356342 bps dengan segment data sebesar 12189 bit dengan bandwith  384 Kbps dan faktor utilisasi sebesar 0,9. Kata kunci : IPv6 (Internet protocol version 6), videophone
STUDI PENGARUH MODEL MOBIL DAN VARIASI KECEPATAN ANGIN TERHADAP GAYA DRAG Suswanto, Budyi; Finahari, Nurida
WIDYA TEKNIKA Vol 21, No 1: MARET 2013
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi otomotif salah satunya ditandai dengan semakin beragamnya produk kendaraan yang ada di pasaran. Perkembangan ini juga mengarah pada penyempurnaan desain bentuk mobil yang lebih aerodinamis untuk mengurangi gaya gesek udara yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar. Penelitian dilakukan untuk menguji gaya drag dan pengaruh kecepatan angin. Pengujian dilakukan dengan mengukur simpangan drag pada terowongan angin terhadap 4 model yaitu VW Classical Bus, VW Classical Beetle, VW New Beetle dan VW Lupo serta 5 variasi kecepatan dengan 5 kali ulangan untuk setiap variasi pengujian. Hasil pengukuran ini dipakai untuk menghitung gaya drag yang selanjutnya dilakukan uji statistik. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah VW Classical Bus memiliki gaya drag tertinggi diikuti VW, New Beetle, VW Lupo dan VW Classical Beetle dan ada pengaruh kecepatan angin terhadap gaya drag jika diinteraksikan dengan model.   Kata kunci : Model mobil, Kecepatan angin, wind tunnel, aerodinamis dan gaya drag
RANCANG BANGUN SISTEM KOMPRESI DAN DEKOMPRESI DATA TEKS PADA SISTEM TELEPON SELULER BERBASIS HUFFMAN CODING Faqih, -; Sari, Eka Kartika
WIDYA TEKNIKA Vol 21, No 1: MARET 2013
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem kompresi dan dekompresi data teks dan menganalis unjuk kerjanya pada sistem telepon seluler dengan menerapkan encoder-decoder data teks ke gambar dan kompresi-dekompresi data teks dengan menggunakan algoritma Huffman coding. Parameter unjuk kerja yang diteliti antara lain : kapasitas/ukuran data, kapasitas kanal dan tingkat efisiensi apabila dibandingkan dengan menggunakan kode American Standard Code for Information Interchange (ASCII) setelah dienkripsi menggunakan algoritma Huffman coding. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat, bahwa kapasitas data teks yang telah dikompresi menggunakan Huffman coding selalu lebih kecil dari pada data teks dengan kode ASCII,  dan kapasitas data teks yang telah diubah menjadi file gambar menjadi lebih kecil daripada kode ASCII setelah data berjumlah lebih dari 450 karakter. Penggunaan kanal komunikasi pada pengiriman Multimedia Messaging Service (MMS) berbanding lurus dengan besar kapasitas data (dalam bytes) dan jumlah pemakaian kanal untuk kode ASCII selalu lebih besar jika dibandingkan dengan hasil enkripsi Huffman coding dan menjadi lebih besar dari penggunaan data gambar dalam format bitmap setelah data berjumlah lebih dari 450 karakter. Besar prosentase rata-rata dari hasil pengamatan efisiensi kode huffman adalah 54,93 %. Hal ini berarti Huffman coding dapat memampatkan data hingga lebih dari 50% dibandingkan terhadap kode ASCII. Kata Kunci: Kompresi, Dekompresi, Huffman, ASCII
PENCETAK PAVING DAN BATAKO BOKASHI KOMBINASI MEKANIS DAN HIDRAULIS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS Riman, -; Irawan, Dafid; Putri, Chauliah Fatma
WIDYA TEKNIKA Vol 21, No 1: MARET 2013
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat pinggiran Sungai Brantas Kota Malang belum memanfaatkan sampah menjadi bahan produktif, seperti pupuk bokashi. Bokashi, selain untuk pupuk juga dapat dimanfaatkan bahan campuran batako dan paving. Sebagian industri kecil pembuat batako dan paving masih menggunakan alat cetak konvensional manual, sehingga produksinya sedikit, kurang padat, kurang presisi,kuat tekannnya kecil. Oleh karena itu, masyarakat perlu teknologi baru pencacah sampah menjadi bokashi, serta alat cetak batako dan paving bagi industri. Metode solusi yang digunakan adalah mengidentifikasi masalah untuk menentukan alternatif solusi yang tepat, dilanjutkan dengan diskusi dan pengumpulan referensi tentang teknologi alat yang akan didesain, kemudian men-desain alat, membuat alat, melakukan uji coba alat untuk menguji kemampuan alat tersebut serta  melatih dan mendampingi mitra dalam penggunaan alat baru sebagai bentuk alih teknologi. Pencacah sampah yang dibuat dengan ukuran (130x100x30) cm, mesin diesel 8 pk, kapasitas 200 kg/jam. Pencetak batako manual-hidraulis yang dibuat dengan ukuran (90x70x30) cm, kapasitas 50 buah/jam. Pencetak paving mekanis yang dibuat dengan ukuran (160x100x40) cm, mesin diesel 8 pk, kapasitas 200 buah/jam. Kata Kunci : Pencetak, Batako, Paving, Bokashi, Mekanis
PEMANASAN BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN KOMPONEN RADIATOR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA MESIN BENSIN 4 LANGKAH Putra, Toni Dwi; Suswanto, Budyi
WIDYA TEKNIKA Vol 21, No 1: MARET 2013
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tingkat pemakaian kendaraan bermotor semakin tahun semakin bertambah  dan akan menyebabkan  tingginya konsumsi bahan bakar dan kadar polusi. Dengan kinerja mesin yang optimal dan pembakaran yang sempurna pada kendaraan bermotor dapat dikendalikan. Proses pembakaran bahan bakar di dalam silinder dipengaruhi oleh: temperatur, kerapatan campuran, komposisi, dan turbulensi yang ada pada campuran. Apabila temperatur campuran bahan bakar dengan udara naik, maka semakin mudah campuran bahan bakar dengan udara tersebut untuk terbakar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanasan bahan bakar dengan media radiator terhadap konsumsi bahan bakar supaya lebih hemat dan  meningkat kinerja mesin (daya mesin). Kata Kunci : Radiator, Pemanasan, bahan bakar, kinerja mesin.
ANALISIS KAPASITAS PRODUKSI UAP TERHADAP STABILITAS PUTARAN MESIN TURBIN Pitrandjalisari, Vitri; Putra, Toni Dwi
WIDYA TEKNIKA Vol 21, No 1: MARET 2013
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan pemakaian listrik di Indonesia semakin banyak baik digunakan pada  industri pabrik,  kebutuhan rumah tangga ataupun untuk fasilitas umum. Oleh karenanya sangat perlu dikembangkan atau dibuat  pembangkit listrik  baik menggunakan tenaga uap, bahan batu bara dan bahan bakar minyak bahkan memakai tenaga nuklir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh variasi kapasitas produksi uap pada stabilisasi putaran turbin. Tempat melakukan penelitian di Unit PLTU Di PG. Kebon Agung Malang pada bulan mei tahun 2010.Kapasitas produksi uap dapat mempengaruhi stabilisasi putaran turbin dengan data sbb  Kapasitas uap 78,9 ton/jam menghasilkan putaran teoritis 10540,56 rpm dan putaran aktual 9900 rpm.   Kata Kunci: Kapasitas, Produksi Uap, Putaran Mesin dan Turbin

Page 1 of 1 | Total Record : 8