cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 14, No 2 (2014)" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEMANFAATKAN PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA KOMPETENSI DASAR KOMPRESOR TORAK Supriyanto, Sidiq; Basyirun, Basyirun; Sudarman, Sudarman
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dengan memanfaatkan peraga kompresor untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa pada siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Jambu tahun 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Jambu yang berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan model TPS dan peraga kompresor yang dilengkapi dengan warna yang berbeda pada komponennya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan kompetensi siswa antara hasil belajar pada mata pelajaran kompresor sebelum menerapkan dan setelah menerapkan model TPS dan peraga kompresor, terbukti dengan meningkatnya nilai post-test rata-rata kelas eksperimen sebelum dan sesudah menerapkan model TPS dan peraga kompresor yaitu dari nilai rata-rata awal 52,76 yang meningkat menjadi 80,33. Hasil post test kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang dapat dicapai sebesar 90% atau 27 dari 30 siswa telah memahami materi tentang kompresor yang ditunjukkan dengan nilai siswa tersebut diatas batas KKM yaitu 75.
MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UJI KEKENTALAN MINYAK PELUMAS BOLA BAJA JATUH BEBAS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER Yanuary, Asyik Tabah; Ramelan, Ramelan
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran alat uji kekentalan minyak pelumas  menggunakan bola baja jatuh bebas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penulis membuat alat pengukur kekentalan minyak pelumas menggunakan bola baja jatuh bebas dengan desain, alat, dan bahan yang sudah dirancang terlebih dahulu, yang nantinya akan digunakan untuk mengukur kekentalan minyak pelumas. Minyak pelumas yang akan diuji adalah minyak pelumas multigrade yang biasa digunakan masyarakat umum dengan SAE 5W-30, 5W-50, 10W-30, 10W-40, 15W-40, 15W-50, 20W-40, dan 20W-50 dari berbagai merk. Hasil penelitian yang melibatkan pakar dan mahasiswa, menunjukkan bahwa alat uji kekentalan minyak pelumas yang layak digunakan sebagai media pembelajaran.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW II PADA MATERI SISTEM REM Ariyanto, Siswo; Supraptono, Supraptono
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan memperoleh informasi mengenai perbedaan hasil belajar antara siswa yang  mendapatkan pembelajaran model pembelajaran kooperatif TGT dengan Jigsaw II. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pretest Posttest. Penentuan sampel menggunakan teknikrandom sampling. Hasil pretest menggunakan One Way Anova didapatkan F hitung = 0,185 < Ftabel = 3,08 untuk peluang 0,95 dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 104 membuktikan ketiga kelas tidak memiliki perbedaansignifikan sebelum perlakuan. Hasil uji postest didapatkan F hitung = 21,803 > F tabel = 3,08 untuk peluang 0,95 dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = 104 membuktikan terdapat perbedaan signifikan antara ketiga kelas setelah perlakuan. Hasil t-test terhadap data posttest kelas TGT dan Jigsaw II diperoleh t hitung = -4,943 < ttabel = 5% dengan dk = 70. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi sistem rem dengan menggunakan model pembelajaran TGT dibandingkan dengan model pembelajaran jigsaw II. 
PERANGKAT LUNAK BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI SISTEM KEMUDI DAN POWER STEERING Ariwibowo, Bayu; Suharmanto, Agus
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pembelajaran setelah menggunakan media.  Media pembelajaran yang digunakan adalah berupa perangkat lunak berbasis multimedia yaitu Macromedia FlashProfessional 8. Desain penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan metode quasi experiment (pretestpostest with control grouph design). Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMKN 5 Semarang kelas XI TKR-1 sebagai kelompok eksperimen dan XI TKR-2 sebagai kelompok kontrol. Sebelum melakukan eksperimen, media diuji kelayakannya. Hasil uji kelayakan diperoleh skor total 532 dengan persentase sebesar 89,01% atau kriteria penilaian ‘Sangat Baik’. Rerata nilai pre-test pada kelompok eksperimen sebesar 40,63 dan nilai post-test 79,53. Nilai rerata pre-test siswa kelompok kontrol sebesar 39,53, dan nilain post-test 71,56. Kedua kelas memiliki peningkatan nilai yang signifikan, namun peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar yaitu sebesar 65% jika dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 53%.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) DALAM KOMPETENSI MENDIAGNOSIS GANGGUAN SIMTEM REM Indarwanto, Wahyu; Samsudi, Samsudi; Sunyoto, Sunyoto
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem solving SSCS dalam  kompetensi mendiagnosis gangguan pada sistem rem. Penelitian ini menggunakan metode true experimental (pretest–posttest control group design yang didalamnya terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara random). Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMK NU Bodeh kelas XI TSM–1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI TSM–2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus t–test menunjukan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem solving SSCS memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 79,53, dengan nilai tertinggi 90, nilai terendah 70 dan standar deviasi 4,97, sedangkan pada kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (ceramah) memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 71,56 dengan nilai tertinggi 85, nilai terendah 55 dan standar deviasi 6,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA DAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATA KULIAH PRAKTIK CASIS DAN PEMINDAH DAYA Muqorrobin, Ahmad; Budiyono, Aris
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Tutor Sebaya dan  Investigasi Kelompok, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dan keterampilan mahasiswa praktikan setelah penerapan model tersebut. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengambil model PTK Kurt Lewin. Subjek penelitian yaitu mahasiswa prodi TMD, angkatan 2011 jurusan Teknik Mesin, FT, UNNES yang berjumlah 16 orang dalam 1 rombel mata kuliah Praktik Casis dan Pemindah Daya. Pengumpulan data menggunakan metode instrumen cek lis ujian praktikum, metode dokumentasi, dan metode angket tanggapan mengenai model pembelajaran. Analisa data menggunakan penghitungan rata-ratadan presentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar praktikum mahasiswa. Terbukti dari naiknya hasil belajar pada tiapsiklus, dan terpenuhinya standar ketuntasan belajar pada akhir siklus II. Selain itu juga model pembelajaran ini mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari mahasiswa, dilihat dari hasil perhitungan angket tanggapan mahasiswa.
PENGEMBANGAN EDUCATION GAME UNTUK PEMBELAJARAN PERBAIKAN SISTEM PENGISIAN DAN IDENTIFIKASI KOMPONEN-KOMPONENNYA Budiyanto, Budiyanto; Widjanarko, Dwi; Pramono, Pramono
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran education game dan mengetahui peningkatan prestasi siswa kelas XI TKR SMK N 1 Puring, Kebumen pada pembelajaran sistem pengisian dan identifikasi komponen-komponennya yang menggunakan education game. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, lembar tes validasi dan soal(pretest-posttest). Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan membandingkan hasil uji penerapan pretest-posttest antara kelas yang menggunakan media education game dan kelas yang tidak menggunakan media education game. Pendekatan penelitian pengembangan yang meliputi beberapa tahap yaitu dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan produk dengan persentase kelayakan: 79,83% menurut ahli media, 88,46% menururt ahli materi, 92,45% menurut guru, dan 83,22% menurut siswa. Media pembelajaran dengan education game telah teruji keefektifannya dengan hasil nilai rata-rata kelas dengan media education game lebih tinggi dibanding kelas yang tidak menggunakannya.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMBUBUT CNC POROS BERULIR MENGGUNAKAN MEDIA MASTERCAM X3 Nugroho, Andi; Khumaedi, Muhammad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan penggunaan  media mastercam X3 video tutorial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest and posttest group. Populasi penelitian semua mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Sampel penelitian mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Mesin S1, teknik sampling yang dipakai propotional sampel random. Hasil penelitian menunjukan pada post test thitung adalah 3,59 lebih besar dari ttabel yaitu 1,69. Karena t hitung berada pada daerah penerimaan Ha, maka kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Ketuntasan belajar kelompok eksperimen terdapat 16 peserta didik (88.88%) dan kelompok kontrol hanya 9 peserta didik (50,00%). Kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 48,99%, sedangkan kelompok kontrol hanya 30,86%. Rata-rata hasil belajar sebelum dilakukan perlakuan kedua kelompok relatif sama dan tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar pre-test kelompok eksperimen hanya 54,44 dan kelompok kontrol 55,83. Rata-rata hasil belajar post-test kelompok eksperimen mencapai 81,11 sedangkan kelompok kontrol hanya 73,06.
KEEFEKTIFAN METODE SIMULASI DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR MELAKSANAKAN PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA Yunata, Dimas Panji; Soesanto, Soesanto
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: mengukur peningkatan hasil belajar menggunakan metode  simulasi; apakah ada perbedaan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi, metode simulasi dan multimedia dan metode ceramah menggunakan uji post-test. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen pura-pura (True Experimental Design) dengan menggunakan desain Pre-test and post-test group. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 yang di beri pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi sebesar 90.00%; (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 2 yang di beri pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dan multimedia sebesar 87.50%; (3) dapat disimpulkan pembelajaran dengan metode simulasi memiliki peningkatan yang lebih baik dari pada metode simulasi dan multimedia, dan metode ceramah pada kompetensi dasar melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja. 
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI KELISTRIKAN POWER WINDOW SISWA KELAS XI TKR Gunawan, Aris Setya Endra; Widayat, Widi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 2 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan  modul interaktif pada pembelajaran materi sistem power window, dan mendiskripsikan keefektivan modul interaktif dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran materi sistem power window. Penelitian menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Sedan Kabupaten Rembang yangberjumlah 127 siswa dan terbagi dalam empat kelas. Sampel dipilih 66 siswa dan terbagi dalam dua kelas yaitu XI TKR1 dan XI TKR2 dengan teknik simple random sampling. Kelas XI TKR2 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontroldan siswa kelas XI TKR1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelompok kontrol mengalami peningkatan dari 51,15 menjadi 76,06 sebesar 24,91. Ratarata nilai hasil belajar kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari 48,36 menjadi 85,09 sebesar 36,73. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10